Langsung ke konten utama

Tiga Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Jakarta Timur

Lagi asik berselancar pakai paket internet cepat karena mengerjakan tugas kerja, tiba-tiba teringat nih kurang 2 bulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Dari sebelum pandemi, waktu itu kakak pernah mengingatkan untuk bisa wisata religi baik jelang Ramadhan ataupun ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Hanya saja masih belum kesampaian juga untuk mewujudkannya. Terlebih karena pandemi yang kala itu membatasi mobilitas.

daftar rekomendasi tempat wisata religi jakarta timur

Saat ini boleh dikatakan, ruang gerak sudah tidak terbatas seperti dua tahun lalu ya, sehingga bisa bepergian dengan mudah walau tetap penggunaan masker masih saya lakukan. Maka sambil menyiapkan perintilan untuk menyambut bulan Ramadhan, saya mau memanfaatkan momen ini untuk mencari pakai paket internet cepat rekomendasi tempat wisata religi jelang Ramadhan di Jakarta Timur.

Mengapa pilihannya Jakarta Timur? karena cuaca saat ini yang cepat berubahnya. Tiba-tibalah gerimis lalu hujan deras, tak lama kemudian awan kembali merona. Padahal sebelumnya mendung dan ada petir. Sehingga untuk bepergian agak jauh dari tempat tinggal, yang notabene saya tinggal di Jakarta Timur, akan dipertimbangkan lebih lanjut. Oleh karenanya, berikut rekomendasi tempat wisata religi jelang Ramadhan di Jakarta Timur:

masjid agung at-tin cara ke sana rekomendasi wisata religi

Masjid Agung At-Tin, Pinang Ranti

Masjid yang dibuka secara umum pada tahun 1999 ini, berada di dekat kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dengan luas bangunan sekitar 10.000 m² dan keseluruhan luas 70.000 m², Masjid At-Tin merupakan salah satu masjid di Jakarta Timur yang bangunan dasarnya ini berbentuk kubus. Terdapat 4 menara kecil dan beratap kubah pada tiap sudutnya. Ada taman dihiasi lampu di sekeliling bangunan, sehingga seakan berada di Timur Tengah.

Untuk nama At-Tin terinspirasi dari Al Quran surat At-Tin, serta mengenang jasa Ibu Tien atau yang bernama lengkap Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto, isteri mantan Presiden Soeharto. Meski saya pernah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, hanya saja belum sempat untuk ke Masjid Agung At-Tin. Oleh karenanya, saya ceki-ceki pakai paket internet cepat akses ke lokasi bisa dijangkau dengan: naik Transjakarta yang ke arah Pinang Ranti, turun di halte Garuda Tamini Square lanjut berjalan kaki sekitar 11 menit, atau naik angkot merah KWK T01 ke arah Bambu Apus turun di depan Masjid At-Tin.

Baca Juga: Ide Liburan Sekolah di Jakarta 

Keinginan saya ke Masjid Agung At-Tin, untuk ziarah masjid dan mengagumi arsitekturnya yang indah, khususnya di bagian dalam masjid. Lalu sering lihat di televisi ada acara islami seperti tabligh akbar, kajian, dan seminar islami yang dilakukan di sana. Apalagi menjelang dan di bulan Ramadhan yang biasanya banyak kegiatan, tentunya bakal jadi pengalaman manis.

 

masjid al-hawi cara ke sana rekomendasi wisata religi

Masjid Al-Hawi, Condet

Masjid bersejarah kedua di wilayah Jakarta Timur yang ingin saya kunjungi yaitu Masjid Al-Hawi. Berada di wilayah Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Masjid Al-Hawi didirikan pada tahun 1926 oleh habib Muhammad bin Ahmad Alhaddad. Masjid yang terdiri dari dua lantai ini bernuansa hijau, dan terdapat pemakaman kompleks Al-Hawi, salah satunya makam habib Mukhsin bin Muhammad Alatas. Beliau ini berlayar dari Hadramaut ke Batavia lalu menetap di Jakarta Timur untuk mensyiarkan agama Islam.

Masjid al-Hawi ramai dikunjungi peziarah, terlebih lagi pada momen Ramadhan. Waktu saya masih bekerja di bilangan Kuningan, Rasuna Said, senior saya yang kebetulan tinggal di Condet pernah membicarakan masjid di Jakarta Timur ini. Hanya saja saat itu, saya belum paham cara ke lokasinya bagaimana karena diarahkan menggunakan transportasi pribadi. Maka dari itu, langsung cek lokasi menggunakan internet IndiHome, transportasi publik yang dapat dijangkau ke sana yaitu TransJakarta halte PGC lanjut Jaklingko Jak 37 turun di depan Masjid al-Hawi. 

masjid jami assalafiyah cara ke sana rekomendasi wisata religi

Masjid Jami Assalafiyah, Jatinegara Kaum

Masjid Jami Assalafiyah atau dikenal juga dengan nama Masjid Pangeran Jayakarta. Berdiri pada tahun 1620 oleh Pangeran Jayakarta, masjid bersejarah di Jakarta Timur ini berada di bilangan Jatinegara Kaum, Klender. Saat memasuki gerbang nuansa sejuknya sangat terasa. Apalagi ketika masuk ke bagian dalam, kita akan menemukan 4 tiang penyangga menghubungkan dengan menara atas yang masih terjaga keasliannya.

rekomendasi tempat wisata religi jakarta timur paket internet cepat

Bangunan masjid yang telah mengalami renovasi ini memiliki kesan sederhana nan elegan. Ke bagian sisi samping masjid terdapat makam Pangeran Jayakarta. Ya, masjid sekaligus cagar budaya ini akan mengingatkan kita pada momentum perjuangan penguasa terakhir Jayakarta, Pangeran Jayakarta, sebelum hadapi kekalahan serbuan VOC, pimpinan Jan Pieterszoon Coen di tahun 1619. Untuk ziarah ke Masjid Jami Assalafiyah ini bisa dijangkau sekitar 5 menit naik angkot merah KWK 25 dari arah Terminal Rawamangun. Bila menggunakan kendaraan pribadi, patokannya sekitar 5 menit ke arah Rawamangun dari Stasiun Klender dan Halte Busway Klender.

Dari kedua rekomendasi wisata religi jelang Ramadhan di Jakarta Timur ini, Masjid Jami Assalafiyah yang sudah pernah saya kunjungi, tetapi baru satu kali. Ingin rasanya kembali untuk ziarah ke sana, entah itu jelang atau ketika di bulan Ramadhan. InsyaAllah mau mengagendakannya. Dengan pakai paket internet cepat bisa saya jadwalkan hari, tanggal, dan bulan sebagai pengingat. Sekaligus saya bisa cek prakiraan cuaca, agar punya persiapan sebelum berangkat. Misalnya menyiapkan payung, jas hujan, sunblock, dan alas kaki yang nyaman khususnya untuk kondisi ketika hujan.

wisata religi di jakarta timur safari ramadhan

Kemudahan jaringan internet cepat dan terjangkau dari Telkom Indonesia memudahkan saya untuk menelusuri wisata religi yang hendak dikunjungi. Terlebih sudah 9,2 juta pelanggan yang memanfaatkan jaringan IndiHome, atau kalau dihitung per harinya, sekitar 4000-an pelanggan baru. Wajar saja bila IndiHome meraih 37 recognation penghargaan dari dalam maupun luar negeri.

Semoga rekomendasi tempat wisata religi Ramadhan di Jakarta Timur berkat paket internet cepat ini bermanfaat buat kamu. Yuk persiapkan diri menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dan.., sudah siap ziarah ke masjid mana nih? Siapa tahu kita bisa janjian, hehe. 

Komentar

Didik Purwanto mengatakan…
Kalo ke masjid At-Tin jadi ingat masa laluku nih. Pernah dapat cwek yang mau dnikahin di situ. Kebetulan orangtuanya jadi takmir masjidnya. Jadi pgn ngadain akad dan resepsi di situ.

Namun sayang, org tuaku ga setuju. Jadi gagal deh nikah ama cewek itu.

Ah aku harus cari cwek lagi nih. Berbekal kuota internet tak terbatas, smg jodohku masih ada di sana. Kini aku tiggal menjemputnya. Hehe.
Marfa Umi mengatakan…
Momennya pas bgt mau bulan puasa sebulan lagi nih, Kak Fenni. Tertarik ke Masjid Jami Assalafiyah yang nuansanya masih terjaga keasliannya, jadi pasti terasa sekali sejarahnya di sana ya. Benar yess, paket internet cepat juga membuat persiapan wisata religi ini makin detail, sampai cek prakiraan cuaca krn masih suka hujan hehe.
Maria G Soemitro mengatakan…
Jadi pingin keliling Bandung untuk wisata religi

karena di sini banyak banget masjid yang dibangun era kolonial

juga masjid milik keturunan Tionghoa yang khas banget
Bunda Saladin mengatakan…
Masjidnya bagus-bagus ya, besar dan bersih banget. Betah jadinya ibadah sekaligus wisata religi di sana.

Berarti kalau mau masuk ke masjid At-Tin bisa lewat luar ya? Gak usah masuk ke TMII dulu gitu walau satu kompleks?
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Udah mau ramadan ya bentar lagi, pas banget nih ke wisata religi ini. Paling asyik juga kalau ajak anak-anak.
Btw IndiHome itu selalu ada di saat kapanpun kita butuh internet ya
Reza Fahlevi mengatakan…
Wisata religi selalu jadi pilihan jntuk melepas lelah tapi tetap memiliki value berbeda. Ada ketenangan yang bisa didapatkan baik luar maupun dalam.
Kyalitas internet yang cepat dan lancar pastinya membantu kita mengumpulkan berbagai informasi destinasi wisata religi yang akan dikunjungi.
Kanianingsih mengatakan…
Terimakasih informasi tempat wisata religi nya kak, mengunjungi mesjid di berbagai daerah selain dlm rangka ibadah jg healing &0 edukasi
DokterTaura mengatakan…
Boleh juga nih rekomendasinya. Selama ini kalau ke Jakarta bawaannya pingin ke mall aja...
Rekomendasi ini bisa buat panduan nih....
Makasih ya kak...
Ayah Ugi mengatakan…
Ziarah ke Masjid saat ramadhan akan memberikan pengalaman berbeda. Baikd ari kegiatan, acara iftar berjamaah, dan kajian menjelang berbuka. Pastinya ziarah masjid makin bermakna. Kalau masih bingung mau ke Masjid mana, bisa bantey gunakan paket internet cepat IndiHome untuk membantu menemukan informasinya.

lendyagasshi mengatakan…
Beruntung sekali, dengan adanya paket internet bisa googling mencari wisata religi yang bisa dikunjungi saat akan Ramadan seperti ini. Dan hanya di dalam kota, yakni Jakarta Timur, tetap ada wisata religi yang memiliki latar belakang sejarah Islam yang mengagumkan.
Suci mengatakan…
Selain masjid Istiqlal, saya belum pernah lagi mengunjungi masjid lain di Jakarta. Sering dengar masjin At-tin dan ini jadi salah satu masjid yang pingin saya kunjungi.
Mungkin satu hari nanti entah dinas atau jalan-jalannya dikawasan sekitar masjid ini, aamiin
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
Paling seneng sih kalau nemuin masjid raya yang bangunannya besar kokoh dan adem :)
Annie Nugraha mengatakan…
Menarik memang wisata religi ini ya Fen. Saya juga suka. Awal bulan Maret ini pengen menjelajah beberapa masjid baru yang ada di Bandung dan sekitarnya. Pengen menuliskannya juga. Sama ada beberapa masjid di daerah Sunter dan sekitarnya. Megah dan adem lihatnya.
Taumy mengatakan…
Wah. Thanks banget rekomendasinya. Lumayan buat persiapan itikaf pas Ramadhan nanti. Jadi tahu masjid yang ada di Jakarta Timur dengan nilai sejarah dibaliknya.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Aku tinggal di Jakarta Barat jadi jarang main ke Jakarta Timur. Masjid At Tiin tahu sih, yang lain belum pernah. Pas nih jadi tujuan wisata religi Ramadan nanti
Wah jadi pengen wisata ke Jaktim juga. Walaupun di kota besar tapi masih ada wisata religi yang recommended
Nengsih mengatakan…
Kalau mau sholat di Masjid, ya sekalian aja wisata religi ya kak. Liat sejarah masjidnya. Seperti beberapa masjid ini. Dapat ibadahnya, dapat pengalaman wisata religinya ya kann..
Ayah Ugi mengatakan…
Bertambah lagi nih list nama masjid yang bisa dikunjungi kalau sedang ke Jakarta. Semoga suatu saat nanti bisa ke beberap amasjid di atas, khususnya ke Masjid jami Al Hawi, Condet. Ingin tahu sejarahnya
Tian Lustiana mengatakan…
Menyenangkan sekali ya berwisata religi gini, sebagai bentuk persiapan hati untuk menyambut bulan Ramadan.
Nabilla DP mengatakan…
wah saya belum pernah ke semuanya.. paling cuma ke istiqlal saja dan ke masjid kubah mas yang ada di depok hehehe
Siska Dwyta mengatakan…
Belum pernah ke Jakarta Mbak. Pengen banget sih bisa jalan-jalan ke sana. Nah, kalau mau cari tempat wisata religi di Jaktim jadi gak bingung lagi nih
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
dari ketiga tempat wisata religi tersebut, aku paling kepo sama Masjid Jami Assalafiyah, termasuk bangunan kuno yaa, sekalian wisata sejarah.
Wahyu Eko C mengatakan…
Gak terasa ya sebentar lagi udah mau bulan ramadhan, dengan adanya internet kita bisandengan mudah menjalin komunikasi silaturahim dengan sanak saudara, kerabat dan teman2
Aisyah Dian mengatakan…
wah seneng banget nih bisa wisata religu kalau berkunjung ke area jakarta timur ya kak, seru nih ke ziarah dari masjid ke masjid begini. jadi kangen dulu sebelum pandemi rutin juga mengikuti
Lia Yuliani mengatakan…
Ziarah ke berbagai Masjid bisa jadi wisata religi ya Teh. Semakin mendekatkan diri pada-Nya dengan mengunjungi rumah Allah. Saya familiarnya ama Masjid At Tin aja nih Mba Feni. Yang keduanya belum tahu soalnya
Aprillia Ekasari mengatakan…
Wow banget ternyata di jakarta Timur ada masji2 peninggalan sejarah juga yaa. Itu deket rumah Doel si tukang kulineran keknya di jatinegara Kaum hehe.
Jakarta tuh unik, gara2 terkenal sebagai ibu kota dan kota modern sampai kita suka gak nyadar bahwa banyak peninggalan bersejarah. Kapan2 mau donk jelajah ke sana :D
Thanks infonya.
Han mengatakan…
Noted, masjid Al Hawi ya mbaa, aku pas ke Jakarta belum sempet untuk wisata religii lohh , bisa jadi wishlist nih kak, makasii
Eka FL mengatakan…
wah banyak juga ya masjd di jakarta timur yang rekomended banget untuk kegiatan ramadhan tahun ini. kalau saya kayaknya di masjid yang deket rumah aja di Bandung, hehehe. sesekali mungkin ngabuburit ke masjid al jabar, hehe
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
Huooo, aku baru tahu masjid Agung At-tin aja, Mbak. Ternyata ada masjid lain yang tak kalah menariknya ya. Mantap
Ainun mengatakan…
wisata religi ke masjid bawaannya adem, tenang ya mbak
aku 2 kali ke TMII tapi kayaknya nggak ngeh dengan masjid ini, mungkin waktu kesana juga ga terlalu merhatiin. Yang diperhatiin malah wahananya aja
Happy mengatakan…
wisata religi nih salah satu alternatif liburan yang pas yaa, apalagi kalau sama keluarga. biasanya orang tua lebih seneng diajak wisata ke tempat kayak gini nih, bisa jadi rekomendasi
Siska Dwyta mengatakan…
Iya apalagi kalau perginya bareng orang tua pasti mereka bakal happy banget diajak refreshingnya ke tempat2 yang ramah buat ibadah seperti wisata religi yang disebutkan di atas
Hamimeha mengatakan…
Saat membaca dan melihat gamabr masjid at tin memgingatkanku pada masjid di dalam ampel mirio deh kayak gitu hehehe.

Betul banget aku juga mengandalkan paket internet cepat mbak untuk mencari rekomendasi tempat2 yang bisa dikunjungi nih
Pida Alandrian mengatakan…
Alhamdulillah yaa sekarang walaupun jarak yang jauh, tapi kita bisa melihat dan menelusuri lebih dekat² tempat yang sebelumnya kita pengen tahu jadi tahu dan itu semua berkat adanya paket internet...
Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Privilege warga Jakarta
Banyaakkkk bangettt opsi wisatanyaa

Aku juga suka cuss ke spot religi kyk gini

Seruuuuu
Winda - dajourneys.com mengatakan…
cocok buat yang bawa orang tua ya mba, karena rata2 orang tua kan maunya wisata religi hehee
Nabilla DP mengatakan…
wah kalau ke masjid yang di jakarta timur, itu ternyata nggak hanya dapat wisata religi ya mba tapi juga sekalian wisata sejarah.. thanks for sharing mba
Sitatur Rohmah mengatakan…
Biasanya tiap berkunjung ke satu kota maka kami cari masjid yang terkenal di kota itu. Lalu Jakarta ya Istiqlal deh yang waktu itu kami kunjungi. Lalu sempat ke masjid cut Mutia di daerah Menteng. Masjid tempat singgah paling nyaman. Istirahatkan badan istirahatkan jiwa kita setelah lelah di perjalanan
Dee_Arif mengatakan…
Wah, mantap ini rekomendasinya kak
Jakarta Timur bisa jadi pusat wisata eligi ya
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Wisata religi bikin adem, ya. Selain beribadah juga bisa sekalian mempelajari sejarahnya. Asiknya ada internet cepat, jadi bisa tau juga masjid mana aja yang bersejarah
Helenamantra mengatakan…
masjid jami yang di jatinegara kaum ini dekeeet tapi belum pernah ke sana.
Kalau ga salah dekat rumah Om Doel, blogger juga.
kalau At Tin pernah sekali mampir waktu ada acara ketemuan komunitas. Masjidnya guedeee ya masya Allah. Saat bulan puasa banyak yang mabit di sana.
Lina Muryani mengatakan…
Ternyata waktu itu cepat banget ya mb dan tidak terasa akan bertemu lagi bulan ramadhan
Ade Anita mengatakan…
baru ngeh dengan masjid yang di condet itu ternyata masjid tua heritage gitu ya. kalo 2 masjid lainnya aku tahu
Nita Juwithafina mengatakan…
kalau wisata religu begini, jadinya ingat ramadhan.dan dulu jaman kuliah punya kebiasaan keliling mesjid untuk melaksanakan sholat tarawih. effort tapi seneng 😇
Kalo di Suarabaya sini, kami biasa ke Masjid Ampel dan Masjid Ceng Ho Teh Fenni.
Biasanya disekitar masjid akan banyak beragam kurma untuk hidangan berbuka juga di sana.
sarrahgita mengatakan…
Btw boleh juga nih idenya, wisata religi menjelang bulan ramadhan. Jujur saya jarang banget sengaja mengunjungi masjid seperti yang mba Feni lakukan. Yang saya ingat saya pernah sengaja wisata ke masjud kubah mas, tapi itu udah lama bangeeet hehe
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
dapet dua manfaat utama , mulai dari bisa sekalian beribadah terus dapat tahu sejarahnya yang menarik untuk diulik. Sebenarnya kalau bisa bertemu langsung dengan penutur sejarahnya pasti seru abis sih ini
Indah Nuria Savitri mengatakan…
aku tinggal di Jakarta Timur tapi belum banyak tempat yang aku datangi mba. Lumayan banyak ya yang ada di sekitar area ini
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllah~
Seneng banget karena berkat internet cepat, maka bisa menjelajah berbagai wisata religi yang ada di sekitaran Jakarta Timur. Semoga berhikmah..
Jiah Al Jafara mengatakan…
Sebentar lagi udah mau puasa yaaa. Emang kudu bersiap sih dan mulai nyari wisata religi yang oke buat nenangin hati. Catet deh masjid-masjidnya
Irawati Hamid mengatakan…
berwisata ke masjid tentu akan membuat kita sadar untuk semakin rajin beribadah yaa. rasanya, berwisata religi ini cocok dilakukan saat ramadan
Zahra Rabbiradlia mengatakan…
belum pernah ke semua masjid itu padahal pernah 2 tahun di jakarta :( mungkin karena tinggalnya di jakbar mepet jakpus ya hee
Heni Puspita mengatakan…
Wah kalau daerah TMII, condet apalagi Jatinegara sih masih bisa terjangkau dari tempat suami saya tinggal Mbak. Kalau di Jakarta, suami tinggal di Matraman. Bisa nih jadi tujuan wisata religi bareng anak-anak.
Siska Dwyta mengatakan…
Oh ya banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapat ya dengan memanfaatkan paket imternet cepat termasuk kalau mau wisatareligi ke suatu daerah baru, nggak erlu bingung carinya, tinggal googling aja
Henny mengatakan…
Wisata religi seperti ini bukan hanya mendapat pengetahuan seputar agama tapi juga sejarah. Iya ya cocok nih wisata bersama orangtua dan keluarga.
Lia_Lathifa mengatakan…
Masyaallah jadi kangen, dulu kalo pulang kerja suka mampir sholat di masjid Attin, atau lagi ikut acara tabligh akbar. Barokallah
Inda Chakim mengatakan…
Lah iya bentar lagi Ramdan. Jadi inget utang puasa belum lunas Ya Allah.
Dulu, sebelum pandemi suka sadari ramadan ke masjid masjid yang ada di sekitar tempat tinggal. Semoga tahun ini bisa mulai lagi.
Menarik juga ya mak bisa melakukan wisata religi, aku belum pernah nih mencoba untuk wisata religi. Apalagi bisa sambil mengenal cerita sejarah dari masjid itu. Ini kalau masjid At-Tin aku sudah pernah tapi yang dua lagi belum nih.
Tetty Hermawati mengatakan…
Terima kasih review dan informasinya mba,nkebetulan saya sama suami suka banget wisata masjid, dan kadang bingung mau kemana, alhamdulillah ada referensi nih akhirnya
Eka FL mengatakan…
Ya Ampun Ramadhan sebentar lagi yaaa, gitu gan Minggu. Paling syahdu emang banyak kegiatan ramadhan tuh di masjid ya. Keliling masjid juga bisa jadi ide bagus jadi bisa silaturahmi dengan jamaah masjid lain. Apalagi kalau masjidnya punya nilai sejarah seperti masjid masjid di Jakarta Timur ini ya.
Lina mengatakan…
Bisa jadi rujukan terbaik nih kalau jalan-jalan ke jaktim dan selain itu saatnya menademkan hati dan pikiran juga ya kak
Hastin Pratiwi mengatakan…
Wah.. Masya Allah.. Ternyata banyak banget ya masjid bersejarah di wilayah Jakarta Timur.
Saya yang tinggal di Yogya selama ini cuma tahu Masjid At-Tin aja karena letaknya yang strategis di Taman Mini. Internet memang memudahkan segalanya, termasuk mencari transportasi apa yg harus digunakan ke tempat tujuan.
duniaeni.com mengatakan…
Aku seneng ngajak anak-anak wisata religi yang bikin anak-anak semakin tahu agamanya, keindahan Islam, jadi tidak sekedar jalan-jalan saja ya
Ulfah Aulia mengatakan…
Wah mengunjungi tempat2 religi dan sekaligus berwisata memang jadi perjalanan wisata yg menarik yaa Mbak.. Huhu semoga next bisa mengunjungi mesjid2 keren ini, terlebih ada koneksi internet yg memadai, jadi makin nyaman yaah
Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan…
Sebentar lagi udah Ramadhan lagi ya, wisata-wisata religi ini bisa jadi rekomendasi yang tepat sih untuk menjelang Ramadhan nanti untuk latihan memupuk iman kita. Atau bisa juga biar Ramadhannya makin bermakna jalan-jalan ke wisata religi ini
kang ᗪirman mengatakan…
Nah setuju, kak. Apalagi jika sedang liburan nih.. jadi lebih seru kalau pas di tempat keluarga atau staycation yang pakai Indihome dengan koneksi internet cepat, cari apa aja jadi mudah, termasuk tempat ibadah.
BujangAdau mengatakan…
Sembari wisata religi bisa sekalian ibadah. sebuah perpaduan yang luar biasa dan sangat menarik. Asikkk banget
Ning! mengatakan…
Beneran nggak berasa ya, kurang dari sebulan lagi udah ramadhan. Pas banget nih menyambut bulan suci dengan wisata religi.
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
InsyaAllah di saat Ramadan, masjid-masjid ini akan semakin ramai dengan berbagai aktivitas. Senangnya transportasi umum menuju masjid ini mudah
Ayah Ugi mengatakan…
Berkat paket internet cepat bisa dengan mudah menelusuri tujuan untuk dikunjungi. Mau keliling ke wisata religi atau wisata kuliner makin mudah
Riri Restiani mengatakan…
Wisata religi seperti ini rasanya perlu dicoba, seru! saya baru tau di Jaktim banyak ya mesjid seindah ini.
Ratna K mengatakan…
Alhamdulillah sebentar lagi Ramadhan semakin dekat, insyaa Allah diberikan kelancaran menjalankan ibadah dan bisa mengunjungi masjid di list ini. Sekali-kali mencoba wisata religi hehe.
Masha Allah, masjid-masjid besar di Jakarta tuh banyak banget dan bagus semua yaah. Sayangnya tiga lokasi ini semua agak jauh dari rumahku huhu.
Dita Indrihapsari mengatakan…
Jadi inget pernah mabit di Masjid At Tin.. Dulu beberapa kali ke sana. Selain solat, pernah juga ada nikahan di At Tin.. :D Yang Dua masjid lainnya aku belum pernah.. Udah lama banget ya masjidnya dari tahun 1620, termasuk bangunan bersejarah..
Melyluthia mengatakan…
Pokonya kalo pake jaringan paket internet cepat tuh semuanya jadi serba lancar dan praktis yah, gak susah lagi buat cari2 tempat yang dituju.
Lia Yuliani mengatakan…
Dengan paket internet cepat memang memudahkan Kita untuk mencari tempat yang ingin dituju ya Mba. Begitu pula dengan mencari wisata religi. Saya tahunya Masjid At Tin saja ternyata di Jakarta Timur ada dua Masjid rekomended lainnya.
Sapa Dunia mengatakan…
Saya pernah ke masjid At- Tin Taman Mini, kalau Salafiyah, lewat saja. 😊
Gita Siwi mengatakan…
Wah terima kasih infonya nih, pas jelang ramadan yang dalam hitungan hari nih, karena banyak yang akan mampir2 masjid dalam perjalanan kan.
Fandhy Achmad R mengatakan…
Menjelang bulan puasa, wisata religi bisa jadi pilihan untuk ngabuburit dan menanti waktu berbuka puasa, salahsatunya dengan wisata religi dan mengunjungi mesjid-mesjid, apalagi jika yang dikunjungi adalah mesjid bersejarah seperti mesjid jatinegara
Diah Alsa mengatakan…
semoga kita masih diberi kesempatan bertemu Ramadan tahun ini ya Kak, sekalian deh bisa safari Ramadan nih, bisa Tarawih di Masjid-Masjid yang udah disebutkan disini.
dari dulu sebenarnya penasaran banget pengen bisa mampir ke Masjid Istiqlal juga Masjid At Tin ini kalau ke Jakarta, tapi belum pernah kesampaian nih.
Mugniar mengatakan…
Luas ya Masjid Agung At-Tin ini. Menariknya, ternyata sering ditempati berkegiatan. Semoga berkesempatan ke TMII dan melihat masjid ini.
lendyagasshi mengatakan…
Kalau untuk jarak dari lokasi yang satu dengan yang lain, kesulitan gak, kak Fenni?
Rasanya mashaAllah, pasti menjadi penyemangat tersendiri berkunjung ke wisata religi yang bikin hati tenang.
Akarui Cha mengatakan…
Dari semua rekomwndasi, baruMasjid At Tin aja yang kukunjungi, KakFenni. Ternyatamasih ada dua lagi masjid bersejarah yang bisa disambangi di Jakarta Timur. Kelihatan sejuk sejuk dan bikin nyaman sih dari foto fotonya.
Lia Yuliani mengatakan…
Dulu alm.nenekku pernah ke Masjid At Tin katanya masjidnya luas dan bagus. Saya belum sih ngunjungin ketiga Masjid di atas. Wisata religi jadi lebih mudah dengan rekomendasi internet cepat IndiHome.
Antung apriana mengatakan…
sebagai umat islam rasanya nggak afdol ya kalau kita tidak mengunjungi masjid-masjid yang ada di berbagai wilayah. aku penasaran nih sama mesjid at tin sama mesjid jayakarta itu soalnya mesjidnya umurnya sudah tua banget
Nabilla DP mengatakan…
baru tau di jakarta timur ternyata ada beberapa masjid bersejarah ya.. nice share mba jadi makin tau nih
Linda Puspita mengatakan…
Cocok nih kak berselayar dulu dengan internet cepat, baca baca reviewnya biar tambah yakin kunjungan wisata religi tahun ini. Btw, boleh ke Jambi ya kak
Julia.K mengatakan…
Untuk wisata religi yang pertama dan kedua saya sudah pernah kunjungi krn kebetulan dekay dengam rumah sepupu. Yang terakhir baru tau dsri mba Feni, boleh lah suatu saat nanti berkunjung
Yayat mengatakan…
Wah boleh nih buat puasa... di mesjid ini suka ada buka puasa kan ya.. bagi bagi takjil hihihi hadeuh katawan kalo ke mesjid cuman buat minta buka puasa.. ku pernah sekali ke mesjid AT Tin... masih inget kemegahannya
Siska Dwyta mengatakan…
Iya ya bagus juga kalau pas momen ramadan kita wisata religi di masju bersemjarah yang ada di Jaktim ini
Nia K. Haryanto mengatakan…
Nah yang begini nih yang nanti bulan Ramadhan bakalan banyak dikunjungi ya. Berwisata dari masjid ke masjid. Apalagi kalo masjidnya bersejarah gitu, seneng deh bisa sekalian shalat dan tadarusan, terusnya meliha-lihat bangunan masjidnya yang bagus.
gemaulani mengatakan…
internet itu memang penting banget ya kak, membantu hidup jadi lebih mudah kalau dimanfaatkan dengan baik