Langsung ke konten utama

Cara Menggendong Bayi Dengan Posisi Nyaman

Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, trik menggendong bayi dengan posisi nyaman, sebutkan Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, apa saja Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, bagaimana Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, tips menggendong bayi dengan posisi nyaman,

Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman adalah pengalaman unik saat pertama kali menggendong ponakan yang baru berusia beberapa hari. Awalnya tidak berani, karena namanya juga saya anak bungsu ya tidak ada pengalaman dengan anak kecil, hehe. Makanya saat menggendong bayi baru lahir memang pengalaman yang mendebarkan, karena jika salah posisi tangan bisa melukainya. 

Otot dan tulang bayi baru lahir memang masih rapuh, karena itu kita sebagai orang dewasa harus berhati-hati saat akan menggendongnya. Nah, buat yang newbie seperti saya, kita bisa latihan mempelajarinya lewat anak kakak atau anak sepupu kita, jadi lebih siap nantinya saat menggendong anak sendiri. Berikut cara menggendong bayi dengan aman:

Gendongan Depan

Posisi gendongan ini adalah salah satu cara paling mudah dan paling aman untuk menggendong Si Kecil, terutama di minggu-minggu pertama kehidupannya yang masih ringkih. Cara melakukannya adalah,

  • Angkat bayi dari kasur dengan meletakkan satu tangan kamu di bawah kepala bayi, dan tangan lainnya di bawah pantatnya. Dari sana, angkat tubuhnya setinggi dada kamu.
  • Dengan posisi bayi horizontal setinggi dada, geser tangan kamu dari bawah ke atas untuk menopang lehernya.
  • Dorong kepala bayi dengan lembut ke lekukan siku kamu.
  • Sambil tetap menggendong kepalanya, gerakkan tangan kamu dari lengan pendukung ke pantatnya.
  • Setelah ini salah satu lengan kamu akan bebas dan bisa digunakan untuk membantu menyangga tubuh bayi, atau melakukan hal lain (misalnya memegang botol susu).
  • Posisi ini biasanya digunakan untuk menyusui atau menidurkan bayi.
Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, trik menggendong bayi dengan posisi nyaman, sebutkan Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, apa saja Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, bagaimana Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, tips menggendong bayi dengan posisi nyaman,
Ilustrasi menggendong bayi - dok. Akun IG @citraciki

Gendongan Bahu

  • Setelah mengangkat bayi dengan cara yang sama dengan cara menggendong depan, dengan posisi tubuh bayi sejajar dengan tubuh kamu, angkat kepalanya hingga setinggi bahu kamu.
  • Letakkan kepala Si Kecil di dada dan bahu kamu agar posisinya menghadap ke arah belakang kamu.
  • Letakkan satu tangan di kepala dan lehernya, dan tangan lainnya di pantat bayi. Posisi ini memungkinkan Si Kecil mendengar detak jantung kamu, dan biasanya membantu menenangkannya.

Gendongan Perut

  • Kebalikan dari cara mengangkat bayi untuk posisi gendong depan, untuk posisi ini kamu harus mengangkat bayi dengan menyangga bagian depan tubuhnya. Jadi yang disangga adalah leher bagian depan dan perut Si Kecil.
  • Setelah diangkat, baringkan bayi hingga posisinya tertelungkup dengan dialasi lengan kamu, dan dengan kepala menghadap ke siku kamu.
  • Jika kamu merasa perlu dukungan untuk postur kamu, lakukan gendongan ini sambil duduk.
  • Posisi ini berguna jika Si Kecil kembung dengan gas dan perlu bersendawa. Belai punggungnya dengan lembut untuk mengeluarkan gas.


Untuk membuat daya tahan tubuh si kecil tetap kuat dan kebal akan virus, maka kita perlu melakukan imunisasi Bayi. Imunisasi pada bayi sendiri memiliki banyak varian, mulai dari imunisasi polio, campak dan lainnya. Melihat bayi yang baru lahir tentu pasti ada rasa ingin menggendong, apalagi jika bayi itu tampak menggemaskan. Akan tetapi, dalam menggendong bayi yang baru lahir kamu juga perlu memperhatikan cara menggendong bayi dengan baik dan benar, karena jika salah sedikit bisa membuat bayi terluka. 

Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, trik menggendong bayi dengan posisi nyaman, sebutkan Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, apa saja Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, bagaimana Cara menggendong bayi dengan posisi nyaman, tips menggendong bayi dengan posisi nyaman,
Ilustrasi menggendong bayi - dok. Pixabay

Ketika menggendong si kecil tentu selain terdapat ada kehati-hatian akan takut terluka ketika digendong, terdapat juga rasa was-was akan terkena air pipis ataupun pup si kecil bukan, maka kamu dapat mencegah rasa itu dengan menggunakan pampers merries. Selain tidak perlu was-was ketika digendong juga tetap aman untuk kulit bayi yang sensitif. Semoga cara menggendong bayi dengan posisi nyaman ini bisa menjadi bekal kita agar tidak canggung ya mantemans. 

Komentar

Han mengatakan…
Sampai anak umur satu tahunan aku juga kadang masih pake gendongan bahu. Tapi tetep yg paling nyaman gendongan kangguru hihi
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Kalau aku sih paling nyaman gendongan samping hihihi, ga pernah bisa gendong depan, ini kalau pakai alat gendong ya, kalau gendong tangan ya tetep samping wkwkwkk
nurul rahma mengatakan…
Penting banget tips ini, utamanya buat Bunda yg baru punya bayi.
Kadang bingung sik, apalagi kalo leher bayi blum kuat.
Tapi baca tips ini jadi paham dah
efo.teo mengatakan…
Hmmm, ini harus dipelajari banget ini buatku. Soalnya aku kadang takut buat ngegendong bayi :D
Nanik nara mengatakan…
Menggendong bayi emang harus hati-hati ya mbak. Saya pun punya pengalaman menggendong bayi setelah punya anak, diajari oleh ibu saya
Dian Restu Agustina mengatakan…
Menggendong bayi dengan posisi nyaman emmnag perlu latihan. Kadangkala enak di kita enggak nyaman di bayinya. dengan aneka metode menggendong bisa kita sesuaikan yang mana paling nyaman bagi keduanya
Irawati Hamid mengatakan…
saat ini saya masih punya bayi usia 3 bulan nih, dan memang saat menggendongnya tuh kita harus hati-hati banget
Annie Nugraha mengatakan…
Menurut saya menggendong yg paling nyaman itu adalah menghadapkan bayi ke depan. Si anak jadi bebas memandang dan bergerak. Kesian kalau harus berada dalam arah penglihatan mundur.
Melalak Cantik mengatakan…
Saya pun sampai sekarang masih suka takut mau menggendong anak bayi. Meskipun punya adik satu tapi sejak kecil gak pernah gendong ketika masih bayi. Menggendong bayi ini tentunya harus dilakukan secara benar ya agar tidak melukai si bayinya juga.
http://kakilasak.com/ mengatakan…
Pernah liat di TV dokter gendong bayi, di angkat sana sini, bayinya anteng hehe
Saya sendiri blm begitu brani gendong hehe
Maria G Soemitro mengatakan…
berbanding terbalik dengan saya mbak

adik saya 4, laki laki semua

jadi udah khatam ketika harus gendong anak sendiri :D
Hairun Nisa mengatakan…
Bermanfaat banget nih buat aku. Soalnya aku sangat takut saat harus menggendong bayi. Apalagi kalau anak orang. takut kenapa-napa dianya.
www.faradiladputri.com mengatakan…
Penting nih apalagi untuk ibu baru yang kagok gendong bayi (saya dulu) wkwkwk. Sekarang juga jangan lupa M shape dan C shape kalau pakai gendongan
Mia Yunita mengatakan…
Udah lama nggak gendong bayi hehe. Ponakan juga udah rada gedean dan dia pengennya jalan sendiri. Thanks tipsnya supaya aku nggak lupa gimana gendong bayi dengan nyaman.
Didik Purwanto mengatakan…
Cara menggendong bayi yg nyaman ini jg akan berkaitan dgn kenyamanan bayi sih ya kak. Kalo kita menggendongnya secara benar, bayi jg akan diam, ga nangis/rewel lagi. Ternyata emang banyak teknik ya kak untuk menggendong bayi ini. Jadi pengalaman berharga buat aku yg sbeentar lagi mau menjadi ayah ini.
Susi Susindra mengatakan…
Gendongan depan jika bermerk, sangat nyaman. Saya jadi manja dan maunya gendong depan gara-gara punya 1 gendongan Korea dari hasil review.
Gendongan samping kalau ke PKK karena lebih praktis
Dee_Arif mengatakan…
wah iya, banyak ya sebenarnya cara menggendong bayi, klo aku dulu paling nyaman gendong anakku dalam posisi anak menghadap aku
admin/ hani mengatakan…
Gendongan sekarang macem-macem ya, ada yg memerhatikan ergonomi bayi. Ada yg tradisional aja pake gendong kain, tetap nyaman untuk bayi, asal posisinya M sih setahuku.
Jiah Al Jafara mengatakan…
Aku belajar gendong dari zaman SD kayanya, dan ya sampai sekarang sudah lumayan pro. Ini ada Keponakan kecil dan hampir tiap hari gantian gendong. Dah gak ada takut-takutnya pegang bayi merah

#BanggaBanget hahaha
Iim Rohimah mengatakan…
Gendong bayi memang harus tepat. Kalau salah atau setengah-setengah, bayi bisa nggak nyaman atau terluka. Saya juga pas punya anak kedua lupa lho cara gendong yg tepat hehe
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Saya baru aja dapat ponakan bayi. Duh, mau gendong saja masih takut-takut. Tapi biasanya sih saya melakukan cara pertama. Dan memang kudu hati-hati banget..
Aku selalu gendong anak bungsuku ke mana-mana waktu dia masih bayi sampai umur 2,5 tahun. Paling enak pakai carrier menurutku tapi nggak pernah gendong hadap depan karena pede hehehe.
Eri Udiyawati mengatakan…
Dulu sebelum punya anak takut buat ngegendong bayi temen atau anaknya saudara. Giliran udah punya anak sendiri, mau gak mau dah nggendong bayi. Akhirnya bisa di posisi nyaman, yaitu gendong bayi model perut sama bahu.
Nurhilmiyah mengatakan…
Kalau bayiknya masih hitungan bulan masih nyaman digendong depan ya, senang banget kegiatan menggendong, bikin lebih lekat dengan anak, apalagi mencium wanginya anak duhh harum banget...
Artha Nugraha Jonar mengatakan…
Jujur anakku hampir setahun baru aku berani gendong. Kayak takut banget gitu gendong bayinya. Tapi lihat papa mertuaku kok enak banget ya, cuma aku waktu itu masih belum berani, hehehe.
iidyanie mengatakan…
Soal gendong anak, saya paling gak bisa gendong pake jarik ribet kayaknya hehe, jadinya suka pake geos (gendongan kaos) atau gendongan depan gitu kalau mau kemana-mana
Euisry Noor mengatakan…
Aku dong waktu lahiran anak pertama canggung banget gendongnya. Ketahuan gak pernah gendong bayi... Rasa bersalah banget kenapa gak dari dulu latihan. Pake gendongan aja melorot terus, malu deh kalau diingat...
K. Niken mengatakan…
Kalau aku dulunpalong sula gendong depan dengan babywrap kak. Itu kan bikin singset di tubuh ibunya tapi nggak bikin sakit juga ke baby. Dan pembagian di bahu itu pas. Jadi nggak sakit.
Marfa Umi mengatakan…
Aku masih takut-takut nih kalau mau gendong-gendong bayik, iyalah beloman belajar jadi belum berani hihi. Ada cara yang benar dan tepat ya tentunya untuk kenyamanan si bayik ini, begitu juga kalau misal dengan bantuan kain gendong
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
kalau ada yang membuat lebih nyaman pasti akan membuat lebih berani buat menggendong bayi. duh aku kudu persiapan nih hehehe
dudukpalingdepan mengatakan…
Jadi ingat masa-masa jadi ibu sampai nonton tutorial di youtube cara-cara menggendong bayi. Nah saya yakin tulisan mbak ini juga akan bermanfaat bagi para ibu/ayah baru ^^
Dian farida ismyama mengatakan…
Aku punya gendongan depan tadinya buat mudik dan traveling. Eh malah ada pandemi hiks jadi belum dipakai. Yg kepakai malah gendongan jarik buat samping
Awul mengatakan…
Urusan menggendong memang sekilas sepele padahal sangat penting. Selain ilmu menggendong tanpa alat, menggendong dengan kain/gendongan lain juga perlu bgt utk ibu baru. Ditunggu tips2 lainnya bun!
Moch Ferry Dwi mengatakan…
Menggendong bayi perlu perhatian semua karena organ tubuh sensisitif, buat kenyamanan sebaik mungkin