[Penting]: Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai

Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,


Bekerja di manapun tempatnya, komunikasi menjadi hal utama agar keselarasan bisa terjalin, alias nyambung gitu loh kalau ngobrol. Apalagi untuk yang pekerjaannya seperti kita ini sebagai pekerja konten, penggunaan bahasa yang baik perlu dilakukan, sehingga konten yang kita sampaikan bisa mengena dan tepat sasaran. 


Bagi saya menguasai bahasa seperti menguasai medan pertempuran. (Et dah, udah seperti mau perang aja niih si Fenni bahasannya, hihi). Bila kita punya perbekalan senjata yang mumpuni, pertempuran dapat dihadapi tanpa kesulitan. Oleh karenanya, ada Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai karena memiliki peluang besar, yaitu: 


Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,


Inggris (United Kingdom) 

Bahasa yang satu ini sudah otomatis biasanya menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari. Saat di sekolah maupun di bangku kuliah, Bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran penting. Mungkin bisa dengan mudah kita mempelajarinya karena banyak tempat kursus yang menyelenggarakan, dan juga banyak musik dan film yang menggunakan bahasa Inggris.


 

Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,

Korea Selatan 

Bahasa dari Negeri Ginseng ini memang perlu untuk kita pelajari. Bukan hanya saat menonton drakor (terutama ada babang Lee Min-ho, hehe) jadi cepat pahamnya saja, sekaligus juga saat ini Korea Selatan menjadi salah satu Negara di Asia yang menarik wisatawan asing untuk berkunjung. Nah kalau suatu saat berkunjung ke sana kan tidak perlu keseringan buka google translate kan, hehe 


Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,

Jepang 

Belajar bahasa Jepang juga perlu untuk kita pelajari, terlebih lagi untuk kamu yang ingin berkunjung ke Negara yang terkenal dengan bunga sakura ini. Saya juga ingin mempelajarinya, walau pas lihat huruf kanjinya langsung berpikir, Sulit nih kayaknya, Padahal belum dicoba, hihi.


Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,

Spanyol 

Bahasa Spanyol menurut saya juga perlu untuk dipelajari. Apalagi penggunaan bahasa yang satu ini sangat luas terutama buat kamu yang ingin menjelajah Amerika Selatan. Kalau dulu waktu kecil ada telenovela bisa sekalian deh belajar bahasa pelan-pelan, hehe. Siapa tahu kan pas di pesawat bertemu sama Mark Marquez bisa sapa, "Hola, gusto en conocer a Marquez. Presentame, Fenni," (Ciee, hehe).



Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,

Mandarin

Waktu sedang kuliah, saya sempat belajar bahasa Mandarin level dasar. Lumayan susah juga, apalagi buat menuliskan hurufnya. Nah, inginnya mengulang lagi belajarnya.


Sempat saya coba untuk kembali menonton Journey To The West maksudnya biar ingat kembali gitu sama bahasa Mandarin. Eh banyak lupanya dong, hehe. Jadilah tetap menggunakan translate untuk menontonnya. 


[Baca Juga: Top 5 Serial TV Favorit Tahun 1990-2000an]


Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,

Arab

Ini jadi salah satu bahasa, yang menurut saya perlu untuk dipelajari. Walau memang susah karena waktu kuliah saja, saya mengikuti pelajarannya kurang sukses, hehe. Ada kata-kata yang disesuaikan apakah untuk laki-laki atau wanita, lalu juga dilihat apakah orang tersebut ada di tempat atau tidak, serta bagaimana dalam penggunaan kalimat waktu, dan sebagainya. Sebab bila tidak benar maka akan mengubah arti. 


Seperti contohnya, kata Muhrim kerap disalah artikan sebagai yang ada hubungan nasab/pernikahan, padahal seharusnya menggunakan kata Mahram. Muhrim berarti orang yang memakai pakaian ihram. Hayo siapa yang suka salah sebut nih 😅jadi ➡️ Kamu bukan muhrim saya, atau Kamu bukan mahram saya?



Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, bahasa apa saja yang perlu dikuasai, mengapa Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, alasan mempelajari Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai, cara agar Tujuh Bahasa yang Ingin Dikuasai mudah dipelajari, berapa minimal bahasa yang perlu untuk dikuasai, kursus bahasa spanyol termurah, kursus bahasa spanyol minim biaya, kursus bahasa spanyol di Jakarta, kursus bahasa spanyol di jabodetabek, kursus bahasa jepang termurah, kursus bahasa jepang minim biaya, kursus bahasa jepang di Jakarta, kursus bahasa jepang di jabodetabek, berapa harga kursus bahasa, kursus bahasa inggris termurah, kursus bahasa inggris minim biaya, kursus bahasa inggris di Jakarta, kursus bahasa inggris di jabodetabek, kursus bahasa arab termurah, kursus bahasa arab minim biaya, kursus bahasa arab di Jakarta, kursus bahasa arab di jabodetabek,

Indonesia

Lah kita kan orang Indonesia, mengapa harus belajar bahasa Indonesia, sudah lulus sekolah juga kan? 


Anggapan di atas memang benar, tetapi tidak sepenuhnya juga. Kita memang asli warga Negara Indonesia, akan tetapi apakah sudah sepenuhnya menggunakan kaidah bahasa dengan benar, baik dalam percakapan, pengucapan, maupun penulisannya? 


Ah, nggak perlulah sebegitunya. Lagipula kesannya kaku banget. Nah kalau pola pikirnya seperti itu, justru hal tersebutlah yang membuat jadi kaku. Kaku karena tidak dijadikan kebiasaan. Yuk, tidak hanya bahasa asing saja yang penting untuk kita kuasai, tetapi juga bahasa negeri kita sendiri. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. Wah, banyak list bahasa yang ingin dipelajari..aku pengin bahasa Indonesia dan Inggris, alasannya bahasa Indonesia buat lancarin ngeblog, dan bahasa Inggris karena sekarang banyak lupa, dah pasif..huhuhu. Kalau Bahasa Arab ikutan denger anakku dapat dari sekolah dah ternyata mau ikut belajar susah hahah

    BalasHapus
  2. Ya kita juga sebagai orang Indonesia harus bangga juga dengan bahasa kita. Dalam penerapannya, kadang kaidah EYD/EBI masih sering kita lupakan dalam menulis karya sastra dll, bahkan tulisan di blog. Tapi ya setidaknya belajar EYD/EBI pelan2 ya kak yang penting lama-lama jadi paham.

    Dulu pernah juga sih diajak temen belajar bahasa inggris di daerah kampung PARE JAWA TIMUR. Cuma terkendala kerjaan kantor, ya akhirnya nyampe sekarang bahasa inggrisnya masih tipis-tipis hehe, masih pasive...yo weslah diterima saja dulu sementara :)

    BalasHapus
  3. Bersyukur ya ada orang yang cepet banget kalau belajar bahasa yang baru.
    Mmmmm dari dulu mimin pengen banget bisa berbahasa Jepang🥰🥰
    Apa masih bisa terwujud ya😅😅

    BalasHapus
  4. Aaahh bener banget tuh Fen. Banyak kok keuntungan dari menguasai bahasa asing lainnya kecuali bahasa Ibu kita. Terutama bahasa Inggris. Gak cuma membantu saat kita berada di luar negeri tapi juga memberikan kesempatan kepada kita untuk memperluas jejaring bisnis atau pertemanan. Nyatanya penguasaan bahasa itu penting banget.

    BalasHapus
  5. Kalo soal bahasa, entah kenapa kalo belajar bahasa Arab tuh berasa nggak masuk-masuk. Pengen nangis rasanya. Memang sih banyak hapalannya juga. Jadi sekarang saya selow aja deh, belajar bahasa Arabnya dari materi-materi kajian yang sudah disampaikan oleh para ulama/ustaz. Jadi kalo soal muhrim dan mahram insya Allah udah jelas nih bisa membedakan sebagaimana penjelasan mbak Fenni dalam blog ini.

    BalasHapus
  6. Saya juga masih sering salah kaprah nih dalam penggunaan kata muhrim.

    Keren mbak, 7 bahasa ini kalau bisa dikuasai, bisa jadi bekal buat keliling menjelajah dunia

    BalasHapus
  7. aku pernah les bahasa Arab, Mandarin, Jerman, tapi ya gitu dah, kagak nerusin ampe advanced :(
    Padahal, assoy geboy kalo jadi poliglot yak

    BalasHapus
  8. jujur aja, saya kesulitan belajar bahasa baru. Tapi kalo ditanya, bahasa apa yang ingin saya kuasai, saya ingin menguasai bahasa inggris, korea dan bahasa arab

    BalasHapus
  9. Nah....nah....banyak yang terjebak, mengira bahwa Bahasa Indonesia gak perlu dipelajari

    Padahal guru2 dan kepsek selalu bilang bahwa saat UN, banyak murid yang dapat nilai 10 untuk matematika

    sayangnya, nggak setiap tahun ada anak yang berhasil meraih 10 untuk Bahasa Indonesia

    Ngenes kan ya?

    BalasHapus
  10. Keren banget bisa 7 bahasa asing ini. Dunia semakin terasa dalam genggaman.

    Pelajaran bahasa termasuk yg lumayan lama nyangkut di kepala, tapi cepat lupanya. Bahasa Indonesia aja masih harus belajar terus. Duh, banyak PR.

    BalasHapus
  11. Hmmm 7 bahasa yang ingin kukuasai? Indonesia! Di luar itu pastinya
    Inggris - Jerman - Belanda - Mandarin - Jepang - Korea

    BalasHapus
  12. Eh kok ketinggalan, Arabic karena sat ini sedang mempelajari itu

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏