Langsung ke konten utama

Arti Penting Lingkungan Hidup

Bagaimana lingkungan sekitarmu di tahun 2023 ini? Apakah terlihat ada perubahan sebagaimana berubahnya jam, hari, tanggal, bulan, tahun? Atau malah justru makin membuat gelisah karena parah tidak adanya perubahan?

Apa pun masalah yang terjadi pada lingkungan hidup di sekitar kita, sebisa mungkin untuk lekas diatasi. Pasalnya lingkungan hidup merupakan satu kesatuan ruang yang ada dengan berbagai keadaan, daya, benda dan makhluk hidup itu sendiri. Sehingga bila terjadi gangguan maka akan berdampak karena saling berkaitan satu sama lain.

Apakah Menjaga Lingkungan Itu Sulit?

Macam-macam gangguan lingkungan yang dapat menjadi masalah sudah kita ketahui seperti banjir, polusi (pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, pencemaran cahaya, pencemaran visual), kerusakan hutan, abrasi laut, dan sebagainya. Dari permasalahan lingkungan ini, bisa diupayakan untuk penanggulangannya, misalnya deforestasi hutan bisa dicegah dengan sistem tebang pilih. Hanya saja, bisakah rutin untuk dilakukan?

Ya, sesuatu yang konsisten ini memang bukan hal yang mudah, karena juga tidak bisa melaksanakannya secara individu. Kolaborasi bersama diperlukan untuk menjaga “rumah kita” yang luas ini. Jadi bukan pula hal yang sulit untuk dikerjakan. Apabila, kesadaran semua “penghuni bumi khususnya manusia” dalam melaksanakannya secara berkesinambungan.

Jaga Lingkungan di Mana Kamu Tinggal

Kita bisa berbagi tugas dengan melaksanakannya secara serentak. Misalnya untuk kamu yang tinggal di sekitar pantai, dapat menjaga lingkungan dengan menanam mangrove dan terumbu karang yang dilestarikan. Hal ini bisa berdampak akan terhindarnya masyarakat dari abrasi.

Untuk kamu yang tinggal di pemukiman padat dengan lokasi terbatas, bisa hijaukan lingkungan dengan menanam pohon secara vertikal. Banyak tutorialnya yang bisa diikuti dan disimak melalui laman youtube. Serta bisa mengikuti teknik mereka bagaimana cara menjadi petani milenial. Dengan begitu, meski di lahan terbatas penghijauan tetap dapat direalisasikan, karena manfaatnya berlimpah, seperti:

  • Mengurangi polusi udara
  • Suplai oksigen untuk kita makin meningkat
  • Sengatan sinar matahari dapat ditahan sehingga lingkungan menjadi teduh
  • Ruangan di sekitar menjadi cantik, karena adanya lahan terbuka hijau
  • Sebagai penyejuk untuk kesehatan mental kita
  • Tidak bingung ketika ingin menikmati sayuran hijau, karena bisa dikonsumsi
  • Berpeluang sebagai penghasil cuan, dengan menjual tanamannya.

Bagi kehidupan kita, lingkungan hidup memiliki arti penting dalam kelangsungan hidup. Ya, karena “lingkungan hidup adalah rumah kita”. Tempat untuk tumbuh dan berkembang. Tempat dalam mewujudkan cita-cita. Tempat bernaung dan beribadah kepada-NYA. Jadi apa saja nih, resolusi kamu terkait lingkungan yang sudah dan belum tercapai di tahun ini? Bagi pengalaman di kolom komentar yuk. 

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
menjelang hari peduli sampah nasional, selain menanam pohon penting banget memilah sampah

karena sulit memiliki lingkungan yang asri bahkan makanan yang terbebas dari cemaran jika lingkungan kita tertimbun sampah
sylvianayy mengatakan…
hmm... ada satu yang sampai saat ini aku pengen lakukan tapi belum kesampaian yaitu menjadi anggota bank sampah. aku pengen banget bisa pilah-pilah sampah sebagai salah satu kontribusi untuk lingkungan
Aisyah Dian mengatakan…
setuju sekali kak, lingkungan hidup adalah tempat kita tinggal, sudah sepatutnya kita terus menjaga dan melestarikannya agar tidak rusak ya
DokterTaura mengatakan…
Sejak sebelum pandemi, aku sudah mulai jatuh hati dengan gardening. Apalagi selama pandemi, jadi lebih intens ke tanaman.
Sekarang, rumah sudah kayak hutan, hehehe...
Setuju banget, menjaga lingkungan sekitar tuh sudah jadi kewajiban kita semua, no debat! No tawar menawar
Dee_Arif mengatakan…
Lingkungan hidup itu penting banget dalam kelangsungan kehidupan di bumi ini ya mbak
Kita harus punya tanggung jawab dalam menjaganya
Mutia Ramadhani mengatakan…
Sejauh ini kayaknya mengandalkan orang dewasa dan remaja saja tampaknya masih belum signifikan berdampak nyata untuk pencapaian konservasi lingkungan hidup. Kita butuh gerakan besar. Petani milenial ini contoh gerakan nyata, setidaknya dari rumah.
Annie Nugraha mengatakan…
Setuju Fenni. Lingkungan hidup itu sudah jadi bagian penting dari kehidupan dan diri kita sendiri. Setidaknya, jika menyadari ini, kita bisa mulai dari diri dan lingkungan terdekat kita. Mulai mengurangi sampah yang gak perlu dan menikmati hidup dengan asupan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Kalau saya memang suka nanam-nanam ya, sejak kecil. jadi yang namanya nanam pohon atau semacamnya itu udah biasa.
Bukan karena semata pandemi kemaren.
Karena emang enak sih kalau banyak pohon, lingkungan jadi lebih adem
Suci mengatakan…
Semakin sering bermain di alam semakin besar lah rasa cinta kita pada alam. setidaknya itu yang saya alami sendiri. Berada di alam itu bikin tenang dan damai
Emma Malika mengatakan…
Pentingnya menjaga lingkungan memang harus terus menerus dilakukan, secara alam kita ini sudah banyak masalah jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Deeva Collection mengatakan…
Lingkungan sekarang jauh berbeda dengan beberapa tahun lalu. Beruntung meskipun di kota, rumah say ajauh dari pabrik atau pergudangan. Jadi ga panas-panas banget udaranya. Apalagi dekat rumah masih ada bukit dengan pepohonan yang menghijau.
Khoirur Rohmah mengatakan…
PR bersama sih ini untuk menjaga lingkungan sekitar
Apalagi polusi yang sudah tidak menentu dan bikin udara jadi sesak
Apalagi semakin bertambah tahun, usia bumi juga tambah tua dan perlu saling jaga, termasuk merawat lingkungan supaya tidak terkontaminasi banyak hal
Kalau aku pengennya sih nanam2 bunga atau sayur2an itu mbak hehee
Elisa mengatakan…
Sampai sekarang ini saya masih berusaha rajin merawat tanaman di halaman rumah saya, Mbak. Tapi selalu aja ada yang tumbang di tengah jalan :(

Alhamdulillah nya saya punya tetangga yang rumahnya dipenuhi dengan banyak jenis tanaman yang segar dan rimbun. Jadi bisa ikut merasakan manfaatnya:)
lendyagasshi mengatakan…
Dengan menjaga di sekitar tempat kita tinggal, ini akan kembali kepada diri kita sendiri ya.. Menimbulkan rasa nyaman dan aman ketika melihat pemandangan yang hijau-hijau. Terutama ketika tanaman tersebut memberikan manfaat lebih, seperti tanaman sayur dan tanaman toga.
Rafahlevi mengatakan…
Entah aku yang sedikit mengalami perubahan circle atau memang makin banyak yang peduli lingkungan. Saat ini makin banyak dari generasi muda yang sadar tentang kelangsungan lingkungan hidup kita kedepan. Dengan sustainable atau pola eco friendly pokonya lebih ramah lingkungan gaya hidupnya
Irawati Hamid mengatakan…
kalo rumahku udah jadi nanti, saya mau nanam sayur dan buah di halaman rumah, selain agar lebih hemat juga agar udara di rumah jadi lebih segar dan tentu lingkungan jadi lebih hijau
Bambang Irwanto mengatakan…
Soal lingkungan ini memang jadi tanggung jawab kita bersama ya, Mbak. Dan bagusnya itu dimulai dari diri sendiri. Menjaga lingkungan bisa disesuaikan dengan sikon. Misalnya itu tadi. Yang tinggal di pemukiman padat penduduk, bisa penghijauan dengan menanam secara vertikal. yang tinggal di tepi pantai, bisa ikut menanam mangrove. Tapi tetap harus tugas bersama. Misalnya pengunjung pantai jangan seenaknya membuang sampah.
Yustrini mengatakan…
Makin ke sini memang masalah lingkungan hidup jadi memprihatinkan. Terutama soal sampah masih banyak oramg yang belum mengelola sampah dengan baik.
Nabilla DP mengatakan…
kalau aku belum berbuat banyak nih mba buat lingkungan di sekitar, paling biasanya menjaga kebersihan sekitar aja.. sama pernah melakukan adopsi pohon
Yonal Regen mengatakan…
Saya dengan anak-anak di sekolah membuat gerakan Forum Siswa Sayangi Lingkungan (Fossil) sebagai langkah kecil untuk mengkampanyekan untuk menjaga lingkungan mulai dari membuat bank sampah, sampai mengolah sampah organik maupun non organik
Aldhi Fajar mengatakan…
Menjaga lingkungan dah jadi kewajiban ktia semua untuk menjaga dan melestarikannya. Banyaknya oknum yang merusak alam memang sangat disayangkan. Semoga anak cucu kita bisa merasakan lingkungan yang baik.
Han mengatakan…
Yang bikin sesak kota itu karena ruang untuk tumbuhan semakin berkurang yaa mbaa. aku pun setelah pindah ke pinggiran kota kerasa banget udaranya bedanya tuh.. jadi semakin sadar bahwa kita tuh butuh banget sama tumbuhan
Didik Purwanto mengatakan…
Aku juga lagi senang menanam di pekarangan rumah nih kak. Lumayan buat penghijauan. Biar enak dipandang juga tuh halaman. Dan emang hawa rumah kita jadi seger sih.
Diaz Bela mengatakan…
Setelah membaca tulisan ini aku merasa bahawa upayaku untuk bersikap ramah terhadap lingkungan masih jauuuuuh sekali. Semoga kedepannya bisa terus memperbaiki diri dan lebih bisa menerapkan hidup ramah lingkungan.
Lintang mengatakan…
Bisa juga ya bikin hidroponik di rumah. Duh emang nih ya kalau ngga menjaga lingkungan hidup kasihan anak cucu kita nanti. Jadi kalau ngga mulai sekarang ya kapan lagi?
deamerina mengatakan…
Aku nggak bgtu telaten bercocok tanam hehe tp suka liat ijo2. Biasa ibu yg suka berkebun. Tp sygnya space untuk tanaman minim bangeet 😅
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Cuaca saat ini sudah tidak seperti jaman dulu lagi...harusnya musim.kemarau tapi penghujan atau sebaliknya....semoga lingkungan kita tetap terjaga dengan baik yaa untuk generasi anak cucu nanti (gusti yeni)
lendyagasshi mengatakan…
Pentingnya menjaga tempat kita tinggal karena sinergi yang bagus antara manusia dengan alamnya akan membawa keberkahan yang kembali pada masing-masing. Seperti menanam tanaman yanag bisa dimanfaatkan dan diambil hasilnya, selain bikin hijau juga mendapatkan buah yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan manusia.
Dee_Arif mengatakan…
Buat aku, lingkungan hidup punya arti yang sangat penting
Lingkungan hidup bisa mempengaruhi kehidupan kita juga
Menjaga lingkungan berarti menjaga kelangsungan hidup kita juga
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Menjaga lingkungan hidup tuh penting banget, hal yang bisa aku lakukan ya membuang sampah pada tempatnya dan menanam pohon. Ngajarin anak aku juga sih agar mau menanam pohon
Happy mengatakan…
jaga lingkungan ini emang harus dimulai dari diri sendiri. dengan mengkampanyekan hal itu bisa bikin orang ikut tergerak juga
Wahyu Eko C mengatakan…
yg pasti dan sudah saya lakukan sejak dulu adalah anti buang sampah sembarangan terutama sampah plastik, sebab selain merusak lingkungan keindahannya pun tercoreng dengan adanya sampah berserakan.
R Palupi mengatakan…
Sedih banget karena dua bulan yang lalu aku habis menebang pohon ketapang kencana di depan rumah. Soalnya akarnya udah hampir ngerusak lantai rumah. Padahal sayang banget sama pohon itu. Rindang, teduh dan bagus.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Kalau dibandingkan dengan masa kecil dahulu banyak babget perubahan yang terjadi, seperti anomali cuaca, curah hujan ekstrim dan dampaknya..
Buat di rumah, sebisa mungkin aku memanfaatkan lahan yang cuma seuprit agar rumahku nampak lebih hijau dan udara lebih segar...
Eka FL mengatakan…
sebetulnya menjaga lingkungan itu gak sulit mba feni, yang sulit ada mengubah mindset dan mengubah gaya hidup apalagi membiasakan diri menjaga lingkungan. saya rasa ini dasarnya sih, yaitu awareness terhadap lingkungan. tapi setidaknya saya dan keluarga sudah menerapkan hal sederhana dalam menjaga lingkungan, contoh kecilnya yang sering dilupakan, buang sampah pada tempatnya dan tidak membakar sampah
Siska Dwyta mengatakan…
Lingkungan hidup memang memiliki arti yang sangat penting ya dalam hidup manusia karena itu udah jadi tugas manusia juga untuk menjaga dan melestarikannya. Menjaga agar lingkungan di sekitar kita tetap bersih dan tidak tercemari
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Sama nih mba sejak pandemi aku jadi lebih suka berkebun. Pilih yang bisa dijadikan bahan pangan atau pohon buah