Resensi Buku: Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia

ulasan keunggulan buku enigma hokky situngkir

Resensi Buku: Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia - Kita pastinya tahu bahwa Indonesia, negara yang berbentuk kepulauan ini, menyimpan kekayaan bangsa dari suku, adat dan budaya, serta banyak lainnya. Mungkin kalau ditelusuri satu persatu akan membutuhkan waktu. Seperti halnya ketika kita menjelajah dari satu kota ke kota lainnya, ataupun destinasi wisata, tentunya tidak akan puas rasanya bila hanya dalam satu hari saja, bukan?

Itu baru berwisatanya saja. Belum mengenal tentang adat kebiasaan setempat, makanannya, wastra-nya, dan sebagainya. Di sinilah seperti terbit misteri dan teka-teki yang perlu kita telesuri. Meski begitu, kita tidak perlu layaknya karakter Robert Langdon yang ditulis oleh Dan Brown yang menelusuri setiap kode anagram seperti di dalam novel the Davinci Code, maupun Inferno. Sebab, pasti akan ada mereka yang mampu menyingkap enigma pusaka Indonesia yang tersimpan sebagai pengetahuan untuk kita. Kecuali, bila memang sangat tinggi rasa “kepo” ingin lekas menuntaskannya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui tentang Nusantara yang kita bisa lakukan misalnya mengunjungi museum, mendengarkan kisah dari sejarawan, menonton tayangan dokumenter, maupun dengan baca buku. Buku sains populer yang hadir saat ini, bisa menjadi acuan bagaimana memahami apa saja yang tersembunyi di Nusantara kita. Salah satunya melalui kehadiran buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia - Jejak Ilmu Pengetahuan dalam Khazanah Budaya Nusantara. Berikut ulasan saya.

baca buku teman traveling enigma pusaka
bagian cover belakang buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia terbitan Expose

Sekilas tentang Buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia

“Manusia Nusantara menyusun pandangan hidupnya melalui tafsir yang disarikan dari wujud dan peristiwa alam sekitarnya” – halaman 91.

Manusia dan alam, dua keterkaitan yang sulit untuk diputuskan. Kehidupan yang membentang dan dijalankan lintas generasi akan terus berputar dan penuh keunikan masing-masing sesuai dengan jamannya. Sebut saja manusia di masa lalu, di mana mereka concern dengan ilmu perbintangan, nomaden (berpindahnya manusia dari satu tempat ke tempat lainnya), dan terbitlah mengenai mitos-mitos yang berkembang.

Begitupun dalam membuat bangunan. Betapa hebatnya mereka pada masa itu membangun candi Borobudur dengan megahnya. Tentunya perhitungan geometri dalam pembangunannya amat detail, dan rapi. Pembahasan tentang geometri ini, tak hanya sebatas perhitungan matematika saja, tetapi ada pula tersingkap hal lainnya. Apakah itu? Kamu bisa menemukannya pada bab-bab awal pada handy book ini.

Filosofi akan budaya batik dengan motifnya yang fenomenal. Ya, wastra kita yang sudah mendunia ini menyimpan kesan dan ekspresi yang anggun. Tak lupa juga dengan lagu-lagu khas dari berbagai tempat di Nusantara ini, terangkai indah, walau mungkin saja ada yang mendengarnya dengan bahagia, tetapi ada juga yang kurang menyukainya.

ulasan buku sosial budaya enigma pusaka indonesia

“Satu irama lagu yang enak bagi kelompok atau seseorang belum tentu dinikmati dengan perasaan yang sama oleh kelompok atau orang lain”. – halaman 187.

Nusantara kita pun juga kaya akan berbagai macam kulinernya. Banyak resepnya yang bermunculan, dengan mengatasnamakan bahwa resep tersebut adalah khas dari suatu daerah atau wilayah. Sayangnya di masa lalu, hanya tersampaikan dan direkam dengan baik melalui daya ingat. Akibatnya, mungkin di masa lalu (saat kita belum lahir) ada jenis kuliner yang viral pada masa itu. Akan tetapi, ketika di masa kini kita tidak mengenalnya, tidak mendengarnya, maupun tidak terdapat penampakan alias tak ada dokumentasi gambarnya.

“Kuliner Indonesia tidak hanya yang ada pada buku-buku resep. Masih banyak yang belum terdokumentasi, juga yang terputus dalam pewarisan pengetahuan ke generasi selanjutnya”. – halaman 232.

Apakah itu saja yang dapat digali dari Nusantara kita ini? Tentu, tidak! Masih banyak enigma pusaka Indonesia lainnya yang bisa ditelusuri dan terlukis dalam buku sosial budaya ini.

Baca Juga: Resensi Novel Hidden World, si Dunia Tersembunyi

Review Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia

Kala pertama melihat buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia karya Hokky Situngkir ini, terlintas dalam benak saya bahasannya akan membosankan, alias tidak kekinian untuk bisa dibaca dan dipahami oleh generasi muda. Pasalnya, saya pernah membaca buku tentang bagaimana khasanah nusantara, penyajiannya kurang menarik sehingga membuat jemu. Belum lagi ketebalannya juga lumayan, sehingga cukup berat untuk dibawa.

Buku yang bisa menjadi teman traveling ini, seakan mengajak kita pembacanya untuk menjelajah tanpa perlu berpindah ke masa lalu lewat mesin lorong waktunya Doraemon. Adanya kode-kode yang bisa menjadi acuan, kita dibawa oleh Hokky Situngkir, penulis yang mendapat apresiasi Most Perspective Innovations in Indonesia (2009-2011) dari Kemenristek ini, untuk bersama-sama menelaah tentang rekam jejak Nusantara dari berbagai sisi. 

Bahasa dan kata-kata yang disampaikan tidak membuat jemu. Ini menjadi daya tarik dari buku terbitan penerbit Exposé, bagian dari Mizan Group ini. Apalagi ada membahas keterkaitan antara Borobudur, brokoli dan batik. Apa ya? Heheh.. baca sendiri aja ya gaess.

baca buku sains populer enigma pusaka indonesia
Baca buku si handy book Enigma Pusaka Indonesia (lokasi di kereta Commuterline)

Buku yang terdiri atas 10 bab dengan epilog ini, ukurannya tidak besar alias handy book banget, sehingga mudah untuk dibaca dengan satu tangan tatkala berada di transportasi publik, dan masih bersahabat dari sisi ketebalannya. Muat untuk dimasukkan ke dalam ransel, jadi teman traveling yang menyenangkan. Pada bagian epilog buku dengan tebal 306 halaman ini, ada kalimat yang saya suka, 

“Transformasi digital tidak mematikan atau memunahkan, tetapi justru menghidupkan lagi warisan budaya tradisional”. – halaman 280.

Yups, saya setuju dengan itu. Hidupkan kembali warisan budaya kita di tengah gempuran budaya luar yang “nyaris mendominasi”. Jangan sampai, kita hanya bisa memberikan tangkapan gambar akan suatu kuliner Nusantara pada generasi selanjutnya, tanpa bisa menceritakan apa rasanya dan bagaimana teknik pembuatannya. Atau ternyata lebih hapal original soundtrack suatu drama maupun film, ketimbang tahu akan lagu-lagu daerah Indonesia sendiri.

Kenal lebih dalam budaya kita sendiri, yuk. Dengan keanekaragamannya yang tampak oleh indera kita bahkan yang tersembunyi dapat terjawab karena disajikan gamblang melalui baca buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia: Jejak Ilmu Pengetahuan dalam Khazanah Budaya Nusantara. Psstt, kamu bisa dapatkan diskon 20% buat yang sudah follow akun instagramnya @enigmapusaka nih.

resensi keunggulan buku Enigma Pusaka Indonesia
bagian cover depan buku karya Hokky Situngkir

Judul buku: Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia - Jejak Ilmu Pengetahuan dalam Khazanah Budaya Nusantara

Penulis: Hokky Situngkir

Penerbit: Exposé

Tahun terbit: 2023, cetakan pertama

Tebal: 306 halaman

ISBN: 978-602-7829-76-3

Kategori: Non Fiksi – Sains Populer

Harga: Rp 98.000 bisa kamu dapatkan melalui Tokopedia

Rating: ⭐⭐⭐/5

54 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Terima kasih sharing nya ya.. Jadi tahu ada buku keren seperti ini. Semoga ku berkesempatan membacanya juga kapan2...
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Dah lama banget gak baca buku bertema fiksi populer. Bukunya lumayan tebel juga yaa. Ttapi bener bisa buat teman pas lagi jalan jauh. Kyknya bisa menambha pengetahuan ttg budaya juga nih.
Wah aku suka banget nih kalau ada bau2 diskon. Nnati coba aku liat IG-nya yaa.
Terima kasih info dan review bukunya.
Komen Blog fennibungsu.com
bu guru mengatakan…
Setuju, transformasi digital akan melahirkan hal hal baru yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Salut dengan buku karya Hokky Situngkir.
Penuh dengan makna terutama dalam pemaknaan budaya Indonesia yang mendalam. Gak hanya sekedar tulisan, tapi juga berdasarkan fakta dan penelitian dari sisi ilmu pengetahuan. Keren banget.
Komen Blog fennibungsu.com
Nyi Penengah mengatakan…
Bacaanmu sungguh bergizi mba Fenn, apalah dayaku aku bacanya buku cerita anak wkwkwk halamannya mana tebal lagi. Tapi allhamdulillah ada reviewnya jadi lega deh mengeisahkan tentang apa.
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Seandainya aku belum baca review mba, mungkin ga bakal tertarik beli bukunya. Dari judul udh bikin persepsi ini buku bosenin atau ga, menarik atau ga, berat isinya atau ga 😂😅.

Tapi Krn mba tulis kalo isinya menarik dan ditulis secara ringan, ga membosankan, baruu aku jadi pengen beli. 👍. Mau cari ntr bukunya. Yg begini memang perlu dibaca. Sebagai negara Kepulauan dengan banyak budaya, kita beruntung sebenarnya punya banyak warisan budaya. Harusnya di jaga, dilestarikan, dikembangkan buat anak cucu. Jangan sampe tau2 malah jadi milih negara lain hanya karena kita g peduli 😅
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan mengatakan…
Seru kayanya baca buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia ini, karena mengisahkan banyak kekayaan bangsa yang kita miliki. Tentu ini membuat kita bangga jadi anak Indonesia. Semoga kita bisa menjaga dan melestarikan segala kekayaan yang ada.
Komen Blog fennibungsu.com
dessy achieriny mengatakan…
Saya malah tertarik mbak baca buku2 tentang Nusantara, kuliner aja beragam rasanya tak habis untuk dibahas apalagi mengenai ragam batik Nusantara. Hampir semua daerah punya batik khas.
Komen Blog fennibungsu.com
Wahid Priyono mengatakan…
Setuju dan suka juga dengan kutipan dari kak feni di atas, bahwa transformasi digital memang penting sekali untuk ikut andil dalam membesarkan budaya bangsa, termasuk yang masih trasdisional sekalipun bisa ikut semakin terkenal di dunia.
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
saya pernah baca buku serupa, tapi lupa judulnya

Kalo gak salah berkisah tentang perjalanan yang dilakukan jurnalis Kompas sih jadi sangat menarik dengan gambar-gambarnya
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Cukup berat juga nih bahasan bukunya. Kalau saya baca buku karya non fiksi harus punya waktu khusus. Ga bisa asal baca, kecuali apa yang dibaca gak dipahami dan bakalan mudah lupa.
Komen Blog fennibungsu.com
Annisa Tang mengatakan…
Wah keren, ada buku yang membahas soal khasanah budaya Indonesia ya? Jadi kita bisa baca buku serasa jalan-jalan, heheheeee.
Komen Blog fennibungsu.com
Kendel Dolan mengatakan…
Banyak sekali ilmu pengetahuan dan budaya di Indonesia yang tertelan jaman, salah satunya karena kurangnya dokumentas hingga generasi penerus, memang banyak faktor yang mempengaruhi. Buku ini seakan menjadi pendekatan kepada generasi muda untuk lebih melek dan sadar bahwa banyak hal yang perlu dilestarikan
Komen Blog fennibungsu.com
Blognya Yuni mengatakan…
Covernya sekilas bacaan berat, ya Kak, hehe

Saya setuju bahwa pusaka Indonesia tak melulu wisata, masih banyak yang perlu ditelusuri seperti adat, budaya, kuliner, dan gak bisa selesai cepat kalau niatnya eksplor lokasi

Salut ada penulis buku bergenre gini, butuh pengetahuan luas untuk sampai jadi buku. Salu juga sama Mbak Fenny yang aktif baca buku haha

Komen Blog fennibungsu.com
sugiretnosari mengatakan…
Keren juga yah mba ikutan mempelajari segala hal tentang budaya Indonesia yang gak ada habisnya, tapi gak begitu buat generasi muda, kadang lebih suka ke budaya negara lain, miris tapi ya gimana lagi padahal kita lah yang wajib melestarikannya di masa depan
Komen Blog fennibungsu.com
indahriadiani mengatakan…
saya selalu tertarik dengan keragaman budaya Indonesia. Dari reviewnya, sepertinya buku ini akan masuk ke keranjang yang harus saya checkout nih.
Komen Blog fennibungsu.com
indahriadiani mengatakan…
saya selalu tertarik dengan keragaman budaya Indonesia. Dari reviewnya, sepertinya buku ini akan masuk ke keranjang yang harus saya checkout nih.
Komen Blog fennibungsu.com
Winda - dajourneys.com mengatakan…
kok aku jadi tertarik dengan keterkaitan borobudur, brokoli dan batik, brb pesan ah, di tokped kan ya mba? meluncuuuur
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Faridah mengatakan…
Aku belum baca ini, Mbak. Bukunya menarik ya karena membahas tentang Nusantara. Untungnya tulisan-tulisan di dalam buku ini asik dibaca ya, Mbak. Aku suka deh cover buku ini yang mengingatkan aku dengan batik Mega Mendung.
Komen Blog fennibungsu.com
duniaeni.com mengatakan…
Seneng banget kalau bisa mengenal budaya kita sendiri dengan lebih detil ya, ini buku yang bagus. Mana ada promo yang lumayan juga, makasih ya infonya, Mba
Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Setuju dg kuote terakhirnya mba..bahwa transformasi digital tdk akan memusnahkan..karena digitalisasi memang merupakan sebuah keniscayaan kini..
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Penasaran ingin membaca buku Enigma Pusaka Indonesia juga.
Setuju banget agar budaya dan semua khas yang dimiliki Indonesia tetap dilestarikan dan 'ditransfer' ilmunya ke generasi muda.
Komen Blog fennibungsu.com
Keke Naima mengatakan…
Saya sempat berpikir kalau bahasan buku ini berat karena lihat judulnya. Tapi, memang bener banget, ya. Jangan pernah menilai sesuai hanya dari judul. Setelah baca review di sini, malah jadi tertarik juga untuk ikum membacanya.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Suka dengan bidang keilmuan sang penulis yang dituangkan dalam sebuah ide menulis buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia. Jadi pembaca memahami sudut pandang ilmu pengetahuan dan suku budaya serta warisan asli khas Indonesia.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Bersyukur sekali kita ada di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Termasuk aneka makanan dan hasil karya seni yang bisa kita nikmati. Tapi memang semua tergantung selera setiap orang, ya, untuk menikmati kelezatan kuliner atau lagu khas suatu daerah.

Buku Enigma Pustaka di Kepulauan Indonesia ini rekomended, ya, untuk yang senang mengenal budaya bangsa. Bisa menikmati buku dengan bahasa dan kata yang tidak membosankan.
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Budaya Indonesia tuh begitu kaya, beragam, sayangnya tidak banyak yang mau mencoba melestarikannya. Makanya salut sama orang-orang yang bergerak di bidang budaya dan berusaha memodernkannya untuk memperkenalkan ke generasi yang lebih muda.
BTW jadi kepengen baca bukunya juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Suka nih dengan buku2 jenis begini. Apakah disertai dengan penampakan jenis makanan, wastra dan lain sebagainya secara full color di buku ini kak? Biasanya klo secara visual disajikan dengan bagus akan makin menarik lagi yaaa..
Komen Blog fennibungsu.com
Agustina Dwi Jayanti mengatakan…
Buku itu benar-benar sebagai jendela dunia. Walau gak ke mana-mana tapi bisa tahu dunia luar. Bisa tahu daerah ini itu dengan segala keunikan dan keindahannya
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Saya pikir juga kalau cuma melihat covernya saja, buku ini sepertinya gak seru gak menarik. Tapi setelah baca review-nya ini, bakalan banyak kejutan yg kita dapat dari halaman per halaman yg dijabarkan nya ya
Komen Blog fennibungsu.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah menarik nih bukunya. Iya banget deh, kita kayaknya kurang kenal ya dengan keanekaragaman budaya kita sendiri. Padahal sangat kaya dan begitu melimpah untuk digali. Jangankan anak-anak muda sekarang, huhu aku aja yang udah 40 tahunan hidup di negeri ini, masih hitungan jari aja yag kenal. Itu juga gak kenal secara mendalam. Huhu malu. Kudu baca nih buku ini, bagus ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Purwanto mengatakan…
Kelayaan budaya lainnya yang setahu saya jarang dibahas di buku sejarah dan budaya adalah beladiri. Kita mengenal silat sebagai warisan nenek moyang tapi beladiri nusantara nggak cuma silat. Ada bermacam varian gulat, cakalele, gantao, dll. Sayangnya jarang dibahas, padahal ilmu beladiri tradisional berkaitan erat dengan beragam kegiatan nenek moyang kita.
Komen Blog fennibungsu.com
Bening Pertiwi mengatakan…
salfok sama kata 'enigma', seperti judul serial tv
tapi kalau baca buku seperti diajak keliling indonesia, pasti seru nih
Komen Blog fennibungsu.com
Kata Nieke mengatakan…
Apakah Hokky bahas soal teknologi yang digunakan orang zaman dahulu ketika membangun Borobudur di pembahasan soal Borobudur? Kepoin ah bukunya. Menarik banget ini temanya.
Komen Blog fennibungsu.com
Adi Pradana mengatakan…
wah mantap ini dapat info penting, diskon 20% dengan follow akun enigma. langsung tancap gas follow. btw, makasih sharing resensi bukunya kak.
Komen Blog fennibungsu.com
Fandhy Achmad R mengatakan…
Menarik banget ini ulasannya, bisa menjadi pilihan bacaan di akhir pekan ya, jarang banget ini nemu buku yang kovernya gini
Komen Blog fennibungsu.com
Jastitah mengatakan…
Aku suka baca buku-buku tentang sejarah Nusantara ini. Karena emanggg kadang sepenasaran ituu sama kisahnya. Menarik nih bukunyaaa! Jd pengen baca jugaaa
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
Udah lama banget nih saya jarang baca buku bertema pariwisata. Baca tulisan ini saya jadi kangen buat jalan2 naik kereta api sambil baca buku tentang tempat yg akan saya kunjungi. Hmm.
Komen Blog fennibungsu.com
I. Afrina Putri mengatakan…
Penasaran, jadi tertarik banget untuk baca bukunya. Kayanya aku harus banget baca buku ini. Thankyou untuk review singkatnya mba
Komen Blog fennibungsu.com
Amir mengatakan…
Buku yang menarik, nuansanya kental dengan budaya nusantara. Saat ini pun saya mulai kembali membaca buku kembali setelah vakum karena keasyikan ngeblog.
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Bisa jadi ada kuliner jaman dulu yang tidak terdokumentasikan sebenarnya hadir di jaman sekarang hanya dengan nama lain dan citarasa yang lebih kekinian
Komen Blog fennibungsu.com
Ning! mengatakan…
Aku udah baca buku ini, dan baguuusss bangettt!!! Bahasanya seru jadi nggak bikin ngantuk.
Komen Blog fennibungsu.com
Dila mengatakan…
Jadi menyadari satu hal, selain tulisan yang bagus dan menarik, buku itu ada baiknya didesign mudah dibawa yah. Tidak berat dan tidak begitu tebal seperti buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia. Sehingga bisa meningkatkan budaya membaca dimanapun berada, termasuk di transportasi umum
Komen Blog fennibungsu.com
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Sangatlah benar, perubahan digital akan menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
Komen Blog fennibungsu.com
Windi astuti mengatakan…
mungkin karena judulnya tentang kepulauan ya mbak, jadi bahasanya terkesan membosankan. So far, bersyukur masih ada sajian buku yang seperti ini. MAsih ada pemerhati ttg nusantara
Komen Blog fennibungsu.com
Inda Chakim mengatakan…
Aku suka sama kutipan-kutipan dari buku ini. Semoga aku punya kesempatan utk membaca buku sekeren ini buat mengisi kantong-kantong rasa cinta tanah air
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Ternyata kalau diperdalam lagi, bangsa Indonesia ini bangsa yang cerdas ya.. Dengan berbagai filosofi yang diyakini, juga bisa dibuktikan dengan ilmu eksakta.
Seperti motif batik Indonesia, misalnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Isi bukunya menarik nih. Jd pengin baca juga, biar makin mengenal budaya negeri sendiri.
Komen Blog fennibungsu.com
Ainun mengatakan…
suka dengan buku yang mempunyai genre seperti ini, pembaca dibawa menelusuri waktu beberapa tahun silam. Dan buatku membaca buku history seperti ini, kembali membuka wawasan dan pastinya berimajinasi dengan keadaan di waktu lampau
Komen Blog fennibungsu.com
S. Fauzia mengatakan…
Jadi pengen baca juga bukunya setelah menyimak review dinsini. Aku selalu tertarik dengan buku seperti ini. Siap lanjut cari di toko buku.
Komen Blog fennibungsu.com
lylamanzila mengatakan…
Lagaknya buku ini harus dibaca sampai habis jangan sampai ke distrack dengan hal lain. Dilihat dari reviwnya agak berat juga bahasannya.

Tapi sedikit menyindir generasi zaman sekarang yang lebih menyenagk hal viral dan trend di tiktok
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Kuliner Indonesia sangaaat beragam. Kebetulan aku sering jual buku resep. Jadi puas lihat ragam masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Menuliskannya dalam bentuk buku adalah salah satu cara menjaga supaya kuliner khas itu tidak punah.
Komen Blog fennibungsu.com
Helloinez.com mengatakan…
Belum pernah sih nemu buku yang bahas hal seperti ini. Sepertinya menarik ya apalagi keragaman budaya Indonesia itu luar biasa banget
Komen Blog fennibungsu.com
Cindi mengatakan…
iya ya Mba, banyak cara mengenal atau belajar sejarah dengan menyenangkan selain dari buku sekolah. Baca buku ini juga terasa lebih 'dapet' gitu dan menyenangkan karena bukunya berwarna..
Komen Blog fennibungsu.com
Hadi mengatakan…
Banyak sekali hal menarik saat mengulik sejarah Indonesia. Ada hal hal yang asyik untuk diulik sehingga menjadi kekayaan ilmu pengetahuan Nusantara. sepertinya menarik untuk dibaca
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB