Ada Apa di Kelas Growthing?


Tumbuh dan berkembang bisa terjadi pada seorang blogger. Sebab itulah saya mengikuti Kelas Growthing. Pasalnya keputusan memilih terjun dan fokus pada website, harus pula diikuti dengan tambahnya wawasan dalam mengoptimasinya alias SEO. Terkesannya memang ribet ya menjadi blogger. Namun sebenarnya nggak juga, kalau konsisten menerapkannya. Disitulah, blogger harus mau terus menggali wawasan dengan belajar blogging sehingga blog-nya dapat tumbuh terawat karena performa bagus, dan berkembang dengan tulisan yang berkualitas.

apa itu kelas growthing, belajar seo, belajar seo di kelas, belajar seo di kelas growthing



Tingkatkan Belajar SEO

Alhamdulillah, di Kelas Growthing yang saya ikuti telah memasuki hari ke-17. Materi yang diberikan pun makin mendalam dan gereget. Apalagi pas membahas Belajar SEO. Penerapannya sudah harus menjadi kebiasaan baik saat menulis di blog, misalnya:
  • Harus rajin riset keyword, biar tahu apa sih yang dicari oleh pembaca.
  • Jangan terlalu menyebar kata kunci di H2, H3, dst alias heading stuffing, karena kurang natural aja artikelnya jadinya. Kan nggak asik yak.
  • Konsisten.. fokus, dan semoga istiqomah, hehe. Nah ini memang harus memantapkan pikiran untuk konsisten.



Share Ke Media Sosial

Selain itu, kalau tulisan blog kita sudah di publish, sebaiknya di bagikan ke media sosial. Bisa itu Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya. Eh iya, ke Instagram juga bisa ya, khususnya buat kamu yang sudah memiliki follower di atas 10K (10.000), melalui metode swipe up misalnya. Jadi tak hanya memudahkan artikel kita bisa meluas lagi ditemukan oleh pembaca, sekaligus menambah page view kan, hehe.


Kelas Growthing adalah, Apa itu belajar SEO, mengapa harus belajar seo, mengapa blog dioptimasi

Tambah Teman Se-Hobi

Di Kelas Growthing berisi para blogger dengan platform Blogspot dan WordPress. Kebetulan nih, karena blog saya Blogspot jadi mau bahas dua blogger pengguna WordPress yang memiliki hobi sama seperti saya, meski alasan menulis di blog pastinya berbeda. Bila yang satu fokus dengan buku, yang satu lagi lebih pada bahasan parenting. Ini dia nih ulasannya si Duo WordPress.


Parenting is My Everything

Mbak Nita, ibu satu anak ini memiliki kesukaan yang sama dengan saya, yaitu badminton. Hanya aja saya suka nontonnya sih, tapi pemilik nama lengkap Nita Juwithafina ini bisa mainnya, malah bulutangkis adalah salah satu hobinya, selain menulis di blog. Pertama menulis di blog itu tahun 2017 (belum TLD). Meski sempat vakum menulis, tapi semangat seorang ibu dari anak spesial kids (ADHD) membangkitkan rasa bahwa semua anak-anak berhak memperoleh perlakukan, dan pendidikan yang baik. Berkah Allah di tahun ini blog mbak Nita Juwithafina udah TLD, dan siapa sangka bahwa tulisan beliau tentang tumbuh kembang anak dimuat di salah satu e-commerce.


Ada Buku Baru Lagi?

Tanya buku baru atau koleksi buku apa aja sih, langsung saja nih ke bloger yang satu ini, Antin Aprianti. Sama seperti saya, awal menjadikan blog sebagai dokumentasi perjalanan hidup. Cuma bedanya dia ceriwis, kalau daku manis, hihi. Namun ada persamaannya nih, di tahun 2018 lahirlah blog dengan Top Level Domain. Semangatnya di dunia literasi bisa kamu ceki-ceki di Diary Antin, karena ada penyemangat bagi kita bahwa belajar tentu butuh waktu, seperti itu juga menulis yang tak mungkin dadakan langsung bisa memuaskan. Ikuti alurnya, harus terus semangat belajar dan tetap menulis.


Silakan klik Fotonya

Kita yang telah terjun ke dunia blogging ini, tanpa sadar sebenarnya bukan saja senang karena bisa mendapat penghasilan dari itu, tetapi dapat tambahan kebahagiaan pula melalui tulisannya yang menginspirasi para pembaca dan menjadi solusi untuk mereka.


Materi SEO di Kelas Growthing, kapan belajar SEO, kursus SEO murah



Itulah yang saya rasakan saat bertemu secara daring dan berkenalan dengan teman-teman blogger di Kelas Growthing. Suntikan baru didapat, ternyata memiliki kesamaan dalam suatu hal yang bisa saling berbagi. Tak hanya itu motivasi pun jadi makin terus terpacu, karena selama mengikuti kelas berusaha agar konsisten menerapkan SEO pada setiap tulisan di blog. Tak boleh cepat puas, apalagi lalai. Terapkan selalu. Maka wajarlah seorang blogger harus tumbuh dan berkembang juga dengan cara belajar, belajar, dan belajar dengan metode asik memacu adrenalin di Kelas Growthing Premium. Kuy, gabung di sini!

Artikel Terkait

Komentar

  1. Growthing itu dari kata growing yg artinya berkembang ya?
    Asyik juga ya dpt wawasan & pengetahuan utk lbh pengembangan blog sekaligus pengembangan diri Kita 😍
    Ku check websitenya lbh lanjut aaah... 😊
    Thanks info tulisannya, Kakak 😘

    BalasHapus
  2. cieee cieeee makin kece aja belajar ngeblognya. SemangatCieee selalu ya. Aku nih masih suka males buat share-share. Tapi udah pasti harus dipaksakan buang rasa malasnya

    BalasHapus
  3. Keren nih kelas Growthingnya mbak Feni, kujadi pengen ikutan. Buat tambah ilmu, dan nambah lingkaran pertemanan

    BalasHapus
  4. Aku pingin banget ikutan kelas SEO seperti ini mba, tapi laptop lagi rusak dan belum bisa keluar kota buat hunting laptop, jadi isi blog dulu dan baca-baca tentang SEO..

    Semangat terus ya mba! Doain aku juga bisa maksimalkan SEO di blogku!

    BalasHapus
  5. Senang banget bisa join di kelas kece ini, jadi termotivasi untuk optimasi blog kesayangan supaya lebih uwuwu seperti adik #SemangatCieee ini. Ditunggu untuk ulasan lengkapnya tentang Kelas growthing ini 😍

    BalasHapus
  6. Jadi makin mengerti tentang SEO blog ya, ngeblog asyik jadi menghasilkan sekalian nyalurin hobi dan nambah teman ya :)

    BalasHapus
  7. Emang kalau di rumah aja, paling enak belajar online. Apalagi belajar blogging sama SEO ya, bagus buat upgrade skill. Alhamdulillah bisa dapat kesempatan belajar daring ya

    BalasHapus
  8. Ajaaarriiiinnnn.... huaahh mau juga aku ikut kelas growthing nya biar bisa ikutan kece blognya yess.... Barangkali setelah makin kece blognya pundi2 rupiah semakin terisi hihihihi..... good job kakaa fennii.....

    BalasHapus
  9. Penting kita bertumbuh ya kak, di bidang apapun yang ditekuni.
    Bahwa kita musti menjadi lebih baik, menjadi manfaat untuk org sekitar.
    .
    Good luck kakak

    BalasHapus
  10. Untuk poin share ke sosmed aku setuju banget ka. Soalnya bisa nambah-nambahin pembaca dan memperbesar peluang tulisan kita terindeks SEO. Kalau aku sih selain ke beranda sosmed sendiri, aku juga sebar linknya di grup2 blogger yang ada di fb dan whatsapp story. IG stories juga dengan menyertakan alamat blog sendiri meskipun belum 10K.

    BalasHapus
  11. Ajarin saya dong.. sampai sekarang masih puyeng SEO... Hiks hiks hiks...

    BalasHapus
  12. Wah teteh seru banget yah kelas Growthing-nya. Makasih udah sharing teh, aku termasuk orang yang suka banget share tulisan aku kalo udah publish berharap ada yang baca dan mungkin bisa bermanfaat untuk banyak orang hehe. Semangat terus teh!

    BalasHapus
  13. Aku juga tertarik banget belajar SEO walaupun kayaknya, ribet ya harus utak atik blog kita tapi bikin hati penasaran. Alhamdulillah sudah dapat sedikit dari orang dekat walaupun sulit untuk Ku mengerti hahahaa

    BalasHapus
  14. Mba, mantap banget bisa belajar ilmu daging.

    Aku jadi pengen ikutan.

    Mau ga mau memang kalau yg namanya blogger harus tau tentang SEO, dkk.

    BalasHapus
  15. Nah lumayan tambah produktif tuh belajar SEO saat pandemi gini. Apalagi coach nya mas Irwin yang ngerti algoritma Google.

    BalasHapus
  16. Bimbingannya pasti sangat bermanfaat karena materinya beragam dan saling berkaitan yang merupakan bekal banget buat para blogger. Duh, sampai saat ini saya masih suka-suka ngeblognya. Jangankan belajar SEO, untuk bikin postingan terbaru saja rasanya butuh perjuangan banget.

    Semangat nih buat Mbak Fenni yang tengah belajar... Dan terima kasih sudah sharing di sini, hehe.

    BalasHapus
  17. Konsisten, fokus, istiqomah. Tiga hal yang masih susah saya lakukan dalam mengelola blog nih.

    Keren mbak bisa ikut kelas ini, makin top deh blognya

    BalasHapus
  18. Memang jadi blogger itu nggak cukup hanya menulis ya kak, tetap harus belajar terus dan jangan cepat puas. Semangat terus ya kita, semoga lulus sampai finish

    BalasHapus
  19. Hua... aku penerapan SEOnya masih keteteran nih. Parah deh... nulis, cuma nulis aja enggak mikirin keywords. Baca ini jadi suntikan semangat nih, biar makin banyak yang baca blognya,hihi

    BalasHapus
  20. Tumbuh berkembang dengan cara belajar, belajar dan belajar...setuju Dan tentang teman sehobi, maka itu gunanya berkomunitas untuk mendapatkan suntikan motivasi agar diri lebih baik lagi. Sukses Mbak Fenni...semangatcieee

    BalasHapus

  21. Hai mbak ...senang ya bisa gabung di kelas seperti growthing ini. Meskipun bikin kita senam jantung, tapi membuat kita rajin belajar dan mempraktikkan ilmunya. Semoga kita bisa sampai lulus yaa ..aamiin...

    BalasHapus
  22. Aku baru tahu soal jangan nyebar keywords di H2, H3, hehe soalny terlalu kelihatan kali yah

    BalasHapus
  23. Jadi pengen ikutan kelasnya deh.
    Iyaa aku ngerasa banget belum memaksimalkan social media dan blog aku. Kadang kalo selesai publish, aku jarang bgt dishare di sosmed :( krn gak ada waktu ..

    BalasHapus
  24. Wah seru ya mba masih di kelas ini. Pasti materinya makin cucok. Coach Irwin dan Coach Pewe emang keren kali bikin DA PA ara blogger naik drastis. Semangat terus ya Mba Fen.

    BalasHapus
  25. Ketika kita memutuskan untuk menggeluti sesuatu secara serius, berarti kita juga harus mau dan bisa melakukan self development. Tak henti menggali ilmu yang berhubungan dengan dunia yang sedang atau ingin kita kuasai. Niscaya dengan cara begini, self-value kita juga akan semakin menanjak dan valuable

    BalasHapus
  26. Tumbuh kembang bersama-sama ya mbak. Asik nih bisa belajar SEO apalagi sebagai blogger perlu pemahaman tentang teknis begitu. Saya sempat ingin ikutan kelas growthing ini tapi belum kesampaian.

    BalasHapus
  27. Memang perlu belajar SEO agar tulisan kita banyak dibaca orang. Agar blog lebih banyak pemasukan.
    Ga ada paket kelas yang lebih murah, Mbak? Segitu beraaaat

    BalasHapus
  28. Semakin ingin belajar SEO jadinya. Semakin banyak teman-teman yang juga belajar dan menguasai, kan? Masa saya masih segini-gini aja sih? Huhuhu ... Noted banget deh nanti belajarnya di Kelas Growthing ini.

    BalasHapus
  29. Kelas growthing nya kok seru banget sih mba. Dan, dapat banyak insight baru dan penting buat bahan belajar. Ahhh, aku pengen ikutan kelasnya juga nih. Setuju deh, konsistensi emang jadi kuncinya

    BalasHapus
  30. Blog aku juga belakangan uda mulai ga terurus nih. Hanya menulis sesekali dalam sebulan ny. Baca artikel begini jadi buat diri sendiri jadi tergerak. Jadi dapat ilmu juga nih. Thank yah

    BalasHapus
  31. Saya bisa bayangin gimana rasanya deg2an terus gegara tugas yg aduhai. Tapi keren ya bisa dapat banyak teman yg senasib sepenanggungan jadi ngerasa gak sendiri melewati terjadinya dunia seo. halah.. Ngomong apa se. Pokoknya keren kelasnya y

    BalasHapus
  32. Saya bisa bayangin gimana rasanya deg2an terus gegara tugas yg aduhai. Tapi keren ya bisa dapat banyak teman yg senasib sepenanggungan jadi ngerasa gak sendiri melewati terjalnya dunia seo. halah.. Ngomong apa se. Pokoknya keren kelasnya y

    BalasHapus
  33. Lagi-lagi masalah konsisten yah, memang terkesan mudah dilaksanakan, tetapi ketika harus praktek, harus berjuang keras melawan kemalasan hehe. Semangat terus!

    BalasHapus
  34. Keren. Uhuuuy keren banget. Makin lama Makin jadi professional ya. Makanya beruntung banget bisa belajar mengembangkan blog jadi lebih baik lg

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmuπŸ™

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia