Langsung ke konten utama

Mau Liburan ke Pulau? Ketahui Dulu Sejarah Raja Ampat Papua Disini

Masyarakat Indonesia tentu sudah tahu keberadaan tempat wisata Raja Ampat yang ada di Provinsi Papua, bahkan sudah banyak wisatawan lokal dan juga asing yang datang ke Raja Ampat. Semua wisatawan akan terkesima dengan keindahan beberapa pulau yang bisa dilihat langsung dari Bukit Pianemo. 

Selain menaiki bukit, tentunya wisatawan bisa berpetualang ke beberapa pulau yang ada di Raja Ampat dan bisa sekalian melakukan snorkeling sekaligus divingTapi tahukah kamu bahwa Raja Ampat ini memiliki sejarah panjang di masa lalu? Bagi kamu yang ingin ke tempat wisata ini tentunya harus tahu sejarah Raja Ampat Papua yang akan dijelaskan di bawah ini, biar makin mengenal lebih dekat.


Sejarah tentang Legenda Tujuh Telur

Kepulauan Raja Ampat erat kaitannya dengan sejarah Legenda Tujuh Telur, saat seorang perempuan bernama Buku Denik Kapatlot menemukan telur berjumlah tujuh butir yang berada di area perairan Kali Raja. Lalu suaminya yang bernama Aliau Gawan menyuruh istrinya untuk memasak telur tersebut yang kemudian langsung ditolak oleh istrinya karena berharap telur yang ditemukan akan menetas.

Tidak lama berselang, maka ada 6 telur yang menetas menjadi seorang manusia, sedangkan sisa 1 telur berubah menjadi batu. Hingga sekarang batu telur tersebut terdapat pada Situs Kali Raja yang disimpan di dalam bangunan berukuran kecil yang dibalut kain putih serta ditutup kelambu warna putih.

Dari 6 telur yang menetas, ada 5 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, kemudian ada satu anak laki-laki bernama Sem yang menghilang dan menjelma menjadi makhlus halus. Sisa empat anak laki-laki diberi nama Giwar untuk anak pertama, Tusan untuk anak kedua, Mustari untuk anak yang ketiga, dan yang keempat bernama Kilimuri. Sedangkan satu-satunya anak perempuan diberi nama Pin Tike.

Lalu empat anak laki-laki tadi menjadi pangeran dan menguasai 4 pulau terbesar yang ada di daerah tersebut mulai dari Pulau Misool, Waigeo, Salawati, dan Batanta. Sedangkan sisa 3 telur lain menjadi seorang perempuan, makhluk halus, dan juga batu.


Keindahan dari Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi karena ada banyak keanekaragaman hayati yang bisa disaksikan secara langsung. Maka tak heran banyak yang menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan wisata pilihan. Apalagi setelah mengetahui sejarah Raja Ampat Papua, tentunya rasa ingin berwisata ke sana makin meningkat.

Bagi kamu yang menyukai diving atau juga snorkeling, maka Raja Ampat menjadi tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut. Dengan wilayah yang sangat luas terdiri dari daratan dan juga lautan serta menjadi rumah untuk 540 jenis terumbu karang, 5 spesies penyu langka, 700 jenis moluska, 57 udang mantis, dan juga menjadi tempat tinggal untuk 13 spesies mamalia laut. Benar-benar wisata laut yang eksotis untuk dikunjungi. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya saat tiba di sana nanti.

Itulah sejarah dan keindahan dari Raja Ampat yang perlu diketahui semua orang Indonesia. Kegiatan KTT G20 Indonesia sudah berlangsung, yang mempertemukan semua Kepala Negara yang termasuk dalam anggota G20 dan dalam hal ini Indonesia menjadi tuan rumah. Penyelenggaraan KTT ini berlangsung di Bali mulai tanggal 15 sampai 16 November 2022 untuk membahas berbagai agenda penting dan sekaligus bisa memperkenalkan pariwisata yang ada di Indonesia kepada wisatawan mancanegara, termasuk keindahan Raja Ampat. 

Komentar

Bambang Irwanto mengatakan…
Saya pengin sekali ke Raja Ampat, Mbak. Soalnya sudah tersiar keindahannya. Dan ternyata kisahnya seperti itu ya. Raja Ambat ya 4 Raja yang dulu berasal dari 4 telur yang kemudian menjelma jadi 4 pangeran.
Emang wisata Raja Ampat tuh memikat siapa saja ya. Termasuk aku. Hiks, pengen banget deh kesini. Melihat wisata laut yang eksotis. Apalagi kalau bisa ikutan snorkeling disana.
Laily M Octavia mengatakan…
Waaah impian banget nih ke raja ampat. Wisata yanv paling kece. Kapan ya bisa ke sana
Han mengatakan…
Wishlist banget Raja Ampat ini masyaAllah, udah kayak surga duniaa. huhu semoga bisa kesana :(
Eri Udiyawati mengatakan…
Wah, ternyata ada cerita legendanya juga ya di Raja Ampat gitu. Berawal dari 7 telur yg menetas manusia. Dan yg 4 jadi raja yg menguasai pulau, jadilah Raja Ampat itu. Semoga ada kesempatan kami liburan di Raja Ampat.
Apura mengatakan…
Hmm ternyata Raja Ampat ini berasal dari legenda 7 telur. Unik juga sih ceritanya manusia bisa menetas dari sebutir telur. Lalu jadi raja. Tapi viewnya emang bikin terpesona banget! Wajar sih kalau dipromosikan ke dunia luar.
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Raja ampat bucketlist akuuu emang kereen kemarin pandemi banyak teman traveling ambil.paket pass air asia trs banyak destinasi ke sorong dg harga ratusan ribu saja lhooo...

Akirnya pada bedol desa ke raja ampat...
Nah karena saya sll pergi sekeluarga unt paket anak2 ga ada jd tarif normal yg woww banget harga tiketnya.

Smg suatu saat dpt tiket murah kesana (gusti yeni)
Hastin Pratiwi mengatakan…
Duhhh... ini destinasi yang belum terwujud dan masih dalam impian. Semoga suatu saat bisa dapat tiket promo atau sekalian aja dapat tiket gratisan ke sana. Aamiin.
Masak sih kalah sama founder Telegram, si Pavel Durov, yang sudah pernah ke Raja Ampat, hehehe..
Raja Ampat bak negeri dongeng buatku, indah dan eksotis banget. Semoga suatu saat bisa traveling kesana
Arni mengatakan…
Wah baru tau saya legenda di balik keindahan Raja Ampat
Salah satu destinasi wisata impian banget nih
Semoga suatu hari bisa menginjakkan kaki ke sana
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Ternyata Wisata Raja Ampat ada sejarahnya juga ya. Saya baru tau kisah telur-telur itu.
Sudah menjadi impian sejak lama, ingin bisa liburan ke Raja Ampat untuk menikmati keindahan yang ada di sana
Hallowulandari mengatakan…
duluuuuu Raja Ampat terasa susah banget buat digapai dan dikunjungi yaa, karena lokasi dan akses transportasi. Klo sekarang relatif lebih gampang mengakses raja ampat. Dulu pernah singgah di Sorong, mau ke raja ampat aja ga kesampean huhu
Dee_Arif mengatakan…
Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata andalan Indonesia ya mbak
Keindahan alamnya sangat cantik
Bagikan negeri dongeng
Meykke Santoso mengatakan…
Aku pernah tinggal di Merauke sebulan tapi belum sempaaaat ke Raja Ampat karena jauh juga sampai sananya. tapi memang pemandangannya itu MasyaAllah...bagus bangettttttttt. Semoga one day bisa ke sana bersama suami dan anak aamiin
lendyagasshi mengatakan…
Destinasi wisata impiaaan..Raja Ampat.
Aku barusan aja liat reels video Ariel Tatum yang mengatakan bahwa kalau mau healing, coba main ke tempat wisata di daerah Timur Indonesia. Dijamin keindahannya dan kedamaiannya.
Monica Anggen mengatakan…
Impian banget ini liburan ke Raja Ampat. Bahkan 2018 pernah tuh sama anak nabung bareng biar bisa ke sini. Eh pas uangnya ke kumpul, malah anak pengen lanjut kuliah lagi. Ya sudah, akhirnya yang penting dululah di prioritaskan
Lita Lestianti mengatakan…
Siapaa yang nggak pengen ke raja ampat.. kayaknya semua pengen ke sana.. tapi kalo ngga diving emang ngga seru yaa...
Nengsih mengatakan…
Kisahnya menarik ya mbak. Setelah tau semua keindahan raja ampat, baru sekarang tau sejarahnya. Oya, Alhamdulillah KTT G20 kemaren berjalan dengan sukses. Ikut banggašŸ„°