Langsung ke konten utama

Tanggal 2 Hari Nasional dan Hari Internasional

Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,

Tanggal 2 setiap bulannya ada peringatan apa saja ya? Hari Nasional dan Hari Internasional kerap kita ketahui momennya, baik melalui media sosial maupun informasi di media elektronik. Peringatan hari tersebut menjadi pengetahuan bagi kita sebagai hikmah yang bermanfaat. Maka dari itu, saya akan kembali mengulas Hari Nasional dan Hari Internasional yang kali ini khusus pada tanggal 2, seperti berikut ini.

2 Februari

Hari Lahan Basah Sedunia (Wetlands Day)

Lahan basah yang kali ini dibahas bukan bermakna konotasi ya, yaitu banyak uang, hehe. Namun ini memang benar-benar tentang lahan basah seperti rawa, lahan gambut, perairan alami maupun buatan. Dengan adanya Hari Lahan Basah Sedunia, semoga menjadi momentum dunia untuk terus melestarikan kawasan perairan, terutama negeri kita sendiri.

Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 2 Februari merupakan tindak lanjut dari konvensi internasional yang membahas tentang lahan basah pada tanggal 2 Februari 1971, atau dikenal dengan Konvensi Ramsar (Saat itu penandatanganan konvensi berlangsung di kota Ramsar, Iran).

Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,

2 April

Hari Buku Anak Sedunia (Childrens Book Day)

Kenapa sih Childrens Book Day diperingati setiap tanggal 2 April? Sebab untuk menghargai penulis buku anak yang sudah mendunia yaitu Hans Christian Andersen, yang lahir pada tanggal 2 April 1805. Nah IBBY (International Board of Book for Young People), organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang anak-anak dan buku mencetuskan Hari Buku Anak Sedunia.

Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day)

Menurut KBBI, Autisme merupakan gangguan perkembangan pada anak yang dapat berakibat tak dapat berkomunikasi dan tidak bisa mengekspresikan perasaan dan keinginannya sehingga perilaku hubungan dengan orang lain dapat terganggu. 

Setiap tanggal 2 April menjadi momentum penting dalam peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia, dimana penyandang laki-laki lebih banyak daripada perempuan, karena autisme dapat terjadi pada anak-anak tanpa melihat status sosial, budaya, maupun ekonomi. 

Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,

2  Mei

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 

Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional merupakan momen penting bagi perkembangan dunia pendidikan di negeri kita. Saat sekolah, peringatan Hari Pendidikan Nasional biasanya kita akan upacara bendera. Khidmat mengikuti prosesinya. 

Hari Pendidikan Nasional juga sama seperti Hari Buku Anak Sedunia, dimana peringatan momen tersebut berkaitan erat dengan tanggal lahir tokoh yang berperan. Ki Hadjar Dewantara, pelopor pendidikan di negeri kita. Dari beliau pula Taman Siswa didirikan. 

[Baca Juga: Tanggal 13 Hari Nasional dan Dunia]


Hari Tuna Dunia (World Tuna Day)

Siapa yang suka makan tuna? Sudah pada tahu belum kalau ternyata ada Hari Tuna Dunia? Saya juga baru tahu sih saat menulis artikel ini, hehe. 

Pelestarian tidak hanya untuk perairan saja, tetapi juga salah satu isinya, yaitu Ikan Tuna. Diperingatinya tanggal 2 Mei sebagai World Tuna Day berdasarkan dari kampanye PBB tentang konservasi dan pengelolaan lautan bumi. Tentunya menjadi inspirasi bagi kita agar senantiasa menjaga kelestarian laut, khususnya tuna.

[Baca Juga: Tanggal 30 Hari Apa?]


2 Juli 

Hari Kelautan Nasional

Kalau tanggal 2 Mei adalah World Tuna Day, maka peringatan di dalam negeri pada tanggal 2 Juli adalah Hari Kelautan Nasional. Sebagai negara kepulauan, ekosistem laut perlu untuk selalu terjaga. Jangan biarkan kekayaan alam di laut kita tergerus, apalagi merusaknya. Yuk upayakan selalu dalam menjaganya, karena laut memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita.

Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,

2 Oktober

Hari Batik Nasional

2 Oktober 2009 menjadi sejarah indah untuk kita, karena UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.  Bangga? Tentu saja dong. Warisan budaya kita tercatat dan terdaftar. Makin kerennya lagi penetapan hari Batik Nasional pun dikukuhkan melalui Kepres No 33 tahun 2009. Semangat mengenakan batik gaess.

Hari Tanpa Kekerasan Internasional  

Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Tanpa Kekerasan Internasional. Gagasan peringatan tersebut terinspirasi dari sosok Mahatma Gandhi yang lahir pada tanggal 2 Oktober. Gandhi memperkenalkan konsep tentang Ahimsa, yaitu tanpa kekerasan. 

Hari Hewan Ternak Sedunia

World Day for Farmed Animals atau Hari Hewan Ternak Sedunia, menyadarkan kita agar tetap berperilaku baik. Entah itu dalam hal perawatan, pemberian pakan. Maupun ketika penyembelihan agar tidak menyiksa mereka, karena ada aturan dan tata cara penyembelihan. 


Tanggal 2 ada apa saja, tanggal 2 peringatan apa, tanggal 2 hari apa, tanggal 2 hari nasional apa, tanggal 2 hari internasional apa,

2 Desember

Hari Konvensi Ikan Paus 

Sepertinya tanggal 2 terdapat momen yang terkait dengan perairan ya. Tanggal 2 Desember pun masih berhubungan dengan laut, yaitu Hari Konvensi Ikan Paus. Penandatanganan ICRW (International Convention for the Regulation of Whaling) atau Konvensi Internasional untuk Peraturan Perburuan Paus tahun 1946, agar tersedianya konservasi ikan paus yang tepat agar populasi tetap terjaga. 


Sumber: phiradio.net ; kemenpppa.go.id ; rimbakita.com ; tagar.id ;  Wikipedia 

Komentar

Okti Li mengatakan…
Hari nasional dan internasional yang baru saya tahu nih. Kecuali tanggal 2 Mei secara kalau itu udah tahu sejak kecil dan 2 Oktober yg emang udah banyak viral juga.
Terimakasih informasinya ya
Putrian Sitepu mengatakan…
Infonyaa sangat bermanfaat nih nambah pengetahuan tentang sejarah tanggal tanggalnyaa
Tks ka
Marita Ningtyas mengatakan…
Wah, banyak ya hari-hari nasional dan internasional yang jatuh di tanggal 2. Banyak yang baru kutahu karena baca artikel ini pula. Kereen ih mbak Fenni.
Pida Alandrian mengatakan…
Yang mau nulis tentang hari-hari spesial berikus pas banget ini..
Apalagi di bulan oktober yang akan mendatang ada hari batik nasional..
Wkwkwk
Jadi salfok ke ide tulisan kan ini heheh
Akarui Cha mengatakan…
Aku mendadak membelakakkan mata karena terkejut kalau ada Hari Tuna. Wuaaa sebagai yang suka banget makan tuna (seringnya sih kalengan soalnya yang segar suka mahal) langsung merasa, wuaaa.
Shyntako mengatakan…
banyak juga yaa ternyata hari-hari besar nasional dan internasional yang jatuh di tanggal 2 setiap bulannya
Han mengatakan…
Wah iyaa bener juga yaah tgl 2 itu hardiknas jugaa. Serba 2 ihh. Bisaan kknya
Mbul Kecil mengatakan…
Ga menyangka tanggal 2 di sepanjang tahun mempunyai hari spesialnya ya fenny. Kalau nita baru taunya yang lahan basah sama tuna. Juga hari buku anak anak...ini ngingetin aku buat berburu buku di book fair dan selalu ketagihan tiap beli buku anak...apalagi yang gambarnya cute ^^
Farida Pane mengatakan…
Banyak yang aku belum tau nih, hari peringatannya. Terima kasih infonya, ya
Okti Li mengatakan…
Ya ampun ada Hari Tuna ternyata? Jangan-jangan ada juga hari tenggiri, hari salmon dan hari turunan nama ikan lainnya? Hehehe
ginanelwan mengatakan…
2 agustus gak ada ya fen? haha. Menunggu artikel tanggal 23 nya, penasaran.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
ternyata banyak ya peingatan hari nasional dan internasioal ini, ada yang momentnya terkesan unik tapi penting juga untuk diperingati hehe
Bunda Saladin mengatakan…
Wah banyak juga ya hari nasional dan internasional pada tanggal 2 ini. Makasih, jadi nambah pengetahuan saya. Saya baru tahu tanggal 2 mei aja.
Ays tala mengatakan…
Jadi tahu kalo tanggal 2 setiap bulan itu istimewa ya. Makasih nih info menariknya
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Baruu tahuu tiap tanggal 2 ada perayaan khusus tentang perairan atau lingkungan yaa.
Semoga lingkungan kita tetap terjaga lestari alami buat anak cucu nanti (gusti yeni)
Triani Retno A mengatakan…
Tanggal 2 itu tanggal posting dagangan, Mbak, soalnya banyak yang baru gajian. Hehehe..... Kalau dikumpulkan tanggal-tanggal peringatan sedunia, sepertinya nggak ada tanggal yang kosong ya.
Ghina Rahmatika mengatakan…
aku sebagai pecinta ikan tuna jadi senang karena ternyata ada peringatannya yaa.. jadi penasran negara mana ya yang merayakannya? ikan lain diperingati jga nggak mbak fen?
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Ternyata ada banyak sekali perayaan baik tingkat nasional sampai internasional di setiap tanggal 2. Aku nggak ngeh. Astaga. Hehehee
Dee_Arif mengatakan…
Wah mbak Fenni kreatif banget bikin artikel ini
Ada banyak ya hari hari penting di tanggal 2
Lintang mengatakan…
Aku paling ingat 2 Oktober hari Batik. Jadi di kantor wajib pake Batik pas tanggal ini. Biasanya wajib juga hari Jumat. Tapi beda kan kalau pas tanggal 2 oktobernya, seruuu deh
lendyagasshi mengatakan…
Yang unik ya, Hari Tuna Sedunia.
Berasa seneng kalau ada yang perhatian dengan lingkungan hidup. Tapi, tuna itu kan bukan salah satu hewan yang langka kan ya...?
Han mengatakan…
Aku udah kasih lingkaran di kalender juga haha soalnya kan gak ada yaak, jadinya kita mesti tandain sendiri
Nabilla DP mengatakan…
banyak hari yang bebarengan ternyata yaa mba. aku ga terlalu notice sih kalau ada tanggal barengan gini.. haha padahal tuh biasanya kalau nulis blog perlu ngeh ama beginian yaa..
Nimas Achsani mengatakan…
aku baru tau ada hari hewan ternak nih mbak, memang kalau mau dicari, dunia ini punya banyak hal-hal yang tak terduga yaa
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
Wah baru tahu nih tanggal 2 Tiap bulan banyak peringatan peristiwa penting. Nanti bikin yg tgl 3 dan seterusnya yamb
Fatimah Aqila mengatakan…
Wah ternyata banyak juga ya perayaan di setiap bulan tanggal 2. Pengetahuan baru nih, soalnya cuma beberap peringatan hari aja sih yang aku tau.
Santi Suhermina mengatakan…
Aku baru tahu ada hari lahan basah. Ternyata ada juga hari hewan ternak juga. Jadi nambah ilmu pengetahuan nih. Keren