Sehat Sistem Cerna, Ceriakan Hari-hari bersama Si Dia

Fenni Bungsu (Kesehatan) -- Hai di sana, sedang turun hujankah? Di tempat saya bumi telah basah dan kesejukan pun terserap dengan sempurna. Meski memang untuk berpindah tempat akan terkena percikan air, tapi tidak serta merta menjadi patah arang, sebab berbagi kebahagiaan dengan informasi yang bermanfaat diperlukan. Sebagaimana kabar mengenai kesehatan berikut ini yang akan saya sampaikan terkait saluran cerna dan probiotik. 

Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,


Menjaga sistem saluran pencernaan sangat dianjurkan, karena sistem cerna merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Bila sistem ini terganggu maka akan berakibat kurang baik. Berikut gangguan sistem pencernaan seperti yang saya rangkum dari berbagai sumber, yaitu: Sembelit, Penyakit asam lambung (refluks gastroesofagus), Usus buntu, dan Wasir.

Gangguan di atas memugkinkan bisa dialami tidak hanya oleh orang dewasa saja, anak-anak pun dapat mengalaminya. Jika pada orang dewasa saja, tentu akan menyakitkan dampak kurang baik dari gangguan tersebut, maka bilamana terjadi pada anak-anak tentu kesedihan akan dirasakan oleh semua anggota keluarga.

Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,


Oleh sebabnya, kita harus menjaga sistem pencernaan pada tubuh agar tidak terganggu, karena banyak hal positif yang tentu akan dirasakan. Apa saja sih manfaat dari menjaga sistem pencernaan? Setidaknya ada empat yang dapat saya rangkum melalui acara Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation yang berlangsung di Ayana Mid Plaza, Jakarta, yaitu : 
  • Meningkatkan jumlah bakteri baik. 
  • Membantu dalam perkembangan anak, sehingga daya tahan tubuh dan perkembangan otak terjaga. 
  • Suasana hati yang cerah. 
  • Mempertahankan dan/atau memperbaiki fungsi dan struktur saluran cerna, dengan begitu dapat berfungsi secara optimal guna penyerapan nutrisi dari makanan yang telah dicerna.


Nestle Nutrition Masterclass adalah wadah untuk berbagi informasi guna menghadapi tantangan pemenuhan nutrisi untuk anak-anak Indonesia akan peran probiotik dalam susu pertumbuhan. 

Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,


"Tumbuh sehat saja tidak cukup pada seorang anak, tapi juga harus tumbuh bahagia," ungkap dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia. "Dan ternyata ini terkait dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan." 

Setidaknya ada 7 cara menjaga sistem saluran cerna pun juga harus kita ketahui, seperti berikut ini: 
  • Kunyah makanan perlahan-lahan, sehingga tidak memberatkan usus kita di dalam tubuh.
  • Cukupi kebutuhan istirahat dengan waktu tidur yang baik.
  • Penuhi kebutuhan minum air putih. 
  • Perbanyak makan-makanan yang memiliki kandungan serat.
  • Jauhi dari banyak pikiran hingga menyebabkan stress yang berlebihan.
  • Jangan tidur setelah makan. 
  • Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan probiotik

Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,

"Konsumsi probiotik dengan cara yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak adalah melalui makanan sebagai perantara, sebab dapat membantu bakteri melewati saluran cerna," papar Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak.

Nah dari tadi kita sudah membahas mengenai probiotik. Sudah pada tahukan, apa itu probiotik? Kalau dalam pengertian KBBI, berarti bakteri baik di dalam usus yang akan membantu menghasilkan antibiotik, membantu kebutuhan usus dalam proses metabolisme, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,
Contoh makanan yang mengandung probiotik -- Slide Presentasi dr. Ariani


Contoh makanan yang mengandung probiotik, seperti produk makanan yang berbahan dasar susu, kacang kedelai (misal tempe), dan Sauerkraut (hasil fermentasi dari kol dan sayuran lain. Di korea jenis ini seperti kimchi).

Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,


Diterangkan pada kesempatan yang sama oleh Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, bahwa ada tiga bakteri probiotik yang teruji klinis yaitu :
  1. Lactobacillus reuteri, bermanfaat untuk mencegah polip pada anak.
  2. Lactobacillus rhamnosus, berguna dalam mengurangi risiko alergi, dan infeksi saluran pernapasan. 
  3. Bifidobacterium lactis, berfungsi untuk membuat sistem imunitas atau daya tahan tubuh semakin baik.


Nestle, lacto grow, probiotik, prebiotik, saluran cerna, sistem pencernaan pada tubuh manusia, contoh makanan probiotik, apa itu probiotik, macam macam produk susu, macam macam produk nestle, Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium lactis,  Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia,  Prof. Yvan Vandenplas, selaku Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia, CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro, Nutrition Masterclass Probiotics for Happy & Healthy Generation, Ayana Mid Plaza, hotel,


Bila sistem imun kita baik, tentunya gejala penyakit tidak akan terlihat. Begitupula sebaliknya. Maka mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik sangat dianjurkan, sehingga anak-anak dapat tumbuh sehat dan bahagia. Oleh karena itu, Nestle Indonesia sebagai pelopor dalam bidang nutrisi dan kesehatan berkomitmen untuk mengembangkan produk yang inovatif guna mendukung tumbuh dan kembang anak-anak dengan mengaplikasikannya dalam produk makanan yang mengandung probiotik seperti CERELAC Bubur Sereal Susu, LACTOGROW, DANCOW Advanced Excelnutri+, dan susu pertumbuhan NANkid pHPro. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. Jangan tidur setelah makan susah direalisasikan nih. Apalagi kalau punya balita, setelah makan banyaknya diam eh ketiduran...

    BalasHapus
  2. Wh bagus ini..memang penting banget menjaga saluran cerna agar berfungsi dengan baik pengaruh banget u.tk kesehatan secara keseluruhan soalnya...

    BalasHapus
  3. Ini dari judulnya doa nya ci cie ya hahaha. Sehat itu segala galanya ya pokoknya kak

    BalasHapus
  4. Setuju, mari menjaga pencernaan dengan baik sebab akan meningkatnya jumlah bakteri baik shg sangat membantu dalam ptoses pencernaan.

    BalasHapus
  5. Sama nih sama Teh Okti..anak2 tuh susah banget dilarang tidur sesudah makan..terutama seusai saur suka pengen tidur lagi hehe..

    BalasHapus
  6. Aku suka nih, anak harus tumbuh bahagia sebab ini penting. Biar tumbang yang lainnya juga menjadi lebih baik ya. Ga gampang stress

    BalasHapus
  7. anak anakku udah SD, tapi masih suka beli bubur cerelac. Satu kotak itu untuk sekali makan wkwkwkwk... gpplah daripda jajan yang aneh aneh...

    BalasHapus
  8. Tanggung jawab orang tua bukan hanya menjadikan anak sehat, tapi yang paling berat adalah bikin anak juga bahagia ya. Itu yang sulit dan susah diukur kadar kebahagiaannya.

    BalasHapus
  9. Gak bagus ya mba habis makan tidur? Anak-anak suka gitu setelah makan gak lama tidur, kenyang ngantuk mungkin

    BalasHapus
  10. Baca postingan ini jadi kayak belajar ilmu biologi lagi Mbak. Hehee... Tp emang penting ya buat pengetahuan kita biar bisa jaga proses tumbuh kembang anak 2.

    BalasHapus
  11. Bagus ya terobosan nestle, jadi komplit kadungan vitamin serta probiotik dalam produknya

    BalasHapus
  12. Setuju banget kalau tumbuh kembang anak harus sehat dan bahagia. Aku kok jadi sedih karena punya kebiasaan buruk kadang-kadang langsung tidur setelah makan malam.

    BalasHapus
  13. Setuju banget kalau tumbuh kembang anak harus sehat dan bahagia. Aku kok jadi sedih karena punya kebiasaan buruk kadang-kadang langsung tidur setelah makan malam.

    BalasHapus
  14. Setuju banget ini. Anak harus sehat dan bahagia. Aku punya kebiasaan buruk nih kadang-kadang setelah makan langsung tidur karena terlalu kenyang.

    BalasHapus
  15. Iya mbak sedang hujan dan sejuk. Lunayan nih ada temennya kopi ama bacaan ini. Bisa mengisi waktu sembari dapat ilmu

    BalasHapus
  16. Jgnkan anak2 mamanya aja suka ngantuk selesai makan๐Ÿ˜†,emang kebiasaan jelek yg susah ilang nih.tapi emang wajib yah menjaga saluran cerna karena penting banget buat kesehatan seluruh anggota tubuh.untung sekarang bisa dibantu dengan konsumsi cerelac ya kan

    BalasHapus
  17. Ini penting bnget nih soal nutrisi buat kiddos Dan ortu happy anak pasti happy juga

    BalasHapus
  18. Anakku nih susah banget makannya dan sering dikit. Harus banget kayaknya aku rubah pola makany dan jenis makannya biar lebih nafsu dan tumbuh kembang optimal

    BalasHapus
  19. Wah ankku yg pertama jg dlu mpasi suka makan cerelac,btw aku setuju banget nih klo anak2 harus bahagia selama masa tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  20. Sistem cerna termausk otak kedua manusia. Jadi, memang harus dijaga banget supaya tetap sehat

    BalasHapus
  21. Lagi masa mpasi nih, pas banget bahasannya mengenai pencernaan. Masih belajar nih gimana menu mpasi yg tepat dan sesuai memenuhi nilai gizinya. Thanks for sharing mbak..

    BalasHapus
  22. Aku suka bagian kalimat ini mba: “Tumbuh sehat saja tidak cukup pada seorang anak, tapi juga harus tumbuh bahagia,". I agree with that statement. Sehat itu penting bahagia pun penting.
    Senang ya mba bisa hadir ke acara talkshow yg bermanfaat ini. Jadi paham mengenai probiotik dan antibiotik ..

    BalasHapus
  23. Sistem pencernaan itu merupakan bagian tubuh anak yang paling sering terpapar sama dunia luar/ benda asing, dr makanannya tentu aja. Makanya butuh banget perlindungan. Kalau anak makan kimchi kyknya susah ya hehe. Mungkin kasi yg dalam bentuk susu aja buat perlindungannya.

    BalasHapus
  24. Aku hari Minggu kemarin nih gangguan saluran cerna, super gak enak banget. Perasaan gak ada makan yang aneh dan minum air putih juga. Tipsnya boleh aku terapkan nih.

    BalasHapus
  25. Jadi teringat zaman MPASI dulu kalau ngasih makan tuh serba hati-hati karena takut anak bermasalah pada sistem cernanya. Malah dulu tuh keinget pernah bermasalah sistem cernanya karena alergi susu.

    BalasHapus
  26. wah produk nestle emang oke ya mba, kakak iparku juga kerja di Nestle makmur sentosa hahaha baik dari segi kesehatan maupun finansial :D

    BalasHapus
  27. Anak kalau gangguan pencernaan kasian mba. Dan memang benar sebaiknya kita jaga ya. Produk Nestle ini memang yang terbaik ya :)

    BalasHapus
  28. Ternyata tempe, Sauerkraut sama Kimchi juga mengandung probiotik yaaa. Pantesan orang Korea dan orang Indonesia jaman duluuuu sehat-sehat :D

    BalasHapus
  29. Tumbuh sehat saja tidak cukup tapi juga harus tumbuh bahagia..wah ini mesti digarisbawahi...caranya dengan makan makaanan yang mengandung probiotik. Musti aku inget banget nih, anakku sekarang lagi dirawat di RS, karena dah remaja, konsumsi makanan di luar rumah sudah enggak terawasi lagi ini...hiks. Jadi makan sembarangan dan ngaruh ke kekebalan badan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Maaf, untuk yang komentar dengan menyelipkan link maupun alamat web, saya hapus ๐Ÿ™