Langsung ke konten utama

31 Tahun Adaro: Gelorakan Syukur, Berbagi untuk Negeri

milad adaro nyalakan hati

Usia 31 tahun dapat dikatakan matang dalam segala hal. Kedewasaan yang hadir pada usia tersebut, tentunya sudah mendapatkan beragam aral yang merintang dan suka duka kehidupan. Apalagi usia ini dimiliki oleh sebuah Perusahaan yang memiliki dedikasi pada negeri untuk bidang tambang dan energi, yaitu PT Adaro Energy, Tbk.

Sekilas Mengenal Yayasan Adaro Bangun Negeri

PT Adaro Energy, Tbk perusahaan yang hadir berproduksi secara komersial semenjak bulan Oktober tahun 1992 ini, terus berupaya menjadi yang bermanfaat kepada masyarakat dan mendirikan corporate foundation yaitu Adaro Foundation atau Yayasan Adaro Bangun Negeri yang telah berdiri semenjak Februari 2009. Pada YABN ini memiliki platform Adaro Nyalakan Perubahan yang terdiri dari 5 pilar Adaro Nyalakan Ilmu, Adaro Nyalakan Sejahtera, Adaro Nyalakan Raga, Adaro Nyalakan Budaya, dan Adaro Nyalakan Lestari.

adaro nyalakan hati berbagi untuk negeri

“Insya Allah Adaro Foundation mampu menyentuh segala aspek dari kebutuhan manusia karena memiliki banyak program seperti beasiswa, pembinaan PAUD, stunting dan banyak lain kegiatan yang kami lakukan,” terang Ibu Okty Damayanti Ketua Umum YABN, sekaligus Divisional Head of CSR at PT Adaro Energy, Tbk dalam acara Konferensi Pers Adaro 31 Tahun, Selasa, 17 Oktober 2023 di Jakarta.

Adaro Hidupkan Hati di 31 Tahun Adaro

Dalam menapaki usianya yang ke-31 tahun, melalui YABN, Adaro bergerak dengan membagikan paket sembako. Sesuai dengan usia Adaro yaitu 31, paket sembako 31.000 pun menjadi bagian dari ungkapan rasa syukur kepada-NYA. Filosofi dalam pembagian sembako ini, yaitu bagaimana Adaro mampu menghidupkan hati seluruh stakeholder Adaro dan teman-teman penerima manfaat.

“Ide membagikan sembako ini, sebagai refleksi bahwa kita harus melihat bahwa ada juga yang kehidupannya sederhana dan kekurangan, dari situlah untuk saling membantu dan berbagi.” Terang Bapak Mohammad Effendi Ketua Dewan Pengawas Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), sekaligus Komisaris Independen PT Adaro Energy, Tbk.

komisaris independen PT Adaro energi Indonesia

Lebih lanjut, Bapak Mohammad Effendi menyampaikan bahwa pembagian 31 ribu paket sembako kepada orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan, terutama di wilayah kerja di sekitar PT Adaro Energy, Tbk, dalam rangka milad Adaro ke-31 tahun.

“Pembagian sembako ini bertujuan untuk menumbuhkan empati menghidupkan hati, yaitu bagi penerima manfaat di mana mereka merasa memiliki teman dalam hidup, dan bagi Adaro untuk menghidupkan hati agar makin pandai bersyukur.” Tambah Ibu Zuraida M H, Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri.

Baca Juga: Adaro Hidupkan Hati dengan Bersyukur 

Kolaborasi Yayasan Adaro Bangun Negeri dengan Rumah Zakat

Dalam berbuat kebajikan, bila dilakukan secara bersama-sama makin terasa mudahnya. Ini pun juga dirasakan oleh Adaro, melalui YABN menjalin kolaborasi dengan Rumah Zakat dalam mendistribusikan paket sembako ini. Teknik pembagian paket sembako ini by name - by address, artinya nama dan alamat jelas yang memang betul-betul membutuhkan paket sembako ini.

Dengan pembagian sembako dilakukan semenjak bulan Mei 2023 diawali di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Lalu terakhir di bulan September 2023 di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Saat ini sudah selesai 31.000 paket sembako dibagikan di sekitar wilayah kerja Adaro di 200 titik di provinsi: DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Riau, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

paket sembako adaro nyalakan hati

“Mengapa kolaborasi dengan Rumah Zakat? Karena kami sadar Rumah Zakat salah satu yang terbaik dalam menjalankan program sosial seperti pembagian sembako ini.” Jelas Ibu Okty Damayanti.

CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha menyampaikan testimoni atas kerjasama dengan Adaro ini, bisa diberikan kepercayaan dan amanah selama dua tahun ini yang telah banyak memberikan pembelajaran yang luar biasa.

CEO rumah Zakat saat ini

“Di tahun pertama kerjasama dengan YABN, Rumah Zakat diberikan kepercayaan mendistribusikan paket sembako 30.000. Di sini kami belajar bagaimana me-manage pendistribusiannya, pengadaan, dan pembuatan laporannya.  Lalu di tahun kedua diberikan tantangan, bagaimana memasukkan nilai-nilai filosofi dalam program ini, menjadi Adaro Nyalakan Hati agar setiap pendistribusian ini terdapat multiple effect.” Terang Bapak Irvan Nugraha.

Rumah Zakat merupakan lembaga amil zakat yang mengelola dana berupa zakat, infaq, dan sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya. Serta mengelola pula kepercayaan program CSR dari para mitra. Lembaga filantropi ini telah hadir selama 25 tahun membersamai masyarakat Indonesia untuk berbagi.

isi paket sembako adaro nyalakan hati

Kiprah Manis untuk Terus Hidupkan Hati

“Pembagian sembako ini, insyaAllah akan terus berlanjut di tahun depan. Semua ini didasari dari keinginan yang tulus, semoga tahun depan program ini dapat dilaksanakan kembali dengan lebih baik lagi.” Terang Bapak Mohammad Effendi lebih lanjut.

Sejalan dengan itu, Ibu Okty Damayanti pun juga berharap agar kiprah Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri bisa turut membantu pencapaian SDG’s nomor 1 dan 2, serta mampu menghidupkan hati para karyawan Adaro dan para penerima manfaat.

Baca Juga: Aksi Bergerak Nyata untuk Indonesia

Kiprah manis Adaro Foundation masih berlanjut, di mana meluncurkan program khusus untuk karyawan muda Adaro yaitu “Employee Participant Adaro Hidupkan Hati”. Kegiatan ini adalah untuk satu hari tinggal bersama keluarga prasejahtera. Mereka di sana bergabung, dan merasakan pengalaman luar biasa. Pelaksanaannya pada bulan Agustus lalu di Desa Tinggiran II Luar Kabupaten Barito Kuala, Desa Liyu di Kabupaten Balangan, dan Desa Tumbang Baloi di Kabupaten Murung Raya.

kolaborasi rumah zakat dan adaro

Dari kegiatan manis nan bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan, tentu akan memberikan dampak besar bagi siapa saja yang melakoninya. Inspirasi dari Adaro Nyalakan Hati ini, dapat menjadi pembelajaran untuk kita untuk senantiasa bersyukur dalam setiap keadaan. Keyakinan pun bertumbuh bahwa hal baik yang dilakukan akan mendapat balasan yang baik dan banyak jalan mudah untuk mewujudkannya.

“Kami banyak belajar dari para penerima manfaat ini, bagaimana mereka pandai bersyukur dalam kondisi yang serba kekurangan. Mereka memiliki semangat dan tetap punya mimpi. Semoga ke depannya kita dapat membahagiakan lebih banyak lagi keluarga pra sejahtera di Indonesia.” Pungkas CEO Rumah Zakat,Bapak Irvan Nugraha. 

Komentar

HendraDigital mengatakan…
Semoga langkah berbagi yang dilakukan Adaro ini menjadi pembuka pintu kesuksesan yang lebih di masa depan. Tetaplah terus berbagi ya Adaro, karena berbagi itu tidak membuat miskin, justru akan membawa keberkahan untuk semuanya.
Alfida Husna mengatakan…
Masya Allah ada 31.000 sembako banyak banget ya sesuai usia dari Adaro ini. Dikelola oleh rumah zakat adalah cara yang tepat ya. Jadi, pendistribusiannya juga tepat sasaran karena sesuai nama dan alamatnya.

Banyak manfaat dari kegiatan ini ya baik dari pemberi atau penerima manfaat. Apalagi ada program tinggal satu hari bersama keluarga prasejahtera, Masya Allah mereka pasti seneng banget.
Daeng mengatakan…
selamat buat PT Adaro
dan semoga bisa terus membantu masyarakat indonesia terutama yang kurang mampu.
Luluk Sobari mengatakan…
Selamat Adaro, sudah memasuk usia yang ke 31 tahun. Ini artinya, Adaro sudah banyak berkontribusi pada perekonomian negara dan masyarakat Indonesia. Semoga ke depan Adaro bisa semakin maju dan berkembang dan kerjasama dengan Rumah Zakatnya bisa terus berlanjut. Karena saya rasa ini adalah sinergi yang bagus.
Bunda Saladin mengatakan…
Hebat banget Adaro bisa bertahan sampai 31 tahun. Bener2 survive dan semoga sukses terus.

Ternyata salah satu rahasia kesuksesan Adaro adalah berbagi sembako dan beasiswa ya. Semoga makin banyak yg menerima manfaatnya.
deamerina mengatakan…
wah, keren banget nih kegiatannya bis akolaborasi dengan rumah zakat. semoga kebaikan yang diberikan bisa memberikan manfaat untuk yang menerima
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Semoga langkah berbagi Adaro dengan rumah zakat ini bisa bermanfaat bagi sesama ya.Mempertahankan perusahaan selama 31 tahun itu nggak mudah lo
Didik Purwanto mengatakan…
Seneng deh ada perusahaan yg msh peduli thd lingkungan di sekitarnya. Meski ini udh jd tanggung jwb sih. Tp kalo disalurkan scr tepat kyk gimi kan jd bermanfaat bg masyarakat. Sukses buat Adaro dan Rumah Zakat ya.
Okti Li mengatakan…
Salut dengan kontribusi Yayasan Adaro Bangun Negeri. Semoga semakin nambah usianya, semakin berjaya dan semakin memberikan manfaat untuk lebih banyak lagi ya
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllaa~
Barakallahu fiikum.

Semoga sinergi antara Adaro dan Rumah Zakat terus terbangun dengan baik sehingga kebermanfaatannya lebih banyak dan luas untuk masyarakat.
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, salut banget sama Adaro Foundation yang gak cuma fokus ke bisnis aja tapi juga peduli sama lingkungan sosial sekitarnya. Keren banget ide "Employee Participant Adaro Hidupkan Hati"-nya, pasti jadi momen yang nggak bakal dilupain sama karyawannya. Semoga banyak perusahaan lain yang terinspirasi dan ikut-ikut nih bikin program serupa. Salam manis buat Adaro! 💪🙌
Dee_Arif mengatakan…
Wah, keren banget Adaro ini
Sudah berusia 31 tahun
Program seperti ini menjadi bukti keperdulian Adaro bagi masyarakat sekitar ya mbak
Nanik nara mengatakan…
Semoga lini bisnis Adaro makin sukses, makin banyak bisa berbagi dan menginspirasi pelaku usaha yang lain
Annie Nugraha mengatakan…
31 tahun tentunya bukan waktu yang sebentar. Dengan waktu dan berada di usia dewasa, Adaro Foundation tentunya sudah kenyang dengan pengalaman dan pemahaman akan dunia CSR beserta rangkaian program yang memberikan manfaat maksimal bagi semua stakeholders.

Selamat untuk Andaro Foundation. Semoga bisa terus menyebar manfaat bagi rakyat dengan banyak bantuan yang menyalakan kehidupan masyarakat di segala bidang.
Bambang Irwanto mengatakan…
Usia 31 tahun memang usia yang matang. Pastinya dalam perjalanannya, Adaro sudah menghadapi erbagai tantangan, dan mampu melewati semuanya. Alhamdulillah diadakan juga pembagan 31.000 sembbako.
Keke Naima mengatakan…
InsyaAllah berkah selalu. Bermanfaat bagi yang menerimanya. Salut dengan kepedulian Adaro.
Adi mengatakan…
Sukses selalu untuk ADARO dan semoga bisa memberi teladan yang lain agar juga peduli pada pengembangan masyarakat melalui inovasi yang kolaboratif.
Maria G Soemitro mengatakan…
Emang keren Adaro Energy I

kalo gak salah udah 5 kali dapat proper gold dari KLHK

sebagai bukti Adaro Energy sudah menerapkan produksi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi lingkungan
Antung apriana mengatakan…
ADARO ini ada di provinsi mana aja ya? aku tahunya cuma yang di Tanjung Kalsel eh. kayaknya di provinsi-provinsi yang punya batubara ada ya ADARO ini
alienda mengatakan…
Kerja sama apik Adaro dengan Rumah Zakat semakin terdepan dan mempercepat penyebaran manfaat untuk yang membutuhkan
Emma Malika mengatakan…
Semoga berkah baik yang memberi maupun yang menerima, dan harapannya ada lebih banyak lagi orang yang kekurangan mendapatkan bantuan sembako tersebut.
Helloinez.com mengatakan…
Semoga bantuan yg diberikan bermanfaat bagi penerimanya. Sukses terus utk Adaro
Yanti Alif mengatakan…
Semoga ADARO makin sukses kedepannya dengan kerja samanya bersama Rumah Zakat makin berkah dan memberikan manfaat bagi orang2 yang membutuhkan
Tian Lustiana mengatakan…
Makin sukses dan makin tebarkan kebaikan yah untuk sesama dan lingkungan
lendyagasshi mengatakan…
Senang sekali dapat kabar baik dengan kolaborasi Adaro dan Rumah Zakat.
Semoga semakin meluas kebermanfaatannya dan semakin banyak menyentuh masyarakat yang membutuhkan.
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
Semoga dengan adaro x rumah zakat, bantuan semakin merata dan tetap semakin adil.
Indri mengatakan…
Kolaborasi yang luar biasa nih antara Adaro dan Rumah Zakat, sangat bermanfaat bagi umat dan mensejahterakan masyarakat
Nia K. Haryanto mengatakan…
Salut dengan program-program kemanusiaan dari perusahaan-perusahaan besar kayak gini. Tepat sasaran untuk mereka yang membutuhkan. Semoga dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lain. Dan semoga ke sananya semakin banyak juga yang mendapat manfaat dari program ADARO ini.