Tanggal 20 Hari Nasional dan Hari Internasional

 

Kapan Hari Kesetaraan Sosial Sedunia, When World Day of Social Justice, Kapan Hari Pekerja Nasional, Kapan Hari Dongeng Sedunia, Kapan Hari Kesehatan Mulut Internasional, Kapan Hari Kebahagiaan International, When International Day of Happiness, Kapan Hari Konsumen Nasional, Kapan Hari Kebangkitan Nasional, Kapan Hari Pengungsi Internasional, Kapan Hari Catur Dunia, Kapan Hari Osteoporosis Sedunia, Kapan Hari Statistik Dunia, Kapan Hari Anak Sedunia, Kapan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Kapan Hari Solidaritas Manusia Internasional, When World Storytelling Day, When International Day of Oral Narrators,

Tanggal 20 Peringatan Hari Nasional dan Hari Internasional – Selamat Ulang Tahun, ciee siapa nih yang ulang tahun hari ini? Namun di sini saya bukan untuk menyampaikan Happy Milad ya buat kamu, hahah, karena di tanggal 20 ada pada bulan-bulan tertentu peringatan Hari Nasional dan Hari Internasional yang perlu kita ketahui terkait dengan keseharian kita loh. Apa saja sih itu? Kuy kita simak penjelasan berikut ini:

 

20 Februari

Hari Kesetaraan Sosial Sedunia (World Day of Social Justice)

Kesetaraan dalam kehidupan, memang dibutuhkan agar terciptanya rasa keadilan. Oleh karena itu wajarlah bila ditetapkan World Day of Social Justice melalui resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diperingati setiap tanggal 20 Februari.

 

Hari Pekerja Nasional

Dirangkum dari laman Topcareer, Harpekindo atau Hari Pekerja Indonesia bermula ketika keinginan menyatukan semangat para serikat pekerja seluruh Indonesia, yang kemudian disahkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 Februari 1991 melalui Kepres No.9 Tahun 1991.

 

ilustrasi dongeng, sumber: Pixabay

20 Maret

Hari Dongeng Sedunia (World Storytelling Day)

Kegiatan mendongeng memiliki berdampak positif baik untuk yang mendengarkan maupun untuk si pendongeng sendiri. Hadirnya peringatan Hari Dongeng Sedunia yang dimulai sekitar tahun 1991-1992 di Swedia, melahirkan semangat khususnya kita bahwa dengan mendongeng banyak memiliki manfaat yang salah satunya adalah menumbuhkan minat baca.

 

Hari Kesehatan Mulut Internasional

Dilansir dari laman Inews.id, Awalnya pada tahun 2007 Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Internasional diadakan pada 12 September, sekaligus bertepatan dengan hari lahir FDI Dr. Charles Godon. Hanya bentrok dengan Kongres Gigi Dunia FDI, oleh karena itu peringatan Kesehatan Gigi dan Mulut Internasional menjadi tanggal 20 Maret yang mencerminkan jumlah gigi sehat pada anak dan lansia yaitu 20, sedangkan pada orang dewasa yaitu 32.

 

Hari Kebahagiaan Internasional

Hari Kebahagiaan Internasional atau International Day of Happiness yang jatuh setiap tanggal 20 Maret bersamaan pula dengan rilisnya laporan dari PBB mengenai World Happiness Report. Dapat daku katakan peringatan hari internasioal ini jadi pengingat bahwa kita wajib bahagia, dan gapailah kebahagiaan itu, karena kita sendiri yang mengetahui apa yang membuat kita bahagia.

 

20 April

Hari Konsumen Nasional

Hari Konsumen Nasional disahkan melalui Keppres No 13 tahun 2012. Diperingati setiap tanggal 20 April, dikarenakan bertepatan dengan hari lahirnya Undang-Undang Perlindungan Konsumen tanggal 20 April 1999 No.8 tahun 1999. Peringatan Hari Konsumen Nasional berbeda dengan Hari Pelanggan Nasional, karena Hari Konsumen Nasional lebih berfokus pada usaha pemerintah mencerdaskan dan melindungi konsumen.

 

[Baca Juga: Tanggal 17 Hari Nasional dan Hari Internasional]


Sumber Gambar: Kompas.com

20 Mei

Hari Kebangkitan Nasional

Kalau ingat Hari Kebangkitan Nasional biasanya kita akan teringat dengan lahirnya Boedi Oetomo karena berada pada tanggal yang sama yaitu 20 Mei. Berkat Tiga Serangkai Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dan dr Cipto Mangunkusumo Hari Kebangkitan Nasional menjadi pengingat kita untuk meneruskan semangat memajukan negeri dan meningkatkan martabat bangsa.

 

20 Juni

Hari Pengungsi Internasional    

Mengungsi atau berpindah dari satu tempat ke lain, menjadi perhatian dunia, terutama bila perpindahan tersebut dari satu Negara ke Negara laiannya guna mencari perlindungan. Majelis Umum PBB melalui Resolusi 55/76 menetapkan tanggal 20 Juni sebagai Hari Pengungsi Internasional. Hal tersebut dimulai semenjak tahun 2001.

 

[Baca Juga: Tanggal 27 Hari Nasional dan Hari Internasional]

 

20 Juli

Hari Catur Dunia

Suka main catur di ponsel atau melalui papan bidaknya? Hmm, kamu harus tahu nih bahwa ada peringatan Hari Catur Dunia yang sudah diadakan semenjak tahun 1966. Perayaan hari Internasional ini merupakan ide dari UNESCO. Bagaimana, kapan kita bisa main catur bareng gaess? Eh saya nggak bisa sih main catur hehe.

 

Ilustrasi gambar by Pixabay

20 Oktober

Hari Osteoporosis Sedunia 

Saya merangkum dari laman Suara.com bahwa Hari Osteoporosis Dunia pertama kali diadakan pada 20 Oktober 1996 oleh Masyarakat Osteoporosis nasional Inggris sserta mendapat dukungan dari Komisi Eropa. Dengan hadirnya peringatan hari Internasional kesadaran kita untuk lebih peduli lagi pada kesehatan tulang agar dapat terhindar dari tulang rapuh (osteoporosis).

 

20 November

Hari Anak Sedunia

Bila pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya kita memperingati Hari Anak Nasional, maka pada hari ini merupakan Hari Anak Sedunia atau Hari Anak Universal yang sudah semenjak tahun 1954 dicetuskan. Dipilihnya tanggal 20 November karena bertepatan pula dengan Deklarasi Hak Anak tahun 1959, dan Deklarasi Konvensi Hak-Hak Anak tahun 1989 oleh Majelis Umum PBB.

 

sumber gambar: Pixabay

 

20 Desember

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)

Sejarah HKSN ternyata terkait dengan perjuangan kita terutama masa tahun 1948 – 1949, dimana saat itu Belanda harus mengakui kemerdekaan Indonesia. Pemerintahan masa itu (Kementerian Sosial) mengadakan penyuluhan kepada masyarakat yang mengalami trauma serta kursus Bimbingan Sosial. Dari situlah nilai kesetiakawanan sosial tumbuh hingga tercetuslah tanggal 20 Desember 1958 sebagai Hari Sosial oleh Bapak H. Moeljadi Djojomartono (Menteri Sosial saat itu). Namun perubahan nama pun terjadi:

  • pada tahun 1976: dari Hari Sosial menjadi Hari Kebaktian Sosial
  • berubah lagi tahun 1983: menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

 

Hari Solidaritas Manusia Internasional

Nilai-nilai solidaritas pada diri manusia terus digalakkan agar terus maju dan dapat mengentaskan kemiskinan. Dengan dicetuskannya Hari Solidaritas Manusia Internasional melalui Sidang Umum PBB tanggal 22 Desember 2005 dengan resolusi 60/209. Kuy selalu kita tingkatkan solidaritas kepada sesama.

 

 

Sumber: Wikipedia, PKBI-DIY, Kompas, Topcareer, Bisnis, Tirto.

Artikel Terkait

Komentar

  1. Berarti hari ini 20 November hari anak sedunia dong ya, yuk kita ucapkan pada anak anak diseluruh dunia, semoga mereka bisa tumbuh cerdas dan mendapatkan hak haknya sebagai anak , aamiin

    BalasHapus
  2. Wah pas banget baca artikel ini jadi tau kalau hari ini, 20 November bertepatan dengan Hari Anak Sedunia.. Selamat Hari Anak Sedunia ya..semoga anak-anak di seluruh dunia bisa tetap ceria...

    BalasHapus
  3. Selamat Hari Anak sedunia! Aku lho gak hapal hari-hari peringatan kaya gini. Kayanya cuma 20 Mei aja yang sering diingatkan. Next harus lebih peduli

    BalasHapus
  4. Selamat hari anak nasional!
    Semoga hak anak-anak di negeri ini di cukupkan dan semakin maju pendidikan serta kesehatan di negeri ini untuk seluruh anak negeri

    BalasHapus
  5. Wah kalau lagi nyari ide tulisan sesuai momen, bisa nyari di sini nih.

    Nanti dilengkapi dari tanggal 1 sampai 31 ya, Mbak ๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  6. ada apa ya dengan angka 20 kok bisa bersamaan momennya, mmhh tetapi apapun itu ini adalah sesuatu yang spesial dan patut di apresiasi . karenaada cerita di balik tanggal tersebut

    BalasHapus
  7. Wow! gak kepikiran aku mbak ada tema ini dalam tulisan mbak, sungguh menarik! tanggal-tanggal ini juga bisa dijadikan ide tulisan ya mbak

    BalasHapus
  8. Ternyata beberapa Hari Nasional dan Internasional jatuh di tanggal yang sama ya mbak. Meski bulannya berbeda, cukuplah buat mengingat hari-hari penting ini. Saya belum begitu hafal dengan hari peringatan ini, hafalnya hari2 Nasional yang sering diperingati saja...TFS mbak.

    BalasHapus
  9. Dulu itu, pas keci, saya hanya tahunya 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, Mbak. Dan itu memang ada di kalender nasional. Dan ternyata banyak sekali. termasuk Hari Dongeng Sedunia pada 20 Maret. Malah Hari Konsumen Nasional yang berbeda dengan Hari Pelanggan Nasional.

    BalasHapus
  10. banyak juga ya peringatan di tangal 20 ini, baik dunia maupun Nasional.
    baru tahu juga lho ada Hari Pengungsi itu, harinya Internasional pula ya.
    Noted nih, sekarang jadi tahu
    makasih ya Kak :)

    BalasHapus
  11. Masallah, saya baru tahu ada hari bahagia sedunia. Tidak hanya setiap 20 Maret pastinya ya. Tapi kita harus bahagia setiap saat ...
    Terimakasih sudah banyak memberikan wawasan baru nih

    BalasHapus
  12. Eh, baru tahu kalo ada hari kesetiakawanan mbk ๐Ÿ˜

    Tapi peringatan di tanggal nasional dan internasional emang beberapa ada yang beda loh. Hari ibu di indonesia sama di luar negeri aja gak sama

    BalasHapus
  13. Tanggal 20 juga punya momen penting rupanya. Selama ini yg paling terkenal 20 Mei. Ternyata ada bulan lain di tanggal tersebut yg juga merupakan hari penting. Keren infonya Kak.. Tengkyu...

    BalasHapus
  14. Kenapa aku harus putus di tanggal 20 Maret, padahal itu Hari Kebahagiaan Internasional?

    BalasHapus
  15. Wah, ternyata di tanggal 20 setiap bulannya ada hari-hari istimewa ya yg perlu kita ketahui juga

    BalasHapus
  16. Ternyata tanggal 20 ini istimewa ya. Banyak sekali hari-hari yang di peringati dan banyak yang aku gak tau. ( kemana aja kali ya baru tau )

    BalasHapus
  17. tanggal 20 banyak diperingati berbagai hal dan tentu ngga hanya di Indonesia juga ada yang menjadi peringatan Internasional. Hmmmm bagi saya tanggal 20 ada yang spesial ngga ya??

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu kalau ada Hari Kebahagiaan Inernasional lho kak. Menarik juga ya. Lalu kegiatannya selama sehari itu ngapain aja ya yang menunjukkan kebahagiaan? Penasaran euyyy

    BalasHapus
  19. Wah ternyata ada banyak tanggal yang diperingati secara bersama ya... Tentunya ada hal/peristiwa luar biasa yang terjadi dibalik pemilihan tanggal tersebut. Hal tersebut bisa kita jadikan pelajaran ataupun motivasi supaya kita bisa menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
  20. Banyak juga ya Mbak Fen ... kalo pengen tahu hari apa tanggal 2O, saya ke sini lagi deh cari2, gak bisa ingat semua.

    BalasHapus
  21. Ternyata setiap tanggal 20 ada peringatan hari nasional maupun internasional. Info yang penting nih bagi saya. Buat mengingat tanggal penting setiap bulannya.

    BalasHapus
  22. Baru tahu kalau tgl 20 seriap bulan selalu ada peringatan tertenru, info menarik nih, kak

    BalasHapus
  23. Ya ampun, baru tahu kalau hari bahagia internasional. Ih keren banget itu, tapi kurang populer kali ya di Indonesia?

    BalasHapus
  24. Hampir semua list di tanggal 20 diperingati sebagai hari khusus tapi kayanya aku banyak yg gak tau nih mbak. Baru tau juga ada Hari Kesehatan Mulut Internasional nih. Ternyata Mbak Fenni banyak menulis tentang peringatan hari ya, jadi tambah wawasan juga buat pembacanya

    BalasHapus
  25. Banyak juga ya peringatan di tanggal 20, cuman tahu hari kebangkitan nasional aja 20 oktober, hehe. Thanks untuk tambahan wawasannya.

    BalasHapus
  26. Dengan norak ya aku baru eungeuh kalau di tanggal 20 Maret ada hari dongeng. Bakalan banyak festival dongeng dong ya

    BalasHapus
  27. Jadi pengen tahu, tanggal-bulan berapa di dunia ini yang nggak diperingati sebagai hari apa-apa :D

    BalasHapus
  28. Jadi fokus ke tanggal 20 Maret nih karena ada dua hal yang menarik yaitu Hari Bahagia dan Hari Mendongeng dua hal ini baru saya tahu Mba..hehe...Bagus juga ada hari mendongeng ini tapi gaungnya kurang terdengar ya...

    BalasHapus
  29. Tinggal 20 januari dan 20 Agustus ya yang belum. Bisa jadi ke depan akan lengkap nih, setiap bulannya tanggal 20.

    BalasHapus
  30. wow hafal beud...coba untuk tanggal 23, selain tgl bday aku,..itu perayaan hari besar apa fen..hahaha

    BalasHapus
  31. Wow riset yang dibutuhkan orang banyak. Hmm kenapa dengan tanggal 20 Mba ?? Ada yang spesial dihidup kamu ?? Ops :D

    Thanks for sharing mba :)

    BalasHapus
  32. ternyata banyak ya perayaan yang diperingati setiap tanggal 20. informatif bgt. makasih ya kak infonya hehehe

    BalasHapus
  33. Wah, ternyata tgl 20 bukan sekadar tgl biasa ya. Apalagi di bulan Maret ada 3 momen : hari dongeng, kesehatan mulut juga hari bahagia.

    BalasHapus
  34. Wah, kita taunya tgl 20 Mei aja sebagai harkitnas. Ternyata 20 April sebagai hari ulang tahun melahirkanku juga diperingati sebagai hari konsumen nasional. Semoga ada lanjutan mengulas tgl yang lainnya biar tiap hari ada undangan selamatan memperingati apa gitu...

    BalasHapus
  35. Banyak juga ya peringatan yang mengambil tanggal 20. Kira-kira alasannya kenapa ya? Apakah karena sudah dekat dengan tanggal gajian kah? hehehe

    BalasHapus
  36. EH aku baru tau loh semua di tanggal 20 ini..
    sampe ada hari bahagia juga ^^

    BalasHapus
  37. Wah menarik nih. Kebetulan 20 Nov kemaren saya juga ngeh kalo ada hari anak sedunia. Dan ternyata beda sama tanggal hari anak nasional ya. Thanks infonya.

    BalasHapus
  38. lumayan bisa jadi tahu beberapa hari yang pas untuk dibuat desain serta diskon2 pada bisnis. makasih ya mba.

    BalasHapus
  39. Waah, ternyata banyak peringatan nasional maupun internasional ya. Yang kutau cuma hari anak aja nih mbak. Hihihi.
    Alhamdulillah jadi nambah wawasan dari sini. Makasih, Mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmu๐Ÿ™

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser