Peluncuran Alfatrex, Mudahkan Konsumen Kirim Paket dan Dokumen di Alfamart

Kamu suka belanja di Alfamart? He em, kalau kamu kenal yang namanya si Albi nah pasti sudah nggak asing lagi kan sama si lebah yang ramah ini. Yups, Alfamart yang sebelumnya bernama Alfa Minimart telah mengakuisisi 141 gerai dan berganti nama menjadi Alfamart di tahun 2002. 

Dokumentasi Fenni Bungsu


Berdiri pada tahun 1999, Alfamart boleh dikatakan telah menjadi sahabat masyarakat yang senantiasa memanjakan konsumennya dengan tagline "Belanja Puas, Harga Pas". Nah, tepat di hari Senin, 7 Mei 2018, berlangsung di The Pallas, SCBD, Alfamart resmi meluncurkan satu terobosan terbarunya yaitu Alfatrex.

Bambang Setyawan Djoko saat menyampaikan sambutan acara - Dokumentasi Fenni Bungsu


Bambang Setyawan Djojo selaku Director of International Business and Technology Alfamart menyampaikan dalam sambutannya bahwa, dunia itu berubah. Perubahan yang dimaksud tampak pada adanya gaya atau ciri khas pada setiap generasi. Saat ini total populasi Gen X, Y, Z sebanyak 235 juta atau 91%. Generasi X, saat itu ponsel yang hanya bisa terima sms dan telepon saja sudah menjadi terbaik.  Pada generasi Y, ponsel sudah memiliki tambahan fitur sosial media. Sedangkan generasi Z, makin berubah lagi. 


"Kalau kita melakukan dengan sepenuh hati, insyaAllah akan membawa kebahagiaan. Alfamart pun mengikuti perubahan dengan memiliki mimpi ingin membahagiakan hati para konsumennya," ujar Bambang Setyawan.

Dokumentasi Slide dari presentasi Bambang Setyawan


Alfamart itu memiliki enam digital bisnis yaitu : 
  • AlfaMikro, dimana akan memudahkan pemilik warung untuk dapat berjualan seperti token listrik, pulsa telpon selular, dan produk digital lainnya melalui aplikasi AlfaMikro.
  • Alfamind, merupakan toko virtual dengan 3D, yang akan memudahkan pengguna dalam berjualan ataupun berbelanja seperti dalam dunia nyata.
  • Alfa Pop (Point of Purchase), memberikan kemudahan untuk pelanggan dalam mendapatkan produk yang tidak ditemukan di Alfamart, misalnya seperti produk elektronik.
  • Alfagift, memberikan informasi penawaran menarik kepada para anggota alfamart seperti promo dan diskon. 
  • Alfacart, memudahkan konsumen dalam berbelanja online dengan layanan O2O (online to offline).
  • Alfatrex, bergerak pada layanan logistik ekspres yang akan memudahkan konsumen dalam mengirimkan paket barang maupun dokumen dengan tagline Kecepatan, ketepatan, dan terpercaya.


Di lokasi acara ternyata ada satu booth foto 180°, yang dimanfaatkan oleh para undangan termasuk saya dan teman-teman dari Blogger Jakarta.



Dalam acara tersebut, hadir pula para pembicara yang disajikan dalam sesi Ngobral, yaitu Ngobrol Bareng Alfa Digital yang dipandu oleh Bayu Oktara dan Andari Gustien.

Para narasumber dan pemandu acara - Dokumentasi Fenni Bungsu


"E-Commerce pasti digital, tapi digital belum tentu e-commerce. Sebab kalau kita membicarakan e-commerce itu luas," terang Donny Maya Wardhana, E-commerce and Logistik Practitioner. 


Donny pun memaparkan bahwa tantangan e-commerce Indonesia adalah logistik. Sebab kesulitannya dilihat ketika barang yang belum sampai atau pengirimannya lama. Ini dikarenakan demografi Indonesia yang 70% adalah air sehingga logistik tidaklah murah.


"Meski menurut data World Bank Logistik Performance Index (LPI) untuk Indonesia mengalami penurunan yang tadi di tahun 2014 berada di peringkat 53, dan turun menjadi peringkat 63 di tahun 2010, tentu tidak bisa dilihat dari e-commerce saja. Pembangunan di Indonesia sedang gencar-gencarnya jadi terdapat peningkatan logistik cost." Jelas Donny.

Ucapan selamat dengan Karangan Bunga atas diluncurkannya Alfatrex - Dokumentasi Fenni Bungsu


Sejalan dengan hal tersebut Lisa Widodo selaku SVP Operations and Product Management of Blibli.com menyampaikan bahwa ekosistem logistik dapat dilihat dari adanya keinginan konsumen yang inginnya cepat. Oleh karena itu, menjadikan e-commerce untuk bekerja sama dengan banyak logistik. 


Dalam sesi talkshow tersebut, hadir pula Asperindo yang merupakan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Cost Logistik Indonesia, memiliki peran agar anggotanya dapat bersinergi, dan ingin agar Asperindo dapat menampung aspirasi para anggotanya. Saat ini Asperindo sedang menyiapkan platform untuk memudahkan anggotanya yang kurang atau tidak memiliki jaringan sehingga konektiviti bisa terjalin.

"Saat ini ada 40.000 titik di seluruh Indonesia, dan dalam waktu dekat Alfatrex akan masuk menjadi anggota Asperindo," ujar M Feriadi Chief of Asperindo. 

Dokumentasi slide presentasi Bambang Setyawan



E-commerce dan ekspedisi memang tidak dapat dipisahkan. Gaya hidup masa kini yang berbeda dengan era sebelumnya, menjadikan kegiatan berbelanja dapat dilakukan kapan dan dimana saja. 


"Pergeseran perilaku dari yang tadinya kemana-mana belanja, sekarang jadinya diam di tempat karena adanya e-commerce. Dengan kehadiran e-commerce belanja jadi tambah excited," kata Mira Sahid Blog and Digital Practitioner.


Inilah video momen peluncuran Alfatrex.




Kehadiran Alfatrex, bisnis logistik dari Alfamart, akan menambah warna baru dan pilihan bagi masyarakat dalam hal pengiriman paket dan dokumen. Dengan menawarkan produk unggulan seperti SDS (Same Day Service), NDS (Next Day Service), RGS (Reguler Service), dan ECS (Economy Service), Alfamart ingin memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat melalui inovasi terbarunya yaitu Alfatrex
#kirimpaketmudah
#kirimsekarang
#grandlaunchingalfatrex

Komentar

  1. Seru banget yaa mba Fenni peluncuran terobosan baru dari alfamart. Jadi Alfatrex ini solusi yang kekinian banget untuk pelaku e-commerce ya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Dhiyah, seru banget acaranya. Dan kehadiran alfatrex pasti jadi pilihan buat konsumen kirim paket

      Hapus
  2. Wah solusi abis nih buat anak kaya aku, yang suka kirim barang tapi nggak boleh keluar jauh-jauh, Alfatrex bisa bantu nih

    BalasHapus
  3. Sekarang dengan adanya Alfatrex jadi lebih memudahkan ya mbak, apalagi ini diperuntukan untuk segala kalangan masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya simple dan nggak jauh dari rumah pastinya hehehe

      Hapus
  4. wah aku baru tau kalo alfa banyak produknya :D makin keren nih alfa

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu kalau Alfamart punya banyak jenis bisnis digital. Tahunya cuma yang Alfa UKM aja. Sekarang dengan ada alfatrex kirim paket nggak perlu jauh-jauh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Praktis habis belanja, langsung dah kirim paket di satu tempat hehehe

      Hapus
  6. Alfatrex menurutku inovasi cerdas dari Alfamart yang notabene storenya sudah banyak sekali dan tersebar di seluruh Indonesia. Layanan produk Alfatrex juga sangat memanjakan pelanggannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em, inovasinya semakin memudahkan masyarakat

      Hapus
  7. makin simpel dan praktis, semoga service yang diberikan pun sesuai expectasi ya mba... nice sharing ^^

    BalasHapus
  8. Baru tahu juga ini Alfa dengan 6 digital bisnisnya. Menambah pilihan ya untuk yang ingin kirim barang tapi selangkah dari rumah

    BalasHapus
  9. Wah keren, saya baru tahu malah. Membantu banget nih..
    Semoga banyak membantu yang membutuhkan akan jasa ini..

    BalasHapus
  10. Wah nambah lagi layanan Alfa, lama2 bisa jadi 1 stop shopping and anything hehehe

    BalasHapus
  11. Ada expedisi baru, kalau kaya gini sih deket rumah namanya. Nggak usah jauh-jauh.

    BalasHapus
  12. Ternyata itu ya Alfatrex.. dari kemaren rame banget soal Alfatrex.. keren

    BalasHapus
  13. sangat membantu banget nih, Kak. dengan adanya alfatrex, mau kirim dokumen dadakan dan urgent make banget jadi gampangg!:)

    BalasHapus
  14. Inovasi baru tambah enteng nich hidup

    BalasHapus
  15. Wihh.. banyak juga ya gerainya.. si albi sekarang jadi kurir juga deh anter anter paket..

    BalasHapus
  16. Wah wah wah ... dunia jasa pengiriman paket makin banyak saingan neh.
    Mau ah bikin Aswitrex juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa..bolehlah.., jangan lupa launchingnya blogger diundang yaak, hahaha

      Hapus
  17. Semoga alfatrex tarifnya sama atau relatif lbh murah dibandingkan dgn ekspedisi lainnya. Jd bisa mjd pilihan..

    BalasHapus
  18. weh keren ya...sekarang Alfamart menjelma jadi ekspedisi logistik juga, makin banyak pilihan ekspedisi nih

    BalasHapus
  19. akhirnya hadir juga solusi logistik terbaik dan baru di indonesia, makin semangat deh buat dagang onlen

    BalasHapus
  20. Aw... acara peluncurannya seru bgt ya mba.. alfamart bener2 hadir dengan inovasi cerdas❤

    BalasHapus
  21. Bisnis Retail yang terus berkembang memanfaatkan jasa logistik, layak diapresiasi!

    BalasHapus
  22. aku baru tahu nih. emang indonesia luas, wajar kalau jasa pengirim juga harus banyak. sesuailah sama banyaknya manusia di indonesia.

    BalasHapus
  23. Semakin keren ya Alfamart, sayangnya di kotaku belum ada Alfamart 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas berdiri alfamart di wilayah tinggalnya, Mbak Irawati

      Hapus
  24. wuah expedisi baru lagi nih, nantinya expedisi ini ada di setiap alfamart atau gimana mbak fen?

    BalasHapus
  25. Alfa makin inovatif, memenuhi kebutuhan konsumenny

    BalasHapus
  26. Wah alfamart ga tinggal diam ketika belanja online mulai marak di Indonesia. Bakal lebih menjanjikan nih kalo mulai melirik bisnis pengiriman paket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persaingan sehat yah kak..demi kebutuhan konsumen

      Hapus
  27. Alfamart makin banyak inovasinya ya sekarang. Ini sebagai bentuk supaya tetap terdepan dan nggak ketinggalan jaman ya. Hebat. Patut ditiru untuk inovasi2nya nih.b

    BalasHapus
  28. Terus dan terus berinovasi. Gak heran klo skrg alfamart lebih “terlihat” dibanding pesaingnya.

    BalasHapus
  29. Perkembangan digital memang membuka peluang e-commerce makin meluas. Jasa logistik memang sangat membantu saat ini, apalagi jika letaknya di minimarket dekat rumah, pasti deh langsung jadi pilihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu.. yang lebih dekat biasanya yang lebih duluan dicari 😁

      Hapus
  30. Asik nih, makin banyak pilihan untuk acara kirim mengirim barang.

    BalasHapus
  31. wahhh ditempat saya alfamart deket, kalau mau antar2 barang tinggal cus ke alfa lagi ga mesti jauh2 pergi jauh ke tempat pengiriman ...

    memang kalau saya liat alfa ini udah merajai, udah sewajarnya memanfaatkan kelebihannya untuk produk digitalnya, yang saya tau alfamind dari rekan2 blogger juga, bisa belanja online dan pemilik toko virtual bisa dapat untung juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em...
      Alfamart langsung melihat pangsa pasar dengan jeli, dan nggak mau menyia-nyiakan kesempatan itu

      Hapus
  32. Nah, alfamart pun tambah inovasi dan lini bisnis ya. Menarik, selalu berinovasi memang syarat agar eksis di dunia bisnis saat ini yg begitu cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. harus terus inovasi biar tetap ada di hati masyarakat

      Hapus
  33. menarik nih, jadi lebih gampang kalau mau kirim-kirim soalnya gerainya deket banget sama rumah!

    BalasHapus
  34. Hebat deh inovasi alfamart. Sekarang ngirim paket jadi makin mudah karena cabang Alfamart juga buanyaaak se-Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em mbak, jadi lebih dekat dan bisa sekalian belanja yah, hahah

      Hapus
  35. Alfamart ini mirip2 Gojek ya, selalu ada aja inovasinya. Bikin konsumen nggak bisa move on dan selalu balik lagi balik lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus 🙏

Postingan populer dari blog ini

Awasi Teknologi Nuklir, BAPETEN Siap Lindungi Negeri

Pilih Paket Umroh Sesuai Pilihan di Umrohnesia

Trans Jakarta Gratis 6, 7 dan 13 Oktober 2018

Smartphone Lenovo K9 Menjawab 5 Hal ini

Dompet Dhuafa Siap Gelorakan Semangat Menjawab Panggilan Zaman

Enam Hal Wajib Kita Ketahui Soal Susu Kental Manis

#TempatNMakanan Edisi Awal Oktober 2018