Langsung ke konten utama

Tanggal 15 Oktober Ada Apa?

Hari ini, Sabtu 15 Oktober 2022. Tanggal yang menunjukkan pertengahan bulan. Tanggal yang bisa dianggap sebagai tanggal nyesek karena jelang tanggal tua. Alias masih agak jauh dari urusan yang namanya gajian. Namun, harus dilalui dong, karena kan biar sampai lagi ke tanggal muda yaitu si gajian kan harus melalui si tanggal 15, ya kan..kan..

Nah terus, di tanggal 15 Oktober memperingati hari apa sih? Ada kejadian penting yaitu Hari Mencuci Tangan Sedunia.

Hmm, biasanya Fenni Bungsu bikin tulisan yang khusus peringatan Hari Dunia maupun Nasional, kenapa jadi dipisahin gini?

Nggak dipisahin sih, cuma pas kebetulan di tanggal 15 Oktober ini saya melakukan perjalanan alias ada kegiatan nih, tapi bukan termasuk a day in my life sih, ya curcolan kecil aja. Cuss dimulai dari:

 

Cuci Tangan Sebelum Cuci Piring

Namanya mau berangkat, pastikan cucian piring tidak menumpuk eeeaa. Bukan karena cuci piring tangan gak pakai duluan dicuci. Justru ini bagian penting, karena kan mau tuang sabun plus air, ya otomatis kan tangan akan duluan dicuci, wkwkwk.

Cuci Tangan Sebelum Mandi

Kenapa pula sebelum mandi kudu cuci tangan? Harus dong.

Bukan hanya karena berwudhu aja tangan dicuci lebih dulu, sebelum mandi pun juga. Kalau falsafah saya itu, buat mengetahui kondisi air, apakah terlalu dingin atau nggak, makanya air bak ataupun shower saya tuangkan lebih dulu ke tangan, sekalian deh cuci tangan haha.

Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Makeup

Sebelum makeup-an pastinya kamu udah fasih banget deh bakal cuci tangan lebih dulu. Ya biar produk yang kita colek untuk diaplikasikan ke wajah tetap dalam keadaan higienis. Di ini biasanya saya pun sekalian membasahi beauty blender, hihi. Setelah mengaplikasikan makeup, jangan lupa juga buat cuci tangan lagi, biar itu produk gak menempel di pakaian atau tas yang kan dikenakan, maupun benda lainnya.

Cuci Tangan Sebelum Makan

Ah bagian ini mah udah pada cerdas di luar kepala pastinya. Ya iyalah, kalau di dalam kepala pegimana cuci tangannya, laaahh ngelawak๐Ÿ˜.

Cuci Tangan Sebelum...

Dari mulai pukul 9 pagi, aktivitas saya di luar rumah dimulai dari naik Jaklingko menuju halte Trans Jakarta (TiJe) Perumnas Klender. Lalu naik TiJe ke arah Cempaka Mas dengan 1 kali transit di Fly Over Jatinegara.

Selanjutnya tiba di lokasi kelilingan karena ada yang dicari, yaitu saya mencari sepatu teplek, maklum kan musim hujan...jadi cari sepatu yang kalau kena air tetep nyaman digunakan. Nah ini sambil ditemenin BESTie kece, Kak Emma yang ternyata beliau nyari outfit.



Kelar makan siang, saya melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan Nasional Medan Merdeka yang pas bertepatan ada acara juga nih, yaitu Kompasiana Nangkring hingga pukul 4 sore. Alhamdulillah selain jumpa kawan-kawan bisa menang giveaway hehe.

Terus saat hendak pulang, suasana di halte TiJe Balai Kota ramai pengunjung. Sedangkan di luar sana cuaca mendung, dan TiJe yang mengarah menuju PGC sayangnya belum muncul juga..

Jadilah pakai trayek lain dengan menuju ke Harmoni lebih dulu, baru deh bisa ketemu sama TiJe yang dituju. Dalam perjalanan dengan suasana ramai para penumpang di dalam TiJe diselingi dengan hujan deras yang mengguyur sepanjang jalan. Lah, pas tiba di sekitaran Matraman hanya gerimis tipis, dan bahkan di Kampung Melayu pun tidak hujan dong, hihi. Malmingan yang seru dah.

 [Baca Juga]: Tour Virtual hingga sebelum senjakala


E...tapi, jadinya itu cuci tangan sebelum apa?

Hayoo... kira-kira pada bagian terakhir ini dengan aktivitas di luar rumah yang saya kerjakan pada tanggal 15 Oktober, kira-kira cuci tangan sebelum apa ya? Boleh menyampaikan kira-kira jawabannya apa di kolom komentar, walau sih gak ada hadiahnya, lah kan si Fenni Bungsu gak bikin kuis atau giveaway wkwkwkwk. 

Komentar

Shanty febrianti mengatakan…
Cuci tangan sebelum naik tj.. Kali.. Wkkkk Khan nanti pada pegang nah byk virus yang menempel.. Emang deh si bungsu ini rajin banget ya cuci tangan yg tentu untuk jaga kesehatan dan kebersihan
sumiyati sapriasih mengatakan…
Wah ternyata tgl 15 Oktober itu hari Mencuci Tangan Sedunia, dan baru tahu juga sebelum mencuci piring, terlebih dahulu tangan harus dicuci ya ...
Inggit Puji Sulastri mengatakan…
Seru juga nih ... datang event dari kompasiana, aku aja baru tahu kalau tgl 15 Oktober itu Hari Mencuci Tangan Sedunia, terima kasih informasinya
Bang Day | Bede mengatakan…
Bolak balik baca gak nemu clue tgl 15 ada apa ya ^_^
temanis.com mengatakan…
Baru tau kalau tanggal 15 oktober adalah hari cuci tangan sedunia, cuci tangan sebenernya hal yang sepele tapi akibat tidak cuci tangan mengakibatkan hal yang tidak sepele bahkan serius. Jadi jangan sepelekan mencuci tangan
Bunda ayeen mengatakan…
Selain Hari Mencuci Tangan, pas banget hari ulang tahun aku nih mba.
Selain diperingati semoga menjadi kesadaran kita kalau menjaga kebersihan itu penting banget.
Mporatne mengatakan…
15 Oktober bentuk perubahan kebiasaan menjadi lebih baik agar kita bisa sehat
Kanianingsih mengatakan…
aduh kak Feni nyerah deh tebak-tebakannya..yg jelas kalo cuci tangan sebelum dan sesudah makan kudu dilakukan yaaa
Diah Alsa mengatakan…
Cuci tangan (dan kaki) sebelum tidur ya Kak jawabannya?
atau cuci tangan setelah pegang duit :D

baru tahu lho ya kalau tanggal 15 Oktober itu diperingati sebagai hari cuci tangan, padahal saya ini dikit-dikit cuci tangan, apa aja cuci tangan, saat masak aja bisa berulang kali deh cuci tangan :D
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Cuci tangan sebelum melakukan segala aktivitas. Biar aman dari segala kuman dan virus yang mungkin hinggap. Mereka tuh suka nggak kelihatan oleh mata kita. Jadi kitanya kudu punya tameng dengan cuci tangan dulu. Begituu kira-kira ya, Kak. Hehehe
Putu Felisia mengatakan…
Yang pasti jangan cuci tangan kalau berbuat salah kak. Hahaha. Lucu juga ada Hari Cuci Tangan.
Arni mengatakan…
Sejak pandemi, gerakan mencuci tangan makin digalakkan ya
Senangnya sekarang kalau kemana-mana tuh mudah menemukan wastafel
Di ruang-ruang publik, di perkantoran, restoran, supermarket dll selalu tersedia wastafel. Jadi mudah mencuci tangan kapan saja dimana saja
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Cuci tangan emang jadi hal penting untuk kita semua saat ini. apalagi saat zaman covid. semuanya harus bersih sebelum dan sesudah melakukan sesuatu biar aman dan sehat
Boghaisan mengatakan…
Cuci tangan sebelum bobo, aku tuh penasaran bgt lho 15 Oktober itu ada apa, ternyata HaHari Mencuci Tangan ya, cuci tangan itu penting bgt kita lakukan sebelum dan sesudah kita beraktifitas biar kumannya hilang semua
Lina W. Sasmita mengatakan…
Setelah pandemi saya mau ngapa-ngapain sekarang auto cuci tangan. Sudah auto pilot tanpa perintah dari kesadaran diri wkwkwk. Mungkin memang kebiasaan efek rajin cuci tangan selama pandemi.
Fionaz mengatakan…
duh kemana aja aq kenapa baru tau ternyata ada hari cuci tangan ya, dan ini nih yang sering aq lupa padahal semua hal biasanya diawali dengan tangan, jadi kalo tangan kita dalam kondisi yang nggak bersih pastinya jadi sarang kuman dan bakteri ya mbak
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Cuci tangan sebelum bepergian, heheh
Pokoknya, cuci tangan itu harus yak, enggak pas mau makan doang
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, ada juga ya hari mencuci tangan
Emang ya, cuci tangan itu penting banget
Agar tidak ada kuman yang masuk ke tubuh kita
wulan mengatakan…
makin rajin cuci tangan pokoknya karena pandemi yaaa, jadi gimana klo cuci tangan sebelum masak, sebelum tidur, sebelum ena-ena, #eh
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Cuci tangan sudah menjadi kebiasaan semenjak pandemi. Kalau dulu cuci tangan sebelum makan sekarang mau masuk gedung, masuk RM masuk mana saja disuruh cuci tangan dulu. (Gusti yeni)
Monica Anggen mengatakan…
Bentar-bentar, jadi tanggal 15 Oktober itu Hari Cuci Tangan kah? Aku baca artikelnya tapi belum nemu peringatan hari apa nih... hahaha
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
hehe kalau aku sih cuci tangan sebelum masuk rumah, sebelum masak, sebelum makan, dan sesuai kebutuhan wkwkwk
Diah Alsa mengatakan…
cuci tangan sebelum beraktivitas, itulah kunci biar semua bersih dan kita juga jadi merasa nyaman melakukan kegiatan kita.
biar gak was-was gitu sih ya.
noted nih tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan.
Ika Gifka mengatakan…
Rajin banget cuci tangan nya mbak.. harus ditiru nih karena menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Keren.
K. Niken mengatakan…
Yea benar banget, kalau mau skinkeran atau makeup, perlu cuci tangan. Bahkan sesudah melakukan kedua hal tersebut juga.
Leyla Hana mengatakan…
Aku baru tau 15 Oktober itu hari cuci tangan. Sejak Covid, jadi rajin cuci tangan. Makasih infonya Fenny.
Renayku mengatakan…
Baru tau kalo 15 okt itu hari cuci tangan. Gara2 pandemi, aku lebih rajin cuci tangan lho. Kalo dulu tuh cuci tangan kalo mau makan sm pake skincare doang hahaha
Julia.K mengatakan…
Cuci tangan dan cuci tangan agak sulit nih menerapkan cuci tangan yang benar ke anakku. mesti cuci tangannya kurang dr 30 detik. Yang ada aku suruh รงuci tangan lagi hehehe
Fera Marentika mengatakan…
aku baru tau lho ada hari cuci tangan sedunia xD kemana aja~~~
jadi mikir sendiri juga, aku selama ini tuh kalo cuci tangan sebelum ngapain ya ^^ sebelum mandi aku ga cuci tangan, paling untuk merasakan seberapa dinginnya air, cuma dipegang dan dipercik2 dulu, hihi
Blogger Tasik mengatakan…
mungkin gak sih kalau ka Fenni cuci tangan dulu sebelum menerima hadiah Give Away? :D
ngebayanginnya aja lucu, pas panitia mau ngasih hadiah Give Away, terus tiba-tiba ka Fenni pergi ke belakang dulu mau cuci tangan hehe
Ariefpokto mengatakan…
Dan terbukti mencuci tangan menyelamatkan banyak jiwa di masa pandemi Covid 19. Yuk kita lanjutkan kebiasaan baik mencuci tangan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari Kita
http://www.inatanaya.com mengatakan…
wow, aduh ngga ketemuan kita yach acara Kompasiana tgl 15 Okt. He..he.cuci tangan jadi pekerjaan yang krusial banget. Demi keamanan dan kesehatan, perlu cuci tangan. Well, tgl 15 Okt sama dong acaranya.
Okti Li mengatakan…
Senang banget sekarang acara blogger macam Kompasiana mulai berjalan lagi offline ya. Bisa banyak ketemu teman tuh asyik pastinya
sarrahgita mengatakan…
coba tebak deh, cuci tangan sebelum nulis di blog haha. Siapa tau ngaruh nulisnya jadi lebih lancar hihi
Maria G Soemitro mengatakan…
salah satu manfaat pandemi adalah saya jadi rajin cuci tangan

dulu juga selalu cuci tangan sepulang dari bepergian, sesudah makan dst

tapi sekarang makin sering
Mutia Ramadhani mengatakan…
Wah, serius ada hari cuci tangan sedunia? Hihihi. Aku baru tahu dooong. Untungnya aku dan keluarga memang rajin cuci tangan setiap hari.
Bayu Fitri mengatakan…
Kalau saya bolak balik cuci tangan sejak ada virus covid, sampai pernah tangan saya keriting saking keseringan kena air wkwkwk tapi emang kita harus prepare sih ya dalam menjaga kebersihan ...
Bayu Fitri mengatakan…
Nah saya pun sering banget bolak balik cuci tangan sejak pandemi jadi parno gitu kak sampai pernah tangan saya keriting saking sering cuci tangannya hehehe
Annie Nugraha mengatakan…
MashaAllah. Ada aja ya peringatan hari-hari ini. Saya juga baru tahu kalau tanggal 15 Oktober yang lewat adalah hari cuci tangan hihihi. Lucu bener idenya. Tapi memang ya pembiasaan cuci tangan ini benar-benar mendorong kita untuk selalu menjaga kebersihan dan aware akan isu kesehatan.
Ila Rizky mengatakan…
Cuci tangan wajib buat dijadikan kebiasaan ya mba. Apalagi buat kondisi sekarang yang rentan sakit karena virus. Lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati
Suci mengatakan…
Baru tau ada hari cuci tangan sedunia. Dan tadi sempet mikir eh mau cuci piring jg harus cuci tangan?? dan langsung ngeh ya iyaa nyampurin sabun kan pake tangan ,๐Ÿ˜

Tapi manfaat cuci tangan itu banyak sekali, meski terlihat sederhana.
Ida Raihan mengatakan…
Baru tahu juga nih saya kalo tanggal 15 Okt adalah hari cuci tangan sedunia. Hahaha..

Bay the way, bagi kami, tanggal 15 itu masih termasuk tanggal muda. Soalnya suami gajian di tanggal 10. Wakakkaka
Ida Raihan mengatakan…
Baru tahu juga nih saya kalo tanggal 15 Okt adalah hari cuci tangan sedunia. Hahaha..

Bay the way, bagi kami, tanggal 15 itu masih termasuk tanggal muda. Soalnya suami gajian di tanggal 10. Wakakkaka
Emma Malika mengatakan…
Jadi ada ya hari cuci tangan sedunia, kok saya baru tahu? Tapi kalo mau apa-apa di dahului dengan cuci tangan itu kan memang ajaran agama Islam kaan? Keep hidup bersih, semangat ๐Ÿ’ช
Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Owalaaa ada ya Hari Cuci tangan

Baiklaa semoga kita semua sehaat
Bebas dari penyakit apapun
deddyhuang.com mengatakan…
abis baca ini aku jadi sadar kalau kadang suka malas buat cuci tangan padahal banyak banget virus yang menempel haha
Dee_Arif mengatakan…
Senangnya bisa ikutan acara Kompasiana ini
Bisa ngumpul bareng ya mbak
Btw cuci tangan pakai sabun emang penting
Ova Forlendy mengatakan…
kalau aku sebagai ARMY fansnya BTS, 15 oktober hari konser terakhir mereka sebelum wamil. Hihi

Tapi cukup unik ya, ternyata setiap tanggal itu memiliki hari-hari penting tertentu. Dan jarang orang ketahui.
Rizkhaandhini mengatakan…
Semenjak covid kegiatan cuci tangan menjadi kebiasaan yang wajib banget dilakulan ya mom, biasanya aq dulu namanya cuci tangan tuh jarang banget hihihi
lendyagasshi mengatakan…
Biasanya aku cuci makan setelah kasih makan kucing.
Kalau kucingku sendiri sih, yakin gak sakit dan bersih. Tapi kalau kasih makan kucing jalan, biasanya aku gak terlalu deket plus jadi ovt.
Gak segitunya juga sih.. Huhu.. soalnya sering beberapa kali ada yang bersin dan ((maaf)) ingusnya beler di lantai depan rumah.
Huhu..
Baru tahu loh aku mba, ini hari cuci tangan sedunia. Cuci tangan itu penting ya, apalagi sekarang ini.
Henny mengatakan…
Akibat pandemi, rajin cuci tangan sudah menjadi kebiasaan baru. Terlabih kalau baru pulang dari tempat fasilitas umum dan habis memegang barang-barang dari luar. Takut virus.
Aya Choiriyah mengatakan…
Hari mencuci tangan sedunia ya? Akh keren banget.. suatu kebiasaan yang wajib banget saat ini dijadikan kebiasaan wajib buat anak²
Ririn Erviana mengatakan…
Kadang kita tuh suka lupa ya sama persoalan sederhana seperti cuci tangan ini. Padahal sebelum melakukan sesuatu, sesederhana mandi, make up itu sebaiknya kita harus cuci tangan. Diem-diem cuci tangan tuh banyak manfaatnya.
Iva C Wicha mengatakan…
Baru tau lho ada hari cuci tangan sedunia,
Aku tuh malah lebih konsen cuci tangan abis ini itu kyak habis masak, buka oaket, pegang uang, dll, heheheh
Julia.K mengatakan…
oh aku baru tau tgl 15 oktober itu hari cuci tangan sedunia.
Dengan cuci tangan kita bisa terselamatkan dari banyak cikal bakal penyakit ya.
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Cuci tangan bagi saya menjadi wajib sejak pandemi. Habis melakukan apa , trus cuci tangan. Apalagi habis pegang uang. Minimal kita sudah ikhtiar menjaga tangan bersih dari kuman
Ning! mengatakan…
Cuci tangan sebelum masuk rumah. Penting banget ini mba. Apalagi sampai rumah bakal ketemu keluarga dan bakal nyomot makanan. Jadi tangan harus bersih bebas kuman.
Irawati Hamid mengatakan…
wahh ternyata ada yaa hari cuci tangan sedunia dan itu diperingati setiap tanggal 15 oktober. Yang saya tahu, di bulan oktober, tepatnya setiap tanggal 16 itu diperingati sebagai hari pangan sedunia sekaligus ulang tahunku (eh yang terakhir ini gak ada yang nanya yaa? hehehe)
andyhardiyanti mengatakan…
Seperti teman-teman yang lain, saya pun baru tahu tentang hari mencuci tangan ini jatuh di tanggan 15 Oktober kemarin. BTW, ingat cuci tangan jadi ingat masa awal-awal pandemi, bagaimana kita jadi pada aware dan terbiasa mencuci tangan.
R Palupi mengatakan…
Owalah aku baru ngeh kalau ini hari mencuci tangan. Jadi ingat-ingat aku belum ngajarin anak-anak cuci tangan secara detil.