Nangka Goreng Sambal - [Kesukaanku Sejak Kecil]

Nangka Goreng Sambal - [Kesukaanku Sejak Kecil] --  #SemangatCiee di blog Fenni Bungsu. Kabar apa nih, di weekend penuh warna meski katanya sih ini mendekati tanggal tua. Hahaha... Syukuri aja apa yang ada, dan yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Jangan lupa untuk pandai mengolahnya apalagi untuk mengelola keuangan. Ya udahlah, di sini saya nggak membicarakan masalah seputar finansial kok. Tenang aja..hehehe.

Nangka Goreng Sambal - [Kesukaanku Sejak Kecil]


Yang akan saya bahas di seputar kanal #TempatMakanan. Sebab di kanal ini banyak cerita sebenarnya, tapi saya nya lagi enggan saja menuliskannya... eeeaa. Padahal mah malas aja. Bingung memulai dan mengakhirinya nanti. Haddeh. Yuk lah kita mulai dengan mengucapkan bismillah. 
*
Nangka, kalau mendengar kata-kata itu, banyak terlintas dipikiran pastinya. Gampangnya sih yang diingat adalah sayur nangka atau gulai nangka. Biasanya sayur atau gulai nangka ramah menyapa untuk santapan hari raya bareng ketupat ataupun lontong.

Nangka Goreng Sambal - [Kesukaanku Sejak Kecil]
Nangka goreng sambal dengan krecek - Dok. Fenni Bungsu


Namun ada metode (et dah, bahasanya serius banget 😁) lain yang bisa diolah dari Nangka, yaitu dengan membuat, "Nangka Goreng Sambal". Kuliner tersebut merupakan kesukaan saya sejak kecil. Dulu sih yang mengolahnya almarhumah mama saya, yang kadang ada campurannya dan kadang tidak campur apa-apa.

Nangka Goreng Sambal - [Kesukaanku Sejak Kecil]
Nangka goreng sambal dengan sawi putih - Dok. Fenni Bungsu


Cara buatnya simple kok. Ini dia eksekusinya, siapkan bahan-bahan :
- Nangka yang telah dibersihkan
- Minyak goreng
- Garam
- ikan teri
- Cabai, bawang putih, bawang merah, dan tomat yang dihaluskan untuk membuat sambal.

Nangka Goreng Sambal - [Kesukaanku Sejak Kecil]
Nangka yang sudah dibersihkan - Dok. Fenni Bungsu


Cara membuatnya :

  1. Goreng nangka hingga matang atau berwarna keemasan. Bisa dibuat hingga kering/krispy, tapi kalau sudah dingin, agak keras dikunyah. Jadi, tergantung selera yah.
  2. Begitupula dengan goreng ikan teri hingga matang.
  3. Goreng sambal, dan masukkan garam secukupnya. 
  4. Lalu masukkan nangka goreng, dan aduk hingga merata. Sajikan selagi hangat. 
Nangka yang telah digoreng - Dok. Fenni Bungsu


Nah menu kesukaan saya ini, bisa dicampur dengan ikan teri atau bahkan ikan asin, hehehe. Sedap disantap bareng nasi pastinya, ataupun campuran lauk yang lain. Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita. Sambung lagi di cerita lainnya yah.. tetap #SemangatCiee.


Komentar

Elva Susanti mengatakan…
Enak mbakkk. Saya juga pernah dibikin sambal. Bahkan bijinya pun saya bikin sambal campur teri
Annafi mengatakan…
Wah, menggugah selera banget nih, kakakku suka nangka, coba kasih
Lihat resep ini ah.. Kali-kali dibikin hehehehe
Fenni Bungsu mengatakan…
Jadi bikin laper terus yah mbak, hehehe.. Soalnya saya kalau makan ini bisa nambah.. 😁😁
Fenni Bungsu mengatakan…
Silakan mbak.. Nanti kalau udah jadi, daku dikirimkan yah, nangka goreng sambalnya, 😁😁
Lianny mengatakan…
Wow enaak ya, dimakan dengan nasi anget. Aku belum pernah makan nangka goreng, biasanya dibuat lodeh.
Okti Li mengatakan…
Wah selain buat gudeg ternyata bisa buat sambal juga ya. Kapan2 mau coba ah... Cuma suka malas membersihkannya. Hehehe... Malas ketemu sama getahnya
Hanni Handayani mengatakan…
saya baru liat mba ada nangka goreng, biasa hanya di gudeg saja atau buat lontong sayur
Valka mengatakan…
Duh, mampir ke sini jadi ngiler pengen nyobain juga. Biasanya makan nangka berkuah yang biasa disajikan dengan ketupat. Kalau nangka goreng sambal seingetku belum pernah. Tuh kan jadi pengen nyoba xD
Fenni Bungsu mengatakan…
Cobain yang digoreng deh Kak.., dijamin enak nangka gorengnya, hehehe
Elva Susanti mengatakan…
Iya mbak. Saya pun pernah coba bikin dan uenak serta bikin nambah makannya
duniaeni.com mengatakan…
Ya Allah..bumil dibikin ngiler. Aku suka ini disantap dengan nasi ngebul alias nasi masih panas...nyum..nyum
fillyawie mengatakan…
Aku baru tahu resep sambal nangka ini, jadi pengen coba juga he he he. Nice sharing Mbak Fenni 👍.
Fenni Bungsu mengatakan…
Daku suka olesin tangan pakai minyak goreng sebelum membersihkan nangka
Fenni Bungsu mengatakan…
He em, mbak..
Lagi cari yang berbeda dengan digoreng, He He, eh ternyata enak
Fenni Bungsu mengatakan…
Coba digoreng mas nangkanya, nyasar kalau dah matang, kirim-kirim yah 😁😁
Fenni Bungsu mengatakan…
Wahh, iya ada bumil mampir. Semoga lancar lahirannya, dan sehat untuk ibu dan debay.
Fenni Bungsu mengatakan…
Terima kasih juga atas kunjungannya mbak 👍👍
Retno Kusumawardani mengatakan…
Mbak.. kalau nangka muda gini belum pernah coba. Kalau nangka yang udah mateng ditepungin udah pernah nyoba.
Kapan kapan tak coba ah...
Elly Nurul mengatakan…
Namanya nangka goreng sambal ya.. hihi dulu waktu aku kecil, Ibuku juga sering masak nangga begini.. aku tuanya nangka balado hehe.. emang enak makan pake nasi angget ya ka.. nambah deh hehe
Mporatne mengatakan…
mirip nangka balado ya, pedas dan gurih. ada teri. Asiknya makan pakai nasi hangat dan pakai tangan.
Okti Li mengatakan…
Ooh...gitu ya. Trims infonya. Smakin praktis saja ya... Bikin betah ga mau pulang hehehe
Rani Yulianty mengatakan…
Belum pernah coba kuliner nangka goreng, biasanya gudeg aja, atau urap nangka, kayaknya enak, nih, jadi pengen coba masak nangka goreng, makasih resepnya ya
Tian Lustiana mengatakan…
nangka goreng? enak? ah aku kok belum pernah nyobain deh jadi laper nih kayaknya enak cocolin sambal pedas
Abby Onety mengatakan…
Wah... mba Fen. Abby baru dengar ada nangka goreng yg bisa jadi teman makan nasi alias lauk. Saking penasarannya, Abby bacax ulang lagi.

Pengeng nyoba pokoknya. Tq ya....
Sara Neyrhiza mengatakan…
kalau di solo nagka goreng itu sebutannya rondo royal (janda boros) hehehe.. Wah, makasih resepnya mbak..jadi pengen coba
Novitania mengatakan…
Ahhh lapaaaaarrrr, nikmat banget keliatannya kak. Makanan Indonesia gini emang top markototp
andi nugraha mengatakan…
Duh baca ginian disaat belum makan, jadi pengen penasaran akan rasanya eung :D
Ika Maya Susanti mengatakan…
Ini kok mirip kayak makanan banjar Mbak. Tapi kalau di sana pakai kulit cempedak yang semacam udah difermentasi. Rasanya kayak ayam suir. Hehehe...
Aprillia Ekasari mengatakan…
Baru tau nangka bisa disambel goreng, aku biasanya makan mentah2 gtu mbak :D
Kapan2 deh nyobain resepnya haha penasaran