Momen dan Inspirasi: Contoh Ucapan Selamat Hari Kartini

Apakah kamu sudah siap dengan ucapan selamat Hari Kartini gaess? Yups, hanya hitungan hari saja, tanggal 21 April menjadi momen penting untuk mengenang jasa Pahlawan Kemerdekaan Nasional yaitu Raden Ajeng Kartini. Dikenal sebagai pelopor pendidikan untuk kaum hawa, dan juga gerakan emansipasi wanita, Kartini ditetapkan menjadi Pahlawan Kemerdekaan Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, serta penetapan tanggal lahir Kartini sebagai Hari Kartini. Perjuangan Kartini untuk hak-hak agar perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum adam, menjadikan hingga kini kita khususnya, kaum hawa bisa merasakan kesempatan tersebut.

Momen dan Inspirasi: Contoh Ucapan Selamat Hari Kartini

Peringatan Hari Kartini

Pada umumnya, momen peringatan Hari Kartini bakal membekas di hati kita pastinya, salah satunya adalah menggunakan pakaian nasional. Nah kan..kan.. mungkin aja nih kamu yang perempuan dulu waktu sekolah, pada diminta pakai kebaya dan bersanggul ceria.. Hemm, pasti bakalan anggun banget ya. Nah kalau di jaman sekarang, pernah saya barengan dengan anak-anak sekolah, masih dengan metode yang sama juga yaitu pakai pakaian nasional. Kalau di tempat kerja, juga kerap begitu pakai kebaya yang perempuannya, dan laki-lakinya menggunakan batik. Nuansa peringatan hari Kartini jadi makin berkesan ya.

Apalagi juga ada nih dengan mengisi Hari Kartini melalui acara diskusi, seminar, maupun kegiatan sosial. Tema yang diangkat umumnya bagaimana saling menguatkan antar perempuan sehingga bisa menginspirasi dan sama-sama saling mendukung. Ya memang harus mendukung bukan dengan menjatuhkan, apalagi mengolok-olok. Walau memungkinkan kenyataan malah sebaliknya. Namun, cuss yak kita saling menguatkan bisa dengan secara langsung melalui tindakan, maupun memberikan kartu ucapan selamat Hari Kartini.

Contoh Ucapan Selamat Hari Kartini

Nah, berikut 20 contoh ucapan selamat Hari Kartini yang memiliki makna mendalam, biar kamu gak galau lagi memberikan dukungan kepada perempuan di sekitarmu, yaitu:

1. "Selamat Hari Kartini, (sebut nama si penerimanya..). Semoga semangat dan dedikasi keseharianmu senantiasa menginspirasi siapa saja untuk menjadi lebih baik."


2. "Hari ini, mari kita semangat rayakan keberanian Kartini, melanjutkan dedikasinya serta menghargai peran pentingnya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Selamat Hari Kartini yang penuh makna."

 

3. "Selamat Hari Kartini, wahai wanita pejuang. Teruslah kobarkan semangatmu sehingga dapat mewariskannya kepada kamu dalam menciptakan perubahan yang positif dan bermanfaat."

Momen dan Inspirasi: Contoh Ucapan Selamat Hari Kartini
ilustrasi dari intisari grid

4. "21 April menjadi momentum merayakan kekuatan perempuan dan keberhasilan mereka dalam mengatasi segala rintangan. Selamat Hari Kartini yang penuh inspirasi!"


5. "Hari Kartini tidak hanya mengenang akan sejarah, tetapi juga bagaimana melanjutkan perjuangan perempuan untuk kedepannya. Selamat Hari Kartini kepada semua wanita yang berani dan tangguh."


6. "Mari kita lanjutkan pemberdayaan perempuan di semua sendi kehidupan. Semangat Hari Kartini (sebut nama si penerimanya..).”

 

7. "Momen 21 April, jadikan sebagai ungkapan rasa syukur atas perjuangan Kartini yang membuka jalan kebahagiaan bagi para perempuan. Semoga kita bisa menjadi pelopor perubahan yang lebih baik lagi."

 

8. "Selamat untuk para wanita yang tak pernah lelah berjuang untuk berdaya dan membangun masa depan yang lebih baik. Selamat Hari Kartini (sebut nama si penerimanya..)."

 

9. "Hari Kartini sebagai pengingat untuk kita, bahwa setiap perempuan memiliki kekuatan besar dalam mengubah dunia. Jadilah agen perubahan yang cerdas."

 

10. "Selamat Hari Kartini! Mari kita terus bulatkan tekad yang kuat dan hati yang penuh cinta untuk kehidupan yang penuh makna dan berkelanjutan."

 

11. "Renungan 21 April menjadi momen berharga akan perjuangan Kartini dalam membuka pintu kesempatan bagi perempuan. Lanjutkan, dan teruslah berdaya wahai Kartini..Kartini.."

 

12. "Selamat Hari Kartini bagi kita para wanita yang memiliki impian besar dan tekad kuat untuk mewujudkannya. Semangat berjuang!"

 

13. "Jadikan Hari Kartini sebagai lecutan semangat agar kita tak pernah menyerah dalam menghadapi rintangan. Selamat Hari Kartini untuk kita semua.”

 

14. "Wahai Kartini..Kartini yang memiliki mimpi untuk maju, teruslah gali potensi diri, semangat belajar, dan berani hadapi perubahan."

 Baca Juga: Peringatan di tanggal 13 Hari Nasional

15. "Selamat Hari Kartini yang penuh inspirasi. Jadikan 21 April ini sebagai lecutan semangat untuk terus berdaya dan berkembang lebih maju.”

 

16. "Semangat selalu untuk semua wanita yang memperjuangkan keadilan, dan kesetaraan. Teruslah menjadi sinar harapan bagi banyak orang. Selamat Hari Kartini."

 

17. "Momen pada Hari Kartini sebagai hari untuk menghargai kekuatan wanita dalam mengatasi segala tantangan. Selamat Hari Kartini yang penuh makna dan inspirasi untuk kita para wanita hebat."

 

18. "Selamat Hari Kartini, wahai wanita hebat! Mari terus berjuang untuk membangun masa depan yang cerah dan lebih baik bagi semua.”

 

19. "Selamat Hari Kartini yang penuh makna. Jangan risaukan hal-hal yang tak bermanfaat dan tidak perlu untuk dipikirkan, tapi risaukanlah ketika sebagai wanita hebat kita tidak melakukan apa-apa."

 

20. "Selamat Hari Kartini untuk semua wanita yang tak kenal lelah dalam menggapai impian. Inspirasi Kartini yang terus belajar dan berkembang dapat menjadi semangat untuk masa depan.”

contoh kartu ucapan selamat hari kartini
ilustrasi dari kominfo.go.id

Semoga contoh ucapan selamat Hari Kartini ini bisa jadi inspirasi kamu untuk saling menguatkan kepada para wanita. Nah menurut kamu hal apa sih yang paling menginspirasi dari sosok Raden Ajeng Kartini selain tentang perjuangan hak-hak perempuan? Tulis di kolom komentar ya gaess, biar menginspirasi para pembaca yang berkunjung ke artikel blog fennibungsu.com ini. 

43 komentar

hani mengatakan…
Hampir lupa nih hari Minggu yad adalah tanggal 21 April = Hari Kartini.
Semangat juangnya melalui tulisan tuh keren banget untuk masa itu yah.
Dibandingkan dengan masa sekarang masih banyak perempuan yang tertinggal secara literasi.
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Quote-quote seperti ini juga bisa menjadi inspirasi supaya sesama perempuan bisa saling mendukung, ya. Sosok Kartini memang menjadi salah satu sosok panutan banyak perempuan. Pastinya yang paling saya ingat adalah tulisannya.
Annie Nugraha mengatakan…
MashaAllah bagus-bagus banget kalimat dan quotenya Fen. Membangkitkan semangat para wanita Indonesia untuk bisa mandiri dan bermanfaat bagi orang banyak. Sayangnya saya tidak merayakan hari Kartini. Apalagi setelah membaca buku dan sejarah beliau yang resmi tercatat di sebuah museum di Belanda. Seorang pejuang feminisme tapi ternyata jadi istri ke-4 seorang Bupati. Ucapan dan tindakan yang sungguh bertolak belakang.
Okti Li mengatakan…
Yang saya ikuti dari RA Kartini itu kebiasaan menulis nya. Menulis surat dan buku harian. Setidaknya buat saya itu sebuah healing

Selamat Hari Kartini ya
Semoga perempuan Indonesia makin berjaya
R Palupi mengatakan…
Eh iya sebentar lagi hari Kartini. Jadi deg-degan anak-anak pada bakal disuruh pakai kebaya nggak ya di sekolah.
Maria G Soemitro mengatakan…
ternyata banyak ya jenis ucapan hari Kartini

jujurly selama ini hari Kartini cuma lewat aja

paling semasa kecil (dan sewaktu anak-anak kecil) heboh dengan pakaian adat :D
Windi astuti mengatakan…
sebentar lagi bakal memperingati hari kartini bareng murid di sekolah. Auto mikir mau bikin konten apa,hhhhe. Minimal, buat ucapan hari kartini buat generasi penerus kartini dan kartono berikutnya ya mbak
lendyagasshi mengatakan…
Dengan ikut mengucapkan selamat hari kartini, membuat para wanita merasa dihargai dan memiliki kedudukan yang sama dengan pria. Gak ada lagi yang meremehkan wanita di bidang apapun.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Adikku kan masih SMA tuh. Dia diminta mengenakan batik dengan celana kain. Sementara teman-teman ceweknya kudu pakai batik dengan roknya. Nggak harus pakai sanggul sih. Hehehe....
Bambang Irwanto mengatakan…
Sebentar lagi Nah, hari kartini. Dan memang paling berkesan pas masih sekolah disuruh pakai baju adat ya, Mbak lalu pawai hehehe. Keren-keren nih, ucapannya, bisa digunakan oleh teman-teman.
sari widiarti mengatakan…
oiya mau hari kartini ya, suka deh yang nomer 3, berasa jadi wanita tangguh dan membawa perubahan pada hal yang positif
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Quotenya bagus-bagus! Pastinya bermanfaat sekali untuk yang membutuhkan ucapan selamat hari Kartini nanti ya.

Waktu dulu masih sekolah, hari peringatan hari Kartini dilakukan dengan menggunakan pakaian tradisional. Jadi ingat pernah jadi juara lomba pakaian tradisional waktu itu hehehe
Lintang mengatakan…
Jadi inget dulu kalau Kartinian selalu pake ootd baju Kartini. Terus jalan-jalan keliling sekolah. Seru bangettt. Semoga semangat ibu kita Kartini bisa saling menguatkan para perempuan hebat se tanah air. Quotenya bener-bener menginspirasi.
hani mengatakan…
Makin ke sini, aku merasa, Hari Kartini udah berkurang geregetnya. Zaman aku kecil, heboh aja sama wajib pakai baju adat tiap Hari Kartini.
Harusnya kita kita sebarkan lagi tuh semangat Kartini memajukan perempuan Indonesia. Terutamanya sih kesadaran literasi.
Coba engga ada tulisan-tulisan beliau, kita kan jadi engga tahu semangat juang beliau melalui tulisan.
Akarui Cha mengatakan…
Pas banget aku nemu tulisan Kak Fenni jelang Hari Kartini yang pas banget nih dirayakannya esok hari. Jadi dapat banyak rekomendasi kalimat yang pas banget nih buat dijadikan ucapan di medsos yang dikelola deh. Makasih banyak ya, Kak.
Catcilku mengatakan…
Hari ini ya kartinian. Sayang pas hari Ahad, sepertinya tahun ini akan sepi perayaannya.

Selamat hari kartini ya mbak 😊
Triani Retno A mengatakan…
Nah iniiii, semangat Kartini yang harus diambil dan diteladani. Soalnya sering lihat perayaan Hari Kartini lebih ke heboh berkebaya dan seremonial, tapi nggak sampai ke inti semangatnya.
Ria Nugros mengatakan…
Wah iya hari ini hari kartini ya, ucapannya bagus-bagus bikin semangat juga untuk para wanita. Semoga perjuangan kartini bisa terus kita lanjutkan yaa
Aldhi Fajar mengatakan…
Kartini menambah motivasi kaum perempuan untuk berkarya dan mandiri. Selamat hari kartini untuk para wanita hebat d seluruh Indonesia
Dyah Kusuma mengatakan…
Selamat Hari Kartini Kak, semoga semangatnya menginspirasi kita untuk berdaya dan berkarya terus menerus
Didik Purwanto mengatakan…
Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Mari memaknai peringatan tsb dgn trs menggelorakan semangat beliau dalam emansipasi. Tentu tdk lupa pada kodratnya sbg perempuan ya.

Wah dgn konten ini mkn mudah utk mendapatkan inspirasi ucapan selamat Hari Kartini nih. Yuk share yuk ke teman perempuan kita.
Didik Purwanto mengatakan…
Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Mari memaknai peringatan tsb dgn trs menggelorakan semangat beliau dalam emansipasi. Tentu tdk lupa pada kodratnya sbg perempuan ya.

Wah dgn konten ini mkn mudah utk mendapatkan inspirasi ucapan selamat Hari Kartini nih. Yuk share yuk ke teman perempuan kita.
Deeva Collection mengatakan…
Eh pas 21 April sekarang, selamat hari Kartini, Kak. Semoga membawa kebaikan untuk bangsa ini dengan tulisan-tulisan Kakak.

Mau tambah ucapan selamat deh
"Selamat Hari Kartini, semoga hati semua perempuan Indonesia setulus dan seikhlas Kartini. Memiliki semangat juang dan semangat berkarya seperti Kartini.
Alley Hardhiani mengatakan…
Memperingati hr Kartini, pertemuan PKK di RTku disuruh pakai kebaya euy. Padahal diriku ga pny kebaya hmmm...
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Aku jarang ngucapin secara personal, tapi biasanya bantu suami bikin konten ucapan. Thank you mba membantu banget nih buat caption yang tadi udah buntu banget
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Momennya memang spesial dan menginspirasi, ya. Pakai pakaian nasional atau bahkan mengucapkan selamat Hari Kartini, semua itu adalah cara kecil tapi bermakna untuk menghargai perjuangan Kartini dan juga menguatkan perempuan di sekitar kita. Semoga semangat perjuangan dan kesetaraan terus berkobar, ya! ✨👩‍🎓
Tukang jalan jajan mengatakan…
Meskipun telah lebih dari satu abad berlalu sejak wafatnya Kartini, semangat dan pemikirannya masih relevan hingga saat ini. Perempuan Indonesia telah banyak meraih kemajuan di berbagai bidang, namun masih terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi, seperti kesenjangan gender, kekerasan terhadap perempuan, dan diskriminasi di tempat kerja.
Luluk Sobari mengatakan…
Pas banget. Lagi butuh inspirasi untuk ucapan selamat hari Kartin. Setelah memilih, saya cocoknya dengan contoh nomor 12. Sederhana, gak muluk-muluk, to the point, jelas. Menurut saya tapi ini loh ya.
Bundamami Devi mengatakan…
Wah, pas banget ini postingannya di hari Kartini.
Selamat hari Kartini ya, Kak Fenni.
Teruslah bersinar dan menginspirasi semesta.
Eka FL mengatakan…
Quote nya inspiring semua mba. Sampai bingung mau milih yang mana,hehe. Tapi saya jatuh cinta dengan nomor 3 dan 20. Mewakili banget ucapan selamat hari Kartini untuk para perempuan tetap berjuang dan mengejar mimpi.
Okti Li mengatakan…
Pas banget, lagi baca WhatsApp teman yg mengucapkan selamat hari Kartini, eh disini ada ucapannya yg begitu bervariasi.
Saya langsung izin copy deh ya
Mau langsung saya kirim sebagai balasan ucapannya
Hehehe...
Han mengatakan…
Wah pas banget pas baca ini pas mau bikiin ucapan untuk hari kartini eheheh.. makasih mbaaa rekomendasi quotesnya, eaa
Irraoctavia mengatakan…
Pas banget hari ini adalah hari kartini. Kadang suka bingung merangkai kata buat mengucapkan hari kartini, dengan baca artikel ini ada banyak inspirasi yang bisa ditulis.
Sabrina mengatakan…
lumayan banyak banget referens ucaan seamat hari Kartininya mba Fen bisa buat ngucapin ke temen-temen dan selamat hari Kartini mba Fen semoga kita menjadi Kartini berikutnya yang akan memberikan inspirasi bagi para perempuan lain
Sabrina mengatakan…
lumayan banyak banget ya Mba Fen ucapannya bisa buat ngucapin ke temen-temen perempuan dan semoga kita menjadi next Kartini bagi para perempuan lain yang menginspirasi mereka
lendyagasshi mengatakan…
Hari Kartini membuatk kita, para wanita untuk bisa saling menguatkan dan saling support dalam bentuk apapun. Semoga gak ada lagi perbedaan gender untuk bidang yang memang wanita bisa maju di sana.
GE MAULANI mengatakan…
Benarkah pas kecil itu pas waktu SD saya juga sempat pakai baju kebaya pas Kartinian udah gitu kebetulan jadi pengibar bendera juga di sekolah dan lumayan susah tuh karena pakai kain batik. Tapi lebih susah perjuangannya Ibu Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan kesetaraan perempuan. Aku nggak kepikiran loh buat bikin ucapan selamat Hari Kartini dan dikirim ke para wanita lain. Tapi ucapan Kartini di sini contohnya keren-keren sih
Monica Anggen mengatakan…
Hari Kartini seringkali identik dengan waktunya ke sekolah or ke kantor berkebaya / berbaju daerah... hahaha. Tapi di sisi lain kalo bagiku ya, 21 April itu menjadi hari pengingat betapa perempuan bisa melakukan banyak hal lho.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Baru ingat kalau hari ini tanggal 21 April, dimana kita memperingati hari Kartini. Ucapannya bagus-bagus mbak, mengena dan memberikan semangat...
Kanianingsih mengatakan…
Menurut ku yg menginspirasi dr Kartini salah satunya adalah semangat belajarnya baik ilmu dunia maupun agama :)
Diaz Bela mengatakan…
Wah terima kasih sudah mengcompile aneka ucapan hari kartini mbak, menginspirasi sekali
Goresan hati mengatakan…
Wah makasih banyak kak. Quote nya boleh banget nih jadi inspirasi hari kartini cocok buat yang lagi mentok cari ide kata kata.
Nita Juwithafina mengatakan…
Banyak banget ini inspirasinya, bisa banget buat status inspirasi :) makasi ya mba Fen aku jadi punya koleksi kata2 hehe
Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini



Logo Komunitas BRT Network