Langsung ke konten utama

THR: Pilih Beli Baju Lebaran, Ponsel Baru atau Kue Lebaran?

Sudah bulan April 2024 nih, apakah kamu sudah mulai menghitung kancing, eh hitung THR untuk dihabiskan? Wuah bahasanya dah, langsung to the point, “Dihabiskan”, heheh. Soalnya nih pas bulan April ini bakalan membuat hati dan pikiran tergoda. Tengok aja kalender deh, hari raya Idul Fitri insyaa Allah pada tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah, yang mana kalau di kalender Masehi sekitar tanggal 10 April 2024. Artinya apa?

Jelang lebaran tersebut, godaan promo lebaran bakalan mengusik qolbu. Lebaran di 10 April, dan promo yang bakalan dahsyat muncul adalah si tanggal kembar: 4-4. Sedangkan 3 pilihan barang yang membuat kamu bisa saja menghitung kancing, mau membeli yang mana lebih dulu antara beli baju baru, ponsel baru atau kue lebaran. Jadi bagaimana memilihnya?

dana thr untuk beli baju lebaran ponsel baru

Bagi per Pos

Uang THR alias Tunjangan Hari Raya yang sudah kamu peroleh (yang umumnya 2x gaji bisa jadi lebih atau kurang), cobalah untuk membaginya per pos. Usahakan pos-pos yang dibagi ini adalah yang memang urgent ya gaess, misalnya:

  • Pos 1: Zakat Fitrah + Infaq/sedekah
  • Pos 2: angpao keluarga/kerabat
  • Pos 3: biaya bulanan

Note: lebaran di tanggal 10 April yang umumnya adalah bertepatan juga dengan tanggal jatuh tempo bayaran bulanan macam Listrik, Gas, PAM, de el el. Jika kamu memilih pos 3 ini dikeluarkan melalui gaji bulanan (yang umumnya gajian di sekitar tanggal 23-27), maka bisa dialihkan sebagai pemasukan dana darurat.

  • Pos 4: Tabungan untuk sebulan ke depan yang kamu gunakan untuk bekerja.
  • Pos 5: untuk pilihan Beli Baju Lebaran, Ponsel Baru atau Kue Lebaran

 Baca Juga: Trik Jitu Kumpulkan Uang 100Juta di Usia Muda

Cek yang Memang Perlu

Di tahap ini, perlunya untuk memantau dan menelaah lebih dalam, “yang memang dibutuhkan itu yang mana?” cara simplenya bisa ceki-cekinya seperti ini: 

Kue Lebaran

memungkinkan untuk ada di meja ruang tamu, karena bisa saja akan ada tamu yang datang silaturahmi ke rumah. Sehingga kalau di meja hampa tanpa ada kue-kue khas lebaran, jadinya terasa ada yang kurang.

uang thr kelola manfaat beli baju ponsel baru
ilustrasi dari freepik

Ponsel Baru

Kondisi ponsel yang dimiliki tidak memungkinkan lagi untuk bertahan, entah karena memorinya yang sudah hampir full, LCD-nya rusak, sering restart sendiri, ponsel sudah tidak berfungsi

Baju Lebaran

Baju lebaran yang lama sudah koyak, kancingnya hilang, resleting sudah rusak, warna baju makin pudar jauh dari aslinya, ukuran sudah sempit. Bila ukurannya ternyata kebesaran bisa diakali dengan mengecilkannya.

Pantau Harga dan Ekspedisi

Jangan lupa untuk memantau harga barang yang akan dibeli. Kamu bisa membandingkan antar toko baik offline maupun online untuk mendapatkan harga yang sesuai bujet tersedia. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan masalah metode pengiriman khususnya kamu yang ingin membeli melalui online store, karena kurang dari dua minggu lagi akan lebaran, biasanya bagian ekspedisi akan kewalahan dalam mengantarkan pesanan sehingga pesananmu akan tertunda dari jadwal estimasi. Jadi pastikan untuk memantau secara teliti jenis ekspedisi yang akan kamu gunakan dan store mana yang masih bisa melayani hingga jelang lebaran.

Tarik Kesimpulan dan Putuskan

Di tahap ini adalah saatnya kamu untuk menyimpulkan dan memutuskan untuk beli yang mana. Bila ada yang bisa dikompromikan, misalnya belinya nanti deh usai lebaran siapa tahu saja dapatnya lebih oke dan bersahabat lagi harganya, tidak masalah. Atau, jika memang ingin membelinya sebelum lebaran ini, maka pergunakan waktumu secepat mungkin. Dengan begitu, produk yang kamu beli bisa sampai tujuan sebelum hari raya tiba.

uang thr kelola manfaat beli baju ponsel baru
ilustrasi dari freepik

Hari Raya tentunya momen yang berkesan bagi siapa saja. Dari situ ada terselip urusan THR yang berkaitan dengannya. Jadikan hari raya dan pergunakan THR-mu sebijak mungkin. Bukan untuk foya-foya atau sekadar pamer harta, tetapi sesaat kemudian kamu pun merana karena tak ada lagi dana yang tersedia. Semangat kelola keuangan dengan ceria. Jadi gimana nih, mau pilih beli Baju Lebaran atau Ponsel Baru atau Kue Lebaran? 

Komentar

Nanik nara mengatakan…
Sepakat, THR memang harus dimanfaatkan secara bijak. Jangan karena ini "rejeki diluar yang rutin di terima" terus dihabiskan secara ugal-ugalan
Annie Nugraha mengatakan…
Dapat bonus, seperti THR, memang mengundang kita untuk banyak berpikir ya Fen hahaha. Semua rasanya ingin dibeli. Apalagi pas pulak lagi banyak kebutuhan yang sepertinya semua jadi prioritas. Apalagi kebutuhan lebaran sendiri juga banyak dengan kondisi harga-harga melonjak naik.
Maria G Soemitro mengatakan…
sering kalap emang ya kalo dapat uang THR

karena itu penting banget kecerdasan manajemen keuangan

agar THR bisa menguntungkan, jangan malah bikin lubang yang berakhir gali lubang tutup lubang
Irra Octaviany mengatakan…
kalau aku sih sebagian aku tabung, sebagian lagi dipakai untuk keperluan menyenangkan keluarga seperti baju baru, dan liburan
Naufal Al R mengatakan…
Di penghujung Ramadhan tahun ini saya justru malah rem pengeluaran karena dananya di peruntukan untuk lanjut S2 niih :). Yah jadi meskipun ingin ganti gadget, tapi beralih ke yang realistis dulu, gadgetnya diganti nastar hehehe.
Iim Rohimah mengatakan…
Buat yang termasuk bukan penerima THR, bisa juga bikin THR sendiri dengan membuat celengan khusus hari raya. Isi 10rb/hari kan lumayan juga, pas idul fitri jadi aman.
Biasanya buat pekerja, gak sempat bikin kue, bisa beli kue tunjuk (ngambil istilah Kak Ros di Upin Ipin haha)
Bikin angpao juga aman pastinya. Termasuk baju lebaran. Kalau ponsel, sepertintya cocok buat yang masih single atau yg dananya lumayan gede ya.
Bening Pertiwi mengatakan…
wah bisa jadi panduan praktis untuk mengelola THR dengan bijak, memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan menjelang Lebaran. Sangat informatif dan bermanfaat
Putu Felisia mengatakan…
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mbak. Mohon maaf lahir dan batin.
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Kuker nih paling wajib gak sih. Gak lebaran rasanya kalau gak ada kue kering
Okti Li mengatakan…
Ga ada baju lebaran, ga ada kue lebaran apalagi ponsel baru. Anggaran THR tahun ini buat beli sembako aja dulu. Itu kun kurang. Tapi ya disyukuri aja ya. Semoga rezekinya tetap berkah melimpah
Aamiin...
bu guru mengatakan…
Pintar mengatur keuangan sejak sekarang, apalagi pas dapet THR harus bener bener bisa kelola uangnya. Kalau bisa jadi passive income gitu ya
sarrahgita mengatakan…
Menjelang lebaran kayaknya kebiasaaan di keluargaku pengeluaran lebih banyak ke kue atau hampers tuk diberikan ke sanak saudara.
Ga pernah kepikir sama sekali tuk beli handphone baru, berasa mirip abg jaman now ya hehe. n tuk baju lebaran kayaknya hal tsb ga jadi kewajiban juga sih. yang pasti setelah lebaran usai masih banyak kebutuhan lainnya menanti
lendyagasshi mengatakan…
Suka galau memang kalau ada wishlist barang yang dipinginin banget.
Akutu tipe yang nunggu uangnya beneran ada daripada speknya gak sesuai sama kepinginan. Soalnya ujung-ujungnya kalo beli yang speknya dibawah tuh masiii aja ngidam pengen.

Jadi, mending tahan dulu sampe uangnya kekumpul dan nanti self rewardnya barang yang bener-bener sesuai sama wishlist. Kalo beli jajan lebaran, kayanya kudu sih yaa.. Buat oleh-oleh keluarga juga..
Yanti Alif mengatakan…
Intinya uang THR harus dikelola dengan baik bagi2 uang untuk kebutuhan2 lebaran stelah uru sisanya lebih baik ditabung sih supaya gak habis semua atau buat kebutuhan mendesak jga gk apa2
lylamanzila mengatakan…
alhamdulillah beberapa kebutuahan lebaran sudah dicicil jauh jauh hari sebelum lebaran. karena aku sendiri sadar, semua pengeluaran bisa kok nggak harus barengan. cuma kue lebaran aja yang belinya seminggu sebelu lebaran
Ririn Wandes mengatakan…
Pastinya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan sih ya,Kak. Punya THR dan misalnya saja butuh smartphone yang rusak pasti lebih piih beli itu deh.
Hastin Pratiwi mengatakan…
Yang paling penting beli suguhan Lebaran untuk tamu sih kalau aku, soalnya emang banyak tamu ke rumah karena keluargaku adalah yang tertua dalam keluarga besar kami.. 😁
Putu Felisia mengatakan…
Kalau saya lebih memilih mana yang lebih diperlukan lebih dulu. Setiap orang pasti akan beda cara sih
Priyani Kurniasari mengatakan…
Kalau aku prefer makanan sih kak, soalnya kudu beli oleh-oleh untuk balik dan mudik lebaran yang lumayan menguras kantong, hehehe. Soalnya saudaraku lumayan banyak
Mas Arief mengatakan…
Dapat bonus, seperti THR memang kadang bikin kalap. Harus bisa bijak mengelolanya karena hidup bukan cuma pas momen lebaran aja ya kan..
@blogger_eksis mengatakan…
Ponsel baru skip dulu karena baru ganti dua tahun lalu. Berhubung sudah jarang dapat THR seperti saat kerja kantoran dulu, aku memang harus fokus mengelola sisa tabungan untuk pengeluaran lebaran tahun ini.
Rafahlevi mengatakan…
Langsung makdeg nih... jujurly pengeluaran emang melangit c lebrana tapi bukan ke baju baru, hape baru atau kue
Lebih ke bagi2 ke sidara yang ketemunya emang cuman bisa pas lebaran
S. Fauzia mengatakan…
Momem THR ini memang ditunggu banget. Anak-anak biasanya THR dipake buat nabung dan jajan. Anakku kemaren dipake nobar. Prefer ke makanan daripada pakaian.
Ririn Erviana mengatakan…
Kalau aku lebih seringnya dialokasikan ke baju lebaran sama kue lebaran. Tapi ya semua bisa tergantung ke masing-masing orang. Bisa juga untuk tambah-tambah salam tempel ke ponakan.
Amir mengatakan…
Kalau saya sih kue lebaran lah ya. Harus ada di meja buat nyambut tamu dan itu harus. Kalau baju lebaran masih bagus2. Hp masih ada.