Langsung ke konten utama

Inspirasi: Personal Branding Kuat ala Alfiansyah Komeng

Pemilihan Umum alias Pemilu 2024 ini, saya setuju dengan berseliwerannya netizen yang mengatakan adalah random atau penuh warna. Kerandoman ini dari banyak sisi, seperti para calon peserta yang ikut Pemilu (Capres/Cawapres/Caleg), para anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang berangkat Subuh pulang pun Subuh, hingga para Pemilih Tetap yang kerepotan melipat dan merapikan kembali surat suara.

Belajar Personal Branding ala Alfiansyah Bustami Komeng
foto dari akun IG Komeng.Original, kreasi by fennibungsu.com

Di luar itu semua, Pemilu yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali ini ada yang menjadi sorotan utama saya, yaitu sosok Alfiansyah Komeng. Walau Komeng tidak berada di Dapil (Daerah Pemilihan) saya, alias Komeng adanya di wilayah Pemilihan Provinsi Jawa Barat, sedangkan saya selaku pemilih berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta, tergerak saya untuk mengulik tentang satu hal yaitu Personal Branding Kuat ala Alfiansyah Komeng.

Sekilas tentang Alfiansyah Komeng

Komeng merupakan nama panggung dari Alfiansyah Bustami. Pria yang memiliki anak kembar ini adalah alumnus dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi, fakultas ekonomi. Banyak program televisi yang menghiasi nama beken Komeng ini, beberapa diantaranya sebut saja: Wara Wiri, Saatnya Kita Sahur, Gong Show, Indonesia Lawak Klub, dan yang paling fenomenal yaitu Spontan (awas jadi latah ngelanjutin dengan kata: uhuuy! wwkwkwk).

Selain menjalani aktivitas sebagai pekerja seni, dari berbagai sumber saya rangkum bahwa Komeng juga aktif di Palang Merah Indonesia Kabupaten Bogor sebagai tenaga sukarela, dan bagian dari Komando Pasukan Lawak (Koplak). Pria yang berprofesi sebagai pelawak, presenter, penyiar radio, dan kini insyaa Allah ia pun melaju menjadi politikus Indonesia. Guna melaju sebagai calon anggota dewan, pria kelahiran tahun 1970 itu pun menambahkan nama Komeng, dan disetujui oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Cibinong.

Belajar Personal Branding ala Alfiansyah Bustami Komeng
foto dari akun IG Komeng.Original

Antara Personal Branding dan Kampanye

Kampanye menjadi cara apik untuk Capres/Cawapres/Caleg agar semakin dikenali oleh publik. Ya pastinya dong, kalau nggak pernah muncul di hadapan, minimal ya layar televisi ataupun media sosial, tentunya kita sebagai masyarakat bagaimana mau memilih se-sosok itu untuk dijadikan wakil rakyat? Oleh karena itu, kesempatan kampanye akan dipergunakan se-maksimal mungkin untuk mendulang suara dengan muncul di televisi, baliho, poster, media sosial, maupun spanduk.

Namun, hal tersebut mungkin berbeda dengan Alfiansyah Komeng. Dari laman BeritaSatu disampaikan bahwa Komeng tidak berkampanye langsung di hadapan masyarakat. Dia ingin membuat kejutan, karena jika berkampanya maka “nggak jadi surprise dong”. Dan keterkejutan itu makin menjadi tatkala di kertas suara DPD Dapil Jawa Barat, ada foto konyol seorang Komeng di nomor urut 10.

Oh iya, kamu yang berada di Dapil Jawa Barat, bisa nih curcolkan melalui komentar, bagaimana rasanya kala membuka surat suara DPD 2024, eh ada foto yang unik di urutan nomor 10, hihi.

personal branding komeng anggota DPD Jawa Barat

Lalu mengapa bisa tanpa kampanye Komeng sukses mendulang suara tertinggi Pemilu DPD 2024 Dapil Jawa Barat (data sementara per 19/2/2024 pukul 10:25 WIB), mengalahkan Aanya Rina Casmayanti di urutan kedua, dan artis Jihan Fahira di urutan ketiga? Yes, personal branding seorang Komeng yang melibasnya.

Kita pastinya mengetahui bahwa Personal Branding atau Penjenamaan Diri adalah upaya sadar yang diciptakan guna membangun citra dan reputasi diri. Bila penjenamaan diri positif, maka akan memberikan dampak yang positif pula. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Rekomendasi Parfum Pria Terbaik Saat Ini

Menurut saya, Komeng memiliki personal branding sebagai pelawak yang unik. Ia bisa memberikan lawakan secara Spontan (lagi-lagi awas latah ngomong: uhuuy! hihi). Kelakarnya Komeng ini tidak membosankan, walau pernah ada juga yang saya rasakan agak garing, tetapi yang utama saya sorot adalah becandaannya Komeng tidak menjatuhkan atau menghina orang lain. Apalagi yang pas acara Wara-Wiri Ramadhan ada Komeng yang kumpul bareng Adul dan Ustadz Subki Al-Bughury yang tak hanya menghibur tetap ada pesan baik yang tersirat.

personal branding Komeng program kerja DPD Jawa barat
sumber: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240216134505-33-515054/alasan-komeng-tidak-kampanye-meski-jadi-caleg-dpd-ri

Dari sosok Komeng yang melaju di pentas Pemilu 2024 ini, menggambarkan bahwa pentingnya memiliki personal branding yang kuat, khususnya sebagai calon peserta Pemilu. Saat ingin mendaftarkan diri sebagai wakil rakyat bisa berkegiatan dengan terjun langsung ke masyarakat dalam hal kemanusiaan misalnya. Atau dengan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya, maupun menorehkan prestasi gemilang sesuai bakat dan skill yang dimiliki.

Baca Juga: Congrats, Cinta Laura Brand Ambassador Ini

Kita bisa menjadi pribadi yang positif tanpa bersenggolan dengan hal-hal yang akan merugikan di kemudian hari. Sebab kita tidak tahu bagaimana ke depannya nanti, siapa tahu saja kan ada rezeki seperti Komeng yang ingin menjadi anggota dewan guna meningkatkan seni budaya dan memperjuangkan Hari Komedi. Ya bisa saja, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Apalagi untuk kita sebagai blogger, personal branding amat diperlukan guna dikenal brand/klien, dan hal baik lainnya. Jadi terbetik harapan, semoga saja suatu saat ada dari kalangan blogger bisa melaju sebagai anggota dewan, aamiin.


sumber:

  • https://www.beritasatu.com/lifestyle/2800404/ini-alasan-komeng-tak-lakukan-kampanye-saat-pemilu-2024
  • https://web.archive.org/web/20240215141905/https://www.antaranews.com/berita/3676908/pn-cibinong-hakim-kabulkan-komedian-komeng-berganti-nama
  • https://pemilu2024.kpu.go.id/pemilu_dpd/hitung-suara/32
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Komeng

Komentar

Suci mengatakan…
Keren emang Komeng ini, ya, mbak..
Entah saya ngga pernah nonton tv (semacam info selebritis) tapi kayanya ngga pernah liat dia "kampanye" layaknya caleg2 lain.
bahkan di medsos juga ngga pernah liat sama sekali.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Astagaaaahhh, hasil suaranya terlampau jomplang hahaha.
Tapi emang zaman now, politik itu makin nggak menarik kayaknya, jadi orang malas mencari tahu. Pas hari H, kebanyakan asal milih aja, dan jadinya milih yang kenal aja :D
YSalma mengatakan…
Saya daerah pemilihan daerah Jawa Barat, begitu membuka kertas untuk nyoblos DPD auto kaget, lupa kalau DPD hanya foto caleg yang dipajang, lebih kaget lagi ada foto Komeng yang unik jadi salah satu caleg.
Memang benar, personal branding Komeng sangat membantu pikiran pemilih yang kaget dan bingung seperti saya untuk mengingat-ingat apa yang sudah dilakukan atau kiprah Komeng sebagai komedian dan yg jadi nilai tambah, sepertinya Komeng belum pernah berafiliasi dengan partai politik.
Maria G Soemitro mengatakan…
Keren ya Komeng?
Sebenarnya saya dititipin teman untuk nyoblos sebagai perwakilan pegiat lingkungan hidup
Tapi auto lupa ketika di bilik suara
Yang kelihatan malah Komeng
Ya udah saya coblos dia aja 😀😀
Annie Nugraha mengatakan…
Komeng termasuk beruntung karena dalam masalah branding dia sudah lebih dulu eksis. Apalagi dia sudah tahunan menjadi public figure yang punya profile khusus. Jadi menurut saya hanya dengan melihat wajah dan penamaan KOMENG di kertas suara, publik pun langsung ngeh. Semoga saja ya Komeng benar-benar bisa bekerja baik sebagai senator dan bisa berdiri di atas kepentingan rakyat banyak. Bukan sekedar menang karena popularitas.
Rusdiana - Ciungtips mengatakan…
komeng ini komedian segala jaman haha, sampai sekarang terus eksis sementara komedian lain mengalami pasang surut. Komeng juga jauh dari masalah, nice banget.
Bambang Irwanto mengatakan…
Menurut saya, personal branding komeng ini memang yang sangat mendukung. Karena orang sudah mengenal dirinya sebagi komedian. Karena banyak juga orang yang memilih Komeng, karena hanya mengenal komeng dibandingkan calon lainnya. Namun ternyata Komeng juga punyah latar belakang pendidikan tinggi.
Luluk Sobari mengatakan…
Iya, femonela banget ini Komeng. Tanpa kampanye menanh telak. Ternyata sebegitu pengaruhnya ya personal branding itu. Seandainya saya jadi warga Jabar, saya kayaknya juga bakalan milih komeng. Hehehe.
Bunda Saladin mengatakan…
Huahaha beneran deh pengen ngomong spontan uhuuy karena udh melekat banget ama Bang Komeng. Masyarakat kalo milih caleg lebih prefer yg udh punya nama yaa. That's why personal branding penting banget buat ngangkat nama seseorang.
Keke Naima mengatakan…
Bagusnya selama ini rekam jejak Komeng memang positif. Maksudnya, gak ada hal kontrovesial yang pernah Komeng lakukan.

Meskipun saya pribadi juga masih belum tau jalan pikirnya Komeng tentang perpolitikan. Semoga aja bisa amanah menjadi wakil rakyat. Aamiin
Irra Octaviany mengatakan…
Awalnya iseng coblos Komeng, ternyata waktu penghitungan suara Komeng langsung menang. Visi misinya untuk memajukan budaya Indonesia juga patut diapresiasi sih.
Dee_Arif mengatakan…
Mantap banget ya komeng ini
Tanpa perlu banyak promosi, dia bisa meraih banyak suara
Fotonya di kertas suara juga unik
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Oh iya ini kemarin yang viral ya Ya ampun aku juga baru tahu loh kalau dia itu nyaleg. Sayang ya untuk Jabar Kalau untuk Jatim mah udah aku coblos
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Oh iya ini kemarin yang viral ya Ya ampun aku juga baru tahu loh kalau dia itu nyaleg. Sayang ya untuk Jabar Kalau untuk Jatim mah udah aku coblos
lendyagasshi mengatakan…
Aku sempet ghibahin artis yang nyaleg nih..
Rasanya memang ini yaa previlege seorang artis. sekali liat, orang uda notis dan bisa langsung nyoblos. Gatau deh.. perkara program kerjanya apa. Hihihi.. gapapa, semoga amanah yaa..
lendyagasshi mengatakan…
Menurutku, Komeng ini salah satu komedian yang bercandanya natural.
Effortless gitu lo.. semacam apa yang keluar, jadi kocak.
Semoga Komeng dkk artis lainnya yang terpilih bisa menyalurkan aspirasi masyarakat dan membuat INdonesia menjadi lebih baik lagi sesuai dengan bidangnya masing-masing.
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Sebagai warga Jawa Barat, saya juga termasuk yang kaget melihat ada Komeng di barisan para calon anggota DPD Jawa Barat.
Fotonya memang eye cathing banget, beda dengan yang lain.
Kemarin waktu di TPS juga banyak yang ngebahas keikutsertaan Komeng
Han mengatakan…
Iya lohh aku ikutt nganga ternyata si Komeng ini ikut nyaleg hhahaah dan banyak suaranyaa kwwkwk padahal kaga pernah juga liat kampanyenyaa. keren komeng!
De Eka mengatakan…
Aku setuju sih ini memang karena personal branding dirinya komeng yg membuatnya berhasil mendulang banyak suara. Emang personal branding termasuk personal branding diri juga penting ya.
Bambang Irwanto mengatakan…
Keberhasilan Komeng di Pemilu kali ini dengan foto nyeleneh, jangan-jangan akan menginspirasi calon lain di pemilu 5 tahun mendatang untuk berbuat hal sama ya, dengan foto nyeleneh hehehe.
Pida Alandrian mengatakan…
Jadi Komeng ini ikut mencalegkan diri tanpa kampanye gitu kah mba??
Wwaah keren, berati personal brandingnya emang uda oke bangett yaa..
Semenjak memiliki suara tertinggi info tentang Komeng ini sering banget lewat di beranda medsos ku :D
Ayah Ugi mengatakan…
Peraonal bramding Komeng memang sudah keren sebagai komedian. Siapanyang tidak tahu, Komeng? Pastijya semua tahu dong. Ih, iya Komeng ini bikin kaget, karena ternyata komeng juga nyalon untuk DPD.
Eka FL mengatakan…
nampaknya banyak juga yang milik komeng di pencoblosan kemarin ya, termasuk saya! hahahaha. iya lah bener banget kan kita gak kenal yang lainnya taunya yang emang kita kenal aja. meski kurang tahu gimana sepak terjang komeng di dunia politik, tapi pemikiran kita sama mba, komeng tuh kalo ngelawak gak body shamming. emang natural becanda aja.
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
baca-baca hanya komeng ini yang lolos masuk kursi legislatif dari sekian banyak artis yang mencalnkan diri ya. keren emang.
Lita Lestianti mengatakan…
Saya bahkan lupa gimana candaannya komeng di tivi. Memang terkesan garing sih tapi selama nggak bully fisik sih saya seneng aja. Ya baru sadar juga sih twrnyata kenapa banyak artis ikut nyaleg karena itu salah satunya. Udah dikenal hehe makanya nggak bingung pas nyaleg.
Ursula Meta Rosarini mengatakan…
Aku tinggal di Bekasi tp KTP masih Jakbar jadi nyoblos di Jakbar, kalau aja nyoblos di Bekasi mungkin juga akan pilih Komeng atau bisa juga Jihan Fahira karna yg tau cuma mereka berdua hahhaa.

Keren bgt sih Komen, antimainstream fotonya, kemenangannya juga less effort.
Penghuni 60 mengatakan…
haha, jujur, saya jg coblos Komeng loh....
cm Komeng yg udh bikin saya senyum.... ^_^
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Seandainya aku di dapil itu, aku pun bakal pilih komeng mba. Lebih karena reputasi dan brandingnya memang. Jauh dari gosip miring, lawakannya juga bener, ga yg menjatuhkan memang 👍. Dan saking kuatnya branding, sampe2 udah tahu beberapa istilah yg banyak dipake skr, ya asalnya dari komeng. Liat iklan yamaha aja, yg keinget duluan komeng nya 😄

Memang sepenting itu sih yaa, personal branding dan reputasi. Orang2 akan semakin inget dengan kita. Apalagi kalo kesan yg ditampilkan memang bagus