Wisata Lebaran Mau Ke Mana?

Jreng… kalau melaksanakan puasa di bulan Ramadhan sudah lewat dari setengah bulan, pertanyaannya yang muncul memungkinkan bukanlah, “Berapa lama lagi sih bedug maghrib?” tetapi “Puasa tinggal berapa hari lagi?”

Hmm, memangnya mau ke mana, sampai tanya berapa hari lagi menuju lebaran?

Ya mudik dong…

Wisata genks …

De-es-be

daftar wisata lebaran murah

Perencanaan wisata sudah menari-nari di pelupuk mata. Bahkan mungkin sebelum bulan Ramadhan datang, udah pada siap-siap nih nanti pas lebaran bakalan mudik atau traveling ke destinasi wisata yang mana. Apapun itu yang penting persiapannya ya matang yak. Bawa perlengkapan yang wajib ada ketika bepergian.

Soalnya ceki-ceki berita di CNBC Indonesia, untuk tiket kereta pada ludes. Jalur udara belum sepenuhnya ramai. Beda bila dibandingkan dengan transportasi darat, yang prediksinya nih kendaraan roda empat 22,07%, (27,32 juta orang), kendaraan roda dua 20,3% (25,13 juta orang), bis 18,39% (22,77 juta orang), Kereta api 11,69% (14,47 juta orang), dan kendaraan sewa 7,7% (9,53 juta orang). 

Perginya Sama Siapa?

Wuiih, itu subjudul udah kayak pertanyaan interograsi..

“Kamu di mana? … Perginya sama siapa? Kapan perginya? Mau pergi kemana sama dia?”

daftar wisata lebaran murah di Jakarta

Ya, penting sih untuk mengetahui pergi berwisata atau mudiknya itu sama siapa karena tujuannya buat mengantisipasi keadaan. Misalnya nih, kamu dan keluarga mau liburan ke Raja Ampat yang pemberangkatannya dari kota Jakarta, maka bisa ancer-ancer tiket perjalanan yang akan dibeli berapa jumlahnya, penginapan (bila menginapnya bukan di tempat kerabat) untuk berapa kamar, lokasi menginap dengan destinasi liburan, dan lain-lain.

Atau hendak berwisatanya ke rumah sahabat. Jadi hangout plus sekalian silaturahmi ini juga bisa dilakukan. Kamu bisa tanya, apakah rumah sahabat kamu itu masih memiliki kamar untuk semisal kamu menginap di sana. Kalau ternyata tidak, maka perlu menyiapkan dana buat memesan penginapan.

Kalau Gak Mudik, Bagaimana?

Ya, berarti DL. Bukan deadline ye, tetapi derita loe, wkwkwk.. Ini mah saya banget, hehe. Bagian memantau patung Selamat Datang yang tetap stay di Bundaran HI, dan bagian merasakan nikmatnya Jalan MH Thamrin – Sudirman – Gatot Subroto maupun HR Rasuna Said yang lengang dari biasanya, hihi.

daftar wisata lebaran murah dan dekat

Pernah loh uniknya gini, ketika saya jalan-jalan menikmati ibukota yang lengang, eh giliran masuk ke mall kok orangnya tetep aja banyak, haha. Apakah mereka kayak saya juga beli baju lebarannya malah bukan sebelum Hari Raya melainkan udah lewat, hihi. Kegiatan seperti ini tuh bisa jadi rekomendasi buat kamu yang punya bujet tipis yaitu liburan dengan minim biaya.

Ya, kan namanya traveling gak mesti inap-menginap.. Atau ke destinasi wisata hiburan naik wahana, lalu teriak-teriakan aja. Bisa juga dengan berkeliling mall, menyesapi lengangnya jalannya ibukota, sehingga dapat dijadikan sarana buat pepotoan juga. Sebab kan kalau pas hari kerja bakal penuh dengan orang lain yang ingin berfoto seperti di halte busway (Bundaran HI, Tosari, Karet-Sudirman, Velbak, maupun CSW), peron stasiun Manggarai yang ketika senja hari membuat healing bersinar, atau di stasiun MRT.

Jadi, wisata Lebaran mau ke mana? Mana saja boleh, yang penting dipersiapkan dengan baik. Hati-hati untuk membawa uang dan dompet. Bawa perlengkapan mandi dan solat sendiri. Carger jangan sampai lupa, karena kalau ini ketinggalan maka niscaya kamu tidak akan nangis ketika melihat momen cantik tetapi tak bisa mengabadikannya karena baterai henpon yang habis, hihi. Cuss.. wisata lebaran kamu nih gaess..

61 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wisata lebaran saya pasti mudik lah...sombongamat hehehe. Soalnya orang tua di kampung dan Alhamdulillah keduanya masih sehat, maka mudik itu wajib bagi saya. Sementara Mertua sudah berpulang semua jadi mudiknya cuma ke kota saya.
Semangat buat yang jagain patung selamat Datang, tetap semangat berwisata di Jakarta yang ditinggal mudik banyak penghuninya
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Alhamdulillah udah lama gak mudik karena gak punya tempat mudik
Karena semua saudara beragama Katolik, kalopun mudik Natal tempatnya gak ada
Komen Blog fennibungsu.com
Saya nggak mudik nih, dan kayaknya di rumah aja, atau mudik dalam kota ke rumah mertua, tapi mengurus beliau yang memang sedang sakit.
Yang penting adalah memaknai lebarannya ya :D
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Tahun ini ga mudik,adgenda berkunjung ke rumah teman yang sudah lama ga silaturrahiim. Sekalian lebaran rencana ke pantai, mbak. Udha lama juga ga ke oantai
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Yuliani mengatakan…
Ke mana ya Lebaran? Saya biasanya diem di rumah aja sih. Soalnya bibi paman juga di daerah sini, kalau mau traveling paling setelah Lebaran aja biar nggak kena macet
Komen Blog fennibungsu.com
Adi mengatakan…
Saya sih sudah punya planning liburan Lebaran mau kemana tapi ya gitu apakah nanti bisa tereksesuki ga tau dwech.
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
pengalaman 3 tahun berturut2 gak mudik di Jakarta malah enak, meski gak mengunjungi tenpat wisata tapi jalan2 naik KRL naik TJ cukup menghibur. Liatin jalan aja hehe dan ikon2 Jakarta yang bagus tapi gak terlalu butuh tiket masuk gtu.'Kalau mudiik sebenarnya aku jg gak terlalu suka bepergian, maunya ngendon di rumah ngabisin makanan haha :P
Komen Blog fennibungsu.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Wisata di hari Lebaran bagaikan nonton orang yang berwisata. apalagi dah normal, orang2 pasti pada balas dendam wkwkw
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Saya jarang banget liburan pas lagi masa-masa liburan nasional atau hari raya. Selain karena apa-apa serba mahal, khususnya urusan transportasi, akomodasi dan makanan, suasana yang terlalu rame tuh bikin saya pusing. Jadi kalau hari raya seperti Idul Fitri paling-paling pergi silaturahim aja ke keluarga. Makan di resto pilihan habis itu pulang.
Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
Tak lengkap memang lebaran tanpa wisata karena lagi pada ngumpul keluarga dan cari hiburan biasanya ke tempat wisata
Komen Blog fennibungsu.com
Wahid Priyono mengatakan…
Bener nih, saat traveling kalo sampe beterai habis terus ada moment cantik yang perlu dipotret tapi baterai Hp habis bisa kacau. Saya selalu memperhatikan hal2 penting sebelum liburan, jauh2 hari harus sudah dipikirkan dan dievaluasi.
Komen Blog fennibungsu.com
Tati Suherman mengatakan…
Insya Allah rencananya lebaran tahun ini pingin wisata ke bangka trus nyeberang ke singapura
Komen Blog fennibungsu.com
Indra DP mengatakan…
kalo aku wisata lebaran nanti rencana mau main2 ke tempat2 wisata deket daerahku aja dah, lebih hemat wkwk
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Mudik gak mudik semoga semua sehat.
Heheh. Karena mudik pastinya membutuhkan banyak persiapan dari segi fisik hingga persiapan. Apalagi after mudik, banyak banget kebutuhan kan ya.. Kudu sedetil itu sih ya.. Tapi pengennya kalo mudik tuh minimal mengunjungi saudara jauh yang jarang ketemu. Jadi tali silaturahm tetap sambung.
Komen Blog fennibungsu.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Aku gak mudik. Kalo Lebaran paling main ke rumah sodara aja. Walopun gak jauh, tapi jarang ketemu. Jadinya seru. Anak-anak juga seneng. Hiburannya paling ya ke mall. Haha maklum di kampung. Orang kota pada liburan ke kampung, kita sebaliknya.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Hahahaha senasib nnih Kak, saya mudiknya juga di dalam kota. Menikmati suasana kota yg berbeda meski gak sepi2 amat (kalau di Malang).

Setuju kalo wisata pas lebaran kudu persiapan, ga bisa cuma bawa uang ama HP. Emang sih banyak toko tapi lebih tenang kalo perlengkapan liburan udah disiapkan sebelumnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Irawati Hamid mengatakan…
cuti lebaran ini sepertinya saya gak akan kemana-mana. wisatanya di rumah aja bersama anak dan suami sambil nonton drama dan film sepuas-puasnya, hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Palingan nanti cari tempat wisata disekitar kampung halaman
Karena lebaran selalu mudik

Kalau nggak ya staycation aja di Batu Malang
Komen Blog fennibungsu.com
Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan…
Kalau saya rencananya mudik ke Jombang, Jawa Timur. Semoga semuanya lancar ya. Salam dari Jogja. Semoga sehat selalu.
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
hari raya tahun ini saya dan keluarga tidak mudik mbak. Tapi sudah ada beberapa agenda bersama teman, dan juga rencana bareng keluarga di Jember juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Yustrini mengatakan…
Wah bentar lagi udah libur lebaran tiba ya. Aku rencana ga mudik tahun ini. Ya paling piknik tipis-tipis aja di dalam kota hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Wisata lebaran kayaknya mau staycation di kota Batu Malang
Biar bisa santai sejenak menikmati hawa sejuk kota Malang
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Jadi alternatif banget buat liburan lebaran ke Jakarta, kayanya enak kali ya jakarta tanpa macet dan crowded saat yang lain mudik kita malah datang ke Ibukota
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Yang pasti kalau mau liburan di tempat wisata kudu legowo kalau gak cuma dia sendiri yang liburan krn pastinya banyak yang menyerbu lokasi yang sama. trus bener tu hati2 ama pencopet jangan sampai kehilangan barang2 ya
Komen Blog fennibungsu.com
Pastinya mau ke Rammang-Rammang karena di sana kampung halaman tapi baru bisa dikunjungi sekarang 😅
Komen Blog fennibungsu.com
Gita Siwi mengatakan…
Itu maksudnya klo charger ketinggalan ya. Nggak nangis sih klo charger ampe ketinggalan mba ,paling manyun ha ha ha
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Insya Allah saya mudik bareng keluarga, Mbak. Jadi nanti kami mau jalan-jalan ke pantai-pantai kebumen. makan tempe mendoan dan sate ambal hehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Seru sih ya..
Tahun ini mudik perdana setelah pandemi yang mengekang kita mudik dengan banyaknya syarat. Kini, alhamdulillah.. sudah bisa mudik dengan sedikit lebih lega. Jadi semoga sehat sehat selalu, selamat sampai tempat tujuan dan semoga kembali lagi dengan sehat juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Mudikk ke Solo pastinya secara orang tua dan mertua saya asli Solo...aish sudah kangen kuliner solo, destinasi wisata solo.yogya gunung kidul setiap pulang selalu ada yg baru...(gusti yeni)
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Kalau aku mudik ke kampung halaman ibu di Kertosono. Sekalian liburan tipis-tipis juga sih
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Kangenn kuliner Solo, terakhir kesana pas banget sebelum pandemi, bulan januari 2019 kalo ga salah ya ampunnn, emang ngangenin yaa kota satu ini
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
Aku tiap lebaran selalu jaga kandang as always. Alias nggak mudik 😆 palingan jalan2 doang ke luar kota bentar yang penting menghiruo udara segar. Biar balik punya cadangan oksigen buat menghadapi sumpeknya SBY hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Alsa mengatakan…
tooosss Kak Fen, saya pun juga gak pake mudik ini. Dan belum ada plan mau ke mana saat libur Lebaran nanti. Palingan juga di rumah Mama atau Tante terus balik ke rumah, makan, tidur, makan lagi, tidur lagi, wkkwkwk
Komen Blog fennibungsu.com
Mugniar mengatakan…
Asyik sih yaa kalau traveling itu maknanya tak terbatas hanya bepergian ke louar kota atau ke luar negeri saja, seperti yang ada dalam tulisan ini ... jalan-jalan dalam kota saat kota lengang namun mall rame juga bisa jadi pilihan :D
Komen Blog fennibungsu.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
wah kalau aku lebih suka nih wisata kuliner hehe.. apalagi kalau udah mulai bosen makan lontong opor terus wkwkwk mulai nyari yang aneh-aneh deh :)
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
wah iya bener. kalau liburan memang harus bawa perlengkapan pribadi sendiri. termasuk mukena untuk sholat. jangan mengandalkan ada mukena di tempat wisata. Jarang ada.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
kalau lagi lebaran, mall malah rame loh. bukan beli baju sih lebih ke hang out gitu, merasakan kembali makan di siang hari sambil jalan-jalan di mall, hahaha. kalau sih mudik mba, tapi deket kok mudiknya, cuman 15 menit aja!wkkwkwkwk
Komen Blog fennibungsu.com
Wahyu Eko C mengatakan…
Ga berasa sekarang tinggal 10 hari lagi menuju lebaran, alhamdulilah udah tinggal di kampung sendiri jadi gak perlu musik. Jadi pilihan wisata lebaran ya paling ke pantai terdekat aja sih
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
gak kerasa udah 27 tahun gak mudik alias gak punya kampung halaman wqwq. tapi aku gak kebayang sih macet-macetannya gimana
Komen Blog fennibungsu.com
Nimas Achsani mengatakan…
libur lebaran taun ini kami punya destinasi baru dan cukup berkesan untuk keluarga mbak, semoga rencana liburannya bisa terelasasikan semua ya
Komen Blog fennibungsu.com
iyan'blogs mengatakan…
karena momen lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkunjung menemui kerabat yang jarang di temui
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Wah aku sendiri juga masih bingung apakah mau mudik atau nggak hahaha... pengennya sih sekalian jalan2 ya karena mumpung liburnya panjang hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
saya berencana mudik mba, tapi belum tau wisata bakal ke mana haha soalnya mesti bakal ruame banget lah ya.. dan yang penting bisa kumpul keluarga di rumah
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kak Fenni juga hati-hati di jalan ya..
Semoga kemanapun saat liburan lebaran, bisa menambah semangat dan keberkahan sekembalinya ke dunia kerja lagi pasca Labaran.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Aku malah baru tahu kalau di Jakarta pas lebaran, jalannya lengang tapi mall-nya tetep rame wkwkk
Mungkin karena itu orang-orang yang gak mudik kali ya mbak? Jadi mereka menikmati ketentraman Jakarta yang ditinggal para pemudik.
Komen Blog fennibungsu.com
Cerita Keluarga Fauzi mengatakan…
Lebaran di Jakarta, justru yang rame Ragunan, Ancol dan TMII....tapi saya malah memilih diem di rumah aja, mager ke mana2
Komen Blog fennibungsu.com
Ahmad Dzikrullah mengatakan…
Banyak pilihan sih mau isi libur lebaran ke mana, bisa mudik, staycation dan lain-lain, sepandai-pandainya msngisi waktu agar tetap produktif
Komen Blog fennibungsu.com
kataresi mengatakan…
Hanya mudik ke Pamulang kak mau ke tegal ikut mertua tapi suami sakit. Pengen banget wisata ke karimun sih sebenernya kangen pantai akunya
Komen Blog fennibungsu.com
Andiyani Achmad mengatakan…
nah aku termasuk yang memiliki pemahaman kalo liburan itu bukan kemana tujuannya, kadang makna liburan dengan di rumah sambil menikmati waktu dengan nonton, makan dll tanpa diganggu hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Helenamantra mengatakan…
wisata dalam kota juga seru lho apalagi menikmati privilage lengangnya Jakarta. Transportasi umum juga masih berjalan normal kan yah selama libur lebaran?
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Lebaran kali ini saya gak kemana-mana. Justru nonton mereka yg lewat rumah saya, berwisata ke rumah Abah Jajang alias pemandangan Curug Citambur yg lagi viral itu
Komen Blog fennibungsu.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Saya udah 5 tahunan gak mudik. Awalnya memang sedih. Tapi, lama-lama biasa aja. Dan, tetap aja memilih di rumah. Jalan-jalannya setelah yang mudik pada selesai.
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
Saya termasuk yang jarang mudik nih mba. Saya jaga kandang aja di Bandung hehe. Btw seru juga ya, sekali2 berkunjung ke ibukota pas suasana tengah kota lagi lengang gegara lebaran
Komen Blog fennibungsu.com
Dayu Anggoro mengatakan…
Karena lebaran ini saya gak mudik, alhasil memutuskan untuk liburan pas orang-orang masuk kerja. Liburan pas orang-orang kembali beraktivitas tuh enak banget, karena gak ramai dan macet-macetan heheh.

-Dayu Anggoro
Komen Blog fennibungsu.com
Alfia D. Masyitoh mengatakan…
Aku aku akuuu... Aku tim yang kalo beli baju setelah lebaran wkwkwk. Betul banget, keliling mall pun ternyata bisa jadi salah satu ide traveling ya kak. Asal kuat aja budgetnya, hehe. Kan kasian kalo keliling doang tapi ga beli apa2 huhu. Tapi aku tim lebaran mudik sambil jalan2 sih, eksplorasi wisata lokal, nyari hidden gem tempat wisata yang murah meriah padahal bagus..
Komen Blog fennibungsu.com
Dita Indrihapsari mengatakan…
Karena keluarga banyak di Depok & Jakarta, jadi aku termasuk yang gak mudik pas Lebaran.. Malah pas libur berapa hari lebaran itu lebih suka di rumah aja kalau udah silaturahni ke saudara2.. :D
Komen Blog fennibungsu.com
mlaqumlaqu mengatakan…
Libur lebaran gak kemana-mana, jaga Monas aja biar emasnya awet hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Cindi mengatakan…
2 kali lebaran tahun lalu juga nggak mudik, akhirnya main ke Poso karena waktu itu saya tinggal di Kota Palu...hehe, Kalau mudik jelas banyak tujuan anjangsana ke rumah-rumah saudara daripada ke tempat wisata..
Komen Blog fennibungsu.com
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Dulu pernah wisata lebaran naik ke Gunung Slamet, pernah juga berdiam diri saja di Jakarta, menikmati Jakarta yang sepi..

Soalnya klo mau mudik rada-rada gimana gitu liat keramaian dan kemacetannya. Jadi sebisa mungkin dihindari mudik ke kampung. hehehehe

tapi itu dulu sih. Sekarang sih sudah tinggal di kampung jadi ya klo libur lebaran ya di rumah aja menunggu sanak saudara dari kota yang datang.
Komen Blog fennibungsu.com
Hidayah Sulistyowati mengatakan…
Lebaran kali ini gak ke tempat wisata, cuma silaturahmi aja ke rumah kerabat dan kenalan. nanti aja wisata kalo udah bulan Juni
Komen Blog fennibungsu.com
tantiamelia.com mengatakan…
Dulu pernah waktu masih ada alm Bapak, berkendara ke Bali - Sby - Malang dskt
enak juga sesekali lebaran malah ga ada di rumah
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB