Langsung ke konten utama

Antara Tahun Naga Kayu, Lingkungan Hijau, dan Pemilu

kaitan tahun naga kayu lingkungan hijau dan pemilu

Tahun ini bila melihat dari sisi tahun Masehi adalah tahun 2024, di mana di negeri kita menjadi Tahun Pemilu. Sedangkan dari sisi penanggalan Tionghoa merupakan Tahun Naga Kayu. Jika kita melihat ke arah Shio Naga (long ) tidak hanya sekadar lambang astrologi saja, karena memiliki makna mendalam yang mencerminkan kekuatan, keberanian, dan keberuntungan.

Kalau dipikir-pikir jadi seperti nge-pas dengan adanya momen pesta demokrasi dengan tahun Naga Kayu ini. Apalagi bila dikaitkan pula dengan lingkungan hijau yang hingga saat ini masih digaungkan, khususnya sempat dibahas pula dalam debat Capres/Cawapres lalu. Oleh karenanya, cuss kita kulik bareng-bareng apa saja keterkaitan antara Tahun Naga Kayu, Lingkungan Hijau, dan Pemilu.

kaitan tahun naga kayu lingkungan hijau dan pemilu
sumber: kompas.com

Shio Naga sebagai Simbol Kekuatan dan Transformasi

Dalam tradisi astrologi penanggalan Tionghoa, Shio Naga kerap dikenal sebagai simbol keberanian, kekuatan, dan transformasi. Naga juga dianggap sebagai makhluk mitologis yang penuh energi sehingga mampu membawa ke arah perubahan besar. Mereka yang dinaungi Shio Naga diyakini memiliki kepribadian yang dinamis, dan penuh semangat.

Untuk tahun ini, yaitu Tahun Naga Kayu dari berbagai sumber yang dapat saya rangkum, bahwa tahun Naga Kayu ini hadir setiap 60 tahun sekali. Ini berarti terakhir muncul yaitu pada tahun 1964. Maka dari itu, bisa dikatakan tahun ini menjadi tahun yang istimewa serta menjadi sumber keberuntungan. Peluang untuk lebih maju bisa diraih.

kaitan tahun naga kayu lingkungan hijau dan pemilu
sumber: detik.com

Lingkungan Hijau sebagai Pemeliharaan Kehidupan

Kita beralih ke lingkungan hijau. Pembahasan yang satu ini memang menarik untuk disimak, karena semakin penting dalam konteks global. Perubahan iklim, kerusakan lingkungan, dan kebutuhan akan sumber daya alam yang berkelanjutan mendorong kesadaran semua pihak akan perlunya pelestarian alam. Lingkungan hijau tidak hanya memberikan keindahan estetika alias membuat kita adem dan nyaman saja, tetapi juga menjadi pondasi bagi kehidupan di planet yang kita tinggali ini. Hutan, lahan basah, dan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya adalah bagian penting dari ekosistem yang mendukung kehidupan semua makhluk hidup.

Baca Juga: Bagaimana Dampak Perubahan Iklim Saat Ini?

Pemilu sebagai Penentu Arah Perubahan

Pemilu atau Pemilihan Umum merupakan hal penting dalam kehidupan demokrasi sebuah negara. Ini adalah momen di mana tiap warga negara memilih para pemimpin mereka yang akan bertanggung jawab atas arah dan kebijakan negara dalam beberapa tahun ke depan. Pemilu mencerminkan kehendak dan aspirasi rakyat, serta menjadi panggung untuk kemajuan negeri.

Jadi, Apakah Hubungan Ketiganya?

Mungkin terlihat seperti cucoklogi aja nih si Fenni Bungsu. Apa iya ada hubungan antara Tahun Naga Kayu, lingkungan hijau, dan pemilu? Padahal kalau ditilik lebih lanjut ketiganya sebenarnya punya keterkaitan yang kuat.

Shio Naga (Tahun Naga Kayu), dengan simboliknya yang mencerminkan kekuatan dan transformasi, dapat diartikan sebagai perlambang bagi individu-individu yang memiliki keberanian untuk membawa kemajuan. Dalam konteks lingkungan hijau, diperlukan keberanian dan tekad yang kuat untuk melindungi dan memelihara alam. Di sisi lain, kehadiran Pemilu menjadi alat untuk menciptakan perubahan dalam skala yang lebih besar, di mana keberanian politik diperlukan untuk menghadapi tantangan-tantangan yang kompleks, termasuk masalah lingkungan.

kaitan tahun naga kayu lingkungan hijau dan pemilu
sumber: kompas.com

Para pemimpin yang dipilih melalui proses pemilu memiliki peran penting dalam menentukan arah kebijakan dan langkah-langkah yang diambil terkait dengan pelestarian lingkungan. Mereka harus bisa memiliki keberanian dan komitmen untuk melindungi sumber daya alam, mendorong inovasi ramah lingkungan, dan mengambil tindakan konkret untuk mengatasi perubahan iklim.

Baca Juga: Ini Kunci Sukses Transisi Energi hijau 

Dengan demikian antara Tahun Naga Kayu, lingkungan hijau, dan pemilu bisa membentuk satu kesatuan yang tak terpisahkan. Mereka mewakili semangat perubahan, keberanian untuk bertindak, dan komitmen guna melestarikan alam bagi generasi mendatang. Dalam menjalani masa depan yang penuh tantangan ini, penting bagi kita untuk menggabungkan kekuatan dan energi dari ketiganya, membawa harapan dan keberlanjutan bagi planet kita ini. Semangat menuju kebahagiaan dan kesejahteraan. 

Komentar

saya sih berharap tahun ini baik semua ya untuk kita semua, lancar rezeki dan sehat. lebih kuat dan siap menghadapi tantangan after pemilu. siapapun presiden terpilih harus siap-siap dengan kebijakan baru terlebih terkait ekonomi ya.

semoga pemilu kali ini lancar, gak ada kecurangan dan jangan golput! hehehe. salam sukses mba fen.
saya sih berharap tahun ini baik semua ya untuk kita semua, lancar rezeki dan sehat. lebih kuat dan siap menghadapi tantangan after pemilu. siapapun presiden terpilih harus siap-siap dengan kebijakan baru terlebih terkait ekonomi ya.

semoga pemilu kali ini lancar, gak ada kecurangan dan jangan golput! hehehe. salam sukses mba fen.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya kira hanya ada naga api, ternyata naga kayu juga ya, Mbak. Dan karena ada unsur kayu, maka memang erat kaitannya dengan pepohononan yang memang unsur kayu juga. Pohon-pohon besar tidak hanya menjaga lingkungan agar tetap asri, tapi juga melindungi pohon-pohon kecil dan tanaman lain. Pas dengan pemilu yang memang memilih pemimpin untuk bisa melindungi rakyatnya.
Bunda Saladin mengatakan…
Anakku nihhh shio naga cuma gak hafal elemennya apa. Emang udah berbakat pemimpin sejak balita.

Semoga kehidupan kita di tahun 2024 dan selanjutnya jadi makin baik ya kak dan lancar rezekinya.
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Aiisssh setujuuuu mba fenni 😍😍😍👍. Nyambung kok ketiganya. Apalagi perubahan besar akan ditentukan setelah tau siapa pemimpin baru.

Aku selalu berharap, nantinya presiden baru akan berani buat gebrakan yg memang menguntungkan bangsa Indonesia. Udh saatnya negara kita bangkit mengejar segala ketertinggalan.

Dengan simbol naga dan lingkungan hijau, diharapkan bisa bersinergi menciptakan Indonesia yg lebih baik yaaa
Tukang jalan jajan mengatakan…
ternyata ketiganya mempunyai hubungan yang kuat dan keterikatan yang luar biasa. Apapun itu berharap Indonesia bisa lebih baik dan sejahtera. paling penting lagi PEMILU aman dan damai dong
Dee_Arif mengatakan…
Lingkungan hijau wajib diwujudkan ya mbak
Beberapa waktu lalu debat capres pun membahas soal lingkungan
Harapannya di tahun yang baru dengan pemimpin baru, lingkungan hijau bisa terwujud bangsa kita jadi lebih sejahtera
Han mengatakan…
Hmm aku baru tahu kalo tahun ini tuh tahun Naga Kayu, pas banget yaa kak sama isu lingkungan yang harus kita suarakan kalo pengen bertahan di bumi yang hijau dan ngga menyesakkan. Buat pemilunyaa, huhu no comment deh :((
lendyagasshi mengatakan…
Semangat untuk pemilu besok.
Semoga pelaksaannya luber jurdil dan kita semua mendapat pemimpin yang shalih dan bisa membawa kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
Aamiin~
GE MAULANI mengatakan…
Waaah menarik banget faktanya kalau tahun naga kayu ini hadirnya 60 tahun sekali. Pantas saja yang lahir di tahun naga kayu kepribadiannya dinamis ya kak. Semoga tahun naga kayu yang bertepatan dengan pemilu kali ini bisa melahirkan pemimpin yang membawa perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.
Monica Anggen mengatakan…
Kalo kubaca-baca sih ya, tahun naga kayu tahun ini adalah tahun untuk kemajuan. Untuk bisa maju, maka perlu melakukan perbaikan. Memperbaiki kerusakan alam, mendorong teknologi ramah lingkungan, dan sebagainya.
Susi Yanti Nuraini mengatakan…
Wah, aku baru tahu nih mba.
Ternyata ada hubungannya, ya. Aku baca ini tepat 1 hari sebelum hari H pemilu. Semoga pemilu besok berjalan lancar.
Terima kasih infonya, mba.
Maria G Soemitro mengatakan…
Setuju banget, di tahun Naga kayu kita mendapat kesempatan mengubah kondisi negara melalui pemilu

Sebelumnya terpaksa merem dan cuma bisa ngomel-ngomel ketika gak ada peningkatan literasi di Indonesia dan pemerintah cuma impar impor
Alif Kiky Listiyati mengatakan…
Bulan ini banyak sekali tanggal penting ya. apapun itu, semoga masyarakat Indonesia diberikan kedamaian
Naga kayu adalah simbol pengharapan bagi pemimpim baru. Dimana unsur kayu perlu penguatan dari tanah atau kehidupan agar tujuan kuat tetap terarah.
Semoga di tahun naga ini, kita pribadi dan bangsa Indonesia bisa jauh lebih baik dalam segala hal ya mbak. Makin bahagia, makin sejahtera. Aamiin...
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Semoga Indonesia jadi lebih baik dengan apapun hasil pemilu ini ya, termasuk membawa kebaikan untuk alam.
Besar banget harapan semua masyarakat Indonesia untuk hal-hal yang lebih baik akan terjadi setelah pemilu, setidaknya untuk meringankan beban masyarakat
Windi astuti mengatakan…
ketiganya ini tetap mempunyai suatu harapan besar ya mbak. Karena sejatinya kita ini pinjam negeri dari cucu. Dan enenk moyang kita pasti berharap agar negerinya dan tanahnya dihuni oleh yang yang mencintai lingkungan. Tahun yang berarti banget, Krn jadi momen pemilu raya untuk memilih pemimpin yang memahami keadaan
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
semangat perubahan dan keberanian itu penting banget untuk menjaga bumi kita dan memilih pemimpin yang peduli terhadap lingkungan. Semoga dengan semangat ini, kita bisa berkontribusi dalam melestarikan alam untuk generasi mendatang. 👏🌿✨
lendyagasshi mengatakan…
Wah, beneran Tahun Naga Kayu semoga membawa kebaikan di sepanjang tahun 2024 ini. Apapun hasil pemilunya, mari kita sama-sama sambut masa depan bangsa ini dengan hal-hal baik.
Ririn Erviana mengatakan…
Intinya kita selalu berharap yang terbaik untuk tahun ini. Apalagi pemilu juga secara tidak langsung akan berdampak bagi kehidupan masyarakat. Semoga benar-benar terjadi transformasi ke arah yang lebih baik.
Annie Nugraha mengatakan…
Profil NAGA memang melambangkan kekuatan dan keberanian. Ingat dulu, saat anak sulung saya lahir di tahun Naga Emas, warga keturunan berlomba-lomba melahirkan anak di tahun itu. Apalagi pas anak saya lahir, jatuh shionya pada kepala naga mas.

Semoga keterhubungan antara naga kayu, kecintaan akan alam dan pemilu, benar-benear menjadi manfaat untuk kita semua.
sarrahgita mengatakan…
Menarik juga ya tahun naga kayu ini, saya baru tahu kalo tahun naga kayu muncul trakhir kali 60 tahun yg lalu. Yang pasti saya selalu berdoa semoga tahun ini selalu dinaungi keberkahan. berdoa yang terbaik untuk calon pemimpin kita 5 tahun ke depan. dan saya setuju sekali kalo punya pemimpin yg sangat peduli pada isu lingkungan.
Antung apriana mengatakan…
kalau bagi masyarakat tionghoa memang shio dan tahun cina ini memiliki artinya masing-masing yaa. tapi tentunya dalam setiap pergantian tahun kita berharap bisa menjalani hidup yang lebih baik dari tahun sebelumnya
Goresan hati mengatakan…
Semoga kita mendapatkan pemimpin yang amanah dan bisa mewujudkan Indonesia yang lebih baik ya.
I. Afrina Putri mengatakan…
Baru tau kalau ternyata naga kayu muncul pada 60 tahun sekali. Dari awal tahun kemarin memang sempat membaca bahwa naga kayu dikenal lebih banyak keberuntungan. Dan saat membaca artikel ini, jadi ada harapan semoga adanya perubahan menghijaukam lingkungan, dan alam yang tetap terjaga
I. Afrina Putri mengatakan…
Baru tau kalau ternyata naga kayu muncul pada 60 tahun sekali. Dari awal tahun kemarin memang sempat membaca bahwa naga kayu dikenal lebih banyak keberuntungan. Dan saat membaca artikel ini, jadi ada harapan semoga adanya perubahan menghijaukam lingkungan, dan alam yang tetap terjaga
Nur Asiyah mengatakan…
Semoga di tahun naga kayu ini Indonesia semakin hijau dan lingkungan makin terawat. Hal tersebut tak lepas dari pemimpin yang nantinya membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
bu guru mengatakan…
Kalau melihat sesuatu dari hal positif semua pasti akan berakhir positif juga. Pemilu tahun ini, pemilu paling unik dan ngeri.
Antin Aprianti mengatakan…
Setuju, ketiganya saling terkait. Apalagi pemilu, karena pemimpin selanjutnya akan sangat berpengaruh melaluli kebijakan-kebijakannya tentang lingkungan
Dila mengatakan…
Sesuai ajaran agama saya, saya enggak percaya shio maupun zodiak, hehe.. Pemilu yang diadakan di tahun ini, sesuai dengan periode pemilu 4 thaun sekali, dan siapapun itu semoga pemimpin yang baru bisa membawa kemajuan di negara kita. Aamiin, btw klo pilihan saya enggak menang gpp, intinya pemimpin yang baru bisa membuat kemajuan.
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Aih, bisa aja nih cocokloginya kak Fenni wkwk. Semoga dari pemilu tahun ini, terlahir pemimpin yang berani dan tangguh layaknya naga untuk mereformasi bangsa.
sudut pandang vina mengatakan…
Apa pun shio dan maknanya, semoga negara' Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang bisa membuat negara jadi lebih baik lagi dalam segala hal. Memperhatikan rakyat yang sudah memilih dan enggak mementingkan kepentingan pribadi.
Naga jadi lambang spesial di China, namun apapun Shionya semua tiap tahunnya kita bisa jadi lebih baik dari sebelumnya
Alfia D. Masyitoh mengatakan…
Terlepas dari makna shio naga, kita berharap semoga pemimpin dan wakil rakyat yang terpilih di Pemilu kemarin bisa mengemban amanah dengan baik dan membawa perubahan positif bagi Indonesia, termasuk di bidang lingkungan ya kak
Mario Andaru mengatakan…
Keadaan geopolitik kita di tahun ini memang lagi banyak banget isu yang harus kita angkat sih, terutama masalah isu lingkungan yang kian menjadi. Saya tidak begitu mengilhami shio, tetapi memang shio naga seperti mewakili kita di tahun ini; diantara kontestasi politik sama isu-isu lingkungan yang kudu diperhatiin.
Diaz Bela mengatakan…
Beberapa temanku yang percaya dengan keberuntungan tahun naga juga menyarankan untuk nambah anak di tahun ini karena bisa membawa rezeki hehe
SHalikah mengatakan…
Oo, tahun ini ternyata tahun naga kayu ya kak.. Pemilu memang salah satu harapan bangsa untuk membuka peluang yang lebih baik di tahun-tahun selanjutnya ya. Semoga siapa pun pemimpin yang terpilih bisa membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia ya.
zulfa atikah bahar mengatakan…
Pengen berdoa aja, semoga di tahun ini kita benar-benar mendapatkan pemimpin yang amanah, adil, peduli lingkungan, dan wajib mengutamakan rakyat..
tahun naga tahun panas juga ya karena tahun politik alias tahun pemilu. secara logis sih saya prepare aja untuk segala kemungkinan terutama kemungkinan ekonomi yag terpuruk. karena sedikit banyak pemilu ada efeknya terhadap ekonomi
hallobia mengatakan…
Masuk akal sih cocokloginya kak hahaha. Kujira cuma naga api aja, ternyata ada nagakayu juga ya. Seru sih baca artikel yang mencocokkan satu kajadian dengan momen lain.