Langsung ke konten utama

Kunci Belajar SEO Onpage


teknik tentang SEO, belajar SEO, apa itu SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,


Berbicara mengenai optimasi blog, maka tidak akan lepas dari namanya Search Engine Optimization (SEO)Manfaat dari belajar SEO akan berdampak baik bagi blog kita, misalnya tulisan kita akan banyak dibaca oleh orang karena berada di halaman pertama, atau kedua google. Istilahnya banyak yang meng-klik kalau masih di awal halaman pencarian, karena cenderung bila ada di halaman selanjutnya tidak begitu banyak yang membaca. Oleh karenanya banyak bahasan mengenai teknik SEO diulas dari berbagai sudut pandang. Namun di sini kamu perlu juga untuk mengetahui apa saja alasan yang membuat pemula gagal menerapkan tahapan SEO di websitenya, sebagai berikut:

 

Terlalu Ambisi

Siapa sih di dunia ini yang tidak suka dengan uang? Ambisi mendapatkannya pun juga diupayakan dari penghasilan blog. Jadilah penerapan SEO pada blog tidak dilakukan maksimal, karena biasanya yang masih pemula mindset-nya hanya “uang” bukan “teknik SEO yang baik dan konten berkualitas”


Abai dari Riset Keyword

Kata kunci menjadi hal yang tidak boleh diabaikan saat membuat konten digital, terutama blog. Persaingan bukan hanya pada perebutan podium di MotoGP saja, melainkan juga dalam meraih halaman muda di mesin telusur. Bila saat belajar SEO bagi pemula abai dalam melakukan riset keyword, tentunya kesempatan kamu naik podium akan tergeser.


Tidak Konsisten

Konsisten, sebenarnya menjadi kunci pada semua bidang yang kita kerjakan, apalagi ini ada kaitannya dalam penerapan SEO blog yang baik. Oleh karenanya, dengan rutin menerapkan kaidah SEO blog tanpa bosan, maka impian tulisan kamu dibaca orang banyak bukan lagi sebuah mimpi.

teknik tentang SEO, apa itu SEO, belajar SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,

Enggan Bersabar

Segala sesuatunya yang instan memang tidak baik. Begitupula bagaimana cara membuat SEO pada tulisan di blog kita harus diterapkan dengan kesabaran, misalnya dalam memahami data dari Duo Google (Apa sih duo google? Lanjut baca sampai akhir ya!), menggunakannya kata kunci, dan sebagainya.


Ogah Belajar

Serba-serbi belajar itu tidak melulu harus duduk di bangku dan di depan tersedia meja, lalu ada bapak/ibu guru yang mengajarkan. Belajar bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja terlebih era digitalisasi seperti saat ini belajar secara daring menjadi hal yang bagus untuk diterapkan. Maka dari itu jangan malas untuk belajar, karena kita bisa belajar SEO 2020 secara daring, tetapi tetap harus cerdas. Artinya saat kita nanti menerapkan SEO pada website kita, misalnya akan mengubah template pastikan untuk telah menyiapkan cadangan, agar saat terjadi masalah bisa diselesaikan.



Di sinilah bagusnya kita mengikuti kursus SEO, agar memiliki wawasan tentang blog yang lebih optimal sehingga mampu dikenali oleh mesin telusur. Alhamdulillah saya berkesempatan belajar SEO di Kelas Growth Blogger, yang dimulai semenjak awal bulan September lalu. Setelah pada awal pertama kali belajar tentang alasan menulis blog oleh Mbak Monica Anggen, pada kesempatan selanjutnya diajarkan oleh coach yang asik dan membantu mengarahkan bagaimana kaidah SEO yang baik. Nah salah satu coach-nya ini adalah Bahrul Ilmi. Blogger asal Pontianak ini mengisi kelas tentang belajar SEO yang saya rangkum sebagai berikut:

teknik tentang SEO, apa itu SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,


Mengenal Data dari Google Analytics

Bagi kita yang sedang belajar SEO pemula, data dari Google Analytics bermanfaat tidak hanya untuk memantau traffic blog alias melihat view artikel tatkala untuk kebutuhan job, haha, melainkan juga dapat mengetahui kapan waktu posting yang tepat, artikel mana yang paling banyak pengunjungnya, mengevaluasi tentang durasi berapa lama pengunjung berada di artikel kita, serta pastinya megetahui sumber trafik tulisan kita dari mana saja.


Pahami Data dari Google Search Console

Google Search Console atau yang disingkat dengan GSC juga tak kalah penting manfaatnya untuk membantu kita dalam menerapkan SEO.  Sebab pada GSC terdapat fitur bermanfaatnya yaitu:


  • URL Inspeksi : sangat bermanfaat agar google dapat mengindex halaman atau artikel kita, sehingga tulisan kita bisa ikut terlacak di mesin pencarian google.

  • Peta situs: sangat bermanfaat agar bot Google mengenali konten yang kita buat.

  • Performa: fitur ini membantu kita dalam mengetahui kata kunci (kueri) apa yang dicari oleh pengunjung sehingga mengarah kepada tulisan kita.

Gali Riset Keyword

Inget jangan malas untuk menggali riset keyword sebelum memulai untuk menulis. Kita dapat memanfaatkan Ubersuggest (lebih baik untuk memiliki akun sehingga bisa beberapa kali melakukan riset), dan google search untuk menelusuri kira-kira kata-kata yang akan kita tuju untuk diulas tersebut banyak yang mencari atau nggak ya. Lalu setelah mendapat kata kunci yang diinginkan, terapkan keyword tersebut pada judul artikel mengandung kata kunci, permalink, meta deskripsi, dan di awal paragraph pertama tulisan.


Aplikasikan Parameter SEO Onpage

Untuk SEO pada website, terdiri dari dua ialah Off Page (optimasi di luar blog), dan Onpage (di dalam blog). Pembahasan yang saya dapatkan dari belajar SEO 2020 di Kelas Growth Blogger dari Coach Bahrul Ilmi adalah mengenai SEO Onpage. Selain pada sub bab di atas, setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Optimasi pada tag heading, dimana berurutan ya H1 – H2 – dst.
  • Alt-title dan alt-image jangan kosong.
  • Gunakan outbound link dan internal link.
  • Gunakan teknik LSI (Latent Semantic Indexing).
  • Jangan lupa untuk bagikan tulisanmu ke media sosial, misalnya facebook, twitter, instagram, dll

teknik tentang SEO, apa itu SEO, optimasi blog dengan SEO, SEO untuk pemula,


Belajar SEO secara otodidak melalui internet tidak ada salahnya, tetapi akan lebih baik lagi menggali ilmu pengotimalan tentang blog melalui orang yang sudah paham dengan teknik tersebut. Sebab blog adalah aset kita sebagai blogger. Dengan banyak belajar dan memahami perintilannya agar blog kita semakin baik, tentunya akan banyak juga mendatangkan job karena dilirik oleh digital agency.
 
Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan tutorial SEO yang lebih mendalam dengan bergabung bareng kelas Growth Premium yang pastinya lebih gereget lagi belajarnya, karena ada dua coach lainnya yaitu Masirwin dan Mas Pewe. Gimana kamu siap ikutan belajar SEO di Kelas Growth Blogger juga? Harus banget dong..Hmm, btw ada yang sudah ketemu jawaban apa itu duo google yang saya maksud di pertengahan paragraf tadi? Hihi.


Komentar

Mugniar mengatakan…
Pelajaran yang sangat berharga, Mbak Fenni. Perlu banget dipelajari sama blogger ya SEO ini. Supaya makin banyak yangbisa baca tulisan kita.
Dessy Achieriny mengatakan…
Aku masih PR banget ini belajar SEO sekarang sudah mulai belajar dikit2 agar blog kita jangkauannya luas dibaca orang
Keke Naima mengatakan…
Kata kunci ini yang masih jadi PR buat saya. Menarik untuk diulik. Meskipun kadang-kadang mumet juga hehehe
Mirza Pradita mengatakan…
Ilmu SEO ini susah susah gampang sih terapinnya, makanya kita harus banyak belajar, makasih banyak kak ilmunya
Melina Sekarsari mengatakan…
Aduh, saya masih gagap banget soal SEO nih, Mbak Fenni. Padahal di beberapa situs pencarian kerja untuk freelancer khususnya penulisan artikel, selalu yang diminta adalah penulis yang menguasai SEO. Sayang banget kalau nggak dipelajari, ya. Hilang deh kesempatan pekerjaan.

Growth Blogger itu di mana, sih? Duh, jadi kepengen belajar juga.
lendyagasshi mengatakan…
Semakin sering mandapat tema SEO ini, semakin mancep ilmunya.
Tapi memang kudu konsisten dan terus amati apa yang kurang dan belum dilakukan yaa..
Beruntung sekali bisa berguru dengan para masta SEO, kak Pewe dan mas Irwin.
andyhardiyanti mengatakan…
Baca postingan ini saya jadi sekalian belajar nih bagaimana menerapkan SEO Onpage saat ngeblog. Makasih yaa
Sejauh ini, saya kalau nulis ga pakai riset2an, hiks kena tampolan nih. Semoga bisa lebih baik mengelola blog sayanya. Aamiin.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Alhamdulillah sejak 2016an udah mraktikin SEO dan hasilnya ok buat blogku. Meski demikian kudu upgrade ilmunya terus karena Google dah kek Tuhan sekeendak hatinya ngubah2 algoritma hahaha
moiismiy mengatakan…
Mantap sekali ulasannya sangat lengkap. Cocok nih buat belajar tentang SEO
Okti Li mengatakan…
Betul Nyi, meksi sekarang mau apapun bisa dipelajari lewat internet, tetapi tatap muka dengan ahlinya itu perlu sekali. Saya mengalaminya.
Muslifa mengatakan…
Perfek ni diterspkan di blog kita masing-masing. Tentu dibarengi produktif menulis juga ^^
Andrew Pradana mengatakan…
konsisten ini paling penting selain faktor SEO lainnya mba. Update sekali setahun gimana gitu ya kwkwkw
Maria G Soemitro mengatakan…
Wah pelajarannya berlanjut ya, kerennn
Saya sedang setengah mati menulis sesudah cari key word
Dan lumayan bikin nyut nyutan :D
Keke Naima mengatakan…
Tetapi, memang harus dikulik. Kalau pengen blog semakin berkembang :)
chainhere mengatakan…
Artikelnya daging banget aku lagi belajar tentang CEO ini. Semoga bs menjadi lebih baik untuk soal penulisan
Okti Li mengatakan…
Belajar SEO ini harus disertai praktik dan kontinyu dilaksanakan. Kalau cuma teori dipahami, ga ada aksi, saya kira ga akan ngaruh ya...
Nufa Zee mengatakan…
Latihan terus nih aku utk mempraktikkan seo on page biar gak lupa hehe
Nyi Penengah mengatakan…
Barokallah mba bisa ikut krlasnya, ya mbak. Harus dimaksimalkan dan praktik.
Saya sampai sekarang belum terlalu mahir untuk urusan SEO begini. Selama ini cuma tau dasar tapi penerapan juga belum maksimal. Pengen sih bisa memperdalam juga tapi memang perlu dipahami ya kunci belajar SEO nya ini.
Aku sampai sekarang ini masih terus belajar SEO dan senang kalau dapat bacaan tentang SEO.
HELEN FETRIANI mengatakan…
SEO aku akan pelajarimu lagi tanpa bosan sampai mahir. Selalu ingin lebih ingin tau SEO. Tulisannya sangat bermanfaat mbak. Iya juga ya belajar bisa otodidak bisa juga dengan coach. Makasih info coach SEO nya
Dian Restu Agustina mengatakan…
Tidak konsisten tuh aku banget...kadang lagi mood pakai kaidah SEO , lagi enggak ya ambyar kaidahnya. Duh
Reminder bener artikel ini buatku huhuhu
Dee_Arif mengatakan…
Ah benar itu, aq bljr seo nya kurang konsisten...
Huhuhu
Marantina mengatakan…
Aku mau banget nih kalau bisa belajar sama ahlinya soal SEO ini karena banyak banget yang harus kupelajari. Thanks ya, mbak Fen, artikelnya beneran membantu aku memahami SEO onpage
Lina Muryani mengatakan…
nice inpoh ini selama ini saya nulis ya nulis aja terkait seo masih blm ada gambaran, coba di praktikkan apa yang ada diatas semua ini biar gacor blog saya
Artha Amalia mengatakan…
Saya masih belum paham untuk cari turunan keyword. Biasanya saya menulis masih seputar apa yg ada di ide saya. Hmm...kudu lebih fokus kali yaaa, belajar dulu soal itu
Ranti mengatakan…

waaaa langsung ketampar sama masalah konsistensi, masih PR banget nih hhu. kalau GA dan GSC aman, on page SEO jg tinggal nge ijoin emoticon di Yoast, keyword research jg selalu disempetin tipis2 :D
Nia K. Haryanto mengatakan…
SEO ini ya, ilmu yang selalu dinamis dan gak berhenti. Ada aja yang baru seiring dengan perubahan algoritme mesin pencari, terutama Google. Huhu, makin kudet aja deh aku sama SEO. Kepengen bisa nguasai, setidaknya dasar-dasarnya. Tapi ngebayangin gimana kerja kerasnya, aku jadi parno sendiri. Aku bisa gak ya ngejarnya? Huhuhu
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Menurut aku. kuncinya memang harus telaten sih menerapkan SEO ini. Dan kita pun juga harus konsisten lama lama akan mendapatkan hasilnya :)
Yelli Sustarina mengatakan…
Terima kasih sharingnya, memang ya kalau tulisan kita mau di nomor satu terindeks google harus rajin riset dan mendapatkan keyword yg pas. Hehehe. Aku kadang malas melakukan itu, walau sedikit tahu ilmunya. 😅
elva s mengatakan…
Kebanyakan enggan belajar,mba. Padahal jika mau tentu nanti banyak yang mampir ke blog dan baca artikel kita.
Pastinya senang dong ya,banyak yang mampir ke blog kita.
Selain banyak belajar, tentunya banyak bertanya juga ke yang lebih berpengalaman, jadi kalau misalkan ada yang kurang begitu paham bisa langsung diskusi sampai tuntas bagaimana SEO ini
Erin Herlina mengatakan…
Cari keywords ini kadang perlu waktu karena saat mau tulis sesuatu keyword gak keluar, jadi harus pinter-pinter juga cari keyword. SEO itu tidak gampang tapi menyenangkan kalau dipelajari. Kita memang harus terus belajar ya Mba, apalagi sama yang ahlinya.
Diah Alsa mengatakan…
saya awalnya malas banget urus SEO Kak, sampai akhirnya Mei lalu mulai belajar SEO juga di kelas sebelah, heheheh. pikir saya waktu itu apa sih, saya mau nulisnya for fun aja, tapi makin kesini mah harus realistis klo ngeblog jaman now emang jadi tempat mencari cuan juga, biar blognya makin mantab harus dioptimasi secara maksimal.
sejak saat itu mata ini terbuka deh dan mulai dikit2 menerapkannya sambil terus belajar.
Duo Google: Google Analytic dan Google Search Console kan ya? :)
Silvie Permatasari mengatakan…
Seo ini kek nya ilmunya gak khatam khatam dari dulu kadang juga suka pusing sendiri

Aku s3ndirs udah yg capek bgt sih tapi bebe4apa kebiasaan seo masih dipake kaya naro keterangan di gambar, build internal link dll.

Tapi katanya teknik seo jg bukan harga mati bisa jadi satu hari algoritma berubah tekniknya jg berubah.

Sekarang aku fokus aja ke konten dulu. Sambil mengumpulkan tenaga dan niat buat belajar seo lagi.

Makasih sharingnya kak
Jihan Fauziah mengatakan…
Aku jarang bgt reset key word... huhuhu harus dibenahi ini,,,,
Meykke Santoso mengatakan…
Mba Fenni, berarti saya harus mulai memperhatikan search keyword ya karena selama ini kalau nulis nggak pernah bikin research segala. Padahal sebenarnya penting ya
Arif Rudiantoro mengatakan…
Aku pun sudah lama Mbak belajar SEO sampe puyeng, langsung aku praktekan di blog tapi nggak tau ya masih segitu-segitu aja pengunjungnya memang sudah ada peningkatan sih tapi sedikit.

Beberapa waktu malah bikin jengkel entah salah apanya DA yg sebelumnya lumayan malah kemaren turun dan SS naik lagi bikin sebel, wis tak bahno males otak-atik lagi hehe
Meriskapw mengatakan…
Aku masih bingung gimana cara pakai Google Search Console itu. Gaptek banget. Tapi diantara semua itu yang paling sulit adalah konsisten. Kalau lagi rajin bisa nulis banyak, kalau males ya udah blog kosong berminggu-minggu, heuheu
Sabrina mengatakan…
suka banget sama bahasannya mba Fen, kebetulan aku lagi seriusin bikin blog, dan lumayan setelah blog aku dibenerin SEO-nya pas check di mesin telusur SEO aku udah 78% akurasinya, tapi masih harus dimaksimalin si, baca ini jadi dapat ilmu lebih banyak lagi deh
Nadella | Taruih Baraja mengatakan…
Ini kelas bareng Mas Irwin itu mbak? Wah, aku kemarin daftar, tapi engga masuk deh kayaknya, hehe. Semangat deh kalau gitu mbak, untuk mengikuti kelasnya. Terima kasih juga udah berbagi ilmu, aku juga lagi ngulik-ngulik soal SEO nih.
Diayu Refina Sembiring mengatakan…
Sampai skrg aku juga masih terus belajar ttg SEO mba, krn luas banget kalau dikulik.
Andina mengatakan…
Alhamdulillah, baru-baru ini saya juga belajar soal SEO on page dan off page. Memang harus konsisten ya.
Asih Mufisya mengatakan…
Belajar SEO memang tidak bisa hanya sekilas ya Mbak. Butuh terus digali dan dipraktekan langsung, jadi bisa benar0benar kelihatan bagaimana hasilnya. Baca ini jadi dapat ilmu banget.
Damar Aisyah mengatakan…
Aku juga sedang belajar SEO On Page lagi nih. Dulu belajar tahun 2016 dan rupanya sudah banyak perubahan dibanding 2020 ini.
Happy Dyah mengatakan…
Belajar terus supaya blog ada di page one. Sip banget ini ilmunya
Diah Alsa mengatakan…
saya juga mulai terapin SEO, yang research keyword ini masih PR sih, kadang ingat, kadang nggak klo mau nulis, hihihh
kalau yang GSC sih sebisa mungkin sekarang kalau habis post langsung main ke GSC :D
Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan…
2019 lalu, aku mulai rutin nerapin teknik SEO di blog. Agak gemas juga ketika nggak ada efeknya sama sekali. Baru sekarang semuanya menuai hasil. Seneng bnget
Sarieffe mengatakan…
Belajar SEO memang ngeri-ngeri sedap gitu ya mbak, tapi kalau udah kebiasaan dan bisa page one itu jadi sesuatu yang membahagiakan
Ludyah Annisah mengatakan…
Terkait riset keyword, aku pribadi masih belajar banget nih. Secara emang perlu banget belajar ya mba, utamanya SEO. Baik off maupun on page. Ahh, baca ini jadi makin greget kan pengen belajar lebih dalam lagi huhuu
Irena Faisal mengatakan…
Berhubunh aku ngga mudeng sama SEO, aku minta tolong ka fenni ajarin aku secara langsung setelah pandemic usai ya hahaha
TIAN LUSTIANA mengatakan…
Terimakasih, seneng banget bisa baca seputar SEO nih.
arsitarahadiyani mengatakan…
Artikelnya menarik sekali ini mbak. Saya masih kurang familiar dengan teknik LSI ini. Harus menggali lebih detail lagi ini. Oh iya, untuk tahu kelas tentang SEO ini bagaimana ya mbak?
Fenni Bungsu mengatakan…
Hi mbak Sita,
Untuk informasi kelas SEO lebih lanjut, mbak Sita bisa klik gambar "Coaching SEO" pada artikel di atas, nanti akan langsung terhubung dengan PIC nya.

Semoga membantu. 😃
Naqiyyah Syam mengatakan…
Senang banget ya Mbk belajar SEO, selalau ada yang baru agar makin mengerti dan makin bagus blognya. Makasih sudah mengingatkan Mbk.
Ratu Kemala mengatakan…
Saya baru ngeblog. Wahh banyak yang harus saya pelajari nih. Terimakasih infonya
Irena Faisal mengatakan…
Sudah susah belajarnya masih ngga konsisten, makin amsyong deh blog aku hahaha
Manik Swadiaya mengatakan…
mantap nih program, tetapi menurut aku SEO mengalir seiring waktu, jangan terjebak dengan jurus ini itu, kembali ke isi konten dan tujuan kamu menulis. jangan fokus ke materi semata.
Bunga Lompat mengatakan…
Aaak SEO! Awal-awal nge blog semangat tuh belajar SEO ini itu. Lama kelamaan dibawa slow aja. Saya sadar banget nih pentingnya SEO, tapi karena keterbatasan waktu akhirnya let it flow aja huhu. Yang terpenting untuk sekarang sih konsisten menulis dengan membaguskan konten, urusan teknis seadanya huhu T_T

Semoga ada kesempatan bisa fokus belajar dan nerapin SEO lagi :)

Terima kasih atas informasi mengenai SEO ini ya kak ^_^
kakdidik13 mengatakan…
Kalau Aku untuk SEO blog aku pelajari sambil berjalan dan tetap semangat menggali konten konten sehingga ada peningkatan dalam semangat bloggingnya. Terima kasih atas sharing ilmunya mbak Feni
rella mengatakan…
Kereeennn infonya, meskipun masih tertatih-tatih belajar SEO, masih nyoba nerapin secara konsisten di blog sendiri supaya belajar ada hasilnya :)
HendraDigital mengatakan…
Sudah saatnya blogger juga belajar menerapkan kaidah SEO agar traffic blog jadi meningkat. Yang gak kalah penting adalah mengetahui keyword yang juga diincar sama kompetitor.
Enny Ratnawati mengatakan…
seo penting banget emang kak.alhamdulillah sejak tau seo, bbrp tulisan dah dihalaman muda..yang lama2 juga diedit seo-nya.makasih sharingnya kak fenni
iidyanie mengatakan…
Riset keyword nih saya masih kurang, alhasil susah nongol di pageone google, Seo on page sangat berguna banget buat para blogger ya mba :)
hani mengatakan…
Aku belum nih menulis pake riset keyword dulu. Nulis-nulis-nulis aja seringnya. Padahal dng riset malah lebih terarah dan bisa page muda yah...Mulai riset KW ah...
Okti Li mengatakan…
Iya betul banget. Biar kita nulis tuh ada visi misinya. Lebih terarah dan gak hanya asal nulis saja ya, hehehe...
Rienzbie mengatakan…
MashAllah aku kalau awal2 mendebgar kata SEO jd illfell tapi skrang udh lmyan ngerti dan pengen belajar lebih lanjutlagi karena emang utk memperbaiki trafic yg ada pada blog ya kak
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
kalo tidak salah nih yaa.. yang dimaksud duo google tersebut adalah dua coach yang mengampu kelas Growth :D
K. Niken mengatakan…
Riset keyword ini PR aku banget kak. Kadang udahpakai perhitungan ternyata masih kurang tepat wkwk. Jam terbang emang dibutuhkan yaaaa
Akarui Cha mengatakan…
Mantap banget nih ulasannya Kak Fenni. Kalau aku masih harus banyak belajar banget nih untuk keyword research. Kadang masih suka nggak tepat gitu.
Shinta Shyntako mengatakan…
Fenn, mau ikutan BRT gimana sih caranya, pengen ikutan workshop sama webinar blognya deh akutuhhh biar lebih paham soal SEO dan maintain blog
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Iya sih. Yuni bahkan masih belum khatam bab belajar seo on page. Tapi, nggak boleh menyerah dong. Kudu belajar GSC sama GA juga. Hehehe
Dee_Arif mengatakan…
ah iya lho, penting bgt buat blogger untuk menguasai seo. biar performa blognya bagus
search keywords ini yang masih PR banget buat aku, Mbak Fenni. Padahal kalau udah ketemu ya ngalir aja yang lain pasti ngikut SEO OnPagenya.
ilmu SEO itu luas banget ya mba
sampai akhirnya aku pun sadar sukuplah belajar pada satu suhu agar optimal. karena semakin banyak maka semakin bingung pula saya yang newbie hehe
Adriana Dian mengatakan…
Setuju banget. Emang penting ya belajar SEO untuk blog. Kelas Growthing emang kece banget deh, super seru dengan segudang ilmu SEO baru yaaa
Marfa Umi mengatakan…
Pernah membaca kalau SEO ini ilmunya sangat luas dan bahkan yg sudah specialist punya cara masing2. Secara personal agar lgsg cepat belajar hanya dr belajar sendiri adl punya mentor, ky misal kelas berbayar spt itu
Andiyani Achmad mengatakan…
kebetulan udah apply google console buat blog aku dan laporannya dikirim tiap awal bulan (mirip sih kayak google analytics) dari laporan ini aku belajar banyak buat optimasi blog lebih baik lagi
Niwanda mengatakan…
Ikut nyimak ya, Mbak. Kepingin ikut kelasnya tapi sekarang lagi ada fokus yang lainnya. Semoga lewat postingan ini bisa kecipratan ilmunya dan bisa menerapkan walau dikit-dikit hehe.
April Hamsa mengatakan…
SEO selalu berubah makanya kud belajar terus ya buat ngikutin. Paling suka kalau sukses bisa nangkring di page one deh :D
Euisry Noor mengatakan…
Mendalami blogging emang bikin kita gak berhenti belajar ya... Aku masih awam nih soal SEO on page. Pengen ikut belajar kelas growth blogger, semoga ada kesempatan dan waktunya. Masih banyak ilmu SEO yg blm kuterapin buat blog
Fazirotul Firdaus mengatakan…
Aku belum paham tentang SEO-SEO gini kak, mau belajar tapi masih bingung mulai darimana. Kurang paham juga. Tapi aku gak nyerah sih, aku usahain tanya-tanya ke beberapa teman blogger yang paham SEO dan minta diajarin dikit-dikit. Meskipun ilmunya mental sih😭
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
wah ini memang perjuangan para blogger ya, kudu terus belajar demi meningkatkan kualitas :)
Visya Al Biruni mengatakan…
Aku deh kayaknya ogah belajar SEO, dulu haha. Antipati banget tapi sekarang udah lebih mau sih. Btw GSC katanya lati off ya?
Renayku mengatakan…
Dulu aku tuh nulis ya nulis aja tapu skrg mulai insyaf.. lebih merhatiin keywords biar terindeks sama mbah google hehe
Indri Cume mengatakan…
Yaampun aku masih ga mudeng sama SEO gini haha belajar sendiri cari" di Internet pusing banget deh
Diah Alsa mengatakan…
belajar SEO itu gak cukup sekali dua kali aja, perlu konsistensi sih emang mencoba segala ilmu yang udah ada, xixixiix. Semangat belajar besama :D
Fionaz mengatakan…
Aq nih mbak yang masih banyak nggak taunya makanya pengen belajar terus menerus tentang SEO.. Kemaren2 sih taunya cuma asal nulis aja
Peri Hardiansyah mengatakan…
Semangat mbak, semoga semakin pandai dalam dunia tulis-menulis. Masalah SEO ini hingga sekarang tetap ada perbedaan disana-disini. Akan tetapi memang seperti keyword, dan baca analytic dan SC itu vital banget buat baca kemana alur pembaca.
Nyi Penengah mengatakan…
PR banget buat aku juga untuk mengerti SEO, senang senang gemes kalau belajar SEO ini ya mba. Kudu menerapkannya pun konsisten.
Zefy Arlinda mengatakan…
Ternyata cukup banyak point kunci untuk belajar SEO ya mbak, yang sabar ini juga cukup usah diterapkan, karena kebanyakan orang kan ingin nya instan, hasil dengan usaha minimum.
Mirza Pradita mengatakan…
SEO ini PR sih buatku, aku sering ikut seminar tapi masih belum ngerti & harus banyak belajar, makasih banyak ilmu SEOnya, ilmunya berguna banget
Gita Siwi mengatakan…
Wah info yang sangat dibutuhkan ini ya masih minim ilmu saya tentang hal hal yang berkaitan dengan SEO nih. Makasih infonya kak.
Kesih Latief mengatakan…
Wewww .. tekhnik SEO. Penting sih ini meski agak susah d terapkan buat q pribadi. Tp usaha gak mengkhiati sih ya. Mks infonya, semangat cieee .. buat terus belajar 😊
Lathifah Edib mengatakan…
Masih terpapah-papah & tertatih-tatih ngurusin SEO. *Bahasane lebay beud. 😅
Harus belajar terus soal SEO. Bisa karena usaha. Yey!
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Jujur aja kalau soal SEO aku masih gak terlalu ngeh mbak. Mungkin karena blm minat utk optimasi SEO ke blog jadi terkesan abai. Tapi next time itu bakal jadi hal yg aku pelajari. Terima kasih ulasannya Mba Fenni :)
Larasati Neisia mengatakan…
Mau banget mbak belajar lebih dalam tentang optimasi SEO, tapi waktuku masih terbatas belum bisa fokus sepenuhnya di blog karena punya kerjaan utama. Semoga nanti ada waktunya hehe.
RasulyOctav mengatakan…
Kalau SEO ini harus bener2 fokus belajarnya jangan mood mood tan, karena ilmunya juga bagus dan belajarnya harus fokus , aku juga sampai sekarang masih nanya2 ilmu mya SEO 🙏🏻👍🏻 kak
Siti Nurjanah mengatakan…
Aku ketinggalan terus kalau mau ikut kelasnya, meskipun udah beberapa kali belajar secara dasar. Sadar diri sih belum begitu optimal makanya ingin terus menggali lebih jauh
kataresi mengatakan…
Aku berasa ditoyor nih ga bissa konsisten ngisi blog akuh . Huhuhu. Makasi ilmunyaaa
Celoteh Dini Hari mengatakan…
semangat belajarnya ya mbaaakk,, akupun masih pelajarin terus dan nyemangatin diri sndiri biar nggak males2an,,

ilmunya udah ada, kadang nerapinnya males2an gitu, ini yang bahaya kan
Ilham Sadli mengatakan…
Aku pernah ikut kelas itu kak, dan asli isinya daging semua. Dan setelah ikutan kelas baru sadar kalau ternyata blog saya masih amburadul
Marita Ningtyas mengatakan…
Aku yang masih suka malas itu riset keyword wkwk. Masih suka asal pilih keywordnya, kalau dirasa di Google ada yang nyari, langsung angkut tanpa lihat banyak dicari, banyak pesaingnya nggak, hehe. Tapi kalau penulisan secara SEO udah berusaha menjalankannya.
lylamanzila mengatakan…
SEO termasuk ilmu yang harus saya pelajari, secara saya nulis nggak riset keyword dulu...apalagi analytyc saya belum nyambung