Kunci Belajar SEO Onpage

Berbicara mengenai optimasi blog, maka tidak akan lepas dari namanya SEO atau search Engine Optimization. Manfaat dari belajar SEO akan berdampak baik pada blog kita, misalnya tulisan kita akan banyak dibaca oleh orang, karena berada di halaman pertama, atau kedua google. Istilahnya banyak yang meng-klik kalau masih di awal-awal, karena cenderung bila ada di halaman selanjutnya, tidak begitu banyak yang membaca. Oleh karenanya banyak bahasan mengenai teknik SEO diulas dari berbagai sudut pandang. Namun di sini, kamu perlu juga untuk mengetahui apa saja yang membuat pemula gagal menerapkan tahapan SEO di websitenya, sebagai berikut:

teknik tentang SEO, belajar SEO, apa itu SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,

Terlalu Ambisi

Siapa sih di dunia ini yang tidak suka dengan uang? Ambisi mendapatkannya pun juga diupayakan dari penghasilan blog. Jadilah penerapan SEO pada blog tidak dilakukan maksimal, karena biasanya yang masih pemula mindset-nya hanya “uang” bukan “teknik SEO yang baik dan konten berkualitas”


Abai dari Riset Keyword

Kata kunci menjadi hal yang tidak boleh diabaikan saat membuat konten digital, terutama blog. Persaingan bukan hanya pada perebutan podium di MotoGP saja, melainkan juga dalam meraih halaman muda di mesin telusur. Bila saat belajar SEO bagi pemula abai dalam melakukan riset keyword, tentunya kesempatan kamu naik podium akan tergeser.


Tidak Konsisten

Konsisten, sebenarnya menjadi kunci pada semua bidang yang kita kerjakan, apalagi ini ada kaitannya dalam penerapan SEO blog yang baik. Oleh karenanya, dengan rutin menerapkan kaidah SEO blog, maka impian tulisan kamu dibaca orang banyak bukan lagi sebuah mimpi.

teknik tentang SEO, apa itu SEO, belajar SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,

Enggan Bersabar

Segala sesuatunya yang instan memang tidak baik. Begitupula bagaimana cara membuat SEO pada tulisan di blog kita harus diterapkan dengan kesabaran, misalnya dalam memahami data dari Duo Google (Apa sih duo google? Lanjut baca sampai akhir ya!), menggunakannya kata kunci, dan sebagainya.


Ogah Belajar

Belajar itu tidak melulu harus duduk di bangku dan di depan tersedia meja, lalu ada bapak/ibu guru yang mengajarkan. Belajar bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja terlebih era digitalisasi seperti saat ini belajar secara daring menjadi hal yang bagus untuk diterapkan. Maka dari itu jangan malas untuk belajar, karena kita bisa belajar SEO 2020 secara daring, tetapi tetap harus cerdas. Artinya saat kita nanti menerapkan SEO pada website kita, misalnya akan mengubah template pastikan untuk telah menyiapkan cadangan, agar saat terjadi masalah bisa diselesaikan.




Di sinilah bagusnya kita mengikuti kursus SEO, agar memiliki wawasan tentang blog yang lebih optimal sehingga mampu dikenali oleh mesin telusur. Alhamdulillah saya berkesempatan belajar SEO di Kelas Growth Blogger, yang dimulai semenjak awal bulan September lalu. Setelah pada awal pertama kali belajar tentang alasan menulis blog oleh Mbak Monica Anggen, pada kesempatan selanjutnya diajarkan oleh coach yang asik dan membantu mengarahkan bagaimana kaidah SEO yang baik. Nah salah satu coach-nya ini adalah Bahrul Ilmi. Blogger asal Pontianak ini mengisi kelas tentang belajar SEO yang saya rangkum sebagai berikut:

teknik tentang SEO, apa itu SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,


Mengenal Data dari Google Analytics

Bagi kita yang sedang belajar SEO pemula, data dari Google Analytics bermanfaat tidak hanya untuk memantau traffic blog alias melihat view artikel tatkala untuk kebutuhan job, haha, melainkan juga dapat mengetahui kapan waktu posting yang tepat, artikel mana yang paling banyak pengunjungnya, mengevaluasi tentang durasi berapa lama pengunjung berada di artikel kita, serta pastinya megetahui sumber trafik tulisan kita dari mana saja.


Pahami Data dari Google Search Console

Google Search Console atau yang disingkat dengan GSC juga tak kalah penting manfaatnya untuk membantu kita dalam menerapkan SEO.  Sebab pada GSC terdapat fitur bermanfaatnya yaitu:


  • URL Inspeksi : sangat bermanfaat agar google dapat mengindex halaman atau artikel kita, sehingga tulisan kita bisa ikut terlacak di mesin pencarian google.

  • Peta situs: sangat bermanfaat agar bot Google mengenali konten yang kita buat.

  • Performa: fitur ini membantu kita dalam mengetahui kata kunci (kueri) apa yang dicari oleh pengunjung sehingga mengarah kepada tulisan kita.

Gali Riset Keyword

Inget jangan malas untuk menggali riset keyword sebelum memulai untuk menulis. Kita dapat memanfaatkan Ubersuggest (lebih baik untuk memiliki akun sehingga bisa beberapa kali melakukan riset), dan google search untuk menelusuri kira-kira kata-kata yang akan kita tuju untuk diulas tersebut banyak yang mencari atau nggak ya. Lalu setelah mendapat kata kunci yang diinginkan, terapkan keyword tersebut pada judul artikel mengandung kata kunci, permalink, meta deskripsi, dan di awal paragraph pertama tulisan.


Aplikasikan Parameter SEO Onpage

Untuk SEO pada website, terdiri dari dua ialah Off Page (optimasi di luar blog), dan Onpage (di dalam blog). Pembahasan yang saya dapatkan dari belajar SEO 2020 di Kelas Growth Blogger dari Coach Bahrul Ilmi adalah mengenai SEO Onpage. Selain pada sub bab di atas, setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Optimasi pada tag heading, dimana berurutan ya H1 – H2 – dst.
  • Alt-title dan alt-image jangan kosong.
  • Gunakan outbound link dan internal link.
  • Gunakan teknik LSI (Latent Semantic Indexing).
  • Jangan lupa untuk bagikan tulisanmu ke media sosial, misalnya facebook, twitter, instagram, dll

teknik tentang SEO, apa itu SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,


Belajar SEO secara otodidak melalui internet tidak ada salahnya, tetapi akan lebih baik lagi menggali ilmu pengotimalan mesin telusur melalui orang yang sudah paham dengan teknik tersebut. Kamu bisa mendapatkan tutorial SEO yang lebih mendalam dengan bergabung bareng kelas Growth Premium yang pastinya lebih gereget lagi belajarnya, karena ada dua coach lainnya yaitu Masirwin dan Mas Pewe. Gimana kamu siap ikutan belajar SEO di Kelas Growth Blogger juga? Harus banget dong, agar blog kita lebih baik lagi. Hmm, btw ada yang sudah ketemu jawaban apa itu duo google yang saya maksud di pertengahan paragraf tadi? Hihi.


Artikel Terkait

Komentar

  1. Pelajaran yang sangat berharga, Mbak Fenni. Perlu banget dipelajari sama blogger ya SEO ini. Supaya makin banyak yangbisa baca tulisan kita.

    BalasHapus
  2. Aku masih PR banget ini belajar SEO sekarang sudah mulai belajar dikit2 agar blog kita jangkauannya luas dibaca orang

    BalasHapus
  3. Kata kunci ini yang masih jadi PR buat saya. Menarik untuk diulik. Meskipun kadang-kadang mumet juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi, memang harus dikulik. Kalau pengen blog semakin berkembang :)

      Hapus
  4. Ilmu SEO ini susah susah gampang sih terapinnya, makanya kita harus banyak belajar, makasih banyak kak ilmunya

    BalasHapus
  5. Aduh, saya masih gagap banget soal SEO nih, Mbak Fenni. Padahal di beberapa situs pencarian kerja untuk freelancer khususnya penulisan artikel, selalu yang diminta adalah penulis yang menguasai SEO. Sayang banget kalau nggak dipelajari, ya. Hilang deh kesempatan pekerjaan.

    Growth Blogger itu di mana, sih? Duh, jadi kepengen belajar juga.

    BalasHapus
  6. Semakin sering mandapat tema SEO ini, semakin mancep ilmunya.
    Tapi memang kudu konsisten dan terus amati apa yang kurang dan belum dilakukan yaa..
    Beruntung sekali bisa berguru dengan para masta SEO, kak Pewe dan mas Irwin.

    BalasHapus
  7. Baca postingan ini saya jadi sekalian belajar nih bagaimana menerapkan SEO Onpage saat ngeblog. Makasih yaa

    BalasHapus
  8. Sejauh ini, saya kalau nulis ga pakai riset2an, hiks kena tampolan nih. Semoga bisa lebih baik mengelola blog sayanya. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sejak 2016an udah mraktikin SEO dan hasilnya ok buat blogku. Meski demikian kudu upgrade ilmunya terus karena Google dah kek Tuhan sekeendak hatinya ngubah2 algoritma hahaha

    BalasHapus
  10. Mantap sekali ulasannya sangat lengkap. Cocok nih buat belajar tentang SEO

    BalasHapus
  11. Betul Nyi, meksi sekarang mau apapun bisa dipelajari lewat internet, tetapi tatap muka dengan ahlinya itu perlu sekali. Saya mengalaminya.

    BalasHapus
  12. Perfek ni diterspkan di blog kita masing-masing. Tentu dibarengi produktif menulis juga ^^

    BalasHapus
  13. konsisten ini paling penting selain faktor SEO lainnya mba. Update sekali setahun gimana gitu ya kwkwkw

    BalasHapus
  14. Wah pelajarannya berlanjut ya, kerennn
    Saya sedang setengah mati menulis sesudah cari key word
    Dan lumayan bikin nyut nyutan :D

    BalasHapus
  15. Artikelnya daging banget aku lagi belajar tentang CEO ini. Semoga bs menjadi lebih baik untuk soal penulisan

    BalasHapus
  16. Belajar SEO ini harus disertai praktik dan kontinyu dilaksanakan. Kalau cuma teori dipahami, ga ada aksi, saya kira ga akan ngaruh ya...

    BalasHapus
  17. Latihan terus nih aku utk mempraktikkan seo on page biar gak lupa hehe

    BalasHapus
  18. Barokallah mba bisa ikut krlasnya, ya mbak. Harus dimaksimalkan dan praktik.

    BalasHapus
  19. Saya sampai sekarang belum terlalu mahir untuk urusan SEO begini. Selama ini cuma tau dasar tapi penerapan juga belum maksimal. Pengen sih bisa memperdalam juga tapi memang perlu dipahami ya kunci belajar SEO nya ini.

    BalasHapus
  20. Aku sampai sekarang ini masih terus belajar SEO dan senang kalau dapat bacaan tentang SEO.

    BalasHapus
  21. SEO aku akan pelajarimu lagi tanpa bosan sampai mahir. Selalu ingin lebih ingin tau SEO. Tulisannya sangat bermanfaat mbak. Iya juga ya belajar bisa otodidak bisa juga dengan coach. Makasih info coach SEO nya

    BalasHapus
  22. Saya setuju sekali mba fenny, penting banget buat para blogger untuk belajar SEO. Agar tulisan kita dapat dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang. Beruntung banget mba bisa belajar sama para coach yg kece dan berpengalaman.

    BalasHapus
  23. Tidak konsisten tuh aku banget...kadang lagi mood pakai kaidah SEO , lagi enggak ya ambyar kaidahnya. Duh
    Reminder bener artikel ini buatku huhuhu

    BalasHapus
  24. Ah benar itu, aq bljr seo nya kurang konsisten...
    Huhuhu

    BalasHapus
  25. Aku mau banget nih kalau bisa belajar sama ahlinya soal SEO ini karena banyak banget yang harus kupelajari. Thanks ya, mbak Fen, artikelnya beneran membantu aku memahami SEO onpage

    BalasHapus
  26. nice inpoh ini selama ini saya nulis ya nulis aja terkait seo masih blm ada gambaran, coba di praktikkan apa yang ada diatas semua ini biar gacor blog saya

    BalasHapus
  27. Saya masih belum paham untuk cari turunan keyword. Biasanya saya menulis masih seputar apa yg ada di ide saya. Hmm...kudu lebih fokus kali yaaa, belajar dulu soal itu

    BalasHapus

  28. waaaa langsung ketampar sama masalah konsistensi, masih PR banget nih hhu. kalau GA dan GSC aman, on page SEO jg tinggal nge ijoin emoticon di Yoast, keyword research jg selalu disempetin tipis2 :D

    BalasHapus
  29. SEO ini ya, ilmu yang selalu dinamis dan gak berhenti. Ada aja yang baru seiring dengan perubahan algoritme mesin pencari, terutama Google. Huhu, makin kudet aja deh aku sama SEO. Kepengen bisa nguasai, setidaknya dasar-dasarnya. Tapi ngebayangin gimana kerja kerasnya, aku jadi parno sendiri. Aku bisa gak ya ngejarnya? Huhuhu

    BalasHapus
  30. Menurut aku. kuncinya memang harus telaten sih menerapkan SEO ini. Dan kita pun juga harus konsisten lama lama akan mendapatkan hasilnya :)

    BalasHapus
  31. Terima kasih sharingnya, memang ya kalau tulisan kita mau di nomor satu terindeks google harus rajin riset dan mendapatkan keyword yg pas. Hehehe. Aku kadang malas melakukan itu, walau sedikit tahu ilmunya. 😅

    BalasHapus
  32. Kebanyakan enggan belajar,mba. Padahal jika mau tentu nanti banyak yang mampir ke blog dan baca artikel kita.
    Pastinya senang dong ya,banyak yang mampir ke blog kita.
    Selain banyak belajar, tentunya banyak bertanya juga ke yang lebih berpengalaman, jadi kalau misalkan ada yang kurang begitu paham bisa langsung diskusi sampai tuntas bagaimana SEO ini

    BalasHapus
  33. Cari keywords ini kadang perlu waktu karena saat mau tulis sesuatu keyword gak keluar, jadi harus pinter-pinter juga cari keyword. SEO itu tidak gampang tapi menyenangkan kalau dipelajari. Kita memang harus terus belajar ya Mba, apalagi sama yang ahlinya.

    BalasHapus
  34. saya awalnya malas banget urus SEO Kak, sampai akhirnya Mei lalu mulai belajar SEO juga di kelas sebelah, heheheh. pikir saya waktu itu apa sih, saya mau nulisnya for fun aja, tapi makin kesini mah harus realistis klo ngeblog jaman now emang jadi tempat mencari cuan juga, biar blognya makin mantab harus dioptimasi secara maksimal.
    sejak saat itu mata ini terbuka deh dan mulai dikit2 menerapkannya sambil terus belajar.
    Duo Google: Google Analytic dan Google Search Console kan ya? :)

    BalasHapus
  35. Seo ini kek nya ilmunya gak khatam khatam dari dulu kadang juga suka pusing sendiri

    Aku s3ndirs udah yg capek bgt sih tapi bebe4apa kebiasaan seo masih dipake kaya naro keterangan di gambar, build internal link dll.

    Tapi katanya teknik seo jg bukan harga mati bisa jadi satu hari algoritma berubah tekniknya jg berubah.

    Sekarang aku fokus aja ke konten dulu. Sambil mengumpulkan tenaga dan niat buat belajar seo lagi.

    Makasih sharingnya kak

    BalasHapus
  36. Aku jarang bgt reset key word... huhuhu harus dibenahi ini,,,,

    BalasHapus
  37. Mba Fenni, berarti saya harus mulai memperhatikan search keyword ya karena selama ini kalau nulis nggak pernah bikin research segala. Padahal sebenarnya penting ya

    BalasHapus
  38. Aku pun sudah lama Mbak belajar SEO sampe puyeng, langsung aku praktekan di blog tapi nggak tau ya masih segitu-segitu aja pengunjungnya memang sudah ada peningkatan sih tapi sedikit.

    Beberapa waktu malah bikin jengkel entah salah apanya DA yg sebelumnya lumayan malah kemaren turun dan SS naik lagi bikin sebel, wis tak bahno males otak-atik lagi hehe

    BalasHapus
  39. Aku masih bingung gimana cara pakai Google Search Console itu. Gaptek banget. Tapi diantara semua itu yang paling sulit adalah konsisten. Kalau lagi rajin bisa nulis banyak, kalau males ya udah blog kosong berminggu-minggu, heuheu

    BalasHapus
  40. suka banget sama bahasannya mba Fen, kebetulan aku lagi seriusin bikin blog, dan lumayan setelah blog aku dibenerin SEO-nya pas check di mesin telusur SEO aku udah 78% akurasinya, tapi masih harus dimaksimalin si, baca ini jadi dapat ilmu lebih banyak lagi deh

    BalasHapus
  41. Ini kelas bareng Mas Irwin itu mbak? Wah, aku kemarin daftar, tapi engga masuk deh kayaknya, hehe. Semangat deh kalau gitu mbak, untuk mengikuti kelasnya. Terima kasih juga udah berbagi ilmu, aku juga lagi ngulik-ngulik soal SEO nih.

    BalasHapus
  42. Sampai skrg aku juga masih terus belajar ttg SEO mba, krn luas banget kalau dikulik.

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah, baru-baru ini saya juga belajar soal SEO on page dan off page. Memang harus konsisten ya.

    BalasHapus
  44. Belajar SEO memang tidak bisa hanya sekilas ya Mbak. Butuh terus digali dan dipraktekan langsung, jadi bisa benar0benar kelihatan bagaimana hasilnya. Baca ini jadi dapat ilmu banget.

    BalasHapus
  45. Aku juga sedang belajar SEO On Page lagi nih. Dulu belajar tahun 2016 dan rupanya sudah banyak perubahan dibanding 2020 ini.

    BalasHapus
  46. Belajar terus supaya blog ada di page one. Sip banget ini ilmunya

    BalasHapus
  47. Wah, keren, pembahasan tentang SEO ini selalu hangat. Saya blom terlalu paham juga Mbak.

    BalasHapus
  48. saya juga mulai terapin SEO, yang research keyword ini masih PR sih, kadang ingat, kadang nggak klo mau nulis, hihihh
    kalau yang GSC sih sebisa mungkin sekarang kalau habis post langsung main ke GSC :D

    BalasHapus
  49. 2019 lalu, aku mulai rutin nerapin teknik SEO di blog. Agak gemas juga ketika nggak ada efeknya sama sekali. Baru sekarang semuanya menuai hasil. Seneng bnget

    BalasHapus
  50. Belajar SEO memang ngeri-ngeri sedap gitu ya mbak, tapi kalau udah kebiasaan dan bisa page one itu jadi sesuatu yang membahagiakan

    BalasHapus
  51. Terkait riset keyword, aku pribadi masih belajar banget nih. Secara emang perlu banget belajar ya mba, utamanya SEO. Baik off maupun on page. Ahh, baca ini jadi makin greget kan pengen belajar lebih dalam lagi huhuu

    BalasHapus
  52. PR aku menjadi blogger utamanya belajar SEO, kadang untuk ngepost tulisan diblog ngasal aja tanpa mempertimbangan kualitas SEOnya... Makasih mbak yah, sedikit-sedikit saya lebih paham dengan SEO ini..

    BalasHapus
  53. Berhubunh aku ngga mudeng sama SEO, aku minta tolong ka fenni ajarin aku secara langsung setelah pandemic usai ya hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu🙏

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia