Langsung ke konten utama

Aksi #bergeraknyata untuk Indonesia dengan Superqurban

koh dennis lim duta superqurban rumah zakat

Manfaat qurban sebagai langkah #bergeraknyata untuk Indonesia dalam rangka membantu ketahanan pangan, bisa dikatakan hal yang tepat untuk dijalankan. Terlebih, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Zulhijjah 1444 H. Pada bulan ke-12 tahun Hijriah itu, terdapat amal salih yang bisa memberikan manfaat untuk banyak orang yaitu saat momen hari raya Idul Adha dengan berqurban.

Solusi Hadapi Krisis Pangan

Bila kita melihat krisis pangan tahun ini, terdapat sekitar 345 juta di dunia terancam kelaparan. Ini menjadi tantangan untuk kita, bagaimana agar krisis ini bisa kita hadapi bersama, khususnya untuk masyarakat Indonesia. Jika melihat Indeks Ketahanan Pangan Global Indonesia masih di bawah rata-rata global yang indeksnya 62,2. Serta lebih rendah dari Asia Pasifik 63,4.

ketahanan pangan rumah zakat

Tantangan akan krisis pangan ini, jadi mengingatkan kita dengan kisah Nabi Yusuf a.s saat menyebarkan risalahnya di Mesir, saat itu terjadi krisis ketahanan pangan selama 7 tahun. Nah ini mirip-mirip juga dengan keadaan saat ini. Apalagi kita akan memasuki musim kemarau juga. Maka apa yang dilakukan pada saat itu oleh Nabi Yusuf a.s dapat menginspirasi kita dengan melakukan 4 hal yaitu:

  • Optimalisasi ketahanan produksi pangan dengan usaha pertanian yang menghasilkan produk pangan pokok.

  • Prinsip manajemen logistik pangan, di mana pemerintah dapat memperbanyak cadangan pangan ketika berlimpah sehingga siap didistribusikan ketika ketersediaan pangan rakyat berkurang.

  • Prinsip mitigasi bencana kerawanan pangan dengan mengantisipasi akan terjadinya bencana kelaparan yang disebabkan kondisi alam dan lingkungan yang berubah drastis.

  • Prinsip deteksi dini dan prediksi anomali cuaca dan iklim, sehingga dapat menganalisa kondisi lingkungan.

Baca Juga: Kolaborasi Rumah Zakat dan Adaro

Dari inspirasi tersebut, kita dapat saling membantu mengoptimalkan salah satu ibadah yang memberikan kemaslahatan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk banyak orang. Sebagaimana yang disampaikan oleh CEO Rumah Zakat, Bapak Irvan Nugraha dalam acara Konferensi Pers: Manfaat Qurban Anda #bergeraknyata untuk Indonesia, pada Senin, 5 Juni 2023 ini bahwa Indonesia memiliki keunggulan yaitu potensi ibadah dari umat muslim yang dapat memberikan kontribusi kebaikan baik dalam mengurangi dan meminimalkan asupan gizi. Selain itu, dapat berkontribusi ketika terjadinya krisis dan rawan pangan, serta membantu masyarakat yang terkena musibah bencana, dan potensi ini bisa didapatkan melalui ibadah qurban.

siapa ceo rumah zakat

Kami ingin menghadirkan lebih banyak lagi manfaat yang dapat dihadirkan oleh para pequrban, bahwa Quran Anda Bermanfaat dan Manfaat Qurban Anda #bergeraknyata untuk Indonesia.” Tambah Bapak Irvan Nugraha.

 Baca Juga: Bismillah Qurban dari Rumah Zakat

Program Superqurban dari Rumah Zakat

Rumah Zakat sebagai lembaga filantropi yang berdiri semenjak tahun 1998 ini, telah mendistribusikan qurban tahun 2022 dengan memberikan manfaat ke daerah bencana, rawan pangan, desa minim qurban, wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), dan hak pequrban. Di Rumah Zakat terdapat program untuk ibadah qurban yang diberi nama Superqurban. 

distribusi qurban zakat di rumah zakat kemana

Proses Superqurban ini dijalankan sesuai syariah dengan memperhatikan protokol kesehatan, baik saat memilih hewan qurban, penyembelihan hewan qurban hingga produksi menjadi kornet dan rendang, yang kemudian didistribusikan kepada penerima manfaat.

Mungkin untuk memulai berqurban akan banyak godaan yang muncul. Seperti pengalaman Koh Dennis Lim, Duta Qurban Rumah Zakat 2023 bahwa sekitar tahun 2017 beliau ingin mencoba berqurban dengan dana yang ada. Hanya saja ada godaan, “Uang segini masa iya diserahkan buat (berqurban)?  Pas mau lanjut berqurban, timbul lagi godaan, ada yang paling murah tuh.  Padahal kan perintah berqurban adalah yang terbaik.”

duta qurban rumah zakat siapa

Namun, beliau pun yakin, “Bismillah, kalau udah sampai suruh berarti baik untuk kita. Bila sampai larang maka tidak baik untuk kitanya. Maka carilah mana yang suka, bukan kita suka.” Cerita Koh Dennis Lim pada kesempatan yang sama.

dennis lim superqurban rumah zakat

Semangat Berqurban, Semangat #bergeraknyata untuk Indonesia 

Kebermanfaatan yang lebih tersebar dengan pengemasan daging qurban yang lebih praktis, tentunya aman memudahkan distribusi dan berbagi manfaat kepada yang membutuhkan. Tak hanya itu, Rumah Zakat juga memudahkan bagi siapa saja yang ingin berqurban di sini, dengan cara mengunjungi web Rumah Zakat, lalu pilih menu Superqurban, dan ikuti langkah selanjutnya. 

dennis lim superqurban rumah zakat

Baca Juga: Ramadhan Kejar Pahala 7 Detik Saja

Target distribusi qurban di Rumah Zakat tahun 2023 ini sekitar 15.000 pequrban, 300.000 penerima manfaat, 34 provinsi dan 7 negara. Dan ada kabar gembira untuk para pequrban bahwa tahun 2023 ini Superqurban meluncurkan varian baru, Superqurban Kari Sapi. Yuk, #bergeraknyata untuk Indonesia dengan Superqurban, insyaa Allah kita bisa berkontribusi dalam kebajikan dan kebahagiaan kepada penerima manfaat. 

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
Program yang sangat bermanfaat ya?
Banyak anggota masyarakat, khususnya di kawasan terpencil yang jarang mengonsumsi protein hewani

Beruntung ada program dari Rumah Zakat yang mau bersusah payah membagikan daging kurban hingga pelosok Indonesia
Imawan mengatakan…
Benar banget kalo mau berkurban tuh ada aja godaannya supaya ga jadi, padahal berkurban adalah kewajiban bagi yang mampu ya, apalagi bisa sekalian membantu sesama hingga ke pelosok-pelosok daerah 3T yang mungkin selama ini jarang makan daging ya
sumiyati sapriasih mengatakan…
dengan program superkurban dari rumah zakat, dapat memberikan manfaat ke daerah rawan bencana. ayo ... siapa yang mau berkurban ke rumah zakat aja
Bayu Fitri mengatakan…
Ini bisa jadi alternatif pequrban dalam memilih cara kurban ya kak, karena dengan Superqurban jangakauan wilayah kurbannya bisa jadi lebih luas
www.kisahsejati.com mengatakan…
Ayoo semangat berkurban. Untuk kita yang sudah diniatin berkurban pasti ada jalannya ya. Artikel yang bermanfaat Fen

Salam: Dennise Sihombing
Maya Rumi mengatakan…
semoga tahun 2023 ini target distribusi super qurban dari rumah zakat bisa tercapai untuk membantu wilayah 3T, Harganya terjangkau sekali ini untuk kambing dan sapi
Emma Malika mengatakan…
Alhamdulillah ya kesadaran akan berqurban sudah merambah pula ke kaum milenial dengan cara kekinian. Inovasi pembagian daging qurban ala Rumah Zakat memang patut diacungi jempol, keren deh
Dian Restu Agustina mengatakan…
Nah iya tuh, kadang ada di sana berqurban lebih murah, terus pindah..padahal kan mesti kasih yang terbaik saat berqurban ya..huhuhu.
Reminder ini. Apalagi di Superqurban yang daging qurban dikemas praktis sehingga mudah pendistribusiannya, beneran jadi solusi berqurban ini
Ayah Ugi mengatakan…
Kurban sebagai salah satu langkah ketahanan pangan memang perlu menjadi pemikiran bersama. Bisa untuk membantu mereka yang mengalami bencana juga
Dee_Arif mengatakan…
Superqurban memudahkan kita untuk berkurban sekaligus menyebarkan daging kurban secara merata ya mbak
Deeva Collection mengatakan…
Masya Allah, ikut bangga dengan apa yang dilakukan oleh Rumah Zakat, semoga target 300.000 penerima manfaat bisa tercapai dari penghimpunan qurban yahun ini.
lendyagasshi mengatakan…
Salut banget dengan Program Superqurban dari Rumah Zakat.
Karena ini menjadi solusi untuk jangka panjang bagi daerah-daerah yang membutuhkan bahan pangan ketika kondisi krisis datang.
sylvianayy mengatakan…
buat kita-kita mah yang penting bisa berkurban dengan nyaman, mudah dan tenang... selain itu yang paling penting dalam berkurban yaitu dilakukan sesuai syariat agama islam, insyaallah berkah dan manfaat...
Farida Pane mengatakan…
Semoga kita semua dimudahkan untuk berkurban tahun ini. Lewat Superqurban bisa dipertimbangkan, tuh
Kanianingsih mengatakan…
wah inovatif ya program SuperQurban ini, btw SuperQurban Kari Sapi ini maksudnya nantinya daging kurbannya dimasak kari sapikah? kok jd kebayang enaaak gitu
Tetty Hermawati mengatakan…
alhamdulillah kita sudah sampai kembali ke Hari Raya Idul Adha, mudah-mudahan kita semua diberikan kesempatan untuk berkurban semata karena perintah Allah yang insya Allah banyak sekali kebaikan ketika menunaikan perintah ini
Bambang Irwanto mengatakan…
Alhamdulillah sebentar lagi hari raya idul adha ya, Mbak. Alhamdulillah juga semakin mudah untuk berkurban lewat lembaga filantrofi. Insya Allah penyebaran daging kurbannya juga akan merata ke seluruh pelosok negeri bahkan sampai manca negara.
Akarui Cha mengatakan…
Jangkauan produk hasil qurban dari Rumah Zakat lewat program Superqurban beneran jauuuhhh. MasyaAllah. Udah gitu bentuk qurban yang disampaikan pun sudah dikemas apik biar bisa dikonsumsi lama.
Mbul Kecil mengatakan…
Lumayan banyak dan masif juga ya target superqurban menyasar daerah dengan kategori 3 T...semoga programnya sampai ke pihak yang tepat dan manfaat

bentuk qurban daging kalengan gini praktis banget, kayaknya isinya pun menggiurkan ya fenni...nita jadi pengen icip deh
Mita Oktavia mengatakan…
Bagus banget programnya, apalagi gak cuma dalam hal kebaikan untuk mengatasi krisis pangan. Namun, proses pendistribusiannya juga lebih baik karena pengemasannya. Bener-bener membantu bagi membutuhkan dan memudahkan bagi yang ingin berkurban nanti.
Mita Oktavia mengatakan…
Bagus banget programnya, apalagi gak cuma dalam hal kebaikan untuk mengatasi krisis pangan. Namun, proses pendistribusiannya juga lebih baik karena pengemasannya. Bener-bener membantu bagi membutuhkan dan memudahkan bagi yang ingin berkurban nanti.
Yonal Regen mengatakan…
Wah tak terasa sebentar lagi idul adha, waktunya kita berqurban untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Rumah zakat bisa menjadi solusi untuk pendistribusian qurban kita yang bisa sampai ke pelosok Indonesia, bahkan ke luar negeri
arkhans mengatakan…
MasyaAllah, perintah zakat, qurban, dan sedekah sebenarnya relate banget sama kehidupan kita. baik itu saat zamannya Rasulullah maupun sekarang. dengan berbagi kita bisa membantu banyak orang yang membutuhkan. semoga dimudahkan untuk berqurban tahun ini (riafasha)
arkhans mengatakan…
masyaAllah, ternyata perintah qurban itu relate banget sama kehidupan kita. baik itu zamannya Rasulullah maupun zaman sekarang. semoga kita dimudahkan untuk qurban tahun ini
Aldhi Fajar mengatakan…
Program seperti ini memang memudahkan segalanya. Inovasi yang benar-benar dipikir matang dr Rumah Zakat
Afifah Haq mengatakan…
Wah ternyata jangkauan superwqurban ini sampai ke negara lain ya. Sudah pernah dengar tentang program superqurban ini. Memang bagus banget orang2nya amanah dan kualita hewan qurannya juga baik
Okti Li mengatakan…
Potensi daging olahan bisa sampai ke berbagai pelosok jadi makin terealisasi ya dengan adanya program ini. Mendukung banget nih saya jadinya
Dee_Arif mengatakan…
Subanallah nggak hanya untuk Indonesia ya mbak
Tapi hingga ke beberapa negara lain
Superqurban meluaskan penerima qurban ya
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Krisis pangan sudah didepan mata dan perlu segera penanganan dan bantuan. Dengan bantuan daging kurban dan pengemasan yang baik bisa sampai ke seluruh pelodok negeri ya
Hallowulandari mengatakan…
inovatif juga yaa, sampe ada bentuk makanan kaleng nya loh. Kurban memang selalu bermanfaat buat masyarakat ya
wahh asyik yaa program Superqurban ini bisa berqurban dengan praktis dan prosesnya juga oke..
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Alhamdulillah jika ada program qurban yang bisa menjangkau saudara kita di tempat twrpencil. Soalnya kadang saya juga bingung seperti kurban di kampung-kampung, yang dapat ya kebanyakan satu kampung itu. Kadang dibagi rata satu kampung. Kalau ada program superqurban ini InsyaAllah lebih berkah ya qurbannya
Indri mengatakan…
Unik banget ya olahan kari sapinya jadi kepo nih kenapa Rumah Zakat bikin progran sekeren ini. Penyaluran daging kurban pun transparan
Han mengatakan…
Apalagi skrg kan daging Qurban yang didistrubusikan dalam kaleng lebih tahan lama dan nilai gunanya jadi lebih tinggi ketimbang yang freshh dibagikan tapi siapa tahu ada penerima yang ngga punya kulkas gitu loh :(( alhamdulillahnya MUI memperbolehkan yaa
Didik Purwanto mengatakan…
Praktis banget ya kak program superqurban kali ini. Kita makin mudah mengolah daging menjadi masakan. Pun ga takut basi/rusak waktu dikirim. Dan tentu saja bisa disimpan dalam waktu tertentu.
R Palupi mengatakan…
Sebuah ide brilian menurutku. Selama ini taunya kurban dibagikan di lingkungan sekitar saja tapi sekarang bisa hingga pelosok yaa.
Alley Hardhiani mengatakan…
Superqurban ada rasa baru ternyata. Btw, superqurban tuh jd bikin lebih praktis. Krn dating qurbannya bs di simpan dalam jangka waktu lama. Ga harus langsung habis.
Semoga banyak yang berqurban
Dengan harta yang dititipkan
Tahun ini aku absen karena habis mudik
Namun, jika rezeki itu datang pasti qurban di sini
Shyntako mengatakan…
bagus juga ya ada program superqurban gini, sekarang tuh prosesi berkurban jadi semakin mudah dan praktis, hmm jadi pengen cb ikutan deh
lendyagasshi mengatakan…
Selalu antusias dan mendukung program yang diluncurkan oleh Rumah Zakat.
Seperti saat ini, mendekati bulan besar Idul Adha.
Dengan menyimpan daging kurban dalam bentuk kaleng, maka selain manfaatnya yang lebih luas, penyimpanan tahan lama dan bisa didistribusikan di waktu-waktu darurat.
Hamimeha mengatakan…
Bagus masya Allah programnya. Kebermanfaat daging qurban dari para pequrban jadi lebih luas y mbak.. praktis juga sih kemasannya
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah iya, sebentar lagi kita bakal kurban ya. Inget kurban, inget Super Qurbannya Rumah Zakat. Keren inovasinya. Semua daging kurban dikemas dengan dijadikan produk yang paktis. Jadinya bisa menjangkau tempat yang jauh yang distribusinya membutuhkan waktu yang lebih lama. Semoga kurban tahun ini di Rumah Zakat lebih banyak ya, donaturnya banyak. Biar bisa menjangkau lebih banyaaak dan lebih jauh lagi nih daging kurbannya. Aamiin.
Akarui Cha mengatakan…
Berasa banget deh godaan sebelum berqurban tuh biar kitanya mendadak nggak jadi. Suka muncul dadakan aja itu kebutuhan duniawi ya, Kak. Senang banget sekarang ada program Superqurban yang bisa menjangkau lebih banyak calon penerima qurban, sehingga lebih banyak pula yang merasakan manfaatnya.
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya
Sebentar lagi Idul Adha
Saatnya berkurban
Qurban akan lebih meluas manfaatnya dengan Superqurban ini ya
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
MasyaAllah sampai ke luar negeri ya pengirimannya. Itulah enaknya qurban di Rumah Zakat. Karena bisa kirim hingga ke mana pun. InsyaAllah berkah bagi semua.
Lia Yuliani mengatakan…
Nggak kerasa bentar lagi mau Iduladha. Mudah-mudahan dikasih rezeki bua Qurban. Bagus juga nih ada superqurban dari Rumah Zakat. Udah terpercaya soalnya Rumah Zakat.
Alley Hardhiani mengatakan…
Baru tahu kalau Koh Denis jd duta Qurban Rumah Zakat. Yg aku suka dr super Qurban RZ itu karena dikemas di kaleng,jdnya lebih awet. Praktis pula untuk penyalurannya.
Diah Alsa mengatakan…
MasyaAllah, semangat Koh Lim patut kita contoh nih, walau sempat tergoda tuk urungkan berqurban tapi tetap lanjut terus.
sekarang juga jadi gak perlu pusing ya kalau mau berqurban, ikut aja di program Superqurban dari Rumah Zakat.
lendyagasshi mengatakan…
Mendukung sekali dengan adanya program Super Qurban yang menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bahan pangan. Dan semoga program ini terus berjalan.