Langsung ke konten utama

Nggak Malu Bertanya Dong, Kan Ada @TanyaMarlo

Nggak Malu Bertanya Dong, Kan Ada @TanyaMarlo (Teknologi) - Hai..hai, kembali jumpa bersama saya yang selalu memberikan informasi dengan #SemangatCiee seputar teknologi kesehatan. 

Dalam rangka hari AIDS Sedunia, dapat dikatakan bulan Desember menjadi momen penting untuk saling ingat-mengingatkan akan pentingnya pencegahan dan pengobatan tentang HIV. Sayangnya masih banyak orang yang malu bahkan takut untuk menggali informasi lebih mendalam. Padahal sekarang sudah ada nih @TanyaMarlo yang ganteng itu, hem.. Inilah ulasan lengkapnya. 


Bila kamu mengenal aplikasi chat LINE, dimana bisa dengan mudah untuk mengobrol bersama teman atau komunitas, maka kamu akan mudah menemukan @TanyaMarlo. Dia adalah platform chat mobile (chatbot) yang terhubung dengan LINE. Chatbot dengan avatar seorang pria muda berkacamata ini merupakan hasil kolaborasi dari United Nations Acquired Immune Deficiency Syndrome (UNAIDS) dengan Nimbly Technologies dan Botika. 

TanyaMarlo, Line, aplikasi line, HiV/AIDS, apa itu aids, apa itu hiv, cara pengobatan hiv, penularan hiv/aids,
"Ini sebuah kabar gembira dengan adanya inovasi @TanyaMarlo. Semoga inovasi ini dapat membantu Indonesia dalam menekan HIV/AIDS," ujar dr Lanny Luhukay selaku Kepala Seksi Kementrian Kesehatan bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit saat menyampaikan sambutannya. 
TanyaMarlo, Line, aplikasi line, HiV/AIDS, apa itu aids, apa itu hiv, cara pengobatan hiv, penularan hiv/aids,

Dalam upaya menekan laju penderita yang terinfeksi HIV/AIDS ini telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak, begitupun dengan pemerintah yang bekerjasama dengan UNAIDS. Sebab masih diitemukan mereka yang belum mengetahui bahwa terinfeksi Human Immunodeficiency virus (HIV).
“Ada 640rb dengan HIV/AIDS, hanya 48% yang mengetahui bahwa mereka terinfeksi HIV/AIDS. Diketahui paling tinggi di kalangan remaja." ungkap Ibu Krittayawan (Tina) Bonto, UNAIDS Indonesia Country Director. 
Menurut Inez Kristanti, Psikolog dan Social Media Influencer pada sesi talkshow menyampaikan, mungkin jaman sekarang ragam informasi lebih terbuka, sehingga jadi banyak diketahui anak muda ada yang terjangkiti HIV/AIDS. Padahal mungkin di zaman dahulu juga sudah ada, tapi karena tidak banyak dibicarakan, sehingga tidak terekspos. Oleh karena itu, anak muda perlu peduli, gali informasi, dan tidak usah takut, misalnya test HIV/AIDS itu mudah. 

TanyaMarlo, Line, aplikasi line, HiV/AIDS, apa itu aids, apa itu hiv, cara pengobatan hiv, penularan hiv/aids,

Pada kesempatan yang sama, Ilona, Ketua Organisasi Tim Peduli AIDS Atma Jaya, turut menyampaikan dari sisi mahasiswa bahwa, "Anak muda di Indonesia kurang informasi mengenai kesehatan reproduksi, nggak peduli alias jauh dari kehidupan mereka. serta tantangan lainnya yaitu pandangan negatif dari orang-orang tentang HIV/AIDS,"


Anak muda jaman now, memang dapat dikatakan kritis untuk menggali informasi. Mereka akan mudah menemukannya di internet. Tentu saja harus info yang benar dan tepat. Jadi tepatlah rasanya kehadiran Tanya Marlo ini seperti yang diutarakan oleh David Webb selaku Co-founder dan CMO Nimbly Technologies, yaitu dibuat sangat menarik agar mudah digunakan oleh millennials.

TanyaMarlo, Line, aplikasi line, HiV/AIDS, apa itu aids, apa itu hiv, cara pengobatan hiv, penularan hiv/aids,
Kolase by Fenni bungsu


Kamu yang mau bertanya di Tanya Marlo mudah banget kok, caranya, Pastikan sudah memiliki akun LINE. Lalu tambah pertemanan dengan @TanyaMarlo. Klik chat room, kemudian terdapat 4 fitur utama, yaitu : 
  • Info HIV, dimana berisi tentang konten menarik seputar informasi HIV, video, dan mitos/fakta. 
  • Kuis, berguna untuk menguji kemampuan kamu seputar HIV/AIDS. 
  • Konsultasi, buat kamu yang mau bertanya akan ada konselor terpercaya. 
  • Tes HIV, berisi informasi fasilitas kesehatan yang menyediakan jasa tes HIV, sehingga nggak perlu ngantri karena bisa booking secara online. 

Tanya Marlo seperti teman, sehingga bisa bertanya dengan tanpa cemas.

TanyaMarlo, Line, aplikasi line, HiV/AIDS, apa itu aids, apa itu hiv, cara pengobatan hiv, penularan hiv/aids,

Dengan adanya kemudahan melalui Tanya Marlo ini, semoga dapat mengedukasi masyarakat seputar HIV/AIDS berikut pencegahannya. Tidak perlu takut dan malu, karena privasi terjaga dengan baik. Bagi kamu yang ingin melakukan tes, sebaiknya lakukan sedini mungkin, agar dapat diketahui apa langkah selanjutnya, sebab @TanyaMarlo mendukung test and treat HIV/AIDS dari pemerintah. 

Komentar

Maseko Sakazawa mengatakan…
Tanya Marlo cocok banget dijadikan sumber informasi yang akurat mengenai HIV/AIDS buat para generasi muda kita ya Mbak..
Gita Siwi mengatakan…
Wah 4 fitur yang lengkap ini di tanya Marlo ya, siapa aja bisa chit chat secara rahasia juga ya seputar HIV AIDS ini
Elly Nurul mengatakan…
Kadang orang suka malu bertanya, dan suka nyesel juga karena ngga jadi nanya.. Kalo sudah ada yang digital gini, orang jadi ngga malu dan bebas bertanya ya ka.. apalagi soal HIV Aids yang masih sangat sensitif dan tabu di masyarakat kita.. dear marlo, aku mau tanya....
amathiya mengatakan…
Iya bener hrs ada tpt bertanya sepergi ini krn kalau penyakit spt AIDS ini suka malu2 nanyanya ya...
Nia K. Haryanto mengatakan…
Aku kira Marlo ini Chef yang Magician itu. Hehehe... ternyata tokoh yang diciptakan untuk manjawab semua hal tentang HIV/AIDS. Keren deh. Seoalnya, banyak hal tentang penyakit ini yang masih simpang siur di masyarakat.
Rita Asmaraningsih mengatakan…
Wah ada TanyaMarlo ya, setidaknya memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan pencerahan seputar penyakit HIV/AIDS..
Sigit Agustina mengatakan…
Kadang kalau mau tanya cari info tentang penyakit ini emang sedikit malu sehingga batal nanya secara langsung, kalo ke Marlo sepertinya ga usah malu lagi.
Maya Rumi mengatakan…
Wuah keren ini fen, bisa diakses Dr Mana aja yg penting hpnya Ada aplikasi line yah, berbagai informasi mengenai hiv bs mudah di dapatkan, semoga akan terus di sosialisasi sehingga makin banyak masyarkat yg paham ttg hiv
Laily Desy mengatakan…
Saya jadi lebih informatif lagi mengenai HIV/AIDS ini berkat @TanyaMarlo dan bisa saling mengedukasi kepada teman-teman lainnya
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya Pak Eko, biar milenial dapat pengetahuan bagaimana cara pencegahannya
Fenni Bungsu mengatakan…
He em Mbak, karena kan bertanya soal ini masih dibayangi takut dan malu bertanya
Fenni Bungsu mengatakan…
He em, padahal kan orang bertanya mungkin maksudnya agar bisa melakukan pencegahan kan
Fenni Bungsu mengatakan…
He em Bunda, semoga bermanfaat
Fenni Bungsu mengatakan…
Dengan tanya Marlo bisa diluruskan dan mendapat info yang akurat
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya Bunda Rita, agar masyarakat dapat info yang benar dan tepat
Fenni Bungsu mengatakan…
Yups via chat jadinya lebih privasi
Dwi Arumantikawati mengatakan…
Whaa aplikasi LINE saya sudah dihapus, apa perlu install lagi, heuheuu ... mayan berat soalnya. Tapi si tanyamarlo ini keren bgt ya, setidaknya mereka yg malu2 bisa dpt informasi yg tepat dan privat.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Keren banget nih, secaraaa, banyak yang malu bertanya takut privacy-nya terbongkar.
Padahal HIV?Aids itu harus banget diedukasikan pada masyarakat.
Keren deh inovasinya.
Si Marlo jadi teman curhat banyak orang tuh :)
Irra Octaviany mengatakan…
Tanya marlo ini hanya fokus di HIV/Aids ya? Wah keren nih. Informasi mengenai HIV/Aids masih suka simpang siur. Kadang suka hoax. Tanya Marlo membantu kita untuk lebih tahu lagi tentang HIV/Aids
Siti Faridah mengatakan…
Keren banget nih, baru tahu kalau ada Tanya Marlo setelah baca postingan ini. Btw, tapi udah 2 tahun ini aku udah nggak pakai aplikasi LINE di handphone. Jadi sedih deh aku.
Leyla Hana mengatakan…
Wah keren nih si Marlo ngasih edukasi kesehatan ya buat para pengguna LINE. Apalagi sebagian besar pemakai LINE itu remaja.
Afrilentin mengatakan…
Wah TanyaMarlo bener2 membantu banget yah mb cocok sama konsep generasi milenial skrg lg sistemnya qt bisa chitchat lgsg tanpa malu
www.faradiladputri.com mengatakan…
Ini pas banget sasarannya dengan menggunakan aplikasi LINE juga, aplikasi yangs ering dipakai oleh para remaja. Tapi miris juga ya baca statistik soal HIV/AIDS hiks.
Yoanna Fayza mengatakan…
Yang punya ide bikin Marlo keren nih. Jadi bisa membantu banyak orang yg malu cari informasi. Semoga dg aplikasi ini informasi yg benar ttg HIV bisa makin tersebar yaa
Meriskapw mengatakan…
Oalah, tanya Marlo ini buat tanya-tanya seputar HIV toh, aku pikir buat chat iseng-iseng kayak Simmy gitu :D bagus banget inovasinya, bikin kita lebih aware dengan HIV.
Jeanette Agatha mengatakan…
Senangnya ada tanya Marlo ini. Jadi lebih mudah jika ingin tanya ttg HIV 😊
Visya Al Biruni mengatakan…
Kok lucu sih ikonnya 😍 anw semoga para penyintas AIDS bisa terus berikhtiar sehat kembali dan jumlah penyintasnya di Indonesia jauuuuh berkurang!!
Ajenghimme mengatakan…
Wah, fiturnya lengkap babget. Bersyukur di jaman sekarang dengan teknologi yang makin maju, kecepatan menerima informasi juga makin cepat ya.
Mudah2an banyak orang makin tahu tabya marlo ini
Aprillia Ekasari mengatakan…
Emang kesannya agak serem ya kalau ngobrolin HIV/ AIDS. Namun Tanya Marlo ini pastinya berguna banget buat yang mau nanya2 seputar hal ini, khususnya yg mau konsul dokter tapi msh ragu. Plus buat yg sekadar pengen tahu info ttg pernyakit ini.
Yang seperti ini harus banget di share ke grup karena jujur saja saya sendiri juga kadang masih meraba untuk mencari informasi seputar HIV/AIDS. Apalagi untuk kalangan remaja juga butuh nih kasih sharing seputar ini.