Langsung ke konten utama

Permudah Usaha Konten Kreatif Kamu dengan Envato Elements

Kanal youtube seperti KHT! - Kamu Harus Tahu, Hujan Tanda Tanya, Sisi Terang dan Kok Bisa? merupakan contoh konten terbaik dalam menyampaikan materi yang mereka bawa dan pastinya menarik secara visual. Tahukah mantemans bahwa dibalik konten-konten yang luar biasa membutuhkan usaha atau effort yang besar.

Bila kamu menekuni pekerjaan sebagai konten kreator, proses perjalanan pembuatan konten seperti menulis, menggambar, mengedit video dan sejenisnya sudah familiar dilakukan. Bila ada yang bertanya apakah itu membutuhkan upaya yang besar? Jawabannya “ya” dan “tidak”. “Ya” karena pertama kali atau tahap awal saat kamu melakukannya dan “tidak” jika kamu sudah melakukannya berulang kali. Hal tersebut dikarenakan ilmu dan pengalamanmu yang semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Untuk melengkapi konten menjadi lebih menarik, maka diperlukan tambahan gambar, video, maupun audio. Nah ini memungkinkan sulitnya menemukan stok foto, efek suara (sfx), dan sebagainya yang memiliki kualitas baik. Sebagian besar waktu akan dihabiskan untuk berburu stok aset dari berbagai sumber plusnya dengan usaha besar dan menguras energi juga. 

Nah artikel Permudah Usaha Konten Kreatif Kamu dengan Envato Elements ini, bisa menjadi solusi buat kamu terhadap permasalahan di atas. Makanya langsung saja kita berkenalan dengan platform keren yang memiliki beragam stok aset-aset yang siap memenuhi segala kebutuhan kamu sebagai konten kreator misalnya audio track, template email, foto, font, grafis, video bahkan ke tema dan plugin-nya WordPress pun tersedia, yaitu di Envato Elements.


Mengenal Lebih Dekat Envato Elements

Pada tahun 2006, Envato yang merupakan perusahaan penyedia aset-aset digital berlokasi di Australia ini didirikan. Sebagai marketplace terbesar di dunia Envato hadir, guna memudahkan pada kreator dalam mencari sumber daya digital yang secara konsisten dan bertumbuh. Senangnya nih, Envato menyediakan katalog aset termasuk :

  • PhotoDune:  kumpulan stok royalti untuk foto gratis.
  • VideoHive: kumpulan stok royalti untuk video gratis dan templatenya.
  • GraphicRiver: kumpulan template grafis, logo, ikon, dan lain-lain.
  • AudioJungle: kumpulan royalti - Audio gratis dan templatenya.
  • ThemeForest - berisi template untuk website dan tema.
  • 3DOcean: berisi model print 3D.
  • CodeCanyon - berisi berbagai kode re-usable (code snippets), plugin, dan script.

Katalog-katalog aset di atas bersatu membentuk Envato Market, dimana kamu diharuskan membayar aset-aset yang akan kamu gunakan.

Seperti Apa Sih Envato Elements? 

Envato Elements adalah katalog online yang menyediakan jutaaan aset digital yang saat ini ada 52 juta + stok gambar, 1.3 juta + stok video klip,  510 ribu + royalty-free audio, dan ribuan grafis, font, template web, template presentasi, template 3D, template video, tema dan template WordPress, dan sebagainya.

Keuntungan kamu berlangganan Envato Elements setiap minggunya mendapatkan ribuan aset baru, bahkan akses unlimited download untuk aset-aset di atas bisa kamu dapatkan. Asiknya nih ada harga promo hingga 40% dari IDCopy.net yang sedang jual Envato Elements. Kesempatan baik ini untuk menghemat bujet dan waktu kamu.

Envato Market vs Envato Elements

Jadi apa bedanya Envato Market dengan Envato Elements?

Kalau Envato Market adalah marketplace jual-beli aset-aset digital yang mempunyai kualitas konten premium. Namun, catatannya, kamu diwajibkan untuk membeli setiap itemnya secara individual.

Sedangkan, Envato Elements adalah layanan berbasis langganan (subscription). Jika kamu mendapatkannya melalui IDCopy.net ada harga promo Rp. 200.000/bulan untuk mendapatkan unlimited download semua aset yang tersedia di Envato Elements. Makin jempolannya nih, beberapa konten pilihan dari Envato Market juga hadir di Envato Elements. Maka kalau diperhatikan dari katalog yang dimiliki Envato Elements, Value for money-nya mantul kan mantemans.


Apa Saja Aset-aset Envato Elements?

Ada 12 aset Envato Elements yang bervariasi yang unik dan bermutu tinggi. Dengan aset Envato Elements, konten kreatif yang kamu buat akan menarik dan memukau. Jadi makin penasaran kan, apa saja sih ragam aset-aset yang ada di Envato Elements? Hayuuk kita kepoin!

1. Stok video

Cari 1.3 juta plus koleksi stok video footage dan motion graphic, akan kamu temukan di sini. Buat kamu yang kreatif dengan filter jutaan koleksi video, juga disediakan di sini. Filternya itu berdasarkan resolusi dari 720p hingga 4K, Alpha Channel, frame rate, durasi video, Looped video footage, dan lainnya. Mau lihat preview video pun mudah banget, tinggal arahkan saja mouse-nya ke thumbnail video. 

2. Template Video

Lagi mencari macam-macam logo, openers, ikon, video display, dan title, tersedia juga di Envato Elements, karena ada ribuan custom transitions, effects, titles, dan 27k+ template video, yang tentunya kompatibel sama software penyuntingan umum seperti Apple Motion, After Effects, Premiere Pro, Final Cut Pro.

3 Musik royalty-free

Cari musik yang gratis, tapi inginnya juga yang bisa disortir misalnya berdasarkan mood, genre, intrumen serta juga yang bisa difilter berdasarkan tempo musik, vokal sama durasi audionya, apakah ada? Tenang, ada kok di sini, karena tersedia 66 k+ royalty-free audio track yang bisa kamu pilih.

4. Efek suara (SFX)

Makin menariknya suatu konten bila ada efek suara misalnya suara manusia, transisi, suara alam (Nature), kartun, permainan (Game), industrial, ataupun pergerakan (Movements) dan lainnya bisa juga di temukan di sini. Apalagi nih Envato Elements menyediakan juga 447 k+ efek suara yang bisa difilter berdasarkan looped sound maupun durasi.

5. Template grafis

Kita sebagai blogger, bisa nih memanfaatkan Envato Elements yang punya 115 k+ koleksi template grafis, dengan ragam Logos, Print templates, UI dan UX kits, Websites, Scene Generator, Product Mockups, infografis, dan lainnya. Caranya, tinggal sortir saja berdasarkan Orientasi (Portrait, Landscape, atau Square), Colour Space (RGB atau CMYK), Property (Layered atau Vectored), bahkan sampai Software-nya seperti Adobe Photoshop, Figma, Adobe XD, InDesign, Sketch, dan Illustrator.

6. Grafis

Envato Elements juga memiliki 45 k+ graphic elements termasuk didalamnya ada iklan banner, paket media sosial untuk stories, tekstur, ilustrasi, background, pattern, objek, ikon, posts, dan masih banyak lagi yang tinggal filter saja berdasarkan tipe filenya (JPG dan PNG), property (seperti vectored, layered, dan tileable), dan Software yang didukung contohnya Figma, Affinity Designer, Illustrator, Sketch, dan Adobe Photoshop.

7. Template presentasi

Kalau membuat presentasi tentunya template presentasi yang digunakan itu simple, to the point dan eye catching. Senangnya, Envato Elements menyediakan slide themes siap digunakan dan 57 k+ koleksi template presentasi yang tersedia dalam bentuk Keynotes, Google Slides, dan PowerPoint.

8. Stok foto

Siap bersaing dengan Adobe Stock dan Shutterstock, Envato Elements menyediakan 51 Juta + koleksi stok foto yang berasal dari koleksi mereka sendiri serta hasil akuisisi stok foto dari marketplace Twenty20. Pemfilterannya bisa berdasarkan Background (Isolated, Blurred), Orientasi (portrait, landscape,), dan Warna.

9. Kumpulan Font

Cari font yang gereget kerennya gak bakalan galau lagi, karena ada 7000 lebih koleksi font yang bisa disortir dari kategorinya (Script, Serif, Decorative, San Serif, dan Handwritten), optimum size (untuk buku, poster, majalah, dll.) dan Spacing.

10. Kumpulan Add-on

Pssst… 4500 lebih koleksi add-ons disediakan Envato Elements termasuk juga Brushes, Actions dan Presets, dan Layer Styles yang bisa disortir berdasarkan aplikasi yang mendukung add-ons tersebut misalnya produk Adobe (Photoshop, Illustrator, Lightroom), Sketch, dan Figma.

11. Template Web

Mau tampilan web makin menarik, ada 3000 lebih koleksi template web pilihan, yang include juga template untuk email, landing page, admin, dan site. Simplenya bisa dicari berdasarkan properti seperti Responsiv,  file Sketch atau PSD, dan Retina-ready. 

12. Kategori Lain

Kalau masih ingin berkreasi yang lebih lagi, tenang aja Envato Elements menyediakan 1100 lebih template CMS (termasuk Tumblr Drupal, Shopify, Joomla, Opencart, dll.), dan juga ada 2600+ template WordPress (termasuk plugins, tema, dan template kits). Mau ceki-cekinya juga bisa disortir berdasarkan kompatibel toolsnya seperti Bootstrap, Elementor, BuddyPress, dan lainnya. Masih ada tambahan juga nih mantemans dari Envato Elements yaitu tersedianya 46k+ objek 3D yang bisa diputar 360˚, dan dapat diunduh dari sudut pandang mana saja dengan format PSD atau PNG. 

[Baca Juga]:

TLDR

Envato Element memberimu banyak sekali keuntungan jika dibandingkan biaya langganan per bulannya yang sangat murah. Apalagi nih untungnya IDCopy.net sedang jual Envato Elements yang harganya tuh hemat banget dengan potongan harga sampai 40% untuk paket berlangganan selama satu bulan. Hadirnya Envato Elements, membuat praktis pekerjaan sebagai konten kreator yang acap kali sibuk menghabiskan waktu menemukan stok aset dari berbagai sumber, sehingga bisa lebih meningkatkan produktivitas. Jadi, mantemans Fenni Bungsu bisa langsung aja order di IDCopy.net dan jangan lewatkan promo menariknya.

Komentar

Mugniar mengatakan…
Harga berlangganan bulanannya wow ya tapi memang worth it sih karena bisa download unlimited yang kita butuhkan. Content creator butuh banget nih Envato Elements.
Bambang Irwanto mengatakan…
Wah, zaman now semua serba dipermudah ya, Mbak. Termasuk pekerjaan konten kreator. Soalnya memang butuh referensi video dan foto. Ini dengan 200 ribu, sudah bisa berkreasi seluas-luasnya. Cuan pun bisa terus mengalir hehehe.
Fionaz mengatakan…
Aq baru tau ada Envato ini kak, aq jadi kepo abis soalnya selama ini kalo butuh gambar buat blog juga aq cari2 di situs2 penyedia gambar kayak gini. Makasih infonya ya kak
admin/ hani mengatakan…
Aku tahunya Envato tuh template blog dong. Waktu itu sempet milih-milih karena bagus semua. Baru tahu kalau ada template video juga.
Asik dong untuk melengkapi konten.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Aku belom pernah pake envato element sih mbak. tapi kalo dilihat dari kemudahan, user friendly dan juga berbagai macam fasilitas yang ditawarkan. Envato element bisa dipertimbangkan untuk digunakan ya
Kanianingsih mengatakan…
makasih kak informsinya. Bergunan banget buat para konten kreator atau para pekerja digital lainnya ya
Yanti Alif mengatakan…
Buat konten kreator Envato elements sangat bermanfaat sekali membantu pekerjaan kita ada stok video dllnya cuzz lah langganan
Putu Felisia mengatakan…
Menarik sekali info tentang Envato Elements ini. Apa ini sejenis Canva?
Indri mengatakan…
Noted kak Feni, ini bisa langsung order dan bisa langsung digunakan ya fitur-fiturnya? Pas banget lagi butuh buat edit video
Han mengatakan…
Wah baru tahu bangeet nih kak soal Envanto Elements, kirain pakainya susah dann ribett. ternyata ngga juga yaahh.. kapan2 mau nyoba juga ahh
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
Woah, pekerjaan konten kreator apalagi video/desain grafis emang butuh ya, Mbak. Apalagi ada promo. Hmm, menarik!
sylvianayy mengatakan…
Apaan nih, banyak banget yang ditawarkan. Super lengkap untuk kita kita yang butuh buat konten lebih menarik ya
YSalma mengatakan…
Nambah ilmu lagi tentang Envato elements dan envato market.
Kalau untuk konten kreator lebih untung ya menggunakan Envato Elements kalau dilihat-lihat. Tapi tetap disesuaikan kebutuhan konten ya.
Boghaisan mengatakan…
Jadi makin penasaran sama Envato Elements ini, pengen nyoba juga, soalnya ternyata banyak banget ya yang bisa kita dapatkan jika gunakan Envato Elements ini, aku langsung buka linknya buat cari tahu, soalnya diskonnya lumayan banget, rugi kalau dilewatkan karena akan sangat berguna banget saat kita membuat konten
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Wawww memudahkan sekali ya kak bagi konten vreator, mau coba aah kalau bermanfaat kenapa tidak dicoba kan yaa...
Leha Barqa mengatakan…
Woro-woro nih buat para konten kreator harus langganan envato elements di IDCopy.net , apalagi dpt potongan 40% dari harga paket langganan selama 1bulan pastinya mendapatkan banyak keuntungan.
Bambang Irwanto mengatakan…
Alhamdulillah zaman now sangat terbantu dalam segala hal ya, Mbak. termasuk kebutuhan foto, video dan lainnya untuk menunjang aktivitas dunia menulis, termasuk konten kreator.
Siti Nurjanah mengatakan…
Lewat Envato elements ini para konten kreator atau yg bergerak di bidang industri kreatif sehingga bisa cukup terbantu karena tersedia beragam media yg bisa diakses dengan hanya perlu berlangganan dengan nominal tertentu . Pilihan aset digital yang beragam bisa memungkinkan untuk bisa eksplorasi lebih kreatif
Fionaz mengatakan…
Wah Envato ini lengkap banget ya kak, apalagi biaya berlangganan lebih murah. Auto kepoin lebih lanjut nih.
Dwi Ananta mengatakan…
Lumayan banget sih promonya. Aku sendiri masih butuh banyak belajar cara membuat video. dan ini bisa sangat memudahkan ya template-templatenya.
Maria G Soemitro mengatakan…
baru tau tentang perusahaan dari Australia ini

sangat lengkap ya? Dan sangat berguna untuk content creator
Mporatne mengatakan…
Kerjaan makin mudah dan gampang kalau mau bikin konten terutama video dan suara buat video. Nyari susah mendingan langgan nih
Keke Naima mengatakan…
Saya masih suka bikin konten video karena kayaknya lebih ribet. Ternyata sekarang ada solusinya. Berbagai kebutuhan membuat konten video sudah disediakan. Jadi bisa lebih mudha membuatnya
Emma Malika mengatakan…
Envanto elements ini komplit juga fiturnya ya, selain itu aneka jenis font ini yang bikin penasaran. Nanti ceki-ceki ah sama adikku biar lebih tahu tentang Envanto ini
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
belum pernah nih nyobain envanto, baru denger malah. lengkap juga ya pilihan editingnya, jadi penasaran
UNITalk mengatakan…
Oh wow. Aku baru tau ada jasa seperti ini. Sangat membantu sekali ya untuk content creator. Khususnya newbie.
www.kisahsejati.com mengatakan…

Wow keren nih Fenni bisa memenuhi kebutuhan kita blogger dalam membuat konten menjadi tampil menarik. But btw langganan 200 ribu/bulan bayarnya harus dengan credit card kah? soalnya aku gak punya CC
Salam:Dennise Sihombing
Maftuha mengatakan…
Baru tahu nih ada aplikasi ini. Kebetulan afa niatan mau punya chanel youtube. Aplikasi ini bisa dicoba :D
Windi astuti mengatakan…
semakin canggih ya, kehadiran IDCopy.net mempermudah urusan digital dalam hal design mendesign. Cocok bagi konten kreator kekinian. Penasaran yang template video dan musiknya kayak apa fiturnya
Irawati Hamid mengatakan…
wahh kehadiran envanto elements ini jadi memudahkan pekerjaan dan dapat meningkatkan produktivitas para konten kreator yaa? Keren nih envanto elements idcopy
Lia_Lathifa mengatakan…
Dulu pernah liat Envato selewatan, kukira apaan, ternyata setelah membaca uraianmu banyak juga ya fasilitas yang disediakan, jadi pengen liat buat template web-nya
I'm Blogger mengatakan…
Betul kak menyusun konten membutuhkan effort maksimal ditunjang aplikasi ini akan baik hasilnya
Yanti Alif mengatakan…
Hadirnya Envato element sangat membantu pekerjaan para konten kreator ya ka banyak stok video ada musik jga pokoknya lengkap bngt deh
Donasaurus mengatakan…
Beneran uwow banget,idealnya semua konten kreator punya akun Envato yang fitur dan kemudahanya membuat karya kita lebih menarik dan tentu saja menjual.Semoga ada rezeki untuk langganan.amin
lendyagasshi mengatakan…
Menggunakan envanto elements menjadikan banyak desain dan konten menjadi lebih bagus dan menarik. Rasanya kalau memang seorang konten kreator, kuud banget langganan nih..
Ulfah Aulia mengatakan…
Wahh menunjang bnget buat content creator ini. Karena tersedia lengkap mulai dari stok foto hingga video. Wajib nih nyobain Envanto, ahh jadi mau nyobain penasaran..
Yola Widya mengatakan…
Saya baru tahu nih kak tentang envanto, tertarik banget buat nyoba editing video pake envanto ini
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Ini mirip dengan Canva bukan, mbak? Keren ya ada Envato, blogger juga bisa menggunakan aplikasi ini. Kok saya penasaran ingin menggunakan Envato ya
Dee_Arif mengatakan…
Wah cocok ini
Para konten kreator wajib ya pakai envanto element ini
Biar konten kontennya makin ciamik
Deeva Collection mengatakan…
Saat mengakses envato paling banyak mengakses template presentasi. Banyak pilihan dan menjadikan proses bikin presentasi makin mudah dan cepat
Amir Mahmud mengatakan…
Aku pernah beli plugin di envato, tapi sekarang hilang dari blog. Entahlah mungkin karena selesai masa kontrak. Btw suatu saat pengen beli template juga di sana, keren-keren banget.
Yulia Marza mengatakan…
Era digital semua makin dipermudah ya kah, apalagi kebutuhan blogger kayak kita gak hanya nulis, tapi juga butuh element penunjang. Mau coba ah Envato.
Irawati Hamid mengatakan…
konten kreator yang memakai envanto elements ini pasti menghasilkan karya yang lebih keren dan pastinya berkualitas yaa
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Aset digital di Envanto ini keren2 sih, terutama template blog. Kadang pas liat2 template mupeng mau beli, tapi belum kesampaian. Dan baru tahu dong ternyata biaya langgannanya Rp200.000/bln. Mnurutku harganya worth it bwt yg emg menggeluti bidang content creator.
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Aku suka template2 blog di Envanto. Bagus2 dan gak pasaran gitu. Ternyata ada produk digital lainnya juga ya. Wah, keren sih.
kang á—ªirman mengatakan…
Jelas informasi ini cocok banget buat pejuang konten seperti kita-kita ini, yak! :)

Rich Content! begitulah saya mengenal dan biasa menyebutnya saat ngeblog. Asik aja sih, jadi banyak POW gitu, lebih kaya.

Perlu kepoin perlu kepoin IDCopy dot net nih, buat tambahan tool bikin konten.
Dee_Arif mengatakan…
Sebagai content creator kita butuh banyak hal untuk bikin konten makin kreatif ya mbak
Selain inspirasi, juga perlu nih Envanto element ini
Biar konten kita makin kece
lendyagasshi mengatakan…
Banyak banget yaa... yang ditawarkan di Envanto ELement.
Setiap hari jadi lebih produktif karena elemen cakep yang ditawarkan Envanto membuat konten yang dibikin jadi lebih kaya dan enak ditonton atau dilihat.
Dita Indrihapsari mengatakan…
Kalau aktif sebagai kreator worthed banget langganan Envato ya. Aset digitalnya banyaaaak banget dan beragam.. Jadi inget waktu itu kantorku juga langganan ini terutama untuk dapat aset audio. Video yang dihasilkan jadi selalu variatif juga dengan audio yang berbeda-beda..
Nur Asiyah mengatakan…
Harga untuk berlangganan lumayan juga ya. Tapi bisa dapat macam-macam fasiitas seperti grafis, video, foto, dll. Beneran cocok digunakan untuk blogger profesional.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku pikir envato elements cuma buat blogger wordpress yang pingin bikin landing page cakep. Lha ternyata envato tuh juga semacam market place buat nyari foto, audio buat kebutuhan buat konten. Duh aku berasa katrok banget dah ah. Hehehe