Tanggal 2 Hari Nasional dan Hari Internasional

Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,


Tanggal 2 setiap bulannya ada peringatan apa saja ya? Hari Nasional dan Hari Internasional kerap kita ketahui momennya, baik melalui media sosial maupun informasi di media elektronik. Peringatan hari tersebut menjadi pengetahuan bagi kita sebagai hikmah yang bermanfaat. Maka dari itu, saya akan kembali mengulas Hari Nasional dan Hari Internasional yang kali ini khusus pada tanggal 2, seperti berikut ini.



2 Februari

Hari Lahan Basah Sedunia (Wetlands Day)

Lahan basah yang kali ini dibahas bukan bermakna konotasi ya, yaitu banyak uang, hehe. Namun ini memang benar-benar tentang lahan basah seperti rawa, lahan gambut, perairan alami maupun buatan. Dengan adanya Hari Lahan Basah Sedunia, semoga menjadi momentum dunia untuk terus melestarikan kawasan perairan, terutama negeri kita sendiri.


Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 2 Februari merupakan tindak lanjut dari konvensi internasional yang membahas tentang lahan basah pada tanggal 2 Februari 1971, atau dikenal dengan Konvensi Ramsar (Saat itu penandatanganan konvensi berlangsung di kota Ramsar, Iran).



Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,


2 April

Hari Buku Anak Sedunia (Childrens Book Day)

Kenapa sih Childrens Book Day diperingati setiap tanggal 2 April? Sebab untuk menghargai penulis buku anak yang sudah mendunia yaitu Hans Christian Andersen, yang lahir pada tanggal 2 April 1805. Nah IBBY (International Board of Book for Young People), organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang anak-anak dan buku mencetuskan Hari Buku Anak Sedunia.


Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day)

Menurut KBBI, Autisme merupakan gangguan perkembangan pada anak yang dapat berakibat tak dapat berkomunikasi dan tidak bisa mengekspresikan perasaan dan keinginannya sehingga perilaku hubungan dengan orang lain dapat terganggu. 


Setiap tanggal 2 April menjadi momentum penting dalam peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia, dimana penyandang laki-laki lebih banyak daripada perempuan, karena autisme dapat terjadi pada anak-anak tanpa melihat status sosial, budaya, maupun ekonomi. 


Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,


2  Mei

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 

Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional merupakan momen penting bagi perkembangan dunia pendidikan di negeri kita. Saat sekolah, peringatan Hari Pendidikan Nasional biasanya kita akan upacara bendera. Khidmat mengikuti prosesinya. 


Hari Pendidikan Nasional juga sama seperti Hari Buku Anak Sedunia, dimana peringatan momen tersebut berkaitan erat dengan tanggal lahir tokoh yang berperan. Ki Hadjar Dewantara, pelopor pendidikan di negeri kita. Dari beliau pula Taman Siswa didirikan. 



Hari Tuna Dunia (World Tuna Day)

Siapa yang suka makan tuna? Sudah pada tahu belum kalau ternyata ada Hari Tuna Dunia? Saya juga baru tahu sih saat menulis artikel ini, hehe. 

Pelestarian tidak hanya untuk perairan saja, tetapi juga salah satu isinya, yaitu Ikan Tuna. Diperingatinya tanggal 2 Mei sebagai World Tuna Day berdasarkan dari kampanye PBB tentang konservasi dan pengelolaan lautan bumi. Tentunya menjadi inspirasi bagi kita agar senantiasa menjaga kelestarian laut, khususnya tuna.




2 Juli 

Hari Kelautan Nasional

Kalau tanggal 2 Mei adalah World Tuna Day, maka peringatan di dalam negeri pada tanggal 2 Juli adalah Hari Kelautan Nasional. Sebagai negara kepulauan, ekosistem laut perlu untuk selalu terjaga. Jangan biarkan kekayaan alam di laut kita tergerus, apalagi merusaknya. Yuk upayakan selalu dalam menjaganya, karena laut memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita.


Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,


2 Oktober

Hari Batik Nasional

2 Oktober 2009 menjadi sejarah indah untuk kita, karena UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.  Bangga? Tentu saja dong. Warisan budaya kita tercatat dan terdaftar. Makin kerennya lagi penetapan hari Batik Nasional pun dikukuhkan melalui Kepres No 33 tahun 2009. Semangat mengenakan batik gaess.



Hari Tanpa Kekerasan Internasional  

Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Tanpa Kekerasan Internasional. Gagasan peringatan tersebut terinspirasi dari sosok Mahatma Gandhi yang lahir pada tanggal 2 Oktober. Gandhi memperkenalkan konsep tentang Ahimsa, yaitu tanpa kekerasan. 



Hari Hewan Ternak Sedunia

World Day for Farmed Animals atau Hari Hewan Ternak Sedunia, menyadarkan kita agar tetap berperilaku baik. Entah itu dalam hal perawatan, pemberian pakan. Maupun ketika penyembelihan agar tidak menyiksa mereka, karena ada aturan dan tata cara penyembelihan. 


Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,


2 Desember

Hari Konvensi Ikan Paus 

Sepertinya tanggal 2 terdapat momen yang terkait dengan perairan ya. Tanggal 2 Desember pun masih berhubungan dengan laut, yaitu Hari Konvensi Ikan Paus. Penandatanganan ICRW (International Convention for the Regulation of Whaling) atau Konvensi Internasional untuk Peraturan Perburuan Paus tahun 1946, agar tersedianya konservasi ikan paus yang tepat agar populasi tetap terjaga. 


Sumber: phiradio.net ; kemenpppa.go.id ; rimbakita.com ; tagar.id ;  Wikipedia 


Artikel Terkait

Komentar

  1. Hari nasional dan internasional yang baru saya tahu nih. Kecuali tanggal 2 Mei secara kalau itu udah tahu sejak kecil dan 2 Oktober yg emang udah banyak viral juga.
    Terimakasih informasinya ya

    BalasHapus
  2. Infonyaa sangat bermanfaat nih nambah pengetahuan tentang sejarah tanggal tanggalnyaa
    Tks ka

    BalasHapus
  3. Wah, banyak ya hari-hari nasional dan internasional yang jatuh di tanggal 2. Banyak yang baru kutahu karena baca artikel ini pula. Kereen ih mbak Fenni.

    BalasHapus
  4. Yang mau nulis tentang hari-hari spesial berikus pas banget ini..
    Apalagi di bulan oktober yang akan mendatang ada hari batik nasional..
    Wkwkwk
    Jadi salfok ke ide tulisan kan ini heheh

    BalasHapus
  5. Aku mendadak membelakakkan mata karena terkejut kalau ada Hari Tuna. Wuaaa sebagai yang suka banget makan tuna (seringnya sih kalengan soalnya yang segar suka mahal) langsung merasa, wuaaa.

    BalasHapus
  6. banyak juga yaa ternyata hari-hari besar nasional dan internasional yang jatuh di tanggal 2 setiap bulannya

    BalasHapus
  7. Wah iyaa bener juga yaah tgl 2 itu hardiknas jugaa. Serba 2 ihh. Bisaan kknya

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser