Langsung ke konten utama

Empat Langkah Jitu Ketika Followers Medsos Berkurang

Bagi seorang konten kreator, memanjakan followers dengan konten yang disenangi menjadi satu penyemangat untuk terus membuat karya. Ia akan terus memperbarui karyanya dengan mencari ide brilian. Bahkan akan membuat jadwal tayang sedemikian rupa, misalnya dalam satu minggu akan memproduksi 1 konten setiap hari Senin dan Kamis, dengan jam tayang pada pukul 11 siang. 

Penayangan konten yang terjadwal dengan rapi (seperti contoh di atas), untuk followers yang nota bene “setia dengan kontennya” otomatis akan terus menanti kehadirannya. Sebaliknya, bila untuk followers yang “kurang rasa setianya” memungkinkan untuk mute, langsung scroll bahkan unfollow.

followers medsos berkurang lalu harus apa

Mengapa Hal Itu Dapat Terjadi?

Tidak mungkin, bisa membuat semua orang senang dengan karya kita. Sebagaimana dalam pelajaran bahasa Indonesia, bahwa di mana ada sinonim, di situ juga ada antonim. Di mana ada yang suka dan senang, maka ada pula yang kesal bahkan bisa jadi benci (apakah ini benci = benar-benar cinta? Atau jangan benci bilang cinta, marah bilang sayang, jangan kau dustai hati bila engkau memang sukaa🎶.. hayoo siapa yang malah jadi nyanyi lagunya band Radja, wkwkwk)

Lalu Apa yang Harus Dilakukan Jika Followers Berkurang?

Tidak perlu menangis, menggalau, tidak doyan makan, bahkan sampai tidak bisa tidur ketika jumlah followers pada media sosial yang dimiliki berkurang. Soalnya, dalam suatu kesempatan saya mengikuti acara talkshow, pernah membahas “Ada yang sampai tidak bisa tidur melihat jumlah followers-nya berkurang drastis”.

Mungkin karena jaman now, gadget dan media sosial sudah seperti sohib yang tak lepas dari genggaman, sehingga tatkala memublikasikan konten di media sosial ternyata hasilnya di luar prakiraan BMKG (eh maksudnya di luar ekspektasi, hihi), jadilah si empunya konten tertunduk lemas.

penyebab followers medsos berkurang
ilustrasi sedih (dok. freepik)

Pernah juga saya membaca di temlen medsos salah satu postingan teman, yang juga pernah menggalau akan turunnya jumlah followers medsosnya. Pasalnya, kegalauan tersebut bertepatan dengan doi yang sedang mendaftar job, sehingga bisa dibayangkan dong ya, antara was-was dan meng-sedih karena tidak mendaftar job tersebut.  So, langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika followers akun medsos berkurang, yaitu:

1. Bersabar

Tidak perlu cemas hingga menangis, apalagi sampai tidak mau makan. Ya, kan rugi dong genks, harusnya bisa menikmati hidangan kesukaan dengan bahagia, eh gegara medsos berkurang sebiji aja sampai sebegitunya.. Lebih baik tenangkan diri, dan ucapkan: “Ujian ini tidaklah sebesar ujian kehidupan yang harus gue jalani!”😂

2. Pastikan Internet dan Kuota Aman

Nah ini bagian terpenting, jangan sampai karena hati dan otak sedang lemas tak berdaya (lebay banget yak fennibungsu.com bahasanya, wkwkwk), sampai lupa ternyata kuota sudah habis sehingga akses internet jadi terganggu. Pasalnya, bila pada langkah kedua ini aman, maka kita bisa melanjutkan langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika followers akun medsos berkurang, ke tahap ketiga.

3. Cek Bagian “Following”

Ini bagian tak kalah penting. Syok boleh melihat jumlah followers menurun, tapi jangan kelamaan. Soalnya, kita harus cepat memantau ke bagian “Following atau Mengikuti”.

Manfaatnya apa?

Untuk mengetahui apakah akun yang sudah unfollow itu ternyata masih kamu follow? Bila ternyata keadaannya demikian, maka kembali kepada prinsip hidupmu, “Mau tetap following atau meng-unfollow balik?” 

4. Langkah Kunci Ketika followers Akun Medsos Berkurang

Bila ketiga langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika followers akun medsos berkurang di atas sudah diterapkan, maka lakukan langkah kunci ini yaitu berdoa. Ya, dengan mendoakan agar kondisi lekas membaik dapat menenangkan jiwa. Mungkin ini terbilang sepele, “Haddeh, cuma followers berkurang aja pakai acara berdoa..”

Baca Juga: Tips Instagram Walking yang Bikin Tenang 

Namun, dibalik hal yang dianggap receh itu, pada dasarnya dapat membuat diri lebih adem, karena dengan mendekatkan diri kepada-NYA hati lebih tenang. Tak hanya urusan besar saja kita membutuhkan-NYA, urusan kecil pun melibatkan-NYA juga perlu, tujuannya agar diri lebih waras bahwa, mengapa hanya untuk urusan kehilangan followers sampai harus gak bisa tidur dan gak bisa makan? Sedangkan untuk urusan akhirat kenapa tidak dipikirkan, ya gak sih?

apa penyebab followers akun media sosial berkurang
ilustrasi media sosial (dok. freepik)

Persoalan apa penyebab followers akun media sosial berkurang sehingga menjadi unfollow ini, bisa terjadi karena jarangnya komunikasi dan interaksi yang terjadi diantara kalian, sehingga terputus begitu saja tanpa ada penjelasan lebih dulu (ciee, heheh). Walau tidak menutup kemungkinan adanya unsur kesengajaan, alias ya memang si akun yang unfollow kita itu hanya ingin diikuti saja tanpa mau mengikuti balik. Meski begitu apapun keadaannya, menjadi seorang konten kreator pastinya perintilan masalah seperti ini pasti terjadi, maka bisa disikapi dengan bijak dan santuy. Jadi, masih SemangatCiee kan sebagai konten kreator? 

Komentar

Ainun mengatakan…
merasakan hidup di dunia digital terutama sosial media,banyak juga ya tantangannya
pernah iseng cek followerku, dan tiba tiba unfoll, jadinya aku unfoll juga hahaha
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku ga pernah cek apa di unfollow atau tidak. Mungkin Krn aku memang ga cari duit dari medsos dan blog, jadi ga terlalu merhatiin hal2 begini mba.

Aku pribadi pun, bakal follow medsos seseorang kalo aku memang suka isinya, atau dia bloggers yg sering komen di tempatku atau aktif lah. Biasanya aku akan folback yg begitu.

Tapi memang kalo akunnya di kunci, dan ga kenal pula, ga akan ku follow balik.

Kita memang ga bisa sih yaa buat semua orang senang dengan konten kita. Yg aku usahakan, utk ga buat konten yg sensitif, ntah itu ttg politik, agama, ini udhlah, urusan masing2 aja. Udah posting yg aman, followers ttp pergi, ya berarti dia ga cocok Ama postingan kita.

Aku ga masalah, toh aku lebih suka difollow Krn memang dia suka dengan postingan kita.
Bunda Saladin mengatakan…
Kadang gitu kak ada yg follow di IG lalu aku folback eh dia unfollow. Kalo ketahuan ya daku unfollow juga wkwkwkw biar adil.

Interaksi emang pentiing y juga buat jaga ER.
Eri Udiyawati mengatakan…
Saya merasakan banget nih IG terjun bebas. Tapi ya, saya akui karena saya jarang berinteraksi. Ngeposting aja sekarang jarang. 😢
Indra DP mengatakan…
kalo aku malah followersnya masih seuprit, sepertinya mesti rajin2 post di medsos kali yak hmm
Annie Nugraha mengatakan…
Bagian penutup yang bikin ngakak Fen hahaha.

Kalau saya sih gak begitu concern dengan jumlah followers itu karena menurut saya jika memang mereka ingin melihat postingan saya, ya follow aja. Tapi kalau merasa sudah tak nyaman, ya silahkan aja pergi hahahaha. Toh kita tak bisa memaksakan keinginan orang lain. Biarkan saja. Bermain di medsos menurut saya adalah bagian dari kesenangan jadi dibawa happy aja. Gak perlu mikir yang ruwet-ruwet sampe gak bisa tidur hahahaha.
Windi astuti mengatakan…
aku juga termasuk yg khawatir bila follower berkurang, hhhe. Tapi, ya nyadar diri juga sih karena bikin kontennya belum bisa konsisten. Dan baca artikel kak fenni jadi bercermin sama diri sendiri
Wahid Priyono mengatakan…
Ternyata membuat intens komunikasi dengan followers juga penting ya, agar semuanya terlibat dalam percakapan, diskusi, saling mengajukan ide gagasan, dll.
Adi mengatakan…
Bener banget sih, kurangnya komunikasi yang intens antara user dan follower bisa mengakibatkan jumlah follower berkurang. Thanks banget sharingnya mbak Fenni.
Bambang Irwanto mengatakan…
Soal followers atau pengikut ini, memang harus terus diperhatikan ya Mbak. Karena tekadang oemberi job juga mengacu pada followers. Tapi kalau kita terus memberi konten yang bagus dan bermanfaat, pastinya followers akan terus bertahan bahkan bertambah. Jadi kuncinya memang... semangat terus.
Bayu Fitri mengatakan…
Mungkin kalau follower berkurang harus rajin posting juga kak hehehe biar ga ditinggal followernya
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Semangat untuk tetap berkarya ya Kak, kan content creator, nanti followernya bakalan balik sendiri kalau suka dengan content yang kita buat ya
Maria G Soemitro mengatakan…
followers auto berkurang kalo konten kita gak disukai

saya sedang memantau followers Twitter saya yang stuck

bahkan berkurang, khususnya ketika konten saya gak mereka sukai
Nanik nara mengatakan…
Bagi content creator emang jumlah follower ini penting untuk diperhatikan ya mbak, soalnya menentukan rate harga juga biasanya
Aldhi Fajar mengatakan…
Kalau aku pasti follow back orang yang follow kita. tapi terkadang ga muncul di notif, alhasil mereka unfollow hehe
Gemes banget ma orang yang udah ikut saling suport eh malah suka unfollow setelahnya. Tapi akhirnya, ya udah deh unfollow balik aja. hehehe..
Cindi mengatakan…
Iya ya Mba, putus tanpa penjelasan memang menyakitkan tapi setuju memang kunci utamanya haruslah bersabar dan tetap semangat :-D
Siska Dwyta mengatakan…
Duh aku termasuk yang akun IGnya makin hari makin berkurang followersnya, huhu. Emang selama ini kurang aktif di IG dan jarang berinteraksi juga sama followers jadi ya gitulah. Btw thanks ya tipsnya jadu reminder buat lebih telaten lagi buat urus IG boar followers gak pada kabur
lendyagasshi mengatakan…
Sebenernya yaa.. dan sejujurnya, aku mantau banget follower twitter.
Kalo untuk sosmed lain, yauda lah yaa.. biarkan alami aja. Soalnya aku aktifnya di twitter kaan..

Dan kalau berkurang, pastinya aku bakalan unfol temen-temen yang gak mau folbek. Aku rasa ini akibat "mungkin" dia gak aware kalo aku follow atau akunku dinilai spam karena sering ada RT yang gak dia perlukan.

Gapapa..
Kita cari temen se-frekuensi yang bisa sama-sama kasih feedback positif. Itu gunanya sosmed sih, menurutku..
Diah Alsa mengatakan…
hehehh mungkin yang unfoll lagi bebersih kali ya makanya kita ikut kesapu :D
saya dulu pernah ikutan follow-followan gitu, tapi karena emang dasarnya gak kenal dan gak pernah interaksi jadi belakangan saya unfoll deh orang-orang itu hihihih
Kyndaerim mengatakan…
Segitunya liat follower turun, wkwk.. Aku seringnya juga cek following, kalo memang gk folback pasti ku unfollow, sesimple itu sih, jangan dibuat seteres ckck..
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Biasanya cek insight konten, sih, lalu aku juga ikutin step yang kak Feni tulis. Kurang lebih seperti itu
Didik Purwanto mengatakan…
Kalo aku sih biarin aja kak. Yang penting fokus perbaiki konten dan interaksi ke sesama followers yang masih ada. Semoga dgn usaha itu, orang lain akan tertarik pada kita dan akan menjadi followers kita nanti. Yuk semangat terus yuk kreator konten menjelang tahun 2024. Tetap semangat!
Eka FL mengatakan…
merawat sosmed termasuk IG memang gampang susah yaa. apalagi klo kehilangan follower. Tambahan mungkin, bisa dilakukab rebranding atau renovasi feed biar lebih menarik, jadi ketika kehilangan follower berimbang dengan penembahan folllower kita juga
Eka FL mengatakan…
merawat sosmed termasuk IG memang gampang susah yaa. apalagi klo kehilangan follower. Tambahan mungkin, bisa dilakukab rebranding atau renovasi feed biar lebih menarik, jadi ketika kehilangan follower berimbang dengan penembahan folllower kita juga
Goresan hati mengatakan…
Selain sabar dan berdoa, kayaknya harus belajar cara membuat konten yang menarik agar follower ikut naik.
lendyagasshi mengatakan…
Sad banget sih kalau follower turun tuh..
Kadang evaluasi lagi, sebenernya kenapa.. wae aku ditinggalin?
Apa karena gak rajin posting konten? Atau karena memang kontennya gak bermanfaat buat mereka?

Jadi evaluasi buat diri sendiri yang jarang bikin konten sosial media kaya IG dan FB.
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, aku juga merasa berkurang akhir akhir ini
Makasih tipsnya ya kak

Mau aku praktekkan
Han mengatakan…
Stress sih emang kalo engagement turun, kemarin juga gitu pass aku posting2 soal Palestina, kayak yg liat tuh cuman di bawah 100 biasanya padahal sampe 300-400 gt lhoo
GE MAULANI mengatakan…
ih mba Fenni tau aja kalau saya jadi ikutan nyanyi lagunya Radja hahaha. Duh ketauan deh udah berumur hehe. Saya dulu termasuk yang galau pas followers berkurang. Beda sama sekarang yang jadi sabar dan ikhlas aja
Fera Marentika mengatakan…
mesti kreatif sih sekarang. dan juga harus rutin posting per hari untuk seorang konten kreator. kalau kita jarang post dan postingan kita tidak menarik, kemungkinan besar follower kita akan berkurang.
Topik Irawan mengatakan…
Yeay akhirnya jadi tahu mengapa follower di medsos berkurang, ternyata konten kreator harus gigih bikin konten agar tak ditinggal follower begitu saja
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Gemes ya Kak kalau ada yang tiba-tiba unfollow gitu, perlu waktu khusus nih untuk cek-cek follower ini
Rani R Tyas mengatakan…
Ya Allah, Mbak Fen.. Lama gak main ke blognya Mba Feni, masih sama gaya tulisannya, lucu menghibur sekaligus makjleb, terutama bagian yg follower berkurang aja ditangisin, tapi kenapa urusan akhirat aja gak dipikirin 🥲
Marwita Oktaviana mengatakan…
Aku blm sampai ke arah bingung masalah follower karena memang belum punya tujuan ke arah komersil, tapi artikel ini bermanfaat kalau nanti sudah ada insight ke arah sana bisa jadi acuan
Helenamantra mengatakan…
Awalnya pantengin terus jumlah followers, lama-lama pusing sendiri, haha... Yaudahlah mungkin kontenku ga cocok dengan interest dia so dia unfollow.
ketika fokus ke satu niche, rajin upload, nanti adaaaa aja followers baru. Berarti itu yang lebih cocok sebagai pasarku. Gitu aja aku mikirnya.
Rani Yulianty mengatakan…
Follower di twitter berkurang, ternyata emang pasnya lagi jarang posting, mulai rajin lagi posting, dikit-dikit nambah lagi hehe
Yayu Arundina mengatakan…
Wadidaw emang nih follower ini sering jadi hambatan penerimaan job. Nyesek bangets kalo jumlah followernya gak sesuai permintaan. Follower mengandung bawang tingkat tinggi. Tp berdoa aza supaya job dan rejeki mengalir deras walau followernya dikit 😂🤩
Diah Alsa mengatakan…
saat lihat followers kita berkurang pasti ada rasa sedih sih ya, tapi ya gak boleh berlarut sedihnya, langsung bangkit aja, buat konten yang lebih menarik dan berbeda dari biasanya, bisa jadi itu bakalan memancing followers baru lagi dong ;)
Nita mengatakan…
hihi...menghibur kak baca artikelnya. semoga sosmed jngn membuat menambah beban dan stress kita, yaa. lebih kepada untuk hiburan yaa, biar jdi ringan. hayuk ah ngonten.
Deeva Collection mengatakan…
Tidak sedikit juga orang yang anya memanfaatkan akun kita. Sudah di follback, eh beberapa waktu kemudian mereka unfollow kita. Kalau saya sih langung unfollow juga. (Kang Sugianto)
Susi Yanti Nuraini mengatakan…
Hiks, emang bisa bikin sedih juga ya kalo tiba-tiba follower berkurang.
Sedihnya karena merasa aneh, tapi lama-lama yaudah sih gapapa, hhe.

Btw, makasi mba tipsnya sangat bermanfaat.
Husnul Khotimah mengatakan…
Iya iya semangat, tapi semangat doang tanpa ngonten ya bakalan drop juga medsos cieee hahaha.. Intinya sekarang harus mikir keras gimana caranya bisa menghibur orang lain, soalnya kehidupan dah ruet sih .. dijamin deh nambah followernya ehehehe
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
kalau saya sih nggak nangis, soalnya memang saya nggak aktif atau nggaj punya jadwal rutin upload, jadi mungkin terlihat nggak menarik. Tapi ya, kalau lagi rajin, saya unfollow balik. hehehehehe
Susi Susindra mengatakan…
Usul langkah kelima, Mbak, perbanyak konten di nice yang ramai. Biasanya kalau konten dianggap relate, follower akan bertambah. Saya ada sih konten kerjaan yang ga follow siapa-siapa tapi follower terus bertambah dari video reels. Kadang mereka ga buka profil tapi menghadiahi follow karena suka reels yang ditonton.
Khairunnisa Z Putri mengatakan…
Aku pernah saking jarangnya aktif buat story dan upload di feed sosmed followers ig sampai berkurang drastis. Mungkin beberapa teman mengira akunya sudah off sama sekali haha. setelah itu, iseng cek following eh ternyata di unfol, yaa sdh ku unfol balik biar adil.
Khairunnisa Z Putri mengatakan…
kadang suka gemes sama orang yang suka banget ngeunfol tiba-tiba, awalnya ikut support eh malah unfol. langsung ku blokir kadang huhu
@blogger_eksis mengatakan…
Jadi gak semangat ngonten sih kalau lihat penurunan jumlah followers. Tapi, KONSISTENSI itu memang butuh proses yang gak mudah. Semoga 4 pilihan di atas bisa jadi pilihan bijak biar gak galau karena followers medsos deh. hehehe
Tyo cyber mengatakan…
Informasi yang sanagt berguna oh jadi itu ternyata penyebab medsos berkurang followersnya