Ketika Seriawan Membuat Urusan Lewat Chat Saja

Itu salah satu kata di bagian judulnya yakin benar seperti itu?

Benar..

Kok seriawan? Memang apaan itu? Orang mah tahunya sariawan.

Oke, kita sama-sama belajar kuy, sambil makan gorengan plus rawit…

Eh, kan lagi seriawan, nanti tambah gueedeee…

Hadddeeh, namanya juga doyan kan, wkwkwk. Cuss lah ya kita ke KTP.

 

Jadi, Benar Lebih Tepat Sariawan?

Merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI (baik dari web maupun aplikasi), “Seriawan” alias se.ri.a.wan adalah bentuk tidak baku dari sariawan.

Seriawan adalah penyakit pada gusi, bibir bagian dalam, langit-langit mulut, atau lidah (yang tampak merah atau putih dan melepuh).

Itu, kalau dari segi penulisan kata baku. Hanya saja kalau kita melakukan pencarian kata, misalnya tentang pengertian, cara pengobatan, dan lain-lain maka kata “Sariawan” yang lebih sering muncul dibandingkan kata “seriawan”.

Saya dan Seriawan

Ini bukan tentang si seri sama si awan ya, hehe, melainkan urusan si fenni bungsu sama seriawan. Kedatangan seriawan ini, sebenarnya sudah ada sinyal dalam tubuh. Hanya saja saya cukup bandel untuk terus menerobosnya.

Kejadiannya itu, saat jelang akhir Oktober 2022, tanggal 30. Kakak ketiga saya, ceritanya membeli gorengan bermacam-macam rupa. Nah saya kepincut dong, melihat gorengan tahu, apalagi masih dalam kondisi hangat. Jadilah saya menyantapnya dengan bahagia. Padahal pada saat yang bersamaan, sebenarnya ada sesuatu yang perih nih di bagian lidah saya, tapi diabaikan begitu saja karena masih merasa belum tingkat gereget.

 

Namun beberapa hari memasuki awal November, keadaan tidak hanya rasa perih yang saya rasakan, tetapi juga nyut-nyutan.

“Wah ada yang gak beres nih di lidah,” pikir saya, sambil langsung ambil cermin.

Dan benar saja, si seriawan itu lagi bersemayam (bukan di dalam qalbu, uhuuk lain lagi sih ini). Mana lagi unyu-unyu nya itu warna merah, tapi saya tidak mau terlena. Harus ada langkah untuk lekas pulih, dari yang namanya tambah porsi makan sayur, rajin sikat gigi, istirahat dibenarkan lagi jamnya, konsumsi vitamin B kompleks dan C, minum air putih dirajinkan (ya bolak balik kamar mandi sih jadinya, hihi), serta buah pepaya dan mangga. Khusus pas makan buah mangga saya tempelkan langsung potongan buahnya ke seriawan.

 

Apa rasanya?

Perihnya masih dapat saya tahan, dari pada perihnya melihat chat whatsapp yang udah centang biru tetapi tidak dibalas (aaccieeee).

Terus sembuh?

Ya, nggak se-instan itu sista. Soalnya saya nggak pakai obat khusus seriawan sih, cuma dengan bahan alami saja. Maklum malas minum obat. Paling sih buat ngobrol jadi agak susah, karena kan seriawannya di lidah.

Baca Juga: Hari Stroke Sedunia 2022

Makanya pas temen kerja menghubungi saya lewat telepon, saya alihkan lewat chat. Begitu juga di rumah, ngobrol sama ayah dan kakak ketiga pakai chat, wkwkwk.. (Satu rumah aja coba WA-an, ya ini nyata terjadi, hihi). Soalnya kan kasihan juga, saya belum bisa menanggapi obrolan dengan ngomong, lah wong masih perih gaesss.

Lalu Seriawan-nya Bagaimana Sekarang?

Alhamdulillah sudah membaik. Walau masih bandel, pas makan kalau ada sambal suka saya ambil, terus didekatkan ke seriawan yang mulai pulih itu heuheu (jangan ditiru yak… diterapkan aja, laahh).

Baca Juga: Resolusi Kesehatan Jelang Akhir Tahun 2022

Kalau kamu pernah mengalami seriawan, atau pernah dengar cara asik dalam penyembuhannya boleh banget berbagi cerita di kolom komentar ya. Siapa tahu kan kita sama kejadiannya “Ketika Seriawan Membuat Urusan Lewat Chat Saja” (Nggak bener nih Fenni Bungsu berusaha nyari temen, wkwkwk). 

50 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Ririn Erviana mengatakan…
Aduh yang namanya sariawan emang meresahkan banget yaa, btw kok kita sama sih, di bulan oktober saya sariawan berturut-turut di tiga tempat berbeda. Saya sanpai sedih kok segininya. Akhirnya malah memotivasi saya untuk makan-makanan yang sehat menjauhi gorengan. Walaupun masih nyomot dikit-dikit.
Komen Blog fennibungsu.com
http://www.inatanaya.com mengatakan…
waduh saya ngga bisa bayangkan jika seriawan diberi sambal. Seharusnya seriawan diberikan obat seriawan , bisa dengan obat Chinese yang berupa bubuk ungu, atau bisa dengan obat kumur, Aloclair Plus Spray ,Enkasari Herbal
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Seriawan tuh ga enak banget deh. Sampe ga bisa ngobrol langsung ya. Mana periihhhh sakitnya tuh di sini
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Biasanya pakai kumur air garam.
Atau apa itu obat tetes, yg rasanya perih
Tapi lumayan manjur sihhh
Komen Blog fennibungsu.com
tantiamelia.com mengatakan…
Duuh sariawan beneran ga enak! Sakit perih dan nyolot karena mau jawab omongan aja butuh usaha dan kerja keras he he heeee
Komen Blog fennibungsu.com
Shyntako mengatakan…
duh sariawan tuh memang annoying banget, perih2 menyebalkan rasanya, makany ak rutin konsumsi vit c biar gak kena sariawan
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Ternyata yang baku tuh seriawan ya mbak, ya ampun selama ini aku masih nulis sariawan. hehehe...
Komen Blog fennibungsu.com
DokterTaura mengatakan…
Setiawan memang bukan penyakit yang berbahaya, tapi sangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman, juga mengurangi produktivitas kita... Gaya hidup sehat adalah kunci pencegahan
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Iya sih. Sariawan itu nyebelin banget euy. Perihnya bikin malas mau makan apapun. Sekali pun saat kita merasa lapar. Kadang terpaksa makan karena udah nggak tahan perih di lambung. Separah itu efek sariawan.
Komen Blog fennibungsu.com
Kirain Seriawan ini hal lain, baru mau komen, kirain tadi sariawan, lah ternyata emang sariawan hahaha.
Kalau saya pas sariawan, minum vitamin C 1000 mg, biasanya 2 kali minum udah membaik.
Dan believe or not, saya tuh paling sering sariawan gegara sikat gigi dong, saking semangat sikat gigi, biasanya sikatnya kepeleset, kena gusi, dan luka, jadilah sariawan yang sakitnya minta ampun dan kudu minum vit c baru sembuh, huhuhu
Komen Blog fennibungsu.com
Suci mengatakan…
Kumur-kumur pake lasegar mbk, hahaa. Meski agak perih tapi ya entah kebetulan apa gimana cepet sembuh.

Dan sambaal.... makin pedas sambal, makin cepet sembuh biasanya. Meski bertentangan dengan medis tp terbukti kok ya :D
Komen Blog fennibungsu.com
Ila Rizky mengatakan…
Wah, baru tau bentuk katanya yang baku malah seriawan ya, mba. Btw, sariawan nggak enak banget, bikin meringis sakit.
Komen Blog fennibungsu.com
Ova Forlendy mengatakan…
Sariawan memang nyiksa banget, aku selalu wanti-wanti jika gejalanya mulai terasa. Apalagi aku pecinta makan gorengan, nah ini rawan sekali juga.

Jadi, aku banyakin minum air putih.
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
seriawan, duh paling nyebelin ya?

Sering, cuma gara-gara salah nyikat gigi, seriawan muncul

karena itu saya selalu stock abothyl untuk menghalau seriawan
Komen Blog fennibungsu.com
Mutia Ramadhani mengatakan…
Duuuuh mba, buat aku pribadi, sariawan di lidah itu benar-benar paling menyiksaaaaaaa. Aduuuh ngilu langsung ini lidahku membayangkannya. Aku gak tahan sariawan dibiarin, tetap pakai obat oles kenalog. Wkwkwkwk.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Jadi sariawan apa seriawan nih?
Hehe
Kak Fenni selalu seru kalau bercerita
Semoga seriawan ya cepat sembuh
Komen Blog fennibungsu.com
Wahid Priyono mengatakan…
Biar jarang kena sariawan, tipsnya banyak minum air putih dan buah2 mengandung vitamin C. terus kalo saya rajin kumur pake betadine obat kumur. Insya allah nyaris gak pernah kena sariawan.
Komen Blog fennibungsu.com
Desi mengatakan…
makasih nih mba udah diingetin, kalo seriawan itu yg bner daripada sariawan. kalo sy seriawan biasanya makan buah lebih banyak atau minum multivitamin utk boost imun
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Bener gitu, kak Fen?
Beneran perih sih yaa.. kalau sambel tempelin ke seriawan.

Dan aku baru tau kalau banyakan muncul seriawan daripada sariawan. Aku termasuk jarang sariawan. Tapi kalo uda ada, lidahku kaya yang neken-neken terus sampai airnya keluar. Tapi kalo sariawan putih ya.. kudu sabar.
Huhu...nyiksa banget pasti.
Komen Blog fennibungsu.com
April Hamsa mengatakan…
Aku juga pakai kata Sariawan.Malah baru tahu ada yang makai seriawan :D
Biasanya aku sariawan saat imunku turun entah diiringi batuk atau meler. Obatnya biasanya berhasil kalau aku banyak minum air putih dan istirahat. Kalau masijh perih sesekali minum es krim atau es jus pokoknya es2an.
Komen Blog fennibungsu.com
Kalau aku kena seriawan paling ngemut vitamin C terus kenain di bagian yang kena seriawannya. Itu aja sih.
Komen Blog fennibungsu.com
blogger parenting mengatakan…
Saat sekarang ini saya lebih sering sariawan bukan karena males minum atau makan gorengan sih Kak. Saya tuh sering sariawan gara-gara si bungsu sering sekali menghempaskan kepalanya sampai kejedot kebagian mukosa mulut saya. Ya Allah sakitnya sampai dua minggu.
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Kalau saya alhamdulillah nggak pernah sariawan mbak, kalau suami saya sering. Dan kayak mbak Fenni jadinya, kami kadang baring sebelahan gitu tapi ngobrolnya lewat chat hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Heizyi mengatakan…
Sama dong. Aku juga kalau lagi sariawan jadi males ngomong. Ogah dibubungi via telpon. Mending chat aja
Komen Blog fennibungsu.com
Jadi harusnya seriawan ya, aku sering pakenya sariawan. Ternyata salah ya hehe.

Kalau lagi sariawan memang pake chat aja ya lebih gampang hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
Kalau di tempat saya secara tradisional dikasih jus daun Suji mba, entah apa ya nama umumnya, biasnaya langsung sembuh, atau ditotolin garam tapi pasti perih banget tapi abis itu sehari langsung sembuh
Komen Blog fennibungsu.com
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Dulu sering tuh saya sariawan pas zaman masih sekolah... Duh, enggak enak banget... Semoga enggak lagi deh...
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalo aku yang seriawan tuh kaya ya udahlah yaa..
Tapi kalo pas anak-anak yang sariawan tuh asa kasiaaan banget.
Dan biasanya penyebabnya karena mereka makan atau minum panas. Jadi uda gaksabar gitu..
Kan udahannya jadi menderita beberapa hari ke depan yaa..
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
ya Allah mba hihi.. bisa gituu yaak, ngobrol lewat chat aja hahah..
Aku sering sih sariawan tapi ga sampe yang sakit untuk ngobrol gitu palingan cuma ga nyaman ajaa pas makan hihi.. alhamdulillah pokoknya pas sariawan itu aku langsung banyakin minum air putih trus minum madu jg
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
aku kalau sariawan biasa mah ngga papa mba, kalau lagi kumat sakit hipersensitivitasku itu yang parah. rasanya kayak sariawan seribu di mulut haha menyakitkaan
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Kalau sariawan sih biasanya aku beli adem sari atau lasegar kaleng gitu. Biar cepet beres. Karena nggak betah aja kalau seriawan tuh. Nggak bisa bebas makan-makannya.
Komen Blog fennibungsu.com
Rania Fardyani mengatakan…
Setiawan tuh penyakit remeh tapi bikin ga mood ngobrol, huhuhu
Paling ga enak klo posisinya di lidah sih emang
Kan lidah buat makan dan ngomong
Kalau lagi seriawan, saya gempur aja dengan berbagai macam Vit C, mau tablet kek, minuman kek, buah-buahan kek
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Iya, kalau sariawan emang bikin malas ngapa ngapain ya mbak
Makan susah, ngomong juga
Makanya enak lewat chat aja ya
Komen Blog fennibungsu.com
Mutia Nurul Rahmah mengatakan…
bener banget, rasanya malas ngomong, malas ngunyah kwkwkw.
Tapi ya pada dasarnya, aku emg lebih suka chat. karena bisa dibaca ulang
Komen Blog fennibungsu.com
Raja Lubis mengatakan…
Memang perih seriawan itu. Biasanya saya seriawan kalau nggak sengaja pas sikat gigi terlalu keras kena gusi. Auto dah seriawan.
Komen Blog fennibungsu.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
hihi.. iya jg ya, sariawan emang keliatan sepele banget tapi rasanya nikmat banget, apalagi kalau datagnya beruntun yaa huhu
Komen Blog fennibungsu.com
Wahyu Eko C mengatakan…
Baru tau nih seriawan adalah kata bakunya, aku paling sering kena sariawan itu pas bulan puasa kayaknya setiap tahun gak pernah absen tuh sariawan mengganggu kenikmatan menu berbuka hehe,

Mau coba juga nih tips nya tempelin buah mangga ke sariawannya biar lekas sembuh, soalnya biasa gak di kasi apa2 kalau udah kena seriawan tuh
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Klp sariawan aku olesin pake obat oles
Perih sih
Tapi manjur banget
Sariawan pun hilang
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
Oalah ternyata yang benar itu seriawan ya, bukan sariawan. Baru tahu aku. Nah, untuk mencegah sariawan, penting banget memenuhi asupan vitamin, terutama vitamin C. Nggak enak banget soalnya kalau sampai sariawan
Komen Blog fennibungsu.com
Iim Rohimah mengatakan…
Dulu saya sangat sering sariawan. Cukup menyiksa karena besar-besar. Alhamdulillah sekarang sudah jarang dan memang lama tidak ada. Ternyata ini terjadi setelah menghilangkan kebiasaan makan pedas dan jauh dari stress. Terutama setelah ngeblog, stress berkurang. Seriously.
Komen Blog fennibungsu.com
Ning! mengatakan…
Kalau lagi sariawan, eh, seriawan coba rajin di olesin madu mba. Kalau aku dengan cara itu si seriawan jadi cepet sembuh.
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Lathifa mengatakan…
Uhh jauh-jauh deh dari sariawan eh seriawan, soalnya bikin gak enak makan, nyerinya ampun-ampunan.
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Wah pas banget nih Mbak, saat komen ini saya juga lagi sariawan. Emang nggak enak banget ya Mbak kalau lagi dilanda sariawan. Saya sendiri kalau sariawan biasa obatinya juga secara alami saja dengan banyak konsumsi buah yang mengandung vit. C
Komen Blog fennibungsu.com
Ovianty mengatakan…
Aduh, seriawan itu rasanya subhanallah bikin gemes sama sakit dan perihnya. Aku jadi suka sebel, apalagi kalau diobatin perih banget hehe. Jangan balik lagi deh seriawan.

Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Alif mengatakan…
Duh kalau inget saat sariawan rasanya gak enak makan semua2 terasa perih bahkan minum aja gk enak makanya aku suka konsumsi buah yg vit c nya tinggi untuk mencegah sariawan
Komen Blog fennibungsu.com
N354 IMO3T mengatakan…
emang kalo udah seriawan,mau gak mau kudu lebih banyak makan sayur dan buah,katanya karena kurang vitamin C. Aku biasanya pake poo nama obatnya ,warna hijau dan tokcer banget Kk.
Komen Blog fennibungsu.com
Fika mengatakan…
Sudah lama jarang sariawan.. sejak tiap hari konsumsi buah Dan sayur Dan mengurangi makan pedas. btw jadi yg betul itu seriawan ya? Cm kok Masih terasa aneh ya
Komen Blog fennibungsu.com
Jeanette Agatha mengatakan…
Memang paling ga nyaman kalau uda seriawan. Makan dan ngomong juga jadi ga enak. Aku jadi lebih sering konsumsi buah dan vitamin C untuk mencegah seriawan
Komen Blog fennibungsu.com
BujangAdau mengatakan…
Nangis banget kalau udah berurusan sama sariawan. Mau makan atau ngapa ngapain serba ga enak. Jangan sampe deh sariawan
Komen Blog fennibungsu.com
Eka Rahmawati mengatakan…
Kalo aku udah ada tanda2 seriawan udah deh langsung obatin dengan makan buah yg banyak. Begitu juga kalo radang tenggorokan. Gak perlu pake obat2an hehe
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence