Langsung ke konten utama

Ini Rekomendasi Minuman Pereda Nyeri Haid yang Cocok

rekomendasi minuman pereda nyeri haid

Pernah gak sih kamu berpikir buat menemukan minuman untuk memperlancar haid? Iya, buat cewek ini hal yang penting karena kalau sudah momen datang bulan rasanya itu luar biasa. Terlebih juga untuk cowok, perlu juga memahami hal ini, sehingga tatkala isteri, ibu, saudari, pacar maupun teman kamu yang gender-nya kaum hawa sedang mengalami menstruasi, bisa ikut menenangkan bahkan dapat memberikan solusinya. 

Kaum Hawa dan Menstruasi

Sebagaimana kita tahu menstruasi atau haid adalah anugerah terhebat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kaum hawa. Teratur proses luruhnya darah melalui organ reproduksi wanita dengan masa haid berkisar antara 23 – 35 hari, dan periode berlangsungnya sekitar 3 hingga 10 hari. Siklus bulanan ini berkaitan dengan hormon progesteron dan estrogen. 


Perubahan hormonal yang memungkinkan terjadi dapat mempengaruhi suasana hati wanita sebelum memasuki masa haid atau yang disebut dengan PMS (Premenstrual Syndrome). Pada momen PMS ini banyak hal yang terasa dari yang namanya mudah marah, kelelahan, depresi, nyeri pada bagian payudara, hingga nyeri pada bagian perut. Khusus nyeri perut ini, rasa yang tak nyaman seperti kram menjadi hal yang pada umumnya terjadi.


rekomendasi minuman pereda nyeri haid

sumber gambar: freepik

Teknik Meredakan Nyeri Haid dengan Praktis

Oleh sebab itu, meredakan nyeri haid diperlukan cara yang praktis, misalnya dengan:


  • Istirahat di hari pertama haid datang. Mungkin kita pernah dengar ada yang namanya cuti haid untuk karyawan wanita. Nah hal ini bisa dimanfaatkan oleh kaum hawa, agar suasana hati dan kondisi tubuhnya bisa lebih rileks dengan beristirahat di rumah tanpa harus masuk kerja. 


  • Kompres bagian perut dengan air hangat dapat membantu otot rahim yang tadinya kaku jadi lentur (melemas) sehingga kondisi tubuh menjadi lebih rileks. Usahakan saat mengompres gunakan botol panas yang dilapisi dengan kain, agar kulit tidak mengiritasi kulit. 


  • Kelola stres dapat memberikan efek tenang ketika nyeri haid datang. Kondisi tubuh yang kurang fit ditambah pikiran berkecamuk hanya akan menambah rasa sakit pada bagian kepala, salah satunya adalah migrain. Oleh karenanya perlu mengatur stres ini dengan bijak.


  • Olahraga ringan dapat meredakan nyeri haid, karena mendukung pelepasan hormon endorfin, sehingga membantu menumbuhkan suasana hati yang gembira. Lakukan olahraga misalnya jalan santai, yoga, senam ringan sekitar 15 sampai 30 menit. 


  • Atur pola makan dengan konsumsi asupan tinggi serat dan hindari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi seperti junk food, cookies, gorengan sehingga perut tidak terasa kembung dan mengurangi terjadinya kram pada perut.


  • Konsumsi obat pereda nyeri haid jika perlu. Hal ini tentunya telah berkonsultasi lebih dulu ke dokter/bidan, agar tidak sembarangan menggunakan obat-obat yang memungkinkan tidak sesuai dengan keadaan tubuh. 


  • Konsumsi suplemen tambahan juga bermanfaat sebagai pereda nyeri haid, seperti suplemen yang mengandung vitamin B1, B6, D, dan E maupun penambah darah, agar kebutuhan zinc dalam tubuh tercukupi.


  • Jauhi kopi, minuman beralkohol, maupun merokok. Pasalnya merokok tidak hanya akan mempengaruhi infertilitas saja, melainkan juga terbatasnya suplai oksigen ke bagian panggul. 


  • Untuk meredakan nyeri haid dapat mengonsumsi minuman melegakan yang mudah ditemukan. 

Rekomendasi Minuman Pereda Nyeri Haid

Nah, minuman untuk memperlancar sekaligus meredakan nyeri haid ini, bisa ditemukan di sekitar kita. Ini bisa dijadikan stok atau dikonsumsi dari sebelum datangnya haid. Berikut rekomendasi minuman pereda nyeri haid yang cocok sekaligus menyehatkan tubuh:

  1. Cukupi Minum Air putih

Pastinya kita tahu manfaat minum air putih yang cukup (8-10 gelas setiap hari) untuk tubuh. Hal tersebut, berlaku pula sebagai minuman untuk memperlancar haid, karena dapat menjadi solusi atasi perut kram, aliran darah menjadi lancar sekaligus meredakan nyeri haid. 


rekomendasi minuman pereda nyeri haid, minuman memperlancar haid

sumber gambar: freepik
  1. Minuman dengan Kandungan Jahe

Minuman pereda nyeri haid selanjutnya adalah yang berbahan dasar jahe. Ini amat baik dalam mencegah perut kembung, pereda mual maupun nyeri saat haid. Tentunya, konsumsi secara bijak ya, jangan berlebihan agar tidak terjadi diare ataupun sensasi panas pada tubuh. 

  1. Jus Buah Segar

Minuman jus buah tidak hanya dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh saja, tetapi juga memberikan rasa nyaman pada tubuh ketika menstruasi, karena terhidrasi dengan baik.

  1. Cokelat Panas

Siapa sangka bahwa minuman cokelat panas tak hanya membuat diri menjadi lebih bersemangat saja, tapi bermanfaat pula dalam meredakan nyeri haid. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung magnesium dan zat besi.


Baca Juga: Tips Bebaskan Rasa Khawatir ketika Menstruasi
  1. Minuman 3 Teh

Peppermint, teh hijau, dan chamomile yang disajikan dalam bentuk teh, memiliki manfaat baik sebagai pereda nyeri haid dan kram. Kaum hawa bisa menjadikannya salah satu dari 3 pilihan tersebut sebagai minuman teh yang menenangkan.

  1. Minuman Kunyit Asam

Kunyit asam sudah malang melintang akrab didengar sebagai minuman pereda nyeri haid. Minuman berkhasiat ini mudah untuk ditemukan bahan-bahannya di dapur kita, bahkan mudah pula dalam pembuatannya. Akan tetapi bakal membuat rasa malas ketika efek kuning pada kunyit membekas di tangan, dan juga membutuhkan waktu.


Baca Juga: Hari Kebersihan Menstruasi bagi Wanita


Tenang saja, Sido Muncul kunyit asam sebagai minuman pereda nyeri haid pun hadir sebagai solusinya. Kemasan praktis Sido Muncul kunyit asam, bisa dibawa kemanapun alias travel friendly pula. Tinggal seduh dengan air hangat maupun air dingin. Konsumsi minuman yang mengandung kunyit (Curcuma Domestica Rhizoma Extract) dan asam (Tamarindi Indica Pulpa Extract) ini sesuai kebutuhan. 


rekomendasi minuman pereda nyeri haid, minuman memperlancar haid

Nah Sudah Tahu kan, Langkah Meredakan Nyeri Haid

Yuk, sambut menstruasi dengan tenang. Hadapi dengan jiwa yang menyenangkan dan fisik yang sehat. Jangan lupa untuk mencatat hari pertama haid di bulan itu, agar pada bulan berikutnya bisa mempersiapkan diri jelang masa menstruasi tiba, salah satunya persiapan minuman untuk memperlancar haid yaitu kunyit asam dari Sido Muncul. Semangat selalu untuk Kaum Hawa!


Sumber bacaan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/6-minuman-yang-sebaiknya-dikonsumsi-saat-menstruasi

  • https://www.alodokter.com/7-cara-mengurangi-nyeri-haid

  • https://www.mitrakeluarga.com/artikel/cara-meredakan-nyeri-haid

Komentar

Ayah Ugi mengatakan…
Kalau wanita sudah datang siklusnya, biasanya yang dikeluhkan beragam. Berbeda satu sama lain ya, Kak. Misal saja, ada yang mengalami nyeri haid, namun ada yang ga ngeluh apa-apa. Kalau ada yang alami nyeri bisa nih konsumsi minuman di atas, apalagi sekarang udah tersedia kemasan sachet yang praktis
Bunda Saladin mengatakan…
Jamu kunyit asam emang ampuh banget buat redakan nyeri haid. aku udah sering minum kunyit asam Sido Muncul karena praktis, tinggal seduh aja dan rasanya segerrr, berkhasiat pula.
HendraDigital mengatakan…
Istri saya sering mengeluh perutnya sakit di hari pertama mens. Makanya saat haid datang, biasanya langsung istirahat di hari pertama atau sambil dikompres air hangat di perutnya. Luar biasa ya, prosesnya memang seperti ini untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh.

Wah ternyata minum cokelat hangat bisa sedikit membantu meredakan sakit perut akibat mens. Saya juga sering nih minum cokelat hangat, tapi bukan untuk mens, wkwkwkwk.....
Lintang mengatakan…
Hari pertama dapet tuh, ngga cuma mood swing aja tapi kadang juga nyeri banget. Aku biasanya kompres-kompres pake air hangat. Olahraga ringan juga ngefek banget meredakan nyeri. Terus jangan lupa banyak minum air putih sih. Sama kunyit asam. Untung ada kemasan praktis saset Sido Muncul yang traveling friendly.
Juwita mengatakan…
Kunyit asem memang ampuh meredakan nyeri haid..umma juga seirnh konsumsi. Selain itu juga melegakan dan membuat badan lebih enteng.
Diaz Bela mengatakan…
Wah Sido Muncul makin berinovasi saja ya memberikan alternatif minuman yang baik untuk kesehatan. Bisa jadi alternatif nih buat yang bingung mau minu jamu apa
Bambang Irwanto mengatakan…
Zaman dulu minuman kunyit asem jadi andalan para wanita saat haid. Kalau dulu bikin sendiri, lalu beli di penjual jamu lewat. Dan sekarang lebih praktis, karena ada kunyit asem dari Sido Muncul. Bisa dibawa ke mana-mana juga.
Yonal Regen mengatakan…
Istri saya termasuk yang kalau menghadapi menstruasi ini memang keliatan strugle banget nahan nyerinya. Suka ga tega kalau sudah melihatnya meringis nahan sakit.
So far kalau di kasih coklat suka seneng dia, mood nya juga better. Next ta coba rekomendasiin kunyit asam biar haidnya lebih lancar
Luluk Sobari mengatakan…
Saya pribadi Alhamdulillah jarang sekali mengalami nyeri haid. Paling ringan sekali di hari ke-3 dan itu hanya sebentar. Tapi ada beberapa teman dan saudara kalau haid bener-bener merasakan nyeri yang sangat luar biasa. Nah, mungkin rekomendasi minuman pereda nyeri haid ini bisa saya rekomendasikan ke mereka.
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Selain minum air mineral yang banyak dan tidur yang cukup, saat rasa nyerinya gak tertahankan, aku juga minum kunyit asam mbak. Kunyit Asam bantu banget meredakan nyeri.
Jurnal Bermain mengatakan…
Wah bisa jadi alternatif selain konsumsi obat parasetamol nih. Biasanya kalo udah mengganggu aku auto minum parasetamol.
Tukang jalan jajan mengatakan…
beberapa orang mengalami nyeri hebat pasti sangat terganggu kegiatannya. dengan minuman ini tentu sangat membantu untuk tubuh melawan rasa nyeri yang hebat. Bisa jadi solusi bagi wanita nih
Kyndaerim mengatakan…
Udah jadi andalanku dari dulu nih, jamu kunyit asam sido muncul memang ampuh banget atasi nyeri haid. Dari zaman gadis sampek sekarang, xixixi..
Sabrina mengatakan…
beberapa sudah saya coba mba Fen, dan kunyit itu memang ngabantu banget ya mba, tapi dulu suka buat manual alias rebus sendiri, sekarang ada yang lebih simpel ya siap seduh
Eka FL mengatakan…
aku termasuk yang sering mengalami sakit selama haid, meski sekarang udah gak ngalamin haid karena penggunaan KB. tapi gimana sakitnya haid masih inget lah. dulu biasanya konsumsi jamu sih, yang ada kunyit dan asam juga. lumayan berkhasiat dan bisa meredakan nyeri haid
Fera Marentika mengatakan…
dulu waktu gadis aku kadang kena serangan nyeri datang bulan, ga nyaman sekali perut tuh rasanya :( dulu selain air hangat, aku juga pernag konsumsi minuman kunyit asam untuk membantu meredakan nyeri haid
Siti Mustiani mengatakan…
Sepertinya ini adalah artikel yang selama ini aku cari deh, ternyata banyak juga nih yahh cara meredakan nyeri pas haid, termasuk mengonsumsi jamu satu ini. Bookmark!
lendyagasshi mengatakan…
Kenapa aku baru notis kalo ada minuman Kunyit Asam dari Sidomuncul?
Biasanya aku memang cari jamu sebelum period. Karena kalo engga, suka bikin ga nyaman. Terutama mood yang uring-uringan dan suka nangis gajelas. Hehhee, kalo abis minum jamu tuh rasanya badan lebih enteng dengan gejala yang biasanya muncul.
Deny Ir mengatakan…
wah, ternyata ada juga produk untuk meredakan nyeri haid ya kak, soalnya selama ini tahunya ya minum air anget aja. Klo gitu, kapan-kapan jamu kunyit asam-nya mo coba beli kuy, sekalian buat kado istrinya, he
Maria G Soemitro mengatakan…
walau sudah gak mens, saya sering minum nih kunyit asam-nya SidoMuncul

karena rasanya enak.
Tinggal seduh dengan air dingin, atau simpan sebentar di lemari es, rasanya sedap pisan
Pida Alandrian mengatakan…
Wahhh aku malah baru tahu ada cuti buat nyeri haid. Soalnya ditempatku kerja nggak cuti ini.. Apakah aku harus request cuti ke atasan waktu aku lagi nyeri haid? Wkwkwkw
Palingan aku pas hari pertama rebahan sambil guling2 aja di atas kasur sampe ketiduran. Trs pas bangun tinggal nyeri ringan aja hehehe
sarrahgita mengatakan…
Selama ini kalo nyeri haid saya paling minum air putih anget, air jahe atau kompres perut doang. saya baru tahu nih kalo Sido Muncul punya produk kunyit asam untuk meredakan haid, sekali2 nyimpen buat stock boleh juga nih.
Nanik nara mengatakan…
Alhamdulillah kalau pas haid, saya nggak pernah merasakan nyeri sakit perut.
Tapi pernah lihat ada teman yang kalau haid hari pertama bisa sampai guling2 megang perut, kesakitan gitu. Biasanya sih ya disuruh minum jamu kunyit asam.

Kalau sekarang, nyari penjual jamu kan agak susah ya, untungnya ada ada kunyit asam dari Sidomuncul
Annie Nugraha mengatakan…
Anakku nih yang sering sakit perut pas lagi haid. Kalo dah kek gitu mood nya pasti berantakan dan males beraktivitas. Beberapa waktu lalu ada minum satu produk yang memang khusus untuk nyeri haid. Tapi ternyata gak begitu ngefek. Nanti dicoba bubuk kunyit asam. Siapa tahu mempan ya.
Ayah Ugi mengatakan…
Ini salah satu bentuk perhatian Sido Muncul kepada kaum hawa ya, Kak. Memberikan solusi untuk bisa tetap semangat dan sehat di masa-masa seperti itu
GE MAULANI mengatakan…
eh aku baru tahu kak kalau cokelat panas juga ternyata bisa meredakan nyeri haid ya. Nanti mau cobain ah, nah aku juga kebetulan konsumsi kunyit asam sido muncul dan ngerasa cocok buat mengatasi nyeri haid
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Jadi ingat waktu single dulu, sering banget kesakitan kalau lagi menstruasi, sampai keringat dingin, dan cuman sembuh kalau dikompres sambil minum obat pereda nyeri.
Sampai punya alat kompres yang pakai air panas gitu, dan memang work sih :D
Ila Rizky mengatakan…
Kalo lagi haid, trus minum jahe sama kunyit itu emang manjur banget buat meredakan rasa sakit. Sakit haid di 3 hari pertama yang kerasa mules2 bakalan mereda dengan sendirinya
lendyagasshi mengatakan…
Pingin kaya drama drama kerajaan yang minum teh chamomile gitu.
Ternyata rasanya gak seindah rupanya yang cantik yaah.. Tapi kalau dikasih Jamu Kunyit Asam Sidomuncul, aku sukaaa..
Ririn Wandes mengatakan…
Aku tuh termasuk yang memang langganan tiap bulan pasti sakit dan merasakan nyeri haid. Tentu ini sangat bermanfaat sekali sehingga tau bahan-bahan alami yang bisa diolah untuk diminum.