Langsung ke konten utama

Tips Investasi Lewat Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan pilihan produk Reksadana yang cukup direkomendasikan, karena bisa melakukan diversifikasi. Hal tersebut dilakukan saat investasi, agar para investor bisa mengurangi risiko kerugian saat investasi. 

Tips Investasi Lewat Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan pilihan produk Reksadana di mana dana kamu akan dialokasikan minimal 80% ke dalam produk utang atau obligasi. Surat utang ini dikeluarkan oleh entitas perusahaan maupun pemerintah dengan tujuan pembiayaan. Jadi untuk imbal hasilnya biasanya dipengaruhi oleh suku bunga dan nilai tukar mata uang. 

Untuk melakukan investasi Reksadana pendapatan tetap, tentu saja sangat mudah karena bisa melalui website terpercaya salah satunya website Makmur.id. Apakah kamu penasaran dengan apa saja kelebihan dari Reksadana pendapatan tetap dan juga tips melakukan investasi di instrumen satu ini untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal?

Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap

Berikut beberapa kelebihan yang kamu dapatkan jika melakukan investasi lewat Reksadana pendapatan tetap, yaitu:

a. Tingkat risiko moderat

Reksadana pendapatan tetap menawarkan fluktuasi yang terjaga untuk durasi obligasi jangka pendek. Jadi semakin meningkatnya durasi obligasi, maka fluktuasi juga akan meningkat. Reksadana pendapatan tetap juga tergolong moderat karena manajer investasi akan mengatur obligasi ke setiap portofolio Reksadana.

b. Keuntungan ganda

Reksadana pendapatan tetap memiliki beberapa produk di mana ada beberapa yang punya fitur pembagian dividen. Jadi bisa dibilang para investor selain bisa dapat dividen secara reguler juga bisa mendapatkan keuntungan dari modal atau capital gain

Tips Investasi Lewat Reksadana Pendapatan Tetap
sumber gambar Freepik (our-team)

c. Bebas pajak

Reksadana bukan merupakan produk atau objek pajak jadi sudah pasti bebas pajak. Karena Reksadana pendapatan merupakan salah satu produk Reksadana, maka tentu juga bebas pajak sehingga investor dapat menerima profit secara utuh dan tidak dikenakan biaya pajak sama sekali.

d. Fleksibel dalam pencarian

artinya bahwa kamu dapat menarik dana investasi kapanpun dibutuhkan terutama dalam keadaan darurat karena Reksadana pendapatan tetap memiliki tingkat likuiditas tinggi. Kamu bisa melakukan pencairan kapan saja asalkan masih dalam waktu hari bursa.

Baca juga: Bagaimana Resolusi Finansial Kamu Tahun Ini?

Tips Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Untuk yang ingin melakukan investasi lewat Reksadana pendapatan tetap, berikut ini beberapa tips yang wajib kamu perhatikan.

1. Pilih Manajer Investasi Profesional

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih manajer investasi terlebih dahulu dan pastikan bahwa manajer investasi tersebut profesional, pengalaman dan terpercaya dengan track record yang baik. Pilih manajer investasi yang sudah memiliki izin dari otoritas berwenang. Bila perlu, lakukan pengecekan pada OJK untuk mengetahui apakah manajer investasi sudah terverifikasi atau belum. Pilih manajer investasi yang sudah berpengalaman minimal 5 tahun sehingga kamu bisa tahu performanya dalam mengelola dana investasi.

2. Perhatikan Tingkat Risiko

Berikutnya, saat melakukan investasi lewat Reksadana pendapatan tetap maka perhatikan tingkat risiko yang tetap ada, meski instrumen investasi ini relatif aman dan stabil. Adapun risiko yang perlu diperhatikan adalah risiko kredit, risiko bunga dan juga risiko likuiditas. Pastikan bahwa risikonya bisa ditoleransi oleh profil risiko kamu dan disesuaikan dengan tujuan awal saat investasi.

3. Cek Kinerja Reksadana Pilihan

Tips berikutnya saat menginvestasi lewat Reksadana pendapatan tetap adalah mengecek kinerja dari Reksadana pilihan untuk melakukan diversifikasi. Memilih Reksadana yang memiliki jangka waktu relatif panjang agar mendapatkan imbal hasil yang stabil. Sebaiknya tidak hanya memilih Reksadana dengan kinerja baik dalam waktu singkat karena biasanya berisiko tinggi.

4. Komposisi Investasi

Perlu diperhatikan pula komposisi investasi dari Reksadana pendapatan tetap yang kamu pilih. Apakah sudah punya ulasan yang baik atau apakah perusahaan yang mengeluarkan produk Reksadana pendapatan tetap, memiliki kredibilitas tinggi. Kemudian perhatikan pula jenis instrumen yang diinvestasikan karena investasi lewat surat utang yang berbeda bisa berpengaruh pada tingkat risiko. 

5. Biaya Investasi

Saat melakukan investasi lewat atas dana pendapatan tetap tentu saja kamu akan dikenakan biaya investasi. Perhatikan apakah biaya tersebut bersifat tetap atau proporsional, terhadap nilai investasi karena Reksadana pendapatan tetap pengelolaan dananya dipercayakan pada manajer investasi. Biaya-biaya yang harus kamu keluarkan saat melakukan investasi adalah biaya pembelian unit dan penjualan kembali unit, biaya pengalihan unit dan transfer bank saat transaksi. 

Tips Investasi Lewat Reksadana Pendapatan Tetap website makmur
sumber gambar Freepik (rawpixel-com)

Reksadana pendapatan tetap merupakan pilihan investasi yang memiliki keuntungan stabil dan cocok untuk kamu yang ingin melakukan investasi dalam jangka waktu cukup panjang. Maka dari itu jika sudah beli aset investasi maka jangan terburu-buru menjual aset hanya karena fluktuasi. Kamu juga wajib memilih produk Reksadana pendapatan tetap yang tepat. 

Baca Juga: Ngobrol bareng DetikFinance soal RAPBN 2024

Untuk melakukan investasi lewat Reksadana pendapatan tetap saat ini sangat mudah dengan memilih platform terbaik salah satunya adalah Makmur. Di platform ini, kamu bisa melakukan investasi 100% online dengan manajer investasi yang sudah terverifikasi, mudah diakses di mana saja dan biaya investasi yang terbilang minim. Kamu juga dapat dengan mudah memilih produk investasi sesuai profil risiko. 

Yang pemula dan ingin melakukan investasi lewat Reksadana, maka untuk melakukan registrasi hanya butuh waktu 5 menit saja. Karena platform Makmur dipercaya oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan verifikasi data secara online. Di website ini kamu juga bisa dengan mudah melakukan simulasi investasi. Untuk membeli website resmi Makmur bisa klik halaman ini. 

Komentar

Luluk Sobari mengatakan…
Wah, reksadana ini bisa jadi pilihan investasi yang cocok bagi pemula ya Mbak? Apalagi tingkat resikonya moderat, bebas pajak, dan tingkat likuiditasnya tinggi.
Bunda Saladin mengatakan…
Alhamdulillah yaa kalau bisa konsultasi ke manajer investasi, jadi makin aman beli reksadana yg ini. Apalagi bagi para pemula.

Cakep banget nih kalau bebas pajak.
Bambang Irwanto mengatakan…
Reksadana ini memang banyak pilihan ya, Mbak. termasuk Reksadana pendapatan tetap yang memang profil risikonya lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang. Tapi karena cenderung ke obligasi, maka lebih maka keuntungan yang didapatkan juga bisa lebih besar. Kemudian bisa dicairkan juga kapan saja.
Dee_Arif mengatakan…
Reksadana bisa menjadi sebuah peluang investasi yang menjanjikan ya mbak
Syaratnya emang kita harus tahu produk yang dipilih
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
menurut saya reksadana itu investasi yang lebih aman untuk pemula, tinggal serahkan ke manajemen investasi untuk mengelolanya
Alley Hardhiani mengatakan…
Reksadana bs jadi alternatif pilihan investasi nih.
diriku masih perlu belajar banyak buat cari tahu cara memilih reksadana yg tepat.
Tukang jalan jajan mengatakan…
menarik juga ya reksadana pendapatan tetap ini ya, memang perlu kekuatan hati untuk melaksanakannya. Tapi sebelumnya perlu perhitungan matang supaya bisa berjalan lancar ya
Cerita Kita mengatakan…
Reksadana pendapatan tetap ini memang solusi banget buat orang yg nggak berani nanggung risiko tapi ingin berinvestasi. Termasuk aku (TR)
Cerita Kita mengatakan…
Reksadana pendapatan tetap ini memang solusi banget buat orang yg nggak berani nanggung risiko tapi ingin berinvestasi. Termasuk aku (TR)
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Lagi melek tentang reksadana nih, pengen nabing dan investasi yang saldo.aman minim resiko.
Produk redaksana banyak ragamnya ya,.jadi pengen mempelajari detil.

Gusti yeni
Irra Octaviany mengatakan…
Cek n ricek reksadana pilihan tuh penting banget, biar tahu apakah reksadana yang kita pilih kinerjanya baik dan menguntungkan atau gak. Biar bisa secepatnya ubah strategi kalau gak untung.
GE MAULANI mengatakan…
Wah ada yang namanya investasi reksadana pendapatan tetap ya kak
Oh iya, makasih tipsnya tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat inveatasi reksadana dari mulai memilih manager investasi sampai ke biaya investasinya
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Pengen belajar reksadana, selama ini aku masih konvensional nabung di deposito atau bruwujud barang yg sewaktu butuh di jual.

(Gusti yeni)
Erin Herlina mengatakan…
Baru tahu nih Reksadana bebas pajak. Aku kira bakalan tetap kena pajak. Apalagi resikonya minim, ya. Cobain ah investasi Reksadana Pendapatan Tetap.
khairiah mengatakan…
begitu banyak peluang investasi asla kita paham cara mainnya, apalagi semua sekarang serba instans termasuk registrasi reksadana
Arni mengatakan…
Dari dulu pengen banget investas lewat reksadana, tapi masih maju mundur cantik buat realisasinya. Masih ragu karena belum terlalu ngerti caranya. Baca ini, jadi ada gambaran lah jadinya. Sepertinya sebentar lagi akan terealisasi ini investasi di Reksadana
Hindun Uswatun Nisa mengatakan…
Reksadana bisa jadi alternatif yang tepat ya mbak. apalagi untuk pemula perlu investasi yang tepat dan tentunya bisa menguntungkan. Reksadana pendapatan tetap sepertinya menggiurkan nih karena keuntungan yang stabil
Windi astuti mengatakan…
tips-tipsnya mencerahkan banget mbak. Bisa menjadi acuan bagi pemula untuk investasi reksadana. biar minim resiko. terkait prosesnya, seiring berjalannya waktu akan mahir dengan sendirinya ya, yang penting niat awal investasinya harus dipahamkan dulu pada diri sendiri
Diah Alsa mengatakan…
ohh jadi, reksadana pendapatan ini bukan masuk objek pajak yang akan dikenai pajak gitu ya? Hmm, jadi lebih menguntungkan ya jika kita investasi menggunakan instrumen reksadana pendapatan gitu.
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
saya juga memilih reksadana sebagai investasi pertama saya secara modalnya tidak besar dan lebih mudah dilakukan bagi saya yang awam tentang dunia investasi
Jihan Mayzura mengatakan…
Reksadana menjadi salah satu tempat investasi yang aman pada saat ini. Selain sudah cukup populer, Reksadana juga menyediakan beberapa pilihan investasi yang bisa disesuaikan dengan dana calon investor.
Sarah Jalan mengatakan…
Sebagai pemula, memang kudu banyak belajar dulu tentang investasi reksadana agar bisa menekuninya tidak setengah jalan
Mechta mengatakan…
Wah aku benar-benar awam nih ttg investasi termasuk Reksadana ini, jadi sangat terbantu dg tulisan ini. Membuka wawasanku. Terima kasih sharing info dan tips nya ya..
Nunung Yuni Anggraeni mengatakan…
Reksadana pendapatan tetap memang lebih aman dibandingkan dengan rekayasa saham. Meski hasil yang diperoleh tidak setinggi reksadana saham namun aman dan tidak bikin dag dig dug. Tidak loss besar seperti reksadana saham saat harga saham turun.

Bisa lewat Makmur sebagai pengelola dengan manager investasi terpercaya.
Yonal Regen mengatakan…
Sekarang makin terbuka lebar kesempatan untuk berinvestasi dalam banyak rupa sesuai pilihan masing-masing. Yang harus diperhatikan sebelum investasi adalah memahami benar jenis investasi yang kita pilih, termasuk investasi reksadana pendapatan tetap, agar nantinya kita siap jika sesuatu terjadi dengan investasi kita, baik untung maupun merugi
Eka FL mengatakan…
ternyata pengetahuan saya soal reksadana belum sepenuhnya tau banyak nih. baru tahu loh kalau reksadana bebas pajak. masih belajar dan memahami soalnya, karena tertarik juga dengan jenis investasi yang satu ini
Bunsal mengatakan…
Nah, ini nih salah satu jenis kemudahan di era digital.
Mulai dari registrasi sampai memantau progress investasi kita, bisa dilakukan secara online dan dari mana saja.
Jadi bisa sembari melakukan pekerjaan lain yang membutuhkan keterlibatan langsung kita. Misal, usaha kecil-kecilan membuat kue tradisional. Yang begini kan belum bisa proses buatnya secara digital :D
Bunsal mengatakan…
Nah, ini nih salah satu jenis kemudahan di era digital.
Mulai dari registrasi sampai memantau progress investasi kita, bisa dilakukan secara online dan dari mana saja.
Jadi bisa sembari melakukan pekerjaan lain yang membutuhkan keterlibatan langsung kita. Misal, usaha kecil-kecilan membuat kue tradisional. Yang begini kan belum bisa proses buatnya secara digital :D
Topik Irawan mengatakan…
Beruntung di era kekinian bisa berinvestasi, selain itu pilihan investasinya beragam. Sungguh nyaman dan enak ya, bisa memiliki saham secara mudah.
Blog Guru Supadilah mengatakan…
Sejauh ini aku belum pernah menggunakan reksadana. Cuman banyak temen-temenku yang mulai melirik investasi lewat Reksadana ini. Kalau aku pikir memang untuk pilih Reksadana harus teliti lembaga yang benar-benar terpercaya dan kredibel.
@blogger_eksis mengatakan…
Reksadana itu jenis instrumen investasi yang risiko'a rendah sih. Aku sempat kepikiran mau investasi pakai ini juga. Biar dana darurat tidak disimpan monoton dan bisa jadi bentuk invest jangka panjang atau dalam jangka waktu lebih lama.
Iis Santi Wirastuti mengatakan…
Sebelum melakukan investasi memang harus paham dulu dengan mekanisme dan resikonya ya, Mbak. Sangat terbantu sekali jika ada manajer investasi yang bisa membantu. Daripada uangnya nganggur mending dimasukkan Reksadana saja ya...
Blog GW mengatakan…
One benefit of mutual funds (reksadana) is diversification. Mutual funds pool money from multiple investors to invest in a diversified portfolio of stocks, bonds, or other securities. This diversification helps spread the risk across various assets, reducing the impact of poor performance from any single investment. By investing in a mutual fund, individuals can access a broad range of securities and potentially achieve a more balanced and stable investment portfolio compared to investing directly in individual stocks or bonds. This diversification is a key advantage for investors seeking to manage risk and achieve long-term financial goals.
Aisyah Dian mengatakan…
melakukan investasi Reksadana pendapatan tetap, ternyata sangat mudah sekali ya kak karena bisa melalui website terpercaya salah satunya website Makmur.id. next mau ikutan investasi juga ah
Antung apriana mengatakan…
reksadana pendapatan tetap ini memang bisa jadi pilihan sih kalau yang masih belum berani terjun langsung ke saham kayak aku.
Reksadana pendapatan tetap adalah langkah awal bagi mereka yang ingin investasi dengan resiko rendah. Jauh lebih baik imbal hasilnya daripada deposito.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Investasi memang bisa menjadi pasif income kita. Cuma memang nggak bisa sembarangan milih investasi pada produk apa, kayak Reksa Dana pendapatan tetap misalnya. Harus cara manajer investasi yang profesional.
Dila mengatakan…
Reksadana pendapatan itu benar-benar bebas pajak ya? wawasan baru nih. Kalau gitu reksadana pendapatan bisa jadi pilihan investasi yang menggiurkan.
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Wah kebeulan banget nih saya juga pakek reksadana pendapatan tetap, hasilnya lumayan lho
Reksadana untuk tabungan jangka pendek emang sangat disarankan sih, benefitnya bisa untung >5% dalam beberapa bulan.
Ririn Erviana mengatakan…
Sebenarnya aku sama suami udah mulai investasi reksadana. Tapi entah kenapa kami berdua sulit konsisten. Mungkin karena pendapatan emang masih kecil banget. Pengen banget konsisten
zulfa atikah bahar mengatakan…
Makasih kak infonya. ini aku juga lagi belajar investasi. semoga konsisten hehe
bu guru mengatakan…
Aku sudah coba investasi ke reksadana gitu kak. Memang nilai rupiah nya tidak turun dan cenderung naik. Pr nya adalah jangan mudah tergiur, harus uang yang memang diem atau uang dingin ya kak.
Mario Andaru mengatakan…
Setuju! Reksadana ini emang bagus banget buat pemula. Bagi pemula yang gak mau ambil pusing, reksadana bisa jadi pilihan yang paling alternatif
Asih Mufisya mengatakan…
Investasi reksadana pendapatan tetap bisa jadi pilihan. Dibalik keuntungan yang didapat, kelebihan investasi ini juga cukup menjanjikan jadi bisa dipertimbangkan untuk investasinya.
Asih Mufisya mengatakan…
Investasi reksadana pendapatan tetap bisa jadi pilihan. Dibalik keuntungan yang didapat, kelebihan dari investasi ini juga menjanjikan. Jadi bisa dipertimbangan untuk ikutan investasinya.
S. Fauzia mengatakan…
Baru aja hari ini di rumah kita bahas tentang investasi. Reksadana ini memang sepertinya cukup menarik dan risikonya juga terbilang minim. Makasih sharingnya ya kak.
Fera Marentika mengatakan…
ah aku tuh ditawarin reksadana maju mundur xD hihi mungkin ga begitu paham benefitnya :D makasih udah sharing ya
Fera Marentika mengatakan…
ah aku maju mundur untuk ikut reksadana xD mungkin karena belum begitu paham dengan value nya ya :D makasih udah sharing ^^
Ainun mengatakan…
awalnya aku tau soal investasi reksadana dari majalah waktu aku masih kuliah dulu, dari situ aku penasaran suatu saat pengen cobain investasi disana
dan akhirnya kesampaian. Ada banyak pilihan reksadana juga, dan menurutku sejauh ini, reksadana masih termasuk investasi yang aman