Lima Sumber Inspirasi Saat Jenuh


Lima sumber inspirasi saat jenuh memang perlu ada, sebagai penyemangat agar bisa meneruskan pekerjaan yang sempat tertunda. Sebab adakalanya rasa jemu dan bosan bisa datang kapan saja, sehingga perlu sejenak untuk menepi. Bisa dikatakan juga untuk membahagiakan diri. Banyak cara sih yang dilakukan, dan mudahnya adalah melakukan hal yang disukai, seperti berikut ini:


Kamar Tidur 

Sumber inspirasi yang satu ini menurut saya tidak ada duanya, eeeaa. Sebab memang menjadi tempat paling, paling, paling, luar biasa yang bisa melahirkan ide cemerlang. Apalagi pas datang bosannya. Ambil bantal, jangan langsung tidur, tapi sandarkan bantal itu ke bagian dinding lalu jadikan sebagai bantalan untuk punggung ketika kita duduk. Pejamkan mata, atur napas dengan baik, sambil mengingat kebesaran-NYA. Saat kemudian membuka mata, perasaan bosan dapat berangsur sirna. 


Teras rumah 

Sumber inspirasi selanjutnya adalah bagian teras rumah. Di sini biasanya ada kursi dan meja, taman kecil maupun tumbuh-tumbuhan yang ditanam. Sambil melihat ke bagian luar rumah, kita dapat duduk dengan tenang di teras dan merasakan kesejukan semilir angin yang berhembus. Namun kalau pas ternyata siang hari kan cuaca panas ya, paling tidak sediakan minuman dingin di atas meja dan sepiring donat agar nggak menambah panasnya cuaca, kan mau mengusir rasa bosan, hihi.



Kamar Mandi /Toilet 

Dua tempat sumber inspirasi saat jenuh sebelumnya kita temukan saat berada di rumah. Lalu bagaimana bila kejenuhan datang saat berada di tempat kerja? Nah pembahasan selanjutnya ini, bisa ditemukan ketika di luar rumah yaitu Kamar Mandi /Toilet. Adakalanya sambil mandi, atau sedang berdiam diri di dalam kamar mandi/toilet, langsung seperti dapat inspirasi mau apa. Saya juga bingung sih, kok bisa begitu ya, haha. 



Di Dalam Transportasi/Kendaraan  

Nah sumber inspirasi saat jenuh yang satu ini seringkali saya rasakan. Sambil lihat siapa saja orang-orang yang ada di dalam kendaraan, lalu melihat ke arah jalan raya, jadi terobati kejenuhan yang dirasa. Selain itu juga bisa memunculkan inspirasi misalnya sehabis pulang kerja biasanya ada tugas yang harus dikerjakan atau hal-hal apa saja yang akan dilakukan selanjutnya, saat di dalam kendaraan/ transportasi publik suka yang tiba-tiba, Harus begini, lebih baik begitu. Kalau sudah muncul gagasan demikian, langsung ambil ponsel terus catatkan deh. Namun bila suasana di dalam angkutan umum padat yang tidak memungkinkan mengeluarkan ponsel, saya suka berulang kali menghapalnya agar tidak lupa.



Lantai Atas 

Lantai atas yang saya maksud di sini adalah bisa di rumah, kantor, gedung bertingkat, maupun jembatan penyebrangan. Pokoknya bukan di bawah deh, hehe. Pasalnya pernah saat akan naik  jembatan penyebrangan, suka tercetus gagasan cemerlang, misalnya Nanti siang mau ganti menu makan siang, ah (Lah.. ini ngarang bebas, ahahaha).  Intinya sih kalau sudah naik di atas, terus kena lambaian angin yang lembut, jadi lepas rasa jenuh yang ada.

Komentar

celotehnur54 mengatakan…

Wah, bisa juga nih, dicoba. Terima kasih ananda Fanny.
nchie hanie mengatakan…
Ahaaa, semua sumber inspirasi di atas seringnya kudapetin di kamar dan kendaraan, duuh rasanya mendadah2in kalo pas di kendaraan tuh.
Maria G Soemitro mengatakan…
oh tempat yang jadi sumber inspirasi ?

karena saya mah cari inspirasi dengan membaca

banyak banget, mulai dari media mainsstream, blog hingga media sosial

saking penuhnya, jadinya malah nggak nulis deh :D :D
Iim Rohimah mengatakan…
Saya termasuk paling senang dengan suasan lantai atas. Terutama dulu saat masih sekolah. Selain tempatnya sepi, banyak pemandangan alam dan juga suasana kota juga. Stress pun hilang.
adhealbian mengatakan…
Aku juga seneng banget dan selalu dapet inspirasi di Toilet nih mba hehe. Suka amazed yah dateng mya inspirasi dari tempat yg satu ini.
Sagita nur pratiwi mengatakan…
Semua ruangan saya senang,terlebih saya memiliki inspirasi yang nantinya ketika saya mendapat rejeki memiliki rumah sendiri, inspirasi itu akan saya pakai. Seperti membaca tulisan mba fenni
Vicky Laurentina mengatakan…
Pernah dalam suatu diskusi di sebuah WhatsApp Group, seseorang tanya, di mana tempat enak untuk cari inspirasi nulis? Syaa jawab, di toilet.

Salah seorang anggota ngetawain, "Kok bisa di toilet?"

Lalu saya jawab, "Karena di toilet saya sendirian. Di luar toilet, pasti ada anak saya yang kepingin nowel-nowel saya terus, sehingga saya nggak bisa mikir buat nulis."

Si anggota itu langsung terdiam. Oh ya, dia kan masih jomblo..
Visya Al Biruni mengatakan…
Paling suka yaa kamar nandi wkwk tapi waktu bsru ngelahirin anak pertama ngga bisa lama-la a d kamar mandi. Udah ditangisin anak bayi haha eh sekarang juga sih
Erly Damayanti mengatakan…

Dari sekian tempat sumber inspirasi kenapa aku paling banyak menemukan di toilet hehee.. lucu juga tapi itu kenyataannya.
Malu mengakui sebenarnya, tempat kedua baru di teras saat minum kopi sore hari
ginanelwan mengatakan…
jenuh sy biasanya selalu di kamar, tapi klo makin jenuh biasanya staycation atau main ama anak. Jenuh sering trjdi pada saat pandemi, mager ama jenuh beda kan? duh lebih enak klo mager, tp bisa melakukan apa2
Julia.K mengatakan…
hahaha iya setuju nih, kalo kena angin rasa rasanya jenuh kebawa angin ya. sayang saya gak punya balkon 😁😁 jadi aku buka jendela depan
echaimutenan mengatakan…
Kucing mak kalau aku. Di foto dipeluk dengan berbagai pose mau gimanapun pasti bikin seneng.

Sebenarnya aku jarang eksplor bagian2 rumah tapi bisa juga buat penyegaran ide ya
Dee_Arif mengatakan…
kamar mandi menjadi tempat terbaik, klo jenuh auto keramas , ditengah guyuran shower badan rileks dan banyak inspirasi keluar
Okti Li mengatakan…
Eh di toilet bener juga tuh. Saya sering dapat ide untuk menulis saat lagi nyuci. Maklum nyuci masih manual jadi suka lama. Dan itu kudu segera ditulis, kalau enggak nanti lupa
Onny Putranto mengatakan…
Kalau saya, teras rumah dan lantainatas memang salah satu sumber inapirasi saya, ditambah lagi ruang keluarga sebagai tempat mendapatkan banyak inspirasi, karena keluarga saya merupakan inspirasi dan penyemangat bagi saya.
nurul rahma mengatakan…
Wkkwwkwk, bener juga nih mab Fenni.
Kayaknya inspirasi bs mengucur derasss dari lokasi2 itu yha
Wahid Priyono mengatakan…
Kadang sumber inspirasi lebih banyak ada saat kumpul bareng teman. Atau setelah liburan juga cocok tuh tuk menggali inspirasi. Apa karena sudah fresh dan gak jenuh ya jadinya inspirasiitu jadi banyak banget termasuk ide2 menulis muncul saat pikiran sedang rileks dan tubuh sehat.
Maria G Soemitro mengatakan…
saya cari inspirasi sambil masak, nyuci piring, gardening dll

karena itu penting banget berhenti sebentar dari kerjaaan agar hasilnya maksimal
Rhoshandhayani KT mengatakan…
sumber inspirasiku di kamar tidur kayake
sambil leyeh-leyeh

atau yaa... jalan-jalan ke luar sih, cari angin dan cari ide
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah, bener juga nih kelima tempat ini bisa jadi sumber inspirasi saat jenuh menerpa diri. Aku terutama lantai atas. Karena aku ga punya teras hahah. JAdi di atas ada balkon kecil gitu kiri kanan depan pohon karena sekeliling rumah aku tanam pohon...duh betah deh ngeteh di situ sambil cari ide hehe
YSalma mengatakan…
Tempat sumber inspirasi yang menginspirasi banget mba Fenni. Saya seringnya di kendaraan umum sih, banyak hal yg terlihat menjadi ide. Tapi kalo ga langsung dituliskan, lupa juga, hehehe.
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Inspirasi saat jenuh diperlukan tentunya, sambil ngopi bagi saya memberi arti teesendiri kan
Annie Nugraha mengatakan…
Kalau saya biasanya jadi refresh menulis setelah ngecraft atau nonton (film, drama, Youtube, dll). Kadang juga dari ngobrol dengan teman-teman
Yelli Sustarina mengatakan…
Dari lima poin itu, kamar mandi tempat yang biasanya aku banyak muncul inspirasi. Makanya kalau urusan kamar mandi itu, aku harus benar2 bagus tempatnya, biar bisa berlama-lama di dalamnya. Hehe
Siti Nurjanah mengatakan…
Inspirasi kerap datang di waktu2 tak terduga
Dengan menyaksikan sebuah tayangan ataupun membaca itu bisa juga sebagai pencetus inspirasi.
Klo aku mungkin yg suka tiba2 muncul tuh saat di kamar mandi atau lagi di jalan