Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional

 

Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 13 ada peringatan apa, tanggal 13 ada hari apa, hari apa di tanggal 13, kenapa ada hari kebaikan,

Hari ini bertepatan dengan tanggal 13 Desember 2021. Ada momen Hari Nasional dan Hari Internasional apa ya? Apakah ada, atau malah di tanggal 13 menjadi sesuatu hal yang ditakuti. Pasalnya tanggal 13 kerap dikaitkan dengan sesuatu yang mistik dan banyak mitos yang berkembang. Kalau seperti apa contohnya, bisa cek sendiri di google hehe.

Lepas dari hal di atas, sebenarnya tanggal 13 itu ada loh momen berkesannya. Saat saya mencari tahu tentang Hari Nasional di tanggal 13 memang tidak banyak. Namun untuk Hari Internasional cukup berkesan. Nah berikut peringatan apa saja di Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional:

 

 

13 Januari

Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil

Dalam pencarian informasi melalui internet, saya belum menemukan bagaimana sejarah tentang Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil. Hanya dikabarkan tentang peringatan hari nasional tersebut untuk sebisa memungkin memikirkan nasib para nelayan dan anak buah kapal, karena mereka berkaitan dengan perairan. Bila kamu pembaca Kisah di Blog Fenni Bungsu ini bertemu dengan sejarah Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil, boleh sampaikan di kolom komentar ya.

 

Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 13 ada peringatan apa, tanggal 13 ada hari apa, hari apa di tanggal 13, kenapa ada hari kebaikan,


13 Februari

Hari Radio Sedunia (World Radio Day)

Siapa sih yang tidak kenal dengan radio. Benda elektronik yang membuat kita bahagia karena siaran beritanya, penyiarnya, dan sajian musik yang dibawakan. Apalagi makin kekiniannya radio bisa kita lihat tidak hanya dalam bentuk fisik saja, tetapi juga dalam bentuk aplikasi di ponsel.

Dikutip dari laman Liputan6(dot)com dan telah saya rangkum bahwa peringatan Hari Radio Sedunia ini mulai ditetapkan pada tahun 1946 oleh UNESCO. Nah penetapannya tersebut sekaligus sebagai penanda berdirinya United Nations Radio.

 

[Baca Juga: 7 Stasiun Radio FM Favorit Anti Jenuh]


Hari Persatuan Farmasi Indonesia

Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional selanjutnya adalah terkait dengan obat-obatan. Ya, kita mengenal farmasi berkaitan dengan obat-obatan dan apotek. Diresmikan pada tahun 1946, berdirinya organisasi farmasi pertama di Indonesia pada tanggal 13 Februari, sekaligus menjadi Hari Persatuan Farmasi Indonesia (sumber: iai.id).

 

13 Maret

Hari Masyarakat Adat Nasional

Nusantara kita yang kaya dengan suku bangsa, maka berlimpah juga adat istiadat pada tiap wilayahnya. Ini menjadi keanekaragaman yang indah untuk saling menghormati dan mempelajarinya. Untuk peringatan Hari Masyarakat Adat secara nasional yaitu setiap tanggal 13 Maret, sedangkan dalam perayaan internasional (International Day of the World’s Indigenous Peoples) setiap tanggal 9 Agustus.

 

 

Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 13 ada peringatan apa, tanggal 13 ada hari apa, hari apa di tanggal 13, kenapa ada hari kebaikan,

13 Agustus

Hari Kidal Internasional (International Lefthanders Day)

Kamu suka menulis atau beraktivitas bukan dengan tangan kanan? Hemm, berarti kamu tipe tangan kidal. Ada peringatan sedunianya loh ternyata untuk kamu yang bertangan kidal, yaitu Hari Kidal Internasional (International Lefthanders Day) yang diperingati setiap tanggal 13 Agustus mulai tahun 1997 silam. Ini jadi momen unik ya pada Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional.

 

13 September

Hari Pemograman Sedunia (The Day of Programmer)

Suka dengan otak-atik program di perangkat atau kamu programmer professional, maka ada hari khusus yang cantik buat kamu yaitu Hari Pemograman Sedunia (The Day of Programmer) yang diperingati setiap tanggal 13 September pada tahun umum, atau setiap tanggal 12 September di tahun kabisat.

Kok bisa begitu perayaannya melihat sedang dalam tahun apa? Hal ini dikarenakan mengikuti nilai dari pemograman yaitu byte dengan angka 256 = 2⁸ atau 256 hari.


13 Oktober

Hari Trombosis Internasional (International Society on Thrombosis and Haemostasis)

Trombosis merupakan gangguan pada pembuluh darah yang menggumpal, dan dapat mengakibatkan terhambatnya aliran darah. Peringatan hari trombosis sedunia setiap tanggal 13 Oktober ini dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih peduli lagi dengan kesehatan tubuh, dan mewaspadai dari berbagai penyakit termasuk trombosis.

 

Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional

Masih di bulan Oktober, tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional berikutnya adalah Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional atau Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional. Diperingati setiap tanggal 13 Oktober ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2009 (sumber: Wikipedia).

Bencana alam yang terjadi di setiap tempat, akan membuat kita untuk selalu waspada dalam setiap keadaan. Upaya dalam mengurangi risiko terjadinya bencana pasti dilakukan, karena terkait dengan kelangsungan hidup kita dan makhluk hidup lainnya.

 

Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional, tanggal 13 ada peringatan apa, tanggal 13 ada hari apa, hari apa di tanggal 13, kenapa ada hari kebaikan,

13 November

Hari Kebaikan Dunia (World Kindness Day)

Dengan kita berbuat baik, maka balasan yang kita terima juga adalah kebaikan. Falsafah ini bukan hanya sekadar jargon, tetapi memang seperti itu sunatullahnya, sebagaimana yang terdapat dalam Firman salah satunya dalam surat Az-Zalzalah ayat 7 yang terjemahannya adalah,

Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.


Tanggal 13 Hari Nasional dan Hari Internasional  di bulan November ini tentunya amat berkesan karena tidak jauh dengan kehidupan kita, sehingga momen di hari Kebaikan Dunia (World Kindness Day) jangan dijadikan juga buat pamer kebaikan apa yang dilakukan yak, haha. Namun lebih ke proses diri untuk dapat berbuat kebajikan kepada yang membutuhkan. Semoga kita istiqomah menerapkannya.

 

13 Desember

Hari Nusantara

Ada yang familiar dengan peringatan Hari Nusantara setiap tanggal 13 Desember ini? Nah, momen secara nasional ini masih terkait dengan Deklarasi Djuanda yaitu terkait dengan kemaritiman. Wajar memang, karena negeri kita ini sebagian besarnya adalah perairan laut, maka kedaulatan bangsa harus terus dipertahankan.


[Baca Juga untuk 👉 Hari Nasional 👈lainnya]


Saat dipimpin oleh Bapak Abdurrahman Wahid (Presiden RI ke-4), telan mencanangkan Hari Nusantara setiap tanggal 13 Desember. Lalu diresmikan melalui Keputusan RI Nomor 126 tahun 2001 oleh Ibu Megawati (Presiden RI ke-5) untuk penetapan Hari Nusantara.

Komentar

Taumy mengatakan…
Tidak selamanya ternyata angka 13 itu adalah angka yang jarang dilirik. Nyatanya di setiap tanggal 13 ternyata ada saja perayaan spesial. Begitupun juga untuk tanggal 13 bulan ini, sebagai Hari Nusantara
Dee_Arif mengatakan…
wah iya, ternyata banyak juga ya mbak Fenni,
Hari Nasional dan Hari Internasional yang jatuh di tanggal 13 ini
Menarik sekali infonya mbak Fenni
Rania Fardyani mengatakan…
Waah, ternyata banyak ya hari peringatan di tanggal 13 setiap bulannya
Kayaknya ga terlalu umum karena bukan tanggal merah, hihihi
rhehanluvly mengatakan…
Wow saya baru tau lho kak, kalau ternyata tiap tanggal 13 ada peristiwa penting. Menambah wawasan saya nih. Makasiih kak
blogger parenting mengatakan…
Saya baru tau tanggal 13 Februari hari radio internasional.
Padahal dulunya saya penyiar.
Waduh Deket banget nih kak fen ke hari ulang tahun saya di tanggal 15. (Hubungannya apa ya..: hihihi). Mungkin karena sama-sama Februari ya..
Ice Cream mengatakan…
Saya langsung otewe cek kak, baru tahu kalo tanggl 13 Desember itu Hari Nusantara loh,, duh, betapa rendahnya pengetahuanku sampai hari yang cukup penting bisa nggak ku ketahui
www.kisahsejati.com mengatakan…
Hai kak aku Dennise, kreatif sekali nih nulisnya. Mengulik beberapa moment yang terjadi di tanggal 13. Aku baru tau loh ada Hari Nusantara di hari ini ya tepat tanggal 13 Desember
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Banyak juga ya peringatan hari nasional dan dunia di tanggal 13, padahal nomor 13 itu identik dengan sesuatu yang kurang diminati banyak orang hehehe.
Bahkan kebanyakan nomor rumah yang nomor 13, diganti :D
Dee_Arif mengatakan…
wah hari ini ya brarti Hati Deklarasi Djuanda
Tentang gratis batas laut territorial Indonesia
Shinta Shyntako mengatakan…
unik nih informasinya, karena baca ini aku jadi tau loh ada ya ternyata hari kidal tuh hihihi
Maria G Soemitro mengatakan…
wah gak nyangka, banyak banget jenih hari peringatan

karena kita hidup dengan banyak varian ya?

dan butuh hari peringatan agar kita semakin aware
R Palupi mengatakan…
Wah ternyata banyak hari penting ya di tanggal 13. Aku baru tahu kalau tanggal 13 Desember ini adalah hari nusantara.
Farida Pane mengatakan…
Pertanyaan selanjutnya, kenapa harus 256 hari untuk menentukan hari pemrograman nasional
Okti Li mengatakan…
baru tahu ada hari kidal dan hari pemrograman. Emang banyak tertinggal informasi nih saya. Terimakasih ulasannya. Nambah wawasan jadinya
Iva C Wicha mengatakan…
bisa pas gitu ya banyak peringatan di tgl 13, aku baru tau lho mba klo ada peringatan hari2 besar seperti itu
Nurul afiati mengatakan…
Ternyata banyak hal penting yang terjadi di tanggal 13. Kalo gak baca ini, mana tau ada hal penting yang terjadi di tanggal ini.
Siska Dwyta mengatakan…
Waaw informasi yang sangat menarik nih Mbak. Saya beneran baru tahu ternyata di Tanggal 13 Desember ini ada banyak hari perayaan ya baik secara Nasional maupun Internasional
Nabilla DP mengatakan…
banyak juga ya hari2 penting yang jatuh pada tanggal 13. beberapa ada yang baru aku ketahui nih mba.. thanks buat infonya ya
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Artikelnya keren, mengingatkan peristiwa tanggal 13 Desember baik nasional dan internasional
Mutia Ramadhani mengatakan…
Wah, materi banget ini. Semua orang anggapannya tanggal 13 itu angka sial ya. Kayak saya, lahir 13 Mei. Hihihi.
Muhammad Patintingan mengatakan…
Baru tahu kalau hampir semua bulan di tanggal 13 ada hari spesialnya. Kirain cuma angka 13 dikenal sebagai sesuatu yang mistik menurut kebanyakan pendapat orang.
Lintang mengatakan…
Wah ada hari Radio sedunia juga ternyata yah. Sekarang jarang dengerin radio sih, padahal dulu jaman sekolah sampe dibelain kirim pesan dan minta request lagu heheh.
Rania Fardyani mengatakan…
Ternyata banyak ya peringatan tanggal 13 ini
Mungkin orang-orang ga pada tau karena bukan tanggal merah
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Memang banyak mitos sekitar angka 13 itu ya, Mbak. Nah ternyata saya baru tau, banyak juga hari peringatan nasional dan dunia yang diperingati pada tanggal 13
April Fatmasari mengatakan…
Ada hari pemrograman ternyata, peringatannya mengikuti nilai pemrograman, byte. Keren yang mencetuskan. Hehe
Zakia Widayanti mengatakan…
Banyak juga yang menjadikan tanggal 13 menjadi hari khusus, aku malah nggak keinget karena jarang gitu ada yang merayakan sesuatu ditanggal 13.
Irra Octaviany mengatakan…
Tanggal 13 disetiap bulannya itu selalu ada peringatan hari Nasional ya. apa jangan-jangan setiap hari selalu ada hari peringatan Nasional?
Bundamami Devi mengatakan…
Wow, selamat hari nusantara kalo gitu ya Mbak. Infonya unik dan menarik Mbak. Ternyata hari kidal pun ada, hari pemrograman juga ada. Serius, aku gak kepikiran sebelumnya untuk cari tahu tentang perayaan hari tertentu gini, lho. Makasih insight dan inspirasinya Mbak.
Dani Ristyawati mengatakan…
Dari sini aku jadi tau bahwa angka 13 bukanlah melulu soal sial ada banyak momen baik yang tertoreh di angka ini
Han mengatakan…
Ya ampunn aku sampe ngga nyadar lohh ternyata ada jg hari nusantara yah mbaa. Selamat hari nusantara jg mbaaa
Zulmi mengatakan…
Angka 13 yang sering dianggap angka sial ternyta malah merupakan hari peringatan momen2 baik ya,, aku baru tahu dan aku baru tahu juga ada hari kebaikan,,makasih sharingnya kak
Artha Amalia mengatakan…
ternyata banyak hari penting di tanggal 13 toh. kirain bakal dihindari seperti mitos yg dipercaya. saya pun termasuk diantaranya yg bahkan ada di list no 13 pun auto galau, padahal gak ngefek apa2
Wahid Priyono mengatakan…
Melalui tulisan di atas, saya jadi semakin tahu hari2 besar nasional di dunia dan mengenal sejarahnya. Makasih kak.
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Ternyata banyak ya peringatan yang dirayakan setiap tanggal 13. Dan baru tahu juga kalau 13 desember diperingati sebagai hari nasional. Mksh banyak infonya. Jadi tahu sejarahnya juga..
Arai Amelya mengatakan…
Wah, ternyata banyak banget peristiwa bersejarah yang terjadi di tanggal 13 yak, bukan cuma serem doang dan dianggap hari penuh kesialan. Jadi pengen ikut terlibat dalam hari Masyarakat Adat Nasional, nih!
rhehanluvly mengatakan…
Setuju kak, ternyata baru tau ada hari-hari penting yang patut diingat dan diinformasikan ke masyarakat luas. Gini ini baiknya ditandain di kalender nggak sih ya hihi
lendyagasshi mengatakan…
Ternyata meski judulnya tanggal 13, tapi banyak sekali hari kebaikan yang bisa menjadikan kita semua semangat.
Yang paling menginspirasi 13 November : Hari Kebaikan Dunia.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Baru tau ternyata ada hari Kidal Internasional... Padahal sudah ada sejak lama loh ya...
umimami mengatakan…
wah ternyata ada banyak yang saya gak tahu mengenai hari nasional dan dunia di tanggal 13 ini, termasuk hari kebaikan dunia tanggal 13 november
Fairy Books mengatakan…
Tanggal 13 banyak dibuat hari peringatan besar iya, mungkin ada unsur tertentu dibalik semua itu.
Annisa Tang mengatakan…
Wah ternyata setiap bulan pas tanggal 13 ada moment hari besarnya ya? Yang saya ingat hanya 13 Oktober itu adalah hari setelah Bom Bali 1 (12 Oktober 2002 sekitar jam 11 malam terjadinya), karena saat itu saya kuliah di Bali, baru masuk bulan Juni, eh bulan Oktober sudah ada tragedi, hehehee. Pas banget pula 13 Oktobernya hari ultahnya gebetan saya dulu pas di kampus, oops. Sayang doi nda lanjut kuliahnya sampai selesai, hihihihiii, malah curcol.
Hallowulandari mengatakan…
wah baru kemaren nih ya Hari Masyarakat Adat Nasional, tapi aku jarang denger nih dan kayanya jarang dirayakan ya? semoga bisa terus konsisten dan jadi media pelestarian budaya kita