Langsung ke konten utama

5 Cara Mudah Menggunakan Panci Presto



5 Cara Mudah Menggunakan Panci Presto (How To) – Hai semua, pasti sudah pada kenal nih sama yang namanya panci presto. Ada yang sudah terbiasa memakainya atau hanya beberapa kali saja, atau malah belum pernah? 


Boleh saya katakan, benda tersebut merupakan panci serbaguna yang memudahkan kita untuk membantu merebus bahan masakan. Kelebihannya yang seperti itu, tidak semua orang memahami Cara Menggunakan Panci Presto. Sebab salah penggunaan bisa mengakibatkan hal-hal di luar dugaan, misalnya saja bunyi letupan.



Nah kejadian lucu pernah saya dan kakak saya alami. Saat itu kami berkeinginan untuk merebus cumi. Kami berdua belum mengerti Cara Menggunakan Panci Presto bagaimana, karena baru saja beli, hihi. Untungnya sih ada buku petunjuk penggunaan, sehingga kami ikuti langkahnya satu persatu. Sedang dalam keadaan merebus cumi itu, nggak berapa lama kemudian ada bunyi desis. Setelah itu kok ada bunyi letupan. Sigap saja, kompor langsung dikecilkan. Tunggu hingga dingin, baru tutup panci dibuka. Usut punya usut ternyata karena efek dari cumi sendirinya, hihi. Bukan sesuatu yang menyeramkan.



Dari kejadian tersebut, kami pun menyadari bahwa Cara Menggunakan Panci Presto ternyata ada sesuatunya, seperti:

  1. Pastikan bahwa panci presto yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan baik. Sebab bukan hanya bersih sebagian dari iman, sekaligus pula agar proses perebusan berjalan dengan baik. 
  2. Isi air secukupnya. Lalu tambahkan bahan masakan jangan sampai kepenuhan, jadi tetap memberikan ruang pada panci presto ketika uap yang dihasilkan menekan ke segala arah. 
  3. Pastikan bahwa panci presto telah ditutup dengan sempurna, dan selama perebusan tidak perlu membuka tutup panci ya. 
  4. Kecilkan api kompor saat panci presto berbunyi / berdesis. 
  5. Biarkan panci presto dingin terlebih dulu, baru kemudian tutup panci dapat dibuka.


Semoga 5 Cara Mudah Menggunakan Panci Presto ini dapat bermanfaat. Selalu berhati-hati dalam menggunakan perabot rumah tangga. Jangan lupa setelah digunakan panci presto-nya dicuci bersih agar kalau nanti mau menggunakan lagi nggak grasak-grusuk nyuci dulu, hahaha. Baiklah sampai jumpa pada edisi berikutnya. Selalu #SemangatCiee memasak ya.

Komentar

t h y a mengatakan…
wih, makasih sharingnya mbaa..
dipraktekin nanti buat bikin opor pas lebaran.. hehe
Niklosebelas mengatakan…
kukira panci presto tuh cuma bisa buat ikan atau ayam mbak... ternyata bisa juga untuk cumi yaaa
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Berfaedah banget ini mah.
Saya belum punya panci presto dan belum pernah masak pakai panci presto.
Pengen beli sih sebenarnya, lumayan saving waktu buat masak lauk yang keras kayak ayam kampung gitu.

Pas banget nih praktek langsung saat lebaran :)
Okti Li mengatakan…
Iya hati hati kalau buka panci presto, jangan masih panas langsung buka. Bisa Bahaya
Desi mengatakan…
Wiiihhh penting bgt inih mak. aq belom pernah pake panci presto. Tq bgt ya Mak, jd aq gak kudet n norak nih, udah tau ilmunya.
Meli Engku mengatakan…
aku pun kalo masak pake presto. karena bikin daging cepet empuk, waktu masak lebih cepet dan yang lebih penting, hemat gas haha
Tira Soekardi mengatakan…
makasih tipsnya, aku rada takut pakainya
Kalau aku selalu menggunakan panci presto untuk memasak daging dan ketupat. Nah walau sudah termasuk sering menggunakan tapi tetap saja masih suka ngeri-ngeri. Bahkan suka dibantu sama mamah saya untuk menggunakan panci presto ini.
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Andalan aku banget buat pakai panci presto. Soalnya bikin makanan tetap bisa empuk dan senaak
Ludyah Annisah mengatakan…
Noted, Mba Fenny. Tipsnya bermanfaat banget buat newbie macem aku, sejujurnya hayati jarang masak pake panci presto. Apalagi kalau tiba-tiba dengar bunyinya, udah berasa parno duluan takut meledak wkwkwkw
Primasari AndiMirati mengatakan…
Bulan Ramadan ini banyak sekali bahan masakan yg harus dipresto dulu biar lebih enak makannya.. tips ini sangat bermanfaat Mbak, jadi dapur dan perkakasnya selalu bersih deh.. thanks Mbak..
www.faradiladputri.com mengatakan…
Hahaha akupun sampai sekarang belum pernah pakai panci presto wkwkwk. Deg deg ser tapi makasih mbak ilmu barunyaa