Langsung ke konten utama

Pahami Penyebab Bau Mulut



Pahami Penyebab Bau Mulut (Kesehatan) – Hai, hai jumpa lagi di sini dimana 20 hari lagi kita akan menjelang lebaran. Ciee sudah membicarakan hari raya aja nih. Puasa aja belum kelar, hahah. Psst, ketawanya jangan besar-besar, ada sesuatu yang mengganggu udara saat ini. Hmm, mungkin tercium tidak menyenangkan karena ada aroma yang kurang sedap. Apalagi saat puasa seperti ini yah, banyak yang membahas mengenai Penyebab Bau Mulut melalui artikel. Oleh karena itu, saya pun tergerak untuk mengulasnya.

apa penyebab bau mulut, mengapa orang bisa bau mulut, makanan penyebab bau mulut, bau mulut terkait penyakit


Penyebab Bau Mulut bisa dari berbagai hal. Soalnya saya pun pernah mengalaminya, tatkala memakan sambal petai pas waktu kuliah. Pas makan memang menggoyang lidah bisa nambah berkali-kali hihi. Namun efek setelahnya, wih, nggak hanya air seni saja yang beraroma, napas pun juga bergelora. Jadilah saya rajin sikat gigi dan kunyah permen, secara gitu mau ketemu dosen. Meski sih masih tetap juga dirasa hawa tersebut hihi.

[Baca Juga]: 



Pernah pula ketika bekerja di sebuah perusahaan swasta. Teman saya yang kebetulan pulang dari kunjungannya ke Medan membawa banyak durian. Nggak diterima yah berarti nolak rezeki kan, hahah. Pas diterima dan makan, yah jadi lupa diri. Padahal udah ngumpet-ngumpet makannya tetap saja layaknya pepatah, sepandai-pandai menutupi sesuatu pasti akan tercium juga aromanya. Akhirnya dari berbagai kejadian tersebut membuat saya jadi memahami Penyebab Bau Mulut, bahwa akan berkaitan dengan:
  1. Makanan, beberapa diantaranya adalah seperti banyak makan bawang, jengkol, petai, dan durian.
  2. Dilansir dari laman Hello Sehat, dimana Penyebab Bau Mulut bisa berkaitan dengan penyakit gusi, kanker, alergi, diabetes, liver, gagal ginjal, asam lambung kronis.
  3. Kebersihan area mulut yang kurang dijaga.

apa penyebab bau mulut, mengapa orang bisa bau mulut, makanan penyebab bau mulut, bau mulut terkait penyakit
ilustrasi dari pixabay


Dari tiga Penyebab Bau Mulut di atas, agar dapat segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab bau mulut ini tidak dapat dianggal sepele. Bukan hanya dapat mengganggu kenyamanan saat bersama keluarga, teman, maupun orang banyak, melainkan berkaitan pula dengan kondisi tubuh yang tak dapat dibiarkan begitu saja. Penanganan yang cepat harus dilakukan, karena sejatinya sedia payung sebelum hujan sangat diperlukan. Selalu #SemangatCiee jaga kebersihan ya.

Komentar

Vicky Cahyagi mengatakan…
Rajin sikat gigi & kumur2 kl pny basic gigi rusak, radang gusi, apalagi abses, maka bau mulut msh sj muncul. Pakai Betadine kumur pun ga mempan. Satu2nya cara ya scalling k dokter gigi. Bisa dikatakan masalah gigi & gusi jika dibiarkan akan merembet ke organ lain. Thx
Auda Zaschkya mengatakan…
Untuk mencegah ini, aku rajin sikat gigi dan menghilangkan segera si gigi nakal (dicabut) hehe.. jadi aman deh.
Yulinda mengatakan…
Berarti menjaga kesehatan mulut itu harus banget ya karena bau itu bukan dari makanan saja
Untaian Kata motivasi mengatakan…
Yang namanya bau mulut kita harus bisa mencegah dengan rajin menggosok gigi dan jangan makan yang berlebih makanan yang akan memicu bau mulut, dan bila ada keluhan tentang masalah gigi harus segera berkonsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya.
METAMORPHOSIS mengatakan…
memang deh kebersihan mulut dan gigi itu nomor satu!
sumiyati sapriasih mengatakan…
yups bener banget mau mulut sangat mengganggu berkomunikasi, ya sebaiknya periksa ke dokter, agar bau mulut hilang, terima kasih kakak informasinya, keren .....
Kesih Latief mengatakan…
Merawat kebersihan gigi dan mulut mmg sgt penting utk menghindari bau mulut. Tp kalau bau mulut sdh mengganggu dan cukup serius baik nya segera periksakan k dokter ..
sae mengatakan…
Bau mulut memang mengganggu ya.. Tp kalau saat berpuasa nanti di akhirat jadi wangi kasturi ya.. Heheh
Kartiks mengatakan…
Bau mulut tdk hanya jenis makaanan penyebabnya..tapi bisa jadi ada masalah di sistem pencernaan kita ataupun dalam organ tubuh kita.