4 Tips Pengemasan Barang Lebih Mudah


Fenni Bungsu (Bisnis) – Hai, hai kamu yang suka berbelanja online, apakah saat kamu hendak berbelanja online pernah memerhatikan penilaian atau jumlah bintang dari pembeli? Kalau saya ketika akan berbelanja online selalu memerhatikan penilaian tersebut, agar menjadi pertimbangan untuk dilanjutkan membeli atau tidak. Sebab saya berpikir, mereka telah lebih dulu belanja di seller tersebut sehingga mengetahui apa yang bagus dan tidaknya. 

Dari ragam komentar yang saya baca, ada yang menarik saya yaitu mengenai pengemasan barang, misalnya adalah: 
- Kenapa barang yang dikirimkan lama? 
- Mengapa pengemasan hanya dengan kantong plastik saja? 
- Mengapa tidak ditambahkan bubble warp? 
- Kok bungkus paketnya sudah robek/penyok? 
- Pengemasannya kurang rapi, tolong diperhatikan, dan lain-lain.


ilustrasi by pixabay



Oh iya, kamu pernah membaca tulisan saya sebelumnya yaitu, “Siapkan Wishlist di HARBOLNAS Blibli.com”, di sana terdapat tips untuk para merchant (seller) saat menghadapi momen Hari Belanja Online Nasional. Ya, momen HARBOLNAS menjadi satu momentum besar baik untuk seller, maupun e-commerce untuk menghadirkan yang terbaik dan untuk pembeli mendapatkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya. 


Bila digabungkan antara paragraf awal dan kedua di atas, maka andaikan pemilik usaha (seller) nanti membludak saat HARBOLNAS tentunya ia harus ekstra sigap, terutama dalam hal pengemasan barang. Sebab bila pengemasan lama akan berpengaruh pada penilaian dari pembeli. Atas dasar itulah, ada 4 tips menarik yang saya bagikan untuk proses pengemasan barang menjadi lebih rapi dan mudah, yaitu: 


Cek barang 

Perhatikan barang yang akan dikirimkan, apakah mudah pecah/retak atau tidak. 

Kemas dengan Hati-hati

Kemas barang pesanan tersebut dengan hati-hati baik dengan plastik pembungkus atau kardus. Pastikan bahwa bagian pembuka/segel barang tersebut tidak berhimpit dengan bagian pembuka pembungkus. 

Beri Celah

Beri sedikit ruang atau celah saat mengemas, sehingga memudahkan pembeli akan membuka barang pesanannya dan mengurangi risiko kerusakan/salah gunting saat membuka pembungkus. 

Makin Mudah dan Efisien

Bila ingin lebih ringkas dan efisien, maka sudah saatnya bergabung menjadi merchant Blibli.com, sebab beginilah caranya makin mudah bagi yang sudah terdaftar sebagai merchant, yaitu: 
  • Kunjungi akun MTA (Merchant Tool Application) lalu klik menu pesanan -> Pesan Packaging. Kemudian pilih bentuk pengemasan yang diingkan dan perhatikan saat checkout bahwa harga yang tertera berubah menjadi 0 (nol). 
  • Pihak Blibli akan memeriksa pesanan tersebut. 
  • Bila disetujui, maka Blibli akan mengirimkan pesanan tersebut kepada kamu. 


image by blibli


Tertarik dong pastinya, karena cara tersebut akan membantu estimasi pengiriman pesanan dari pembeli, serta membuat efisiensi kerja kamu. Namun untuk kamu yang akan bergabung, juga memiliki kesempatan yang sama kok. Caranya sebagai berikut: 
  • Pastikan kamu sudah memiliki akun Blibli.com 
  • Hubungi merchant care di nomor 021-57977777 atau kirim email di merchant.care@blibli.com  untuk mendaftarkan akun kemasan gratis. 
  • Bila telah terdaftar, klik www.blibli.com/pages/kemasan-partner lalu buat kemasan maksimal 150 pc. 
  • Harga kemasan akan berubah menjadi Rp0 dan pesanan akan dikirimkan ke alamat kamu.


ilustrasi by pixabay


Dengan cara tersebut, kamu tidak akan lagi khawatir pengemasan yang kurang rapi, penyok, dan hal-hal tidak diinginkan lainnya akan menghampiri usahamu. Sebab kamu sebagai merchant Blibli.com telah dimudahkan dengan cara pengemasan yang apik dan tentunya tampak lebih elegan karena dibagian kotak kemasan tersebut tercantum logo Blibli.com.  Oleh karenanya manfaatkan kesempatan itu agar usaha berjualan daganganmu semakin laris dan pastinya tidak kerepotan menghadapi lonjakan saat HARBOLNAS datang. Sampai jumpa. 

Komentar

Marantina mengatakan…
Kak Fen.. Aku kerja di Blibli loh dan memang Blibli sangat memerhatikan soal kemasan ini. Seller juga seneng banget disediakan kemasan dari Blibli. Jadi produk aman sampai di tangan customer :)
Uut fauziah mengatakan…
Wah gak akan kwartir lagi ya dengan kemasan dari blibli ini,produk jadi aman dan buat nyaman para customer nya ,poin penting sih kalau belanja online dionline soal pengemasan
Okti Li mengatakan…
Yup kemasan jadi salah satu yang saya perhatikan juga Mbak Fen kalau belanja online. apalagi kalau misalkan itu hadiah lagi buat orang lain. Gak mau dong malu maluin ya kan
Jadi penjual yang pengemasan baik,memang saya rekomendasikan. profesional dalam pengemasan ternyata ini diperhatikan Blibli ya
Emma Malika mengatakan…
Kemasan adalah hal pertama yang kita lihat, sebab kenapa? Di dalam kemasan ada barang yang kita beli. Nah blibli memang terpercaya deh iya kan dik !
Kanianingsih mengatakan…
Pengemasan barang emang bagus. Beberapa kali belanja di Blibli alhamdulillah aman karena packingnya pake kardus tebel
nurul rahma mengatakan…
Asik banget dah jadi konsumen Blibli karena ga perlu dilanda kekhawatiran barang rusak atau gimana2 ya Mba..... belanja apa lagi kita hari ini? :D
Mugniar mengatakan…
Blibli membantu rekannya lebih profesional ya. Mantap.
kataresi mengatakan…
Aku belum pernah belanja di blibli ni ka. Katanya byk bgt promo dan gratis ongkirnya ya
Ade UFi mengatakan…
Wah gratis ga ada harganya? Alias Rp 0? Tapi terbatas 150 pcs ya? Kalau 150 pcs itu untuk selamanya atau ada jangka waktu tertentu?
Artha Amalia mengatakan…
waaah jd terbantu sekali yaa. pengemasan jd rapi dan diurus blibli hingga sampai ke tangan pembeli
Nia K. Haryanto mengatakan…
Dari semua marketplace, packaging barang yang bikin aku puas memang dari Blibli. Rapi. Kelihatan memang dari Bliblinya. Bikin merasa aman dan tenang gak dipalsukan. Belanja 100 rb pun gak dibedain packagingnya dari yang belanja jutaan.
Dee_Arif mengatakan…
Keren ya blibli..
Tak cuma jadi marketplace saja.
Tapi juga membantu pengemasan.
Ini sangat memudahkan penjual ya.
Pembeli juga dipastikan aman menerima barangnya
Tika Samosir mengatakan…
Aku gak sempat belanja di harbolbas kemaren. Habis cepet-cepetan aku malah bete gak dapat pengalaman tahun lalu.
Yanti Alif mengatakan…
Mantab nih Blibli kita bsa yakin barang sampai dengan selamat karena pengemasannya yang bagus
Arda Sitepu mengatakan…
Aku setuju mbak dalam pengemasan di kasih space agar barang tidak mudah tertekan dan penyok. Efek sering dapat barang penyok hihi
Meli Engku mengatakan…
aku jarang banget blanja online, paling sesekali beli lewat instagram. nanti kuperhatiin bintangnya kalo gitu hehe
Fenni Bungsu mengatakan…
Senangnya bisa dapat komen dari salah satu bagian Blibli. Terima kasih kak
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya kak, soalnya pengemasan ini poin penting juga dari penilaian customer
Fenni Bungsu mengatakan…
Saya juga pernah Teh kek gitu, beli lewat online buat kado ke orang lain. Kalau kemasannya bagus jadi bikin senang kita juga
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya kak bener. Karena packaging dari blibli sangat rapi
Fenni Bungsu mengatakan…
Daku juga pernah dapat gitu mbak, jadinya barang yang kita beli, aman semua
Fenni Bungsu mengatakan…
Kuy mbak nurul, kalau daku pengennya nunggu promo haha
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya Kak Mincute, buruan cek langsung websitenya
Andiyani Achmad mengatakan…
nah iya, terutama buat barang kayak makeup, skincare, electronic ataupun cairan gitu ya
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Aku salah satu orang yang suka dengan kemasan belanja online yang rapih. Kalau belanja di Blibli.com, memang disesuaikan dengan jenis barangnya. Misalnya aku beli baju, meskipun hanya dibungkus plastik khusus, tapi kemasannya rapat. Begitupun dengan barang berbentuk botolan dikemas pakai kardus dan ada bubble wrap-nya.
Herva Yulyanti mengatakan…
Kalau beli elektronik dari HP sampe kulkas aku prefer di blibli keamanannya terjamin sih mba dari sekian e-commerce
April Hamsa mengatakan…
Mungkin bukan celah tapi lebih ke bungkusnya itu ada bagian yang bisa kyk dibuka gtu ya mbak kali maksudny. Khawtirnya kalau dikasi celah ntr ada yg intip2 selama perjalanan hehehe
Tika Samosir mengatakan…
Perlu juga memilah-milah barang ya mulai dari anye pecah atau tidak. Aku juga dirumah langsung pakai container supaya gampang.
dianisekaring mengatakan…
Ternyata bisa ya memesan packaging dari Blibli sehingga pengemasan jadi lebih rapi. Baru tahu juga tips-tips pengemasan seperti itu.
Nyi Penengah mengatakan…
Jadi ingat pengalamanku kirim gelas, pecah semuanya hiks
emang ya pengalaman menjadi guru yang terbaik.
Thanks ya mba pengemasan packaging dari blibli ini jadi lebih efesien.
Nadella | Taruih Baraja mengatakan…
Wah kapan ya harbolnas lagi?
Elva Susanti mengatakan…
Kalau pengemasannya bisa rapi spt ini tentunya pelanggan pun akan selalu betah ya buat berbelanja terus. Krn saya pernah ada pengalaman, pesanan saya penyok dan gak rapi, akhirnya ogah lagi deh beli ke toko online U
Vika Kurniawati mengatakan…
Aha ada sistem pengemasan ya di Blibi.Lengkap amat ya, ga heran laris manis.
Mellisa mengatakan…
Packaging tuh emang penting banget ya buat menjaga kualitas produk, apalagi di Blibli seller dpa free packaging ya. Jangan sampai packaging penyok dan bikin barang jadi penyok juga.
www.umidah.com mengatakan…
Saya selalu puas jika belanja di blibli.com selain kualitas keadaan barang, keamanan barang saat sampai di tujuan aman / tidak rusak/ cacat.
Larasati Neisia mengatakan…
Pengemasan tuh emang bagian paling penting ya mba, soalnya sebagai yang suka belanja online aku juga suka nilai toko dari cara pengemasannya. Blibli ini bagus banget punya sistem pengemasan, jadi aman ya pelanggannya belanja di Blibli.
Rika Widiastuti Altair mengatakan…
Wah manfaat sekali sudah ada layanan pengemasan barang yang aman dari blibli ini. Soalnya aku pernah beli online dan barangnya peyot karena packagingnya yang kurang hati2. Ditanya ke pihak kurir, katanya mungkin karena tertimpa barang lain di saat pengiriman. Skr jadi nggak perlu ragu lagi ya mbak
Diariliza mengatakan…
Sebenarnya aku suka sama pengemasan di blibli. Very tight dan rapi. Tapiii insiden terakhir bikin aq ilfeel dan males belanja lagi :(
Farahdjafar mengatakan…
Blibli packingnya rapi dan bagus jadi pas pengiriman ke pelanggan ga khawatir takut sobek atau rusak
Rella Sha mengatakan…
Ooh, baru tau handling package nya si Blibli ini apik ternyata ya. Belum pernah belanja di BB ini, kuatir boros hihi.
Syarifani Mulyana mengatakan…
Packing ini salah satu hal yang penting waktu mau memutuskan beli barang, apalagi barang elektronik atau barang yang gampang rusak kena benturan. Senengnya blibli perhatian akan hal ini.

Keluargamulyanadotcom
Fazirotul Firdaus mengatakan…
Pengemasan emang penting banget kalo kita belanja online biar barang gak rusak, makanya harus ekstra banget
Suzannita mengatakan…
Tips nya berguna banget ya untuk bisa praktis dalam pengemasan barang ya
Afifah Haq mengatakan…
Wah iya tuh aku suka deg2an kalau buka paket takut salah gunting haha. Enaknya di Blibi ada pilihan kemasan nya. Bukan cuma pembeli aja yang diuntungkan, tapi juga penjualnya
Nyi Penengah mengatakan…
Aju sering belanja dari blibli
Suka pembungkusannya yang asik dan aman.. Boxnya bekas juga bisa buat bungkus ygnlain jadi ga perlu buang
Alfi Fanni mengatakan…
Aku banget nih. Yang kalau belanja online harus liat ulasan n bintangnya dulu. Kalau bintang satunya banyak mending cari toko yang lain aja daripada kecewa haha . Karna ulasan kan dari hasil pembelian mereka, pasti honest review dan bisa jadi pertimbangan buat kita juga hihi
Irena Faisal mengatakan…
Keren loh ini Blibli sempat jadi merchantnya dan support mereka luar biasa termasuk jemput barang jualan sampai ke gudangku hehehe
denik mengatakan…
Tenang dan aman ya belanja di Blibli. Eh, ini jadi masukkan juga buat aku nih yg baru mulai bisnis online.
Arif Rudiantoro mengatakan…
Terimakasih Infonya kak jadi nggak kawatir lagi bila berbelanja di blibli.com :)
Meilawati Nurhani mengatakan…
Duh enak banget ya belanja di Blibli, packaging nya bagus, jadi nggak khawatir barang kita rusak di jalan, terlebih kalo beli barang yag rawan rusak dan tumpah.. makasih infonya mbak
Asih Mufisya mengatakan…
Belanja di Olshop yang bikin senang selain promo dan pelayanannya adalah pengemasan barang. Pokoknya ok banget deh kalau di kemas yang rapi, seperti di Blibli.
www.grandysofia.com mengatakan…
Nah yg beri celah ini bagi proses packing seringkali terlewatkan. Pas banget buatku yg mau bikin olshop nih ka Fen
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya juga saat beli sesuatu di online shop, pasti mengecek bintang dan testimoni dari pelanggannya, Mbak. jadi kalau bintang oke, banyak pelanggan, saya jadi mantap beli. Dan keren ini Blibli memberikan pengemasan yang keren ya, Mbak. Jadi barang aman sampai ke konsumen.
Hastin Pratiwi mengatakan…
Setuju. Aku pun klo mau beli di olshop pasti lihat review & testi pembeli lainnya. Klo pada bilang puas & kemasan kirimnya oke, berarti kemungkinan akan order di olshop itu utk seterusnya.
Salut utk Blibli yg memerhatikan packaging merchantnya.
Siska Dwyta mengatakan…
Yup saya kalau mau belanja online gitu biasa liat dulu penilaiannya. Setidaknya itu bisa jadi gambaran ya. Btw saya juga suka nih packaging atau kemasan kalau beli di blibli.
Tatiek Purwanti mengatakan…
Belum pernah belanja di Blibli nih saya ;) Tapi baca komen2 di atas jadi pengen. Kemasan packaging oke itu emang salah satu daya tarik kok. Mau nyoba ahh pas Harbolnas nanti ;)
Erin Herlina mengatakan…
Salah satu yang membuat belanja online agak malas itu adalah kemasan. Aku sudah 2/3 kali kemasannya gak rapih dan membuat produk menjadi cacat.
Sitatur Rohmah mengatakan…
Wah cocok nih. Selama ini saya hanya beberapa kali dapat kiriman yang kemasannya rusak. Bahkan, pernah kaya dibungkus ulang gitu. Jadi ini perlu dicoba deh. Makasih ya artikelnya
Turis Cantik mengatakan…
Belanja online memang kadang risiko saat pengemasan, kdng brang diterima penyok. Kalau kemasannya dibikin berkualitas kyk gini kan lebih nyaman dan enak ya mbak
Dewiana mengatakan…
Kemasan memang jadi faktor penting ya mba dalam penilaian pelanggan ketika barang sampai pada tangan pelanggan, wah jadi lebih mudah ya dengan kemasan Blibli.com
Triyatni A. mengatakan…
Bicara soal kemasan. Aku udah sampai 2 kali belanja yang saat unboxing itu pakai gunting. Apesnya barang di dalam juga ikut kegunting huuuhu. Bener banget harus diberi celah hrhe
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Iya, kalau belanja online dan paket yang kita terima tu packagingnya kurang rapi, memang bikin ilfil sih. Soalnya tidak jarang kita kirim paket tu buat hadiah untuk seseorang. Jadi masalah pengemasan sangat diperhatikan. Untung blibli dah konsen ya dg masalah ini..
Dapur Ngebut mengatakan…
seneng dapet paket dari blibli. produk dibungkus dalam kemasan yg aman sampai ke tangan customer. tampilannya jg lebih elegan
Eva mengatakan…
Wah, keren ya bahkan pengemasan barang yang kita order diperhatikan oleh Blibli
Syaiful BS mengatakan…
Wah sekarang nggak perlu ribet-ribet yaa kak kalo mau ngemas barang. Tinggal pake jasanya Blibli jadi deh hehe
andi nugraha mengatakan…
Keren nih, terima kasih informasinya, Kak..
Tapi memang soal pengemasan itu penting, kalau pengemasan rapih, lihatnya juga suka, dan tentu barangnya aman..
Marantina mengatakan…
Jadi belanja apa aja pas Harbolnas, Fen? Cashback dari Blibli gede banget pas 11.11 😍
Natrarahmani mengatakan…
Ini bener banget loh kak fenni. Urusan packing ini sebenarnya ribet dan tricky. Kadang penyoj penyok yang bikin customer keki. Liat blibli sudaa menyajikan packing yang aman. Jadi tertarik bergabung dengan merchant nya deh kak
Ade UFi mengatakan…
Waah enal nih ada jasa pengemasannya juga di blibli. Jadi ga khawatir barang rusak ya. Tapi saya jarang belanja di blibli. Mau tengok2 dulu ah.
blogger parenting mengatakan…
Paling mantab deh blibli ini. Paling ngerti ke rempong an daku sebagai emak2 dalam hal pengemasan. Jadinya packaging aman...
Tian Lustiana mengatakan…
Belum pernah saya belanja di blibli hehe, suka kelupaan mulu kalau mau belanja kesini. Packingnya lebih aman yah, jadi penasaran ingin belanja di blibli juga.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Nilai plus Blibli salah satunya packagingnya oke. kusuka kusuka. Ini pasti membantu penjual dan pembeli. Memang juwaraa ah Blibli
Keke Naima mengatakan…
Saya suka malas melakukan pengemasan kalau suami lagi gak sempat antar barang jualan. Tapi, gak mungkin ;ah menolak pembeli karena saya malah mengemas produk. Asik banget kalau di Blibli. Jadi solusi nih buat saya :D
Intan Daswan mengatakan…
Wah, keren ya ada fasilitas pengemasan dan dan tanpa biaya lagi. Selama ini belum pernah belanja di blibli sih, jadi pengen nyoba.
Nurul Sufitri mengatakan…
Ah, aku jadi kepengen coba belanja di Blibli :) Siapa tau butuh buat kasih kado istimewa ya. Jadi ga pusing mikirin kemasan dan packingnya udah oke bener. Benar2 menjaga kualitas ya :D
Siti Nurjanah mengatakan…
Platform e-commerce yang sering kali untuk belanja
Betul banget packaging itu jadi nilai plus bagi konsumen saat belanja online. Kalau pengemasan rapi dan barang pesanan terjaga rapi kan jadi seneng dan siapa tau bisa jadi langganan
Diah Woro Susanti mengatakan…
Blibli emang ppaling yahud deh. Perhatian banget sampe ke urusan kemasan 😍
Irena Faisal mengatakan…
Blibli ini keren lho, support banget sama merchant mereka sampai ada fitur penjemputan barang untuk merchantnya
Yanti Alif mengatakan…
Terpercaya bangt ya BliBli beli barang sudah pasti yakin bagus karna kemasannya aja diperhatikan dengan baik bngt
Arni mengatakan…
Urusan memberi celah itu penting banget lho. Aku pernah kayak gitu, beli barang yang packingnya terlalu rapat dan menempel dengan barang pesananku. Trus aku bukanya pakai gunting, alhasil kena barangnya. Hiks
Li Partic mengatakan…
Enak ya jadi merchant Blibli. Aku belum daftar di situ, katanya juga ada peruntukan buat UKM. Mungkin kapan2 bikin akun. Ijin save yaa.
Fenni Bungsu mengatakan…
Yes kak.. Itulah manfaat menjadi merchant Blibli
Fenni Bungsu mengatakan…
Siip, karena semua demi kepuasan pelanggan, Customer Satisfaction #1
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya jadinya penjual dalam hal ini merchant Blibli jadi terbantukan
Fenni Bungsu mengatakan…
Sip betul mbak Yanti
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya, karena adanya space bisa menjadi ruang mudah untuk membuka kemasan nantinya
Fenni Bungsu mengatakan…
Di bagian kardus ada logo Bliblinya kak, itulah salah satu asyiknya jadi merchant karena packingnya jadi terbantu
Ariefpokto mengatakan…
Soal packaging, kemasan barang penting banget sih. Buat apa barang kirimannya kalau sampai rusak Karena kemasan tidak bagus.
Lina W. Sasmita mengatakan…
Salut, sampai pengemasanpun customer yang bisa memilih seperti apa model pengemasannya. Berarti Blibli memang care terhadap kebutuhan customer.
Elva Susanti mengatakan…
Penting banget nih mbak infonya. Krn kl pengemasan barang bagus, pastinya konsumen jadi senang ya. Apalagi kl ternyata buat kadoan ke orang yg diaayang
Aprillia Ekasari mengatakan…
Owalah pantsan skrng kalau beli produk di Blibli juga pakai kardus Blibli bahkan kmrn terakhir beli mangga jg pakai kardus itu haha. Enak ya pengemasannya bagus jd pelanggan jg seneng
Antung apriana mengatakan…
memang rasanya puas ya kalau belanja online itu kemasannya cakep dan rapi. apalagi kalau barang yang dibeli itu barang yang rentan gitu wajib banget diperhatikan pengemasannya
FaniaSurya mengatakan…
Iya bener banget kalo kemasan dr barang yg kita beli itu haarua diperhatikan. Selama ini sih tiap kali beli olshop meskipun dibungkus kresek alhamdulilah aman2 aja.
Talif mengatakan…
Bener juga sih, sebagai seluler harus memperhatikan kemasan. Soalnya pernah terima barang, 4 sisinya penyok. Rusak sih tidak, cuma agak cacat
Aldila Kun Condroweni mengatakan…
Kemasan rapi dan aman itu termasuk salah satu penilaian saat kirim barang lewat online.. Banyak bgt komen2 yg ngeluh kalo semisal packagingnya gak rapi dan gak aman.. Kalo kemasan rapi dan aman, pasti meningkatkan kepuasan konsumen jg..
Primasari AndiMirati mengatakan…
sekarang jamannya belanja online ya kak.. packaging jadi hal yg mutlak untuk menjaga kondisi barang kiriman supaya tetap terjaga kualitasnya.. males banget kan kalo barang rusak karna packagingnya gak aman..
www.faradiladputri.com mengatakan…
Iya bener banget! KAdang ada tuh yang packiing ga diberi celah. Jadi deg degan kan takut barangnya ikutan rusak pas kita mau buka pakai gunting atau cutter huhuhu
Visya Al Biruni mengatakan…
BETul banget yang bagian beri celah Mbak Fen huhu aku seeing banget belanja trus packagingnya mrepet mrepet banget kan jadi bingung bukanya. Akupun sebagai seller selalu berusaha memberikan celah utk pembeliku mengunbox
alia fathiyah mengatakan…
dari kemasan bias dinilai pro atau gk ya
Harus min 150.pcs ya Mb Fenni.
Cocok bt jika dipakai untuk jualan lg.
Mksh tips ny mbak.
SiKlimis mengatakan…
Aku paling benci kalau barang belanja tidak dibungkus dengan rapi. Kayaknya orang yg jual gak niat.
malicaahmad.com mengatakan…
Wah, bibli sayang ppelangggannya banget ya. Masalah bungkus bibli sangat peduli ternyata. Jadi pengen nyoba belanja di sana
Aku ga pernah belanja di Blibli, jadi penasaran pengen belanja juga nih. Pengemasannya rapi ya.