Langsung ke konten utama

5 Hal Penting Saat Mencari Penginapan Murah Terdekat

“Coba kamu cari penginapan murah terdekat yang tidak jauh dari rumah Paman Rian, atau sekitar lokasi kampus pilihan kamu itu,” ujar Ribka kepada Fadia adiknya.

Fadia sigap ketak-ketik melalui gadgetnya. Ia scroll satu persatu dan memperhatikan bagian tumbnail halaman yang muncul.

“Kan gak enak kalau kita menginap di rumah Paman Rian, karena beliau pasti repot banget mengurus pernikahan mbak Diah hari Jumat besok,” lanjut Ribka.

Penginapan murah terdekat bagus

Mata Fadia sejenak berbinar, “Ada beberapa yang oke nih kak, bujetnya juga masih pas buat kantong kita. Tapi ada juga nih yang mendingan, ya harganya lumayan juga sih,”

Ribka lekas menanggapi, “Jangan yang mahal. Pokoknya kita cuma dua hari semalam saja. Kita lihat-lihat kampusnya setelah dari kondangan Mbak Diah, kan?”

“Iya. Eh, atau bagusnya sebelumnya aja ya?” Rona wajah Fadia menyiratkan rasa bimbang.

“Kamu masih galau?”

“Iya sih, soalnya maunya kampus yang satu lagi, tapi penasaran juga sama kampus yang gak jauh dari rumah Paman Rian itu.”

“Ya udah, cek dulu aja penginapan yang terdekat. Kalau bisa yang agak longgar syarat ketentuannya siap tahu kita mau mengubah jadwal check-in.” Ujar Ribka yang menenangkan Fadia.

“Ah iya. Oke kak.” Fadia mengangguk mantap.

**

Ilustrasi percakapan di atas, memungkinkan kamu pernah mengalaminya. Hendak pergi ke suatu tempat, lalu mempertimbangkan pula di mana akan beristirahat dan menginap. Kemudian cek sana-sini mencari rekomendasi penginapan. Oleh karenanya ada 5 hal yang perlu dipertimbangkan saat mencari penginapan murah terdekat yaitu:

Aplikasi booking hotel promo terbaru

Lokasi yang Terjangkau

Saat bepergian dan berencana untuk menginap, pastinya kita mencari penginapan yang tak hanya murah, tetapi juga terjangkau jaraknya dengan lokasi yang hendak kita tuju. Dengan begitu bisa menghemat pengeluaran, termasuk urusan ongkos transportasi.

Ada Promo Update

Kala mencari rekomendasi penginapan, adanya promo update bakal makin menyenangkan lagi. Namun perlu diteliti lebih lanjut akan masa berlaku promo, sehingga bisa memesan sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga: 13 Danau di Indonesia Cocok untuk Belajar Fotografi

Rekomendasi penginapan murah terjangkau bagus

Metode Bayar yang Simple

Ketika sudah menemukan penginapan yang cocok, tentunya kita akan segera membookingnya agar kamar yang kita pesan tidak lepas ke kustomer yang lain. Oleh karenanya, perlu diperhatikan metode bayarnya sehingga memudahkan kita untuk melakukan transaksi pembayaran.

Kebijakan Check-In yang Memudahkan

Sebagaimana ilustrasi percakapan di atas, karakter Fadia masih bingung menentukan kapan tanggal untuk bepergian, dan ini berdampak pada penentuan kapan booking dan tanggal check-in. Maka perlu memilih penginapan yang fleksibel, minimal sehari tanggal check-in. Walau memungkinkan akan ada perbedaan harga nantinya, tetapi ini akan membantu kita sebagai kustomer.

Gunakan Aplikasi Booking Hotel

Mencari penginapan sesuai bujet dan kebutuhan akan menjadi lebih mudah menggunakan aplikasi booking hotel. Sebab di sini kita bisa melihat range harga pada setiap penginapan, teknik pembayaran, foto kamarnya, dan tentunya ulasan dari kustomer yang pernah menginap. 

Baca Juga: Tips Traveling Hemat di Tanggal Tua

Urusan menginap di suatu lokasi menjadi pertimbangan penting saat kita melakukan perjalanan jauh, terlebih bila sudah lintas kota, provinsi apalagi negara. Pasalnya tubuh perlu beristirahat yang cukup agar bisa sampai tujuan dengan selamat. Perjalanan yang dilakukan pun menjadi lebih berkesan dan tidak letih.

Dengan tips lima hal penting saat mencari penginapan murah terdekat ini, dapat menjadi masukan untuk kamu yang akan berlibur baik solo traveling atau liburan bersama keluarga maupun teman. Cuss, agendakan mau melakukan perjalanan ke mana, karena sebentar lagi weekend tiba, hehe. Selamat ber-traveling ceria ya gaess! 

Komentar

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Pastinya kudu bijak dan teliti klo Cari penginapan yaa
Supaya kita makin enjoy waktu nginep.
Maria G Soemitro mengatakan…
temen2 sih dulu selalu bilang:

"cari penginapan jangan deket stasiun, takutnya dipake untuk yang gak bener"

Pernah saya muter2 supaya jauh dari stasiun, sesudah check in dan tiduran ternyata baru ngeh penginapannya ada di belakang stasiun
Annie Nugraha mengatakan…
Kalau tujuan kita sudah jelas ke suatu tempat atau urusan, memilih hotel yang terdekat dari tujuan kita tuh memang lebih baik. Jadi gak ada biaya tambahan untuk transport plus menghemat tenaga. Ada unsur efisiensi dan efektivitas yang juga terlibat di sana.
Okti Li mengatakan…
Strategi dan harga terjangkau menjadi pilihan saya pastinya. Lalu keamanan dan kenyamanan. Kalau sistem bayar, bisa menyesuaikan sih kalau menurut saya.
Adi mengatakan…
Sepakat banget sama tips dari Mbak Fenni, khususnya menggunakan aplikasi booking hotel. Ini berguna banget agar kita paham data dan punya gambaran tempat menginap kita nanti.
Mporatne mengatakan…
Fasilitas dan dekat tempat wisata juga penting biar gak ongkos terlalu jauh ke tempat wisata
Suci mengatakan…
Paling seneng kalau dapat penginapan yang ngga saklek masalah cekin. Bisa arly cekin tanpa syarat apapun.
Apalagi kalau ketemu yang harus cekin jam 2. Hmmm kalau bisa jam 12 kenapa harus di jam 2 ya? hehee
Cindi mengatakan…
Betul Mba, saya pun juga demikian kalau harus pergi ke suatu kota dan menginap. Nyari yang terdekat dengan lokasi tujuan dan juga yang tak kalah penting adalah tarif dan cara pembayarannya :-D
Nanik nara mengatakan…
Iya paling enak tuh cari lewat aplikasi ya mbak, langsung muncul banyak rekomendasi dari filter yang kita masukkan. Tinggal cermati satu satu deh rekomendasi yang muncul
Ririn Wandes mengatakan…
Pastinya banyak sekalli hal yang perlu dipertimbangkan saat mau melakukan pemesanan penginapan ya, Mba. Enggak bisa sembarangan juga kan karena khawatirnya zonk gitu. Selama ini juga suka pesan melalui aplikasi pemesanan seperti tips yang direferensikan nih.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku setuju tentang kemudahan check in. Jadi kita nggak asal cari hotel yang murah doang. Tapi, kita bisa check in kapan aja itu penting. Karena kita nggak tahu tentang masa depan. Siapa tahu ada kepentingan yang membuat kita harus check in lebih dulu atau belakangan.
Ila Rizky mengatakan…
Seruu nih bisa booking hotel dengan lebih mudah. Ada banyak pilihan cara pembayaran pula ya
lendyagasshi mengatakan…
Memang yang kudu diperhatikan pas bepergian salah satunya dari kemudahan akses dan kemudahan saat check in. Aku pernah dapet yang strict banget, jadi belum jamnya ya, belum boleh check in. Huhu.. kan capek ya.. Apalagi kami sama rombongan sirkus.

...tapi ya, kembali lagi ke kebijakan masing-masing.
Semoga bepergian kemanapun tetap bahagiaaa karena dapat pengalaman baru.
Irawati Hamid mengatakan…
cari penginapan lewat aplikasi memang lebih praktis yaa. kalo udah nemu penginapannya, tinggal check ini aja deh
deddyhuang.com mengatakan…
cari penginapan emang susah gampang ya.. apalagi kalau budget kita terbatas... kalau aku biasanya cari berdasarkan maps dan rute yang sering kita kunjungi.
Demia Kamil mengatakan…
kalo aku yang penting tempatnya instagramable dan ada promo hihihi, sekarang banyak aplikasi yang menawarkan promo dengan harga best deal yaaa untungnya hihihi
Bayu Fitri mengatakan…
Wah penting nih tipsnya karena Saya suka bingung kalau cari penginapan ,.maunya murah tapi bagus dan baik layanannya gitu hehehe
Mei Daema mengatakan…
Lokasi yang aman dan nyaman adalah pilihan pertama saya, setelah itu kelima point itu adalah yang saya lakukan. Apalagi kalaua da promo heheh auto cus, termasukc ara bayarnya yang super mudah sangat penting
Boghaisan mengatakan…
Setuju banget aku sama tipsnya, dan aku paling suka pesen di OTA soalnya bisa lihat infonya lengkap dan bisa lihat review cust sebelumnya yang pernah nginep biar ga kecewa soalnya.
Bambang Irwanto mengatakan…
Kalaiu pergi bersama keluarga, biasanya kami sepakat pilih yang nyaman, terus ada kolam renangnya, Mbak. Karena berenang acara wajib bagi anak-anak. Nginap semalam, berenang 2 kali hahaha.
Kalau saya pergi sendiri, saya lebih suka dormitory. Karena selain pas di kantong, dekat ke mana-mana. Apalagi kadang hanya untuk tidur saja.
Mutia Ramadhani mengatakan…
Kalau aku cari penginapan murah terdekat, aku pertimbangkan destinasi dan tempat makan murah. Hehehe. Jadi ingat skeitar 2019 pernah nulis soal Booking Hotel untuk penginapan di Bali. Menarik.
Sebaiknya memang booking kamar hotel lewat aplikasi yaa mba apalagi kalau hotelnya murah. Biasanya hotel murah diiringi dengan fasilitas yg kuranh.
Kalau melalui aplikasi kita jadi dapat perbandingan banyak rekomendasi properti yg menawarkan harga murah tapi kualitas yg gak murahan
YSalma mengatakan…
Kalau traveling gak ada rencana menginap dari jauh-jauh hari, tapi terlanjur jatuh cinta dengan lokasi yang didatangi, nyari penginapan murah terdekat via aplikasi seperti reddoorz sangat membantu sekali ya, Mba.
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Betul banget tipsnya bermanfaat tak lupa mrmbaca riview ya bun, kalaau riview bagus insya Allah bagus (gusti yeni)
lendyagasshi mengatakan…
Senangnya dapat penginapan yang murah, terjangkau, lokasi strategis.
Uda paling juara.. Apalagi inc sarapan. Hehhe, mengingat kalau pagi uda lapar dan terlalu mager buat jalan cari makan, paling suka uda disediain pihak hotel.
Nabilla DP mengatakan…
kalau saya biasanya cari lokasinya dulu sih kak, kudu sesuai sama tujuan juga.. baru lihat harga dan promo2 yang ada disitu siapa tau cocok :D
Putu Felisia mengatakan…
Ini anakku baru cerita dapat penginapan buluk
pas lomba di sekolahnya. Memang perlu banget teliti ya.
Jangan ditunda lagi jika memang ingin berhasil tidak hanya semua barang aman tetapi juga terserap ke semua permukaan kulit sehingga berhasil ditanganu.
Monica Anggen mengatakan…
Gaya traveling aku dan Pewe banget ini mah. Kalo emang niatnya eksplorasi banyak tempat wisata dan balik ke penginapan baru malam hari, mesti carinya penginapan murah. Tapi kalau niatnya staycation dan menikmati fasilitas hotel, baru deh cari yang mahalan dikit. Thanks Kak tipsnya, bisa banget ini buat nanti pas jalan-jalan lagi cari penginapan murah
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
wah setuju nih, pakai aplikasi booking gitu emang bisa dapat harga lebih miring ya kadang, apalagi kalau ada promo hihi..
Siti Nurjanah mengatakan…
Untuk budget pas pas an saat bepergian pastinya pilih yg murah, strategis dan harga pas sama kantong. Klo Aku biasanya sebelum mulai scrolling nyari info promo dulu (hehehehe)
Yanti Alif mengatakan…
Saat traveling memang harus sudah mempersiapkan secara matang ya mau nginep dimana harus dapat penginapan murah tapi dengan fasilitas yang baik
Blognya Yuni mengatakan…
Aku kalau cari penginapan yang dekat dengan fasilitas umum, terutama tempat wisata kalau mau traveling. Tergantung juga kebutuhannya untuk apa, kalau misal waktunya gak banyak mending yang dekat bandara atau stasiun. Oya, harga juga masuk dalam kriteria utama
Blognya Yuni mengatakan…
Aku kalau cari penginapan yang dekat dengan fasilitas umum, terutama tempat wisata kalau mau traveling. Tergantung juga kebutuhannya untuk apa, kalau misal waktunya gak banyak mending yang dekat bandara atau stasiun. Oya, harga juga masuk dalam kriteria utama
catatanemak mengatakan…
Cari penginapan yg aman,nyaman dengan harga terjangkau sesuai budget yg kita punya jd PR banget deh setiap mau traveling atau sekedar melepas penat dg staycation. Kudu jeli gitu jgn sampe pas di penginapan eh zonk
BujangAdau mengatakan…
Wah mumpung lagi senang liburan penting banget nih dapat tips kaya gini, makasih loh kak
Saya kalau mau pesan penginapan emang lebih suka langsung dari aplikasi booking hotel sih kak. Biasanya kalo langsung dari aplikasi itu ada diskonnya, terus kita juga bisa lihat review dari customer sebelumnya gimana tentang penginapan itu, jadi bisa minimalisir salah pilih penginapan hihihi.
Antung apriana mengatakan…
Sekarang kalau mau cari penginapan atau hotel memang lebih gampang yaa soalnya ada aplikasinya. Jadi ingat dulu pas smp ke jawa sama keluarga trus pas singgah di satu kota kami nginap di hotel dekat terminal gitu. Agak-agak gimana gitu hotelnya. Hihi
Diah Alsa mengatakan…
sekarang pesan penginapan jadi lebih mudah ya dengan aplikasi, apalagi biasanya harganya lebih bersahabat belum lagi kalau beruntung bisa dapat promo tambahan, yeaayy senangnya.
nurfitri wardani mengatakan…
Memilih tempat penginapan emang menjadi hal utama saat bepergian yang mengharuskan menginap biar gak was-was. Syukur sekarang udah ada aplikasi booking hotel yang memudahkan segalanya plus bisa di sesuaikan dengan budget.
Yanti Alif mengatakan…
Pernah nonton dibeberapa video ada yang sydah memesan penginapan eh dapetnya gk sesuai seperti yg dilihat secara online mulai dari gk terawat trus malah ada yang suasananya jga horror makanya kita harus teliti sebelum memesan penginapan saat melakukan traveling
Indrifairy mengatakan…
Poin-poin yang disebutkan ini memang penting banget untuk dipraktekkan sebab buat diri aku sendiri its work banget, cari penginapan yang murah kalo akses nya jauh males juga kan
Andiyani Achmad mengatakan…
pilih tempat penginapan memang harus teliti, harus yang nyaman, bersih dan fasilitasnya lengkap
Keke Naima mengatakan…
Saya gak terlalu mengharapkan fasilitas kalau penginapan murah. Karena biasanya memang akan jalan-jalan. Jadi, syaratnya paling harus bersih dan lokasinya strategis. Biasanya saya cari info dari berbagai review dan pakai aplikasi booking
Echi Mustika mengatakan…
Saat check in paling penting buat aku pernah kejadian dulu udah waktu cek in tapi kamar belum ready itu tuh nyebelin banget harus nunggu 1 jam
lendyagasshi mengatakan…
Alhamdulillah, dengan aplikasi OTA kini booking hotel bisa dapet yang sesuai keinginan dan kebutuhan dari mulai harga, fasilitas hingga pertimbangan lokasi saat mobilisasi.
Nyaman banget yaa..
www.kisahsejati.com mengatakan…
Sebelum menginap terutama bersama keluarga memang butuh persiapan ya Fen.Terutama lokasi dan harga yang worted dengan fasilitas.Aku banget deh cari harga termurah,he...he...he

Salam:Dennise Sihombing
Lia Yuliani mengatakan…
Paling penting lokasi tempat menginap dengan daerah wisata ya Mba, selain harga yang cocok tentunya. Diskon atau promo juga penting biar bisa lebih murmer harganya. Selain itu waktu juga penting sih, kalau nginep di saat weekend atau liburan apalagi Kaya libur tahun baru biasanya juga suka penuh dan harganya lebih mahal.
Yayat mengatakan…
Selain faktor di atas aku juga cek review orang orang yg pernah menginap di hotel tersenut.. kalo reviewnya bagus bagus baru deh aku booking.. ku cek juga poto potonya terutama poto room
Antung apriana mengatakan…
sekarang kalau mau memilih penginapan saat traveling lebih mudah ya bahkan kita bisa pesan dari jauh-jauh hari sebelumnya jadinya pas datang ke kota tersebut tinggal check in deh
Tian Lustiana mengatakan…
Aku kalau nyari penginapan suka cek review dulu, baca - baca dulu sampai lengkap biar ga zonk, hehe.
Meilia Wuryantati mengatakan…
Aku setuju banget nih sama tipsnya, penggunaan apljau booking hotel jadi memudahkan banget, jadi kita udah bener2 cek yang emang sesuai dengan keinginan, tinggal Dateng buat check-in aja deh
Marantina mengatakan…
Sekarang saking banyaknya OTA atau situs booking online bikin kita gampang membandingkan harga. Apalagi ada fitur review. Jadi kita bisa baca pengalaman orang terlebih dahulu sebelum pilih hotel
www.faradiladputri.com mengatakan…
Lokasi menentukan prestasi hehe, kadang ada lokasi yang penginapannya murmer eh tapi reputasi lokasinya agak "ga baik". Harus pintar-pintar cari dan memilahnya memang hehe.