Mengungkap Kelezatan Wisata Kuliner di Batam

Kira-kira seperti apa ya kelezatan wisata kuliner di Batam? Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke sana dan mencoba aneka hidangannya? Cuss kita kupas bareng. Siapa tahu kan habis membaca artikel ini jadi inspirasi kamu buat melakukan traveling ke Batam. 

Rekomendasi Wisata Kuliner di Batam

Pulau Batam, berada di Kepulauan Riau. Di sini menjadi saksi akan perjuangan Laksamana Hang Nadim melawan penjajah yang kala itu digunakan sebagai basis logistik minyak bumi. Dengan begitu, wajar saja bila Batam dikenal sebagai pusat industri dan perdagangan yang berkembang pesat.

Tak sampai di situ, Batam ternyata memiliki kekayaan kuliner yang memikat hati para pengunjung. Ada beragam hidangan lezat dan unik, sehingga menjadikan Batam sebagai surga bagi para pecinta kuliner yang ingin mengeksplorasi cita rasa baru. Berikut pesona wisata kuliner di Batam, terutama kelezatan makanan Batam dan makanan khas yang menggugah selera

Kuliner di Batam dengan Sentuhan Khas Rempah

Aneka makanan di Batam menawarkan pengalaman kuliner dengan sentuhan khas rempah-rempah dan perpaduan cita rasa yang unik. Salah satu hal yang tidak boleh kita lewatkan tatkala berkunjung ke Batam adalah mencicipi hidangan seafood segar yang menjadi kebanggaan pulau ini. Ada kepiting saus Singapore, udang goreng tepung, hingga ikan bakar yang disajikan dengan sambal belacan pedas. Memang deh, makanan laut di Batam ini, selalu berhasil memanjakan lidah para pengunjung. Apalagi ada hidangan lain yang jangan sampai kita lewatkan hidangan khas Batam lainnya seperti mi tarempa, lontong sayur, dan nasi lemak yang kaya akan rempah.

Apa Itu Mie Tarempa kuliner khas batam
gambar Mie Tarempa dari tribunnews.com

Makanan Khas Batam Terkandung Nilai Budaya

Makanan khas suatu daerah umumnya memiliki filosofi dan nilai historik di dalamnya. Begitu juga dengan makanan khas Batam yang menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner, karena hidangan tradisional ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga mengandung nilai budaya yang dalam. Beberapa contoh makanan khas Batam yang patut untuk kita cicipi antara lain:

  • Laksa Batam yang kaya akan kuah santan dan rempah
  • Soto Batam yang gurih
  • Aneka kue khas seperti kue cucur dan kue kemplang. 

Kelezatan makanan khas Batam tidak hanya memuaskan sistem pencernaan kita saja, tetapi juga membawa kita ke dalam perjalanan menyelami kebudayaan dan sejarah pulau ini. Jadi mengasikkan bukan dapat banyak manfaat ketika berada di Pulau Batam. 

apa itu laksa khas makanan dari batam
gambar laksa dari batamnews.co.id

Cek di Sini untuk Info Lebih Lanjut tentang Pulau Batam

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang pesona pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia, bisa mengunjungi laman indonesia.travel sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan. Dengan mengunjungi situs tersebut, kamu dapat menemukan berbagai destinasi wisata menarik di seluruh Indonesia, termasuk Batam yang menawarkan wisata kuliner yang menggoda. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi tentang kekayaan budaya Indonesia yang patut untuk dieksplorasi serta kuliner khas yang menggoda selera. Sehingga tatkala akan melakukan perjalanan ke Pulau Batam, bisa membuat itinerary lengkap melalui laman indonesia.travel. 

apa saja makanan khas batam
ilustrasi peta Pulau Batam

Penutup

Dengan berbagai kelezatan makanan Batam dan makanan khasnya, pulau yang pada tahun 2009 memiliki jumlah penduduk 965.062 ini (menurut Wikipedia) adalah lokasi yang penting untuk dikunjungi bagi para pencinta kuliner. Dari hidangan seafood segar hingga makanan tradisional yang kaya akan rempah, Batam terbilang lengkap untuk memuaskan selera kuliner kita. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalanan kuliner kamu ke Batam. Cuss, langsung siapkan list kuliner khas Batam pilihanmu dan temukan nikmatnya ragam cita rasa di sana. Happy wisata kuliner, gaess!

53 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, seru banget ya kulinernya di Batam! Gak sabar buat nyobain semua hidangannya, terutama seafood segar dan mi tarempa yang katanya juara. Selain bikin lidah bergoyang, ternyata makanan-makanan ini juga bawa cerita dan nilai budaya yang keren.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Baru aja lihat video pendek di dodmed tentang Batam, ternyata di sana bagus banget yaa. Vibesnya kayak di luar negeri. Apalagi kulinernya juga enak2 dan ada seafood segar yg menggugah selera, jadi laperrr.
Komen Blog fennibungsu.com
HendraDigital mengatakan…
Belum pernah ke Batam sama sekali, huhuhu... Saat ini baru sebatas liat dari internet doang. Semoga suatu saat bisa traveling ke Batam, aaamiiin 🤲🤲... Kebetulan, saya suka seafood, jadi menu makanan di Batam ini bakalan cocok banget dengan lidah saya dehhh
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Pengen bangett deh suatu hari nanti bisa traveling ke batam dan mencoba kuliner khasnya.. kayaknya bakalan cocok dengan selera saya hehe
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Kangen iiih makan seafood di Batam. Itu mah seger banget ikan-ikannya. Beda lah sama ikan dari pasar di Bandung...wkwkwk...
Baru tahu nih ada kuliner-kuliner lain. Pengen nyoba Mie Tarempa nih...
Komen Blog fennibungsu.com
Indra DP mengatakan…
sebagai penggemar mie2an, aku langsung tertuju ke mie tarempa. pakai mie gepeng ya itu mba, jadi penasaran gimana kenikmatannya hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Belum pernah makan mie tarempa dan laksanya, mungkin nanti klo kesana bisa ini aku cicipi makanannya, eh katanya klo di batam harga eş
Elektronik murah
Komen Blog fennibungsu.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Pernah bertahun-tahun saya punya partner bisnis di Batam. Mereka yang pada ke Jawa, saya malah belum sempat kesana. Padahal terbayang dari Batam trus naik ferry ke Singapore. Sama makan seafood sepuasnya. Pasti seru...
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Saya sering ke batam buat transit ke singapore karena ada penerbangan langsung PTK - Batam. Batamterkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan kelezatan makanannya yang menggoda selera. Bagi para pecinta wisata, Batam menawarkan berbagai pilihan menarik, mulai dari pantai berpasir putih yang indah, pulau-pulau kecil dengan laguna yang jernih, hingga hutan tropis yang masih alami.
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Saya sering ke batam buat transit ke singapore karena ada penerbangan langsung PTK - Batam. Batamterkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan kelezatan makanannya yang menggoda selera. Bagi para pecinta wisata, Batam menawarkan berbagai pilihan menarik, mulai dari pantai berpasir putih yang indah, pulau-pulau kecil dengan laguna yang jernih, hingga hutan tropis yang masih alami.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya belum pernah ke Batam, Mbak. Dan kepingin sekali, apalagi dekat ke Singapura. Jadi pengin ke Batam dulu wisata dan icip-icip kuliner, terus nyebrang ke Singgapura. Pulangnya naik pesawat saja ke Jakarta hahaha. Aamin.
Komen Blog fennibungsu.com
Alfa Anisa mengatakan…
Batam itu dekat sama Singapura kan, ya. Rasanya pengen banget bisa ke sana, apalagi abis ngeliat story temen yang kerja di sana, tiap hari berasa liburan juga karena suasananya yang indahm
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Jujur, Batam tuh salah satu tempat yg pengen banget aku kunjungi. Selain penasaran sama tempatnya, pasti juga pengen mencicip kulinernya, dong. Mie tarempa sama Laksa Batam terbaik sih katanya. Xixixi..
Komen Blog fennibungsu.com
Lintang mengatakan…
Ternyata Batam ngga cuma cantik viewnya aja tapi hidangannya juga menggoyang lidah ya. Aku suka banget Laksa tuh, kuah santannya lezatt banget serta kaya rempah. Sotonya juga gutih banget! Wah jadi makin pengen main ke sana.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Aku sendiri belum pernah menjejak ke Batam apalagi mengerti masakan-masakan khas sana. Tapi memang perlu tahu sih, siapa tahu di Pekalongan ada makanan khas batam jadi udah familiar dengan wujudnya
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
ternyata Batam memiliki kuliner yang khas ya yang saya sendiri baru denger nih seperti mie Tarenmpa. ini menarik sih, karena saya pecinta mie jadi penasaran mie tarempa ini jenis mie apa dan ada apa saja didalamnya.
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
aku suka banget mieeee. yang ini aku belom pernah coba. ke batam aja blm pernah hehe. semoga next bisa ke batam dan cobain mie inii. ngiler bangeet
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Wah, banyak juga ya kuliner khas Batam yang menggugah selera
Aku pernah cobain LAksa

Enak banget rasanya
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Asyik banget ya kak bisa kulineran plus traveling lihat keindahan Batam. Ternyata makanannya nggak terlalu berbeda ya dengan masakan Melayu. Tapi emang penasaran aja sih rasanya kyk gmn. Apakah kayak khas Melayu/ada bau2 khas Batamnya? Secara kan wilayah ini jadi perpaduan Indonesia dan luar negeri ya. Ke Malaysia dan Singapura malah lbh dekat. Pasti ada akulturasi budaya dan masakannya jg.
Komen Blog fennibungsu.com
Goresan hati mengatakan…
Suami sempat bilang pengen ke batam. Jadi penasaran kan aku gimana di sana. Kulinernya enak enak banget ya. Jadi pengen nih
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
Dulu Punto setahun bisa 2-3 kali tugas ke Batam dan memang selalu cerita kalau ada banyak makanan enak, terutama seafood-nya di Batam to seger banget katanya. Tapi aku baru tahu kalau setiap makanan khas ini punya kisah tersendiri ya
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Lebih ke masakan dengan citarasa gurih dan banyak rempah ya di Batam, mirip-mirip dengan masakan Melayu. Mungkin karena di sana dekat dengan perkembangan budaya Melayu.
Komen Blog fennibungsu.com
Fera Marentika mengatakan…
waa, belum pernah cobain makanan khas pulau batam, traveling ke batam pun belum xD untuk kulinernya, penasaran dengan rasa mie tarempa, seperti apa rasa bumbu atau rempahnya :D
Komen Blog fennibungsu.com
Luluk Sobari mengatakan…
Duh yang tarempa saya beneran ngiler, makanan favorit kedua saya mie soalnya setelah bakso. Kalau lihat gambarnya, tarempa ini kaya rempah, ya? Kan jadi makin pengen nyobain.
Komen Blog fennibungsu.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Sudah pengalaman 3 kali ke Batam, suka banget vibes nya berasa kayak di Luar Negeri.Sudah ngerasain laksa Batam, dan kesana yang terakhir diajak makan seafood batam sama teman-teman. Lupa daerah mana, Pengunjungnya rame. Harganya agak mahal buat qu, tapi memang rasanya enak dan segar.
Komen Blog fennibungsu.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Sudah pengalaman 3 kali ke Batam, suka banget vibes nya berasa kayak di Luar Negeri.Sudah ngerasain laksa Batam, dan kesana yang terakhir diajak makan seafood batam sama teman-teman. Lupa daerah mana, Pengunjungnya rame. Harganya agak mahal buat qu, tapi memang rasanya enak dan segar.
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Kelihatannya enak2 nih makanannya. Jadi orang penasaran pengin nyobain. Semoga suatu saat bs ke Batam
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Makanan di Batam ini pastinya bumbu dan kekayaan rasa juga terpengaruh dari Melayu yaa.. Jadi bumbunya greget banget.
Jadi laper karena membaca aneka kuliner Batam yang wajib dicoba.
Komen Blog fennibungsu.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Yg aku inget kalo bicara batam, itu luti gendang dan gonggong seafood 😄😍😍. Enaaaak buangetttt mba. Mie tarempak nya juga sedap. Tapi mie tarempak dan luti gendang ada dijual di jakarta, sama enaknya ama yg asli. Jadi kalo aku kangen ama luti gendang, tinggal ke tempatnya di mangga besar. Dan halal kok
Komen Blog fennibungsu.com
sari widiarti mengatakan…
belum pernah ke batam, apalagi kulinerannya, di sini jarang sih kulineran batam, tapi kalau masakannya dengan rempah-rempah, jadi penasaran untuk coba
Komen Blog fennibungsu.com
Susi Susilawati mengatakan…
Belum pernah ke Batam dan kayaknya Batam hampir sama kulinernya dengan wilayah Indonesia lainnya yang kuat akan rempah - rempah ya. Semoga ada rezeki untuk liburan ke Batam :)
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Kalau ke Batam, pasti deh pengennya belanja coklat dan aneka jajanan yang nggak bisa ditemukan di Malang. Kalau untuk makan berat, iya kuliner di Batam tuh emang kaya akan rempah
Komen Blog fennibungsu.com
diane mengatakan…
Hmmmm kulinernya menggoda nih...kayaknya mirip-mirip kuliner Singapur ya...Semoga ada kesempatan ke Batam dan icip-icip kuliner tradisionalnya
Komen Blog fennibungsu.com
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Halo mba Fenni. Aku belum pernah ke Batam. Ingin juga ke Batam dan mencoba pilihan kulinernya. Penasaran mau nyobain Laksanya nih mba. Dan teryata makanan disana kaya dengan rempah ya
Komen Blog fennibungsu.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Kayanya aku belum pernah makan makanan khas Batam. Memang sih kalau berkunjung ke tempat baru, baiknya nyobain makanan yang ada di sana. Tiap daerah pasti beda kan rasa dan cara masaknya
Komen Blog fennibungsu.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Kuliner yang paling saya ingat waktu ke Batam adalah sop ikan. Tapi, gak tau di daerah mana. Hanya ingat kalau rasanya emmang enak banget.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kuliner khas Batam ini belum pernah mencoba.
Mungkin karena akunya gak perhatian juga yaa.. Jadi kalau laksa tuh cenderung Aceh gasii?
Mirip mirip atau ada bumbu khusus yang membedakan?
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Batam bukan hanya terkenal karena keindahan alamnya aja, ternyata banyak juga makanan khas pulau Batam yang harus dicicipi kalau ke sana, ya.
Nanti kalau bisa ke Batam, mau juga nyobaun mie tarempa dan laksa.
Komen Blog fennibungsu.com
Catcilku mengatakan…
Ternyata di Batam ada laksa dan kue cucur juga. Samakah dengan yang di Jakarta?

Yang pernah coba sop ikan Batam. Enak rasanya. Itupun bukan asli makan di sana. Soalnya belum pernah ke Batam 🤭
Komen Blog fennibungsu.com
Afifah Haq mengatakan…
Batam terkenal dengan kuliner seafood nya karena dekat dengan laut. Belum pernah nih ke Batam, pengen banget ke sana. Pengen nyobain ke pantainya dan juga cobain Laksa dan Soto Batam.
Komen Blog fennibungsu.com
Istiana Sutanti mengatakan…
Wah, aku belum pernah ke Batam nih. Catet dulu ah, kalau merencanakan ke Batam nanti bisa jadi pilihan kuliner yang enak nih.

Komen Blog fennibungsu.com
Istiana Sutanti mengatakan…
Belum pernah ke Batam, tapi bakal aku catet nih kulinernya. Supaya begitu merencanakan ke Batam bisa ngelist mau kulineran apa aja, ihihi
Komen Blog fennibungsu.com
tantiamelia.com mengatakan…
ke Batam tiga kali, tiga kali itu kulineran teruuussss
paling suka waktu pulang beli oleh oleh luti gendang sama bingka bakarnya, hmm maknyuusss

tapi semua seafood rata-rata enak ya Batam ini
Komen Blog fennibungsu.com
Adriana Dian mengatakan…
Jadi penasaran sama batam, soalnya kadang suka beli barang dari online shop batam. hihi. kayanya kuliner batam enak enak ya maaaak, penasaran sama soto batamnya niiih
Komen Blog fennibungsu.com
Aku pernah ke Batam tapi hanya untuk menyeberang saja, belum sempat untuk explore atau menikmati kulinernya. Jadi penasaran sih sama kuliner di Batam, termasuk juga destinasi wisatanya.
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Fasha mengatakan…
ternyata batam punya pilihan kuliner enak-enak ya
aku malah taunya batam jadi tempat shopping karena banyak barang bagus disana
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Yuliani mengatakan…
Baru tahu kuliner Batam. Penasaran pengen nyobain Mie Tarempa sama Laksanya. Sepertinya enak. Pernah beli tas online dari Batam, harganya murah dan lumayan kualitasnya
Komen Blog fennibungsu.com
momtraveler mengatakan…
Kalo kuliner melayu udah pasti enak sih. Kaya rempah apalagi kalo proteinnya seafood. Duuh jadi ngiler deh
Komen Blog fennibungsu.com
Andiyani Achmad mengatakan…
Kulineran di Batam itu identik dengan makanan khas lautnya bukan sih, aku penasaran banget karena belum pernah ke sana, dari artikel ini jadi tau deh makanan enak di batam
Komen Blog fennibungsu.com
Bayu Fitri mengatakan…
Katanya Batam surga terbaik makanan laut nya ya kak? kira2 habis berapa ya kalau makan ragam seafood yg gede-gede itu
Komen Blog fennibungsu.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah wah, aku baru tahu deh dengan kuliner khas Batam. Kurang populer ya makanan khas Batam jika dibandingkan dengan makanan Padang. Palembang, Jawa, atau yang lainnya. Jadi penasaran deh. Tapi di sini kayaknya gak ada. Kudu ke Batam. Boleh deh sambil belanja. :D
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Kuliner batam nampak sangat menggugah selera ya
Aku pengen juga jalan sambil kulineran di Batam
Semoga bisa segera kesampaian
Komen Blog fennibungsu.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Wisata kuliner menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah perjalanan. Seorang traveler berpindah dari satu tempat ke tempat lain sambil membawa cerita wisata kuliner masing-masing.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB