Lima Langkah Cara Hadapi Makanan Pedas

Kamu yang tidak kuat makan sambal, tepat nih membaca Lima Langkah Cara Hadapi Makanan Pedas. Tulisan ini memang saya khususkan untuk para pembaca yang selalu stay di blog nan #KetjeCiee ini. Serta artikel ini juga berdasarkan pengalaman yang sesuatu banget untuk hidup saya ehem. 

Bagaimana menghadapi makanan pedas, trik menghadapi makanan pedas,



 
Setiap orang punya cita rasa sendiri terhadap makanan. Selera masing-masing dengan ada yang suka maupun tidak terhadap manis, asam, pahit, asin, gurih, bahkan pedas. Hal itu bisa dikarenakan kebiasaan, lingkungan, dan keluhan atau kelemahan disebabkan ada organ tubuh yang kurang/tidak bisa menerima rasa tersebut. Kadang kala kalau melihat resep masakan pedas misalnya di cookpad, ingin banget bisa membuatnya dan mencicipinya.

Sayangnya, pengalaman saya khususnya pada makanan pedas boleh dikatakan aneh tapi menggelikan. Saya sebenernya suka pedas, tapi nggak bisa yang terlalu karena setelahnya itu perut saya langsung siap berpacu menuju tempat itu (baca: toilet).

Kejadiannya di tahun ini, dimana seperti biasa kalau dalam liputan yang sampai jam 2 siang, pasti ada momen makan siang. Penampakannya sih nggak terlihat pedas, makanya saya berani saja ambil salah satu lauk. Tak dinyana, paras pun berubah mencekam. 


"Ini pedas, Kak!" 

Saya pun gamang, tidak meneruskan mubazir makanannya. Kalau diteruskan, gimana ini perutku yah. Akhirnya opsi kedua yang saya ambil dan berusaha untuk tetap tenang. Senyum berkembang terhadap kawan-kawan bloger, hingga waktu liputan pun selesai. Saatnya pulang bersama, karena dari awal kedatangan pun kami menggunakan bis jemputan. 



Dalam perjalanan pulang, kepanikan tingkat rendah melanda saya. Duduk ke kiri nggak nyaman, menghadap kanan pun gelisah. Lihat ke depan malah tambah parah karena masih di dalam tol,

 "Kapan sampainya, Kak?"

Syukurlah sudah keluar dari tol. Sayangnya karena kondisi jelang jam pulang kerja, perjalanan mulai tersendat. Hanya tampak dari kejauhan adalah sebuah pusat perbelanjaan di sana. Dengan langkah berani, saya pun meminta turun di dekat mall. Bukan untuk belanja, tapi perut ini tidak tahan! 

Bagaimana cara menghadapi makanan pedas, trik hadapi makanan pedas,



Dari pengalaman tersebut, saya pun mulai antisipasi bila nanti terjadi lagi menu makanan yang pedas, dengan lima langkah berikut: 

🍩 Biasanya penyelenggara event telah menyiapkan makanan dan berdiri di dekatnya. Maka kamu bisa bertanya, apakah makanannya pedas? Karena mungkin saja ada yang tidak pedas.

🍜 Bila kamu malu bertanya, bisa dengan lihat penampakan makanannya apakah penuh dengan rawit merah atau tidak. Atau bisa ikut mendengar mungkin saja ada teman yang ternyata punya keluhan yang sama.

🍨 Bila ternyata makanannya pedas semua, maka pilihan ada di diri kamu. Tetap memakannya atau keluar cari makanan yang lain.

🍚 Jika kamu tetap memakannya, coba dicicipi bagian mana yang paling pedas. Lalu kamu bisa menyingkirkannya dan jangan lupa untuk banyak minum air putih.

🍰 Ini yang utama adalah selalu sedia bawa obat sakit perut untuk antisipasi sehingga kamu tidak merasakan pengalaman yang saya alami di atas, He He..

Cara hadapi makanan pedas, bagaimana trik hadapi makanan pedas



Namun, kembali lagi kepada kekuatan tubuh masing-masing yah. Karena mungkin saja ada yang tidak kuat sama sekali dengan pedas. Baiklah, semoga Lima Langkah Cara Hadapi Makanan Pedas ini bermanfaat untuk para pembaca. Wassalamualaikum. Tetap #SemangatCiee.

Artikel Terkait

Komentar

  1. aku bkan tipe penyuka pedas, kalau pakai sambal juga paling yang sedang tapi lebh ke gak pedas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Bunda, soalnya kalau nggak pakai sambal sama sekali nggak enak juga yah

      Hapus
  2. Wah kalau kondisinya begitu sih kalau saya mending melipir ke luar aja deh cari makanan sendiri wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus bawa persiapan lebihan yang banyak yaak, hehe

      Hapus
  3. saya penyuka peda mbak, ga ada persiapan sih menghadapi makanan pedas, yang ada malah "hayooo sikattt, mana nih yang pedas", hahah

    bagi yang ga tahan pedas bisa nih nyapin susu aja di tas,- mujarab buat mnetralkan lidah dan lambung dari pedas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Sabda mah enak perutnya damai sama pedas...
      Oh iya boleh juga nih sarannya siapin susu yaak, siip inpohnya.

      Hapus
  4. aku doyan banget makanan pedas, kalo gak pedas gak makan hahahha... biasanya sih aku minum air putih anget buat ilangin rasa pedas di mulut trus abis tuh tenggak es teh manis hahhahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enaknya bisa tahan pedas, jadi mupeng 😒😁

      Hapus
  5. saya kalau makanan pedas biasanya nyolek dulu dikit di sendok lalu kalau pedasnya oke baru deh minta yang banyak. kalau terlalu pedas ya minta dikit aja deh

    BalasHapus

  6. Duuh memang beda2 ya kondisi seseorang, saya malah paling suka dengan makanan pedas. Berasa ada yg kurang gitu klo ga pedas

    BalasHapus
  7. Dulu banget suka pedes ,, tapi sekarang udah kapok, abis drama sakit. Heheh

    Tapi yg namanya "kapok lombok" kata orang Jawa, maunya pengen nyoba lagi dan lagi,.

    Tapi berbeda dengan saya, saya beneran "kapok cabe" heheh kapok yang sesungguhnya, demi menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  8. Aku paling suka makanan pedas, kalau makan tanpa sambel hampa rasanya, cie-cie kaya lahunya Ari Lasso "Hampa"

    BalasHapus
  9. Perut orang beda2 yaaa kak. Klo yang ga kuat pedas, mungkin dengan cara menyingkirkan cabai atau sambalnya dengan dicuci air mineral bisa membantu menghilangkan kepedasannya kak.. Hihi

    BalasHapus
  10. Makan tanpa pedas kayak ada yang kurang gitu alias kurang nampol dan berasa hambar... wkwk

    BalasHapus
  11. Saya murang suka pedas, pernah maksa makan pedas, yg ada perut jadi mules

    BalasHapus
  12. Kalau aku lebih suka makan dengan sambal, apalagi sebagai penggemar sambal rasanya kurang afdol kalau makan tanpa sambal.

    BalasHapus
  13. Ah aku sih suka banget sama makanan pedas malah kalau tidak pedas aku tidak nafsu makan.

    BalasHapus
  14. Kalai pedesnya dari nyinyiran haters gimana ka?

    BalasHapus
  15. Aku baca ini sambil ngakak.
    Kalau aku kebalikannya, tiap makan malah nyari yang paling pedes yang mana. :))

    BalasHapus
  16. Makasih sharingnya. Aku sebenernya sekarang malah lagi menghindari makanan pedas

    BalasHapus
  17. wah saya mah pecinta makanan pedas.. perut udah kebal :D

    BalasHapus
  18. Aku kalau habis makan pedas biasanya langsung minum susu. Biar nggak panas perut trus jadi diare..

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmuπŸ™

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia