Jika Target Tidak Tercapai, Lalu Harus Apa?

Sebentar lagi bulan Juni akan usai. Sudah ada capaian apa saja nih gaess? Selamat buat kamu yang berangsur-angsur terwujudnya impian. Namun bagi yang belum, jangan pernah berhenti untuk mengupayakannya. Sebab, setiap orang sudah ada rezekinya masing-masing. Tinggal ikhtiar, doa dan tawakal secara kontinu dilakukan.

Berpikir positif dengan tetap terus #SemangatCiee baik untuk kamu yang sedang aktif bekerja, berstatus anak sekolah maupun mahasiswa, serta untuk yang memulai usaha atau sedang menjalankan usaha. Mungkin memang bukan hal yang mudah dilakukan untuk bisa mewujudkan harapan-harapan yang sudah disusun sedemikian rapi. Tadinya punya rencana A dengan target 3 bulan bisa tercapai, eh ternyata meleset 7 bulan kemudian baru terwujud atau bisa saja malah setahun atau beberapa tahun kemudian. 

Lalu ketika melihat ke rumput tetangga atau teman seperjuanganlah namanya, lah kok malah dia yang bisa berhasil. Padahal kan dia tidak pakai plan atau tidak ada target, tetapi kenapa justru yang punya target malah bisa tidak sesuai harapan ya?

Pada bingung ya.. soalnya acap kali terdengar seseorang yang malah tidak ada target apa-apa bisa terwujud apa yang diinginkan. Dari situ bisa ditarik kesimpulan bahwa memungkinkan seseorang itu membawakan dirinya dengan tenang, santai, dan ikhlas. Sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai satu persatu.

Berbeda mungkin dengan yang ngotot harus tercapai plan A yang sudah ditempel dalam jiwa dan pikirannya, yang ada justru muncul masalah baru yaitu beban pikiran. Malu untuk bertemu orang lain karena ternyata targetnya tidak tercapai. Lesu dan makin banyak pikiran, karena sudah digembar-gemborkan eh malah di luar dugaan hasilnya.

[Baca Juga: Tingkatkan Keamanan Data Perusahaan

Kalau sudah seperti di atas yang terjadi, maka sebisa mungkin untuk coba menerima, gali kesalahan yang ada, tidak perlu berlama-lama dalam keterpurukan, lalu liriklah hal lain yang bisa dilakukan seperti: 

Kolaborasi Satu Server

Maksud kolaborasi satu server adalah mencari teman kerjasama yang bisa melengkapi, dan satu server dalam hal visi-misi, sehingga bisa sama-sama saling mendukung satu sama lain.

Tingkatkan Kualitas dan Kreativitas

Selain dengan kerjasama dengan rekan, tingkatkan juga kualitas dan kreativitas yang dimiliki. Bila sebagai diri pribadi maka skill menjadi tumpuan utamanya. Sedangkan kamu sebagai pemilik usaha, maka mutu dan keunikan bisa dijadikan kuncinya.

Siapkan Kunci Jawaban

Bukan hanya ketika sekolah saja yang saat mengikuti tes/ujian diperlukan kunci jawaban. Dalam hal ini pun juga, dengan cara membuat list apa saja kendala yang dihadapi selama ini lalu beri tanda panah kira-kira kunci jawaban apa yang perlu untuk menuntaskannya, sehingga tidak lagi menjadi masalah sama yang berulang. 

Misalnya, hari ini produk bisnis yang kamu rintis belum pecah telur. Maka buatlah kerangka/outline, hal apa yang bisa menarik perhatian calon konsumen sehingga mereka tertarik untuk membelinya dengan foto produk yang unik dan caption yang anti mainstream.

[Baca Juga: Hanya 5 Hari Kriya Nusa di Balai Kartini]

Pencapaian baik untuk personal maupun dalam bidang bisnis tak luput dari yang namanya tantangan. Walau sulit tetapi sudah sebuah keharusan untuk menghadapinya dan jadilah pemenang disetiap tantangannya. Eh itu mah kata-kata juri master chef hehe.

Ya apapun itu jangan pernah takut untuk membuat rencana, lalu ikhlaskan pada untuk melaluinya dan percaya akan ada jalan keluarnya. Nah boleh share nih, pernah gak sih target atau plan yang sudah kamu susun gagal? Lalu bagaimana cara kamu untuk bisa lekas move on? Cuss bisa berbagi di kolom komentar blog fennibungsu ya. 

Komentar

Farida Pane mengatakan…
ini justru yang paling sering terjadi sehingga harus diantisipasi, ya. berani sukses harus berani gagal juga. rencana ga cukup satu tapi kudu ada cadangan.
Putu Felisia mengatakan…
Nah, ini dia. Saya sering ngerasa iri juga sama orang yang kayaknya jalannya lancar, hoki, padahal usahanya terlihat nggak ngoyo.
Okti Li mengatakan…
Sangat mencerahkan. Pagi ini saya pun kena masalah bikin bete juga. Tapi dipikir lagi, saya sudah berusaha. Hasilnya kurang memuaskan ya saya harus terima. Dan saya harus tetap semangat mengingat keajaiban tidak akan terjadi kalau saya malah diam saja ya
YSalma mengatakan…
Saat membuat planning, udah mempersiapkan diri juga kalau meleset.
Meleset toleransinya berapa waktu. Tapi memang rencana yg bisa terukur oleh diri. Kalau gagal, berarti ada rencana terbaik sesudahnya. Percaya aja.
*sekarang krn udah seirng ngalamin, bisa ngomong gini. Dulu, sering berurai air mata, hehehe.
Mei Daema mengatakan…
betul banget saat apa -apa yang kita inginkan tidka bisa tercapai saya akan harus selalu meningkatkan kapasitas diri dengans snagat baik, berusaha dna yang penting tudak menyerah
lendyagasshi mengatakan…
Hastag #SemangatCiee ini genuine milik kak Fenni yaa..
Hehhe..suka sama semangatnya dan memang untuk mencapai target adalah dengan bekerjasama.
Berkolaborasi zaman sekarang agar bisa sama-sama menggapai impian.
Lita Lestianti mengatakan…
Perlu komunitas yang punya visi sama sih sebenarnta ya.. karena kalau lingkungan mendukung tuh biasanya ada motivasi buat memenuhi target
Lintang mengatakan…
Hehe rumput tetangga selalu lebih hijau sih ya. Tapi kalau kita ngga punya plan atau target tertentu bikin ngga semangat juga mewujudkan mimpi. Bener lho, cuma ikan mati yang ikut air mengalir hehe.
Laily M Octavia mengatakan…
Harus mempersiapkan segala kemungkinan terburuk emang mbak ya
Han mengatakan…
Bener banget sih ini, hahaha, kalau hidup ngga ada tantangan tuh katanya bukan hidup sebagai manusia. Bahkan hewan pun punya tantangan dalam hidupnya ya kaan, jadi jalan satu2nya ya harus dijalaninnn
Siska Dwyta mengatakan…
Manusia memang bisanya cuma berencana kan? Tuhan yang menentukan. Meski begitu setiap rencana yang kita susun memang seharusnya tidak lupa dari doa dan ikhtiar. Selain itu harus juga tetap tawakal. Jadi kalau misal target atau rencana tidak tercapai kita tidak akan begitu kecewa dan sedih.
Marita Ningtyas mengatakan…
Setiap ada rencana pasti diiringi dengan tantangan. Apakah bisa menaklukkan tantangan hingga rencana bisa dijalani dengan oke.. atau malah bertekuk lutut?

Namun lebih dari itu semua, kalau kegagalan mampir, biasanya aku belajar untuk menyadari bahwa Manusia hanya bisa merencanakan. Jika sudah berusaha sebaik mungkin, tapi masih gagal, ya itu kehendak Tuhan. Yakin aja rencana Tuhan pasti yang terbaik.
Diah Alsa mengatakan…
kolaborasi satu server ini emang dibutuhkan sekali biar kita bisa saling support satu dan lainnya, biar bisa bangkit kembali dan jangan berlarut-larut meratapi yang telah berlalu.
harus terus semangatcieee ya Kak :)
Hmm, kalau saya sih merenung dan berpikir langkah solusi selanjutnya
Sebab jika berdiri diam di tempat begitu saja, tidak akan menyelesaikan impian yang akan diraih
Monica Anggen mengatakan…
Tambahkan planning dan evaluasi, Kak. Membuat perencanaan itu minimal bikin kita punya kompas, apa yang mau kita capai untuk jangka waktu tertentu. Yang tak tercapai, bisa jadi bahan evaluasi di akhir waktu dan dicari solusinya. Biasanya 2 hal ini bantu banget buat pencapaian target berikutnya.
Arni mengatakan…
Buat saya, meski agak santai menjalani hidup namun tetap harus ada target-target yang ingin dicapai agar langkah kita menjadi jelas dan terarah.
Kalaupun nanti target tak tercapai, ya gak apa-apa. Yang penting kita sudah berusaha yang terbaik. Nanti dievaluasi lagi, dimana kebocorannya, apa penyebabnya, lalu seperti apa memperbaikinya untuk langkah ke depan
Dee_Arif mengatakan…
Ah iya, kalau lagi parah manajemen waktunya , maka seringkali target tidak tercapai
Sedih