Langsung ke konten utama

Cara Merawat Motor Kopling Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak

cara rawat motor kopling, cara agar motor kopling tetap awet, cara agar motor kopling tidak cepat rusak, cara rawat motor kopling, cara merawat motor kopling dengan mudah,

Cara merawat motor kopling agar awet dan tidak mudah rusak sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, seiring dengan berkembangnya waktu dan jaman ada banyak sekali jenis kendaraan yang bisa kamu pilih untuk melengkapi aktivitas mobilitas sehari-hari.

Selain mobil, salah satu mode kendaraan yang sangat populer dan juga dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah sepeda motor. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat banyaknya sepeda motor yang memenuhi seluruh jalan raya di Indonesia.

Dipilihnya motor untuk menjadi mode transportasi harian tentu saja juga membuat motivasi bagi para pabrikan otomotif agar terus menghadirkan inovasi terbaru untuk membuat kendaraan sepeda motor mereka.

Selain motor matic, salah satu motor yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia adalah motor kopling. Diberi nama motor kopling karena memang jenis sepeda motor yang satu ini sudah dilengkapi dengan komponen kopling yang bisa mengatur gigi dan juga mesin kendaraan agar sesuai kebutuhan.


Begini Ternyata Cara Merawat Motor Kopling

Ciri khas dari motor kopling sendiri bisa dilihat dengan keberadaan dari handle kopling yang ada pada stang sebelah kiri. Kebanyakan motor kopling ini dibuat dengan model naked bike atau motor sport yang identik dan juga sesuai dengan gaya anak muda di jaman sekarang.

Berbicara tentang motor kopling, tentu saja perawatan motor kopling ini sedikit berbeda dengan motor matik atau motor bebek lainnya. Maka dari itu di kanal otomotif ini, akan dibahas lebih lanjut bagaimana sih cara merawat motor kopling agar awet dan tidak mudah rusak.

cara rawat motor kopling, cara agar motor kopling tetap awet, cara agar motor kopling tidak cepat rusak, cara rawat motor kopling, cara merawat motor kopling dengan mudah,

Mengganti Oli Dengan Rutin

Salah satu perawatan motor kopling yang tidak bisa kamu sepelekan adalah dengan mengganti oli secara rutin. Untuk pergantian oli mesin sendiri dari motor kopling paling tidak harus dilakukan setelah motor sudah digunakan 2000 km.

Sebab jika kamu tidak melakukan penggantian oli secara rutin di sepeda motor, tentu saja dampak buruknya adalah mesin motor menjadi cepat panas atau mudah overheat. Hal ini karena oli mesin sendiri berguna untuk menjadi pelumas dan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin.

Jika mesin tidak ada pelumas atau oli, tentu saja gesekan yang terasa akan sangat kasar dan dampaknya mesin menjadi bekerja lebih keras, sehingga mesin motor menjadi lebih mudah panas atau overheat.  Oleh karena itu, sangat dianjurkan melakukan pergantian oli mesin secara rutin. Minimal setiap jarak 2000 km kamu harus melakukan pergantian oli mesin.

[Baca Juga: Fiksi Singkat tentang Otomotif]


Mengecek Kampas Kopling Dengan Rutin

Selanjutnya, untuk bisa merawat motor kopling kamu bisa melakukannya dengan cara mengecek kampas kopling secara rutin. Pengecekan kampas kopling secara rutin tentu saja bertujuan agar motor kopling bisa berjalan dengan normal dan memberikan kenyamanan saat dikendarai.

Saat kampas kopling sudah mulai habis atau menipis, tentu saja bisa menimbulkan masalah yang berdampak saat motor digunakan untuk berkendara. Apalagi ketika kamu ingin menaikkan atau menurunkan posisi gear. Maka saat kamu melakukan pergantian oli mesin, sangat dianjurkan juga untuk mengecek kondisi kampas kopling.


Membersihkan Kabel Kopling

Cara merawat motor kopling yang terakhir adalah kamu hanya perlu membersihkan kabel kopling secara rutin. Salah satu kendala atau masalah yang hanya bisa dialami oleh motor kopling adalah putusnya kabel kopling itu sendiri. Nah tentu saja kamu tidak ingin mengalami hal tersebut, kan?

Untuk itu, kamu bisa mengatasi dan mencegahnya dengan cara membersihkan kabel kopling secara konsisten. Mungkin perihal seperti ini akan sering diabaikan oleh para pengendara motor kopling, padahal membersihkan kabel kopling secara rutin sangat penting untuk dilakukan.

Kamu bisa membersihkan kabel kopling dengan cara menuangkan oli atau pelumas di kabel kopling. Dengan begitu setiap debu dan juga kotoran yang menempel di kabel kopling akan turut hilang dan bersih dari kabel kopling itu sendiri. Menuangkan pelumas atau oli di kabel kopling juga bisa membuat tarikan dari kopling motor menjadi terasa lebih ringan. Dengan begitu, kabel kopling pada motor kamu tidak akan putus.

cara rawat motor kopling, cara agar motor kopling tetap awet, cara agar motor kopling tidak cepat rusak, cara rawat motor kopling, cara merawat motor kopling dengan mudah,

Nah itulah beberapa cara merawat motor kopling agar awet dan tidak mudah rusak. Jika kopling motor Suzuki kamu mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan, maka ada baiknya segera bawa ke dealer cabang Suzuki terdekat di bawah ini, ya.

Suzuki Mahkota : https://suzukimahkota.co.id/

Suzuki Aceh : https://suzukiaceh.co.id/

Suzuki Arista : https://suzukiarista.com/


Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu yang memiliki motor kopling dan ingin menjaganya agar tetap berada di kondisi prima. 









Komentar

Efa Butar butar mengatakan…
Suka banget liat motor-motor garang begini. Kayak keren aja gitu apalagi kalau bisa ngendarain :D
Tapi ngomong-ngomong, makasih lho tipsnya mba. Siapa tau nanti bisa punya motor kopling udah bisa ngerawat sendiri. Hehe
Ning! mengatakan…
Aku juga suka pakai motor kopling punya pak suami. Tapi untuk perawatan tentu aku serahkan ke pak suami karena dia punya langganan bengkel sendiri, dan suka lama banget kalau udah ke bengkel.
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Wah bagus tips untuk merawat kopling yang lengkap mulai dari kanvas, kabel . Lebih baik merawat supaya tidak perlu ke bengkel setiap kali ada gangguan.
Maria G Soemitro mengatakan…
Wah sepeda motor saya juga Suzuki tapi tabrakan sehingga gak boleh lagi nyetir sepeda motor
Okti Li mengatakan…
Meski kaum perempuan jarang banget pakai motor kopling, karena sekarang mayoritas menggunakan matic kemanapun, tapi ilmu ini harus tahu juga ya. Kalau sudah tahu apapun akan terasa mudah
Didik Purwanto mengatakan…
Udah lama banget ngga punya motor kopling. Padahal dulu belajar motor pake yg berkopling. Namun setelah masuk sungai saat belajar di usia 10 tahunan, lantas sepeda motor itu pun dijual.

Sekarang pakai yang matic krn lbh praktis. Emang yang berkopling gini cocok banget buat yg traveling jjauh. Lbh ngebuttt motornya krn tentu pake CC gede.
Siti Mustiani mengatakan…
Motor kopling ini memang motor yang anak muda banget yaa, aku juga suka karena paling ampuh untuk diajak jalan-jalan jauh yang banyak tanjakannya.

Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Kendaraan bermotor emang kudu dirawat dengan rutin supaya bisa panjang masa pake nya. Kebetulan dirumah aku juga punya motor yang emang rutin dibbawa kebengkel sebulan sekali hehehe
Yustrini mengatakan…
Motor kopling ini keren banget, pantesan disukai oleh anak-anak muda. Kebanyakan yang pakai laki-laki tapi cewek perlu tahu juga cara perawatannya
Lintang mengatakan…
Dulu pernah belajar motor kopling terus lama ngga make jadi lupa lagi deh wkwk. Bisa buat ngasih tau adekku nih tipsnya.
Antung apriana mengatakan…
Aku nggak bisa pakai motor kopling bisanya motor yang biasa aja. Heu. Kalau sekarang kayaknya nggak banyak ya yang makai motor kopling begini soalnya sudah tergeser sama motor matic
Lita Lestianti mengatakan…
Memang kudu cek berkala ya.. soalnya kalo ky saya sama kendaraan tuh ga peka ada kenapa2nya..
Dee_Arif mengatakan…
Emang motor harus rutin dirawat ya
Biar tetap awet dan enak dipakaikan
Hallowulandari mengatakan…
segala macam peralatan elektronik, termasuk kaya kendaraan bermotor emang harus rajin dan rutin perawatan yaa biar lebih awet dan tahan lama
Shinta Shyntako mengatakan…
kalo soal urusan merawat motor, aku tuh belajar dari papaku, mulai dari motor sampai mobil, apik banget merawatnya, gak heran kendaraannya selalu dalam kondisi prima
Ratna Sari Purwaningsih mengatakan…
Dari dulu ga pernah puny motor kopling karena ga paham terus belajarnya 🤭 dam kata orang perawatannya susah. ternyata setelah baca ini ya susah susah banget ya. mungkin karena tidak mengerti jadinya susab
Dee_Arif mengatakan…
Biar tetap awet dan nyaman saat digunakan, motor kopling harus rutin dirawat ya mbak
lendyagasshi mengatakan…
Motor kopling ini pernah hits pada zamannya.
Dulu...motor yang lakik banget ya...pakai kopling. Tapi masa kini..semua orang sudah lebih memilih yang praktis yaa..

Jadilah motor kopling langka.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
wah repot juga ya ternyata perawatannya, hehe.. tapi sekarang udah banyak pilihan motor yan makin praktis sih apalagi buat para emak hehe
Raja Lubis mengatakan…
Penting banget sih pengetahuan tentang merawat motor kopling ini, soalnya banyak juga yang punya motor tapi dikit-dikit ke bengkel, karena kurang dirawat.
Mporatne mengatakan…
Kanpas rem ya meski perhatikan spidometer . Kalau pasang mendingan ke bengkel langganan soalnya gak bisa betulin.
Cicajoli mengatakan…
Jadi keinget temenku mba, hari ini motornya masuk bengkel, yaa gak pernah dirawat, taunya cuma makai doang. Dan parahnya dia harus ganti busi dll. Duh
Zefy Arlinda mengatakan…
pantesna pak suami rajin banget ganti oli, kalau belum ganti oli tiap bulan bawaannya ngomel katanya supaya motornya tetap gagah kudu ganti oli
cacaa mengatakan…
Hehee saya juga mbak motor matic harus rutin ganti oli. Ternyata hampir mirip jg sama motor jenis matic atau bebek ya, perlu di sayang..
lendyagasshi mengatakan…
Ganti oli menjadi hal ang harus dilakukan dan dijadwalkan dengan baik agar motor tetap hebat performanya. Biasanya kalau mulai ada bunyi aneh atau tarikannya mulai payah, uda sign bahwa kudu ke bengkel, minimal ganti oli.
Farida Pane mengatakan…
Harus banget nih rajin merawat kalau punya motor kopling. Jadi makin tahu caranya deh. Terima kasih.
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Menjaga motor tetap terawat jangan lupa serahkan pada ahlinya, merawat motor akan mampu mengkondisikan kendaraan jadi enak digunakan
DokterTaura mengatakan…
Saya termasuk orang yang malas banget berurusan dengan dunia mesin kendaraan bermotor.
Tapi baca postingan ini aku jadi sedikit ngerti bagaimana cara merawat motor kopling yang benar. Makasih ya
www.kisahsejati.com mengatakan…
Ka Fenni ini Dennise.Thanks banget loh membahas tentang rawat motor kopling.Pantesan motor anakku sering masuk kebengkel karena dari 3 yang disebutin tidak ada satupun yang dikerjakan anakku.Gemes juga punya anak gak sayang barang.Ah kok jadi curcol.Nanti aku bilangin deh anakku biar rawat motornya
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
inget banget dulu jaman SMA punya temen cewek jago banget naik motor kopling dan paham banget perkoplingan wkwkwk
Maria G Soemitro mengatakan…
Mbak Fenni keren banget, tau cata merawat kopling

saya mah cuma tau duduk dan sampai di tempat
Annie Nugraha mengatakan…
Motor saya jaman SMA ini Fen hahaha. Kala itu belum ada yang namanya motor matic. Merk HONDA yang terkenal banget. Sampe kalau nyebut motor tuh bilang honda sebagai kata ganti hahaha.

Tapi emang bener loh rincian perawatan di atas. Motor kopling tuh kalau gak rajin dirawat, ngengkolnya aja setengah mampus. Sampe sakit pinggang kita. Tapi kelebihannya, kata temen yang ngerti mesin, motor engkol tuh bensinya lebih hemat ketimbang motor matic.
Irawati Hamid mengatakan…
Suamiku punya motor kopling Suzuki, Mba, tipenya Satria FU. Perawatannya memang seperti yang tertulis di atas. Alhamdulillah sampai saat ini kondisi motornya masih mulus padahal usianya udah lebih 10 tahun
diane mengatakan…
Perawatan rutin kendaraan bermotor emang wajib banget ya termasuk merawat kopling.. Karena kalo kita lengah atau malas efeknya bisa ke keamanan berkendara ya..
Bener banget Mbak Fenni, sering banget kita abai pada perawatan motor kita, ya. Padahal motor bisa awetjika perawatannya selalu konsisten.
Tips-nya sangat membantu mbak.
Terima kasih
Marantina mengatakan…
Motor suamiku matic sih tapi waktu dulu punya motor kopling kayanya dia ngerawat banget, persis kaya tips yang mbak Fenni share jadi motornya awet