Langsung ke konten utama

Tanggal 10 Hari Nasional dan Internasional

Tanggal 10 Hari Nasional dan Internasional - Jumpa lagi dengan saya di Peringatan Hari Persatuan Artis Film Indonesia. Mungkin ada yang hapal di bulan November nya ya, dimana dulu masa sekolah, di tanggal 10 peringatan hari nasional ini biasanya ditandai dengan kita upacara bendera lalu refleksi tentang bagaimana perjuangan para pahlawan kita. 

Kalau di masa sekarang, kita tetap dapat melanjutkan semangat para pahlawan dengan terus berkarya yang positif dan bermanfaat. Sambil #SemangatCiee memikirkan ide apa ya untuk berkreasi lagi, kita gali wawasan lagi dengan peringatan Tanggal 10 Hari Nasional dan Internasional, sebagai berikut.

Tanggal 10 Hari Nasional dan Hari Internasional, Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Kapan hari Gerakan Satu Juta Pohon, apa itu GSJP, apa itu hari GSJP, kapan hari tritura, apa kepanjangan tritura, 10 januari hari gerakan satu juta pohon, hari Persatuan Artis Film Indonesia, hari PARFI, 10 maret hari parfi, 10 mei hari lupus dunia, World Lupus Federation, hari burung migrasi sedunia, World Migratory Bird Day, ada apa saja di tanggal 10 januari, ada apa saja di tanggal 10 maret, ada apa saja di tanggal 10 agustus, Hari Veteran Nasional, apa itu Harteknas, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, tanggal 10 september hari apa, Hari Pencegahan Bunuh Diri, World Suicide Prevention Day, ada apa di tanggal 10 oktober, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, World Mental Health Day, World Science Day for Peace and Development, Hari Sains Dunia untuk Perdamaian dan Pembangunan, ada apa di tanggal 10 desember, hari hak asasi manusia, kapan hari hak asasi manusia,

10 Januari

Hari Gerakan Satu Juta Pohon 

Sebagaimana kita ketahui, pohon memiliki manfaat besar untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Wajar saja bila pada tanggal 10 Januari 1993, Presiden Soeharto mencanangkan GSJP atau Gerakan Satu Juta Pohon, karena memang dampak yang demikian besar bagi kelestarian bumi dan lingkungan kita.

Hari Tritura 

Masih pada inget pelajaran di sekolah tentang Tritura? Tiga Tuntutan Rakyat atau Tritura menjadi momentum sejarah pada masa itu, di era pemerintahan Presiden Soekarno, karena para mahasiswa dan rakyat melakukan demonstrasi atas tragedi G30S selama tiga hari dimulai dari tanggal 10 Januari 1966. 

10 Maret

Hari Persatuan Artis Film Indonesia

Kamu yang kenal dengan istilah PARFI atau Persatuan Artis Film Indonesia, tentunya nggak akan asing dengan para artis tanah air. Nah ternyata ada momen peringatannya yang resmi dilakukan oleh Ibu Fatmawati Soekarno pada 10 Maret 1956. 

[Baca Juga: 5 Aksi Keren di Film So Close]


10 Mei

Hari Lupus Dunia

Peringatan hari Lupus Sedunia setiap tanggal 10 Mei ditetapkan oleh World Lupus Federation. Lupus merupakan penyakit autoimun (sistem kekebalan tubuh) yang dapat menyerang siapa saja, terutama wanita. Peradangan dapat terjadi di bagian tubuh seperti kulit, sendi, ginjal, bahkan ke otak. Oleh karenanya, yuk tingkatkan kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat.

Tanggal 10 Hari Nasional dan Hari Internasional, Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Kapan hari Gerakan Satu Juta Pohon, apa itu GSJP, apa itu hari GSJP, kapan hari tritura, apa kepanjangan tritura, 10 januari hari gerakan satu juta pohon, hari Persatuan Artis Film Indonesia, hari PARFI, 10 maret hari parfi, 10 mei hari lupus dunia, World Lupus Federation, hari burung migrasi sedunia, World Migratory Bird Day, ada apa saja di tanggal 10 januari, ada apa saja di tanggal 10 maret, ada apa saja di tanggal 10 agustus, Hari Veteran Nasional, apa itu Harteknas, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, tanggal 10 september hari apa, Hari Pencegahan Bunuh Diri, World Suicide Prevention Day, ada apa di tanggal 10 oktober, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, World Mental Health Day, World Science Day for Peace and Development, Hari Sains Dunia untuk Perdamaian dan Pembangunan, ada apa di tanggal 10 desember, hari hak asasi manusia, kapan hari hak asasi manusia,

Hari Burung Migrasi Sedunia

Merangkum dari laman RimbaKita, diadakan setiap tanggal 10 hari Sabtu kedua bulan Mei, World Migratory Bird Day diadakan pertama kali tahun 1993 di Amerika Serikat, dengan tujuan penyadaran melestarikan burung di sana. Lalu kemudian diikuti oleh seluruh negara dan diresmikan semenjak tahun 2006. Bulan Mei merupakan puncaknya burung-burung di sebagian wilayah Asia dan Australasia.

[Baca Juga: Tanggal 13 Hari Nasional dan Dunia]


10 Agustus

Hari Veteran Nasional

Bila pada tanggal 17 Agustus merupakan Hari Kemerdekaan Bangsa kita, maka perlu juga nih untuk memperingatai Hari Veteran Nasional pada tanggal 10 Agustus. Veteran nasional merupakan seorang WNI yang bergabung dengan kesatuan bersenjata resmi yang diakui pemerintah, artinya adalah memiliki wawasan dan pengalaman dalam bidang kemiliteran. Pemilihan di tanggal 10 Agustus ini, untuk mengenang gencatan senjata pasca para pejuang menghadapi tentara Belanda. 

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Tanggal 10 Agustus menjadi momen yang berkesan untuk teknologi nasional kita, pasalnya pada tanggal 10 Agustus 1995 pesawat N-250 Gatotkaca berhasil menjalani uji terbang. Keren kan, uji terbangnya itu selama 53 menit, hampir satu jam ya. Maka ditetapkanlah melalui Keputusan Presiden RI Nomor 71 Tahun 1995, tanggal 10 Agustus sebagai Harteknas atau Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Tanggal 10 Hari Nasional dan Hari Internasional, Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Kapan hari Gerakan Satu Juta Pohon, apa itu GSJP, apa itu hari GSJP, kapan hari tritura, apa kepanjangan tritura, 10 januari hari gerakan satu juta pohon, hari Persatuan Artis Film Indonesia, hari PARFI, 10 maret hari parfi, 10 mei hari lupus dunia, World Lupus Federation, hari burung migrasi sedunia, World Migratory Bird Day, ada apa saja di tanggal 10 januari, ada apa saja di tanggal 10 maret, ada apa saja di tanggal 10 agustus, Hari Veteran Nasional, apa itu Harteknas, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, tanggal 10 september hari apa, Hari Pencegahan Bunuh Diri, World Suicide Prevention Day, ada apa di tanggal 10 oktober, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, World Mental Health Day, World Science Day for Peace and Development, Hari Sains Dunia untuk Perdamaian dan Pembangunan, ada apa di tanggal 10 desember, hari hak asasi manusia, kapan hari hak asasi manusia,

10 September

Hari Pencegahan Bunuh Diri (World Suicide Prevention Day)

Pencegahan dan kewaspadaan dari tindakan bunuh diri, masih menjadi tantangan dunia. Seperti yang saya kutip dari laman CNN Indonesia bahwa, Setiap 40 detik seseorang mengakhiri nyawanya. Tentunya ini menjadi PR besar. Dengan pencanangan yang dilakukan oleh IASP (International Association for Suicide Prevention) yang didukung oleh WHO, semoga dengan berkolaborasi bisa mencegah dan meminimalisirnya.

10 Oktober

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (World Mental Health Day)

Pada tahun 1992, 10 Oktober menjadi mmen pertama kalinya peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dilakukan. Sehatnya jiwa kita maka akan berdampak pada kehidupan dan lingkungan. Peringatan World Mental Health Day tidak hanya sebagai pengingat untuk menjaga sehat raga saja, tetapi sekaligus meningkatkan kesadaran agar jiwa pun tetap sehat.  

[Baca Juga: Tanggal 27 Hari Nasional dan Hari Internasional]


10 November

Hari Pahlawan

Peristiwa sejarah pertempuran di Surabaya melawan tentara Inggris pada 10 November 1945 tentu tidak akan pernah kita lupakan. Untuk memperingati momen tersebut, penetapan pun dilakukan pada 16 Desember 1959 bahwa tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan berdasarkan Keputusan Presiden No.316 Tahun 1959 tentang Hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Jasa para pahlawan menjadi inspirasi bagi kita, untuk terus meneruskan perjuangan tersebut dengan melakukan hal positif yang bermanfaat untuk banyak orang.

Tanggal 10 Hari Nasional dan Hari Internasional, Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Kapan hari Gerakan Satu Juta Pohon, apa itu GSJP, apa itu hari GSJP, kapan hari tritura, apa kepanjangan tritura, 10 januari hari gerakan satu juta pohon, hari Persatuan Artis Film Indonesia, hari PARFI, 10 maret hari parfi, 10 mei hari lupus dunia, World Lupus Federation, hari burung migrasi sedunia, World Migratory Bird Day, ada apa saja di tanggal 10 januari, ada apa saja di tanggal 10 maret, ada apa saja di tanggal 10 agustus, Hari Veteran Nasional, apa itu Harteknas, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, tanggal 10 september hari apa, Hari Pencegahan Bunuh Diri, World Suicide Prevention Day, ada apa di tanggal 10 oktober, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, World Mental Health Day, World Science Day for Peace and Development, Hari Sains Dunia untuk Perdamaian dan Pembangunan, ada apa di tanggal 10 desember, hari hak asasi manusia, kapan hari hak asasi manusia,

Hari Sains Dunia untuk Perdamaian dan Pembangunan

Hadirnya sains dalam kehidupan kita, sejatinya memang ditujukan untuk perdamaian dan pembangunan. Peringatannya ini dapat menyadarkan  sekaligus bagian promosi solidaritas nasional dan internasional antar negara. Maka sangat tepat UNESCO mencanangkan World Science Day for Peace and Development pada tahun 2001. 

[Baca Juga: Tanggal 20 Hari Nasional dan Hari Internasional]

10 Desember

Hari Hak Asasi Manusia

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia setiap tanggal 10 Desember ini saat itu dimulai pada tahun 1950, melalui sidang Majelis Umum PBB. Adanya momen ini memberikan kesadaran bagi kita agar dapat terciptanya toleransi dan kolaborasi tanpa memandang rasa diskriminasi, sebab dengan bersinergi semua akan lebih mudah dilalui.


Sumber materi Tanggal 10 Hari Nasional dan InternasionalCNN Indonesia Tirto.id, Kompas dan Wikipedia

Komentar

Nanik nara mengatakan…
Ternyata banyak juga ya peringatan di tanggal 10, saya kenalnya 10 November aja, peringatan hari pahlawan.
Hari lupus sedunia, pernah dengar juga karena ada teman yang anaknya menderita lupus, tapi kurang tahu tanggal dan bulan tepatnya, ternyata 10 Mei
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Lengkap banget nih, yang tanggal 10 Februari lupa tuh, kan hari kasih sayang, karena kasih sayang itu everyday *halah hahaha.

Terus itu tanggal 10 April juga kurang say, harusnya kan hari padamu, karena padamu harus everyday *makin lebay hahahaha

Btw, thank ulasannya, jadi nambah wawasan banget :)
nurul rahma mengatakan…
Wah, ternyata banyaaakk peringatan Hari2 yg serba unik di tanggal 10 yaaa
hari pencegahan suicide itu aku baru baca ini lho Mbaaa
semogaaa, peringatan Hari2 ini bener2 bisa kasih manfaat utk orang banyak
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Yang paling aku hafal adalah 10 november dan 10 desember. Malah aku baru tahu ada hari peringatan lainnya di tgl 10 setiap bulan. Keren mba fenny bisa merangkummya
Rafahlevi mengatakan…
Dari semua tanggal 10 aku salfok sama hari burung migrasi... uwoww.. burungpun punya hari peringatannya sendiri.. bisa2nya burung anniversary pindah rumah hahaha canda rumah...
Katerina mengatakan…
WOW banyak sekali ya peringata hari penting yang terjadi pada tgl. 10 di tiap bulan dalam setahun. Saya hafalnya cuma 10 November :D
Dizaz mengatakan…
Banyak tanggal 10 yang saya belum ngeh hari peringatan apa, kecuali tanggal 10 November tentunya, Hari Pahlawan yg takkan dilupa. Salah satunya yg baru ngeh tentang hari burung migrasi sedunia. Makin salut pada penggiat lingkungan. Makasih infonya kak Fenni.
Okti Li mengatakan…
Hari migrasi burung baru saya tahu nih. Terbayang burung burung pindah tempat untuk mencari habitat yang lebih baik ya...
Annie Nugraha mengatakan…
Wah baru tahu kalau 10 Januari itu adalah Hari Satu Juta Pohon. Pas banget dengan tanggal kelahiran saya. Seneng banget jadi bisa mengingatkan diri sendiri untuk lebih mencintai alam dan lingkungan hidup
Fida mengatakan…
Aku cuma tau hari pahlawan doang. betapa kurang membacanya diriku :D
Btw, sangking sukanya dengan tanggal itu, adikku menamakan bandnya dengan nama "10 November"?

Dan baru tau juga kalo ternyata udah ada hari pencegahan bunuh diri.
admin/ hani mengatakan…
Weh...banyak juga peringatan tiap tanggal 10 di bulan-bulan yg lain. Penasaran tgl 17 apa aja ya, selain 17 Agustus Hari Kemerdekaan Indonesia...
Hermansyah mengatakan…
Dari sekian banyaknya hari diperingati di tanggal 10 saya tau cuma tanggal 10 November itu hari pahlawan dan 10 Desember itu hari HAM internasional.
tantiamelia.com mengatakan…
Ealah ada Hari Burung, ada Hari suicide, ada hari hari indah bersamamu.....

Anyway baru tahu sebagian aja, keep on going with this kind of post!
itsmutiara.com mengatakan…
Ternyata banyak yang terjadi di tanggal 10 ya. Dan ternyata banyak yang saya baru tahu, misalnya kayak hari pohon sedunia dan hari migrasi burung sedunia.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Lupus itu mengingatkanku akan satu serial. AKu nggak menduga ternyata lupus juga penyakit autoimun.
Didik Purwanto mengatakan…
Banyak juga hari penting pada tanggal 10 tiap bulan ini ya. Pantesan 10 Maret kemarin ada wawancara artis soal tantangan artis saat pandemi ini. Mereka berharap bioskop segera dibuka. Jadi film tetap bisa berproduksi dan artis serta industri pendukung bisa bergerak lagi.
Lasmicika mengatakan…
Paling inget cuma hari pahlawan doang. Ternyata banyak sekali peringatan tiap tanggal 10 masing-masing bulan. Mungkin karena jarang terlibat dalam perasaannya. Tapi insyaAlloh sih tetep aware dengan isunya seperti suicide, penanaman pohon, mental health, dsb.
Lisa - limaura.com mengatakan…
Wow saya baru tau kalau tanggal 10 September adalah Hari Pencegahan Bunuh Diri Dunia.. Koq ya pas sama ulang tahun teman saya yang..... Yang konsen banget sama hal-hal yang berbau begituan hehehe.
Moga makin sukses mbak Fenni! Tetep terus beri wawasan tentang hari peringatan nasional maupun dunia yakk,, kami pembaca setia blogmu yang awam ini butuhh ngets informasi seperti ini... ^^
Syahri mengatakan…
Waah saya baru tau ternyata ada banyak hari nasional dan internasional yg diperingati tiap tanggal 10.

Sampai Segede sekarang, gak pernah inget2 hari besar nasional yg jatuh pd tgl 10. Sekarang jadi tau, thank ya mbak ilmunya..
Rella Sha mengatakan…
Waaahh kak Fenni rajin banget ngumpulin referensi hari peringatan begini, ternyata banyak juga hari penting di tanggal 10 ya. Selama ini cuman tahu Hari Pahlawan aja, hahaa
Euisry Noor mengatakan…
Ternyata banyak juga ya hari nasional dan internasional yang diperingati setiap tanggal 10. Sebagian kecil aja yang aku tahu. Lainnya baru tahu... Kalo dibikin list semua tanggal kayaknya bakal panjang banget ya...
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
ternyata dalam setiap bulan, tanggal 10 diperingati banyak momen, sampai ada hari burung migrasi sedunia. menarik sekali nih. saya baru tahu hehe
Nita Juwithafina mengatakan…
Yang aku tau malah cuma 10 november mba Fen, ternyata lebih banyak momen berharga lainnya yang di tanggal 10 ini :) Mba feenn OOT siap2 All ENgland nih :)
Wah jadi nambah wawasan deh di sini
Banyak lo yang ga tahu tanggal 10 di berbagai bulan ada apa saja
Marita Ningtyas mengatakan…
Wah banyak juga ya peringatan penting yang jatuh pada tanggal 10 tiap bulannya. Aku kok tahunya cuma hari pahlawan saja, hehe. Penting banget nih infonya untuk pengetahuan umum.
Dyah happydyah[dot]com mengatakan…
Lengkap banget nih. Aku taunya hari pahlawan aja 10 november. Semangat terus berbagi mba Fenni
Hallowulandari mengatakan…
aku baru tau loh mba, kalau ada hari pencegahan bunuh diri, isu2 soal mental health, self-harm, self-suicide jadi makin ter blow up dan rame yaa, semoga kita bisa jaga diri, jaga mental supaya ga mengalami hal2 buruk kaya gitu ya
Melalak Cantik mengatakan…
Banyak banget ternyata yang diperingati pada tanggal 10 setiap bulannya ya. Ada saja hari-hari bersejarah yang patut kita ketahui juga nih.
Mbul Kecil mengatakan…
tanggal 10 di setiap bulan dalam setahun ternyata punya hari istimewa ya fenny. Mbul takjub ada hari burung migrasi juga..keren kalau bayangkan burung migrasi kayak di acara nat geo dengan effect slow motion dan kamera macro....nanti dishow tahapan tahapan selama migrasi mencloknya dimana aja dan akan bermuara di mana. Juga ada hari pencegahan bunuh diri ya. Memang kesehatan mental itu penting...nice sharing sayang ^^