Langsung ke konten utama

Resep Sayur Asem Nikmat


Resep Sayur Asem Nikmat (Kuliner) – Hai, hai, kamu pernah merasa nggak bahwa kalau sedang berpuasa inginnya masak sesuatu yang anti ribet dan tidak pakai lama. Sebab terkadang ketika puasa itu maunya santai. Hmm, itu sih pikiran saya, heheh. Soalnya kan ada orang yang masaknya ketika pagi hari, siang hari, maupun jelang bedug maghrib. 


Saya sendiri tipe yang terakhir. Gunanya agar makanan yang disantap ketika berbuka masih hangat dan segar. Maka dari itu saya mau membagikan sebuah rahasia masakan yaitu Resep Sayur Asem Nikmat. 




Resep Sayur Asem Nikmat ini, pada dasarnya sama kok dengan olahan sayur asam pada umumnya. Namun ada trik tersendiri ala saya, yaitu:

1.        Pastikan bahwa kamu tahu isian dari bahan sayur asem yaitu ada tangkil melinjo, daun melinjo, nangka, labu siam, pepaya, kacang panjang, dan asem.
2.        Kalau kamu berbelanja baik di pasar tradisional atau supermarket, biasanya bahan pembuat sayur asem sudah disiapkan lengkap per bungkus. Ada pula yang masih dalam keadaan terpisah. Nah kalau ternyata yang terpisah, kamu harus pastikan bahwa bahan-bahannya lengkap.
3.        Kalau ingin mencampurkan sayur asem dengan bahan lainnya, bisa dengan kacang tanah, daging, atau lainnya. Namun pastikan bahwa kamu mau memakannya, jadi kan nggak mubazir ya.
4.        Untuk bumbu sayur asem, saya pernah dengan mengiris halus bawang merah dan cabai, lalu bawang putih hanya digeprek saja. Bila sedang rajin (hihi, jangan diikutin hawa malas saya), tiga bumbu tadi saya haluskan dengan tambahan terasi.
5.        Bila kamu pernah mengalami hal seperti saya, yaitu kaget kok pas dicoba rasanya agak pahit. Nah, kemungkinan berasal dari nangka, atau pepaya-nya. Trik mengakalinya adalah nggak perlu panik. Tenang saja, bisa ditambahkan gula pasir. Kalau masih pahit juga, maka air rebusan sayur asemnya, kamu ganti dengan yang baru, sehingga rasa pahitnya tidak terlalu lagi.

sayuran di dalam sayur asem -- dok. fenni bungsu


Semoga lima Resep Sayur Asem ini bisa menambah pengetahuan kita. Bila kamu ternyata ada trik lainnya, boleh banget dong dibagikan melalui kolom komentar yah. Jadi saling berbagi dan nggak ada rahasia lagi di antara kita, ciee. Sampai jumpa di edisi berikutnya, #SemangatCiee.

Komentar

Okti Li mengatakan…
Setiap buat sayur asem saya gak pakai melinjo, nangka apalagi pepaya. Saya kalau buat sayur asam cukup bahan yang ada di tanam di halaman saja. Labu, terong, jagung, dan daun melinjo. Kalau ke pasar kadang pakai kacang panjang.
Mporatne mengatakan…
Kalau Mpo suka makan sayur asem pakai tetelan atau gajih. Sedapnya . Nasi bisa dua piring
Ratna Fa mengatakan…
Aku pun doyan sayur asam Mbae... sueger apalagi kalo selagi panas pake sambal tomat.. mak joosss
Nia K. Haryanto mengatakan…
Aku sukaaaa banget sayur asem. Ditambah kacang jadi lebih enak. Dimakan sama sambel, ikan asin, dan kerupuk, udah deh, borooooos nasi :D
Irra Octaviany mengatakan…
Sayur asemnya simple banget ya. Aku biasa bikin gak pke nangka. Gimana ya rasanya kalau pake? Next akuconain deh resepnya.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Sayur asem idola di rumah saya. Kalau bikin laris manis semua suka. Pakai sambel lagi..duh nikmatnya!!
Irena Faisal mengatakan…
ya udah kirim ke aku sih buat buka puasa hahahhaa
Aswinda Utari mengatakan…
Sy dulu sukaa mba bikin sayur asem begini. Eh, pas udah nikah malah jd hampir hak pernah bikin versi begini. Krn suami lidahnya banjar banget. Jd sukanya sayur asam banjar. Lebih simple resepnya. Cm pake kcg panjang, timun, sama tomat. Tp bumbunya bedaa hee.. N uniknya pake ikan juga dalemnya.. Hihi
Diah Agustina mengatakan…
Waah aku hari kedua puasa, berbuka pakai sayur asem mba, kalau saya dan keluarga membuat sayur asem tidak pernah menggunakan melinjo dan pepaya
Visya Al Biruni mengatakan…
AkuAbangetApengen yg Simple Simple meskipunmfhltimemes mom tp udh abis energi momong bocah, haha. Btw tangkil itu apa mbaFen?
Inka Amalia mengatakan…
Sayur kesukaan aku nih, masya Allah enak banget kalau udah makan ini tuh pengen nambah terus hihihi pake ikan asin kapas cabein atau digoreng garing aja enak
Ajenghimme mengatakan…
Mbak, tahu enggak sih. Aku dulu pernah sempat mau masak sayur asem, tapi lupa beli asemnyaaaa wakakakakaka.
April Hamsa mengatakan…
Kalau resep sayur asemku lbh gampang lg hihihi. Kalau di Sby kan gak pakai kemiri, bening gtu, cuma duo bawang, asem, isi sayurnya bisa kacang panjang, kangkung, kol, udah gtu aja :D
Shine Fikri mengatakan…
Segeeeer kalau buka puasa pake sayur asem ya. Dulu mah saya gagal mulu bikin sayur asem, haha
duniaeni.com mengatakan…
Hobby aku sekeluarga tuh kumpul makan nasi,ikan adin, sambel dan sayurnya sayur asam...dihirup panas-panad, mantul
Salah satu sayur kesukaanku nih, apalagi kalau makannya pakai ikan asin duh nikmat banget. Kalau makan sayur asem dibeberapa tempat makan tuh suka nemu yang manis dan ada juga yang pas dilidah. Apalagi buat sahur mantep nih pakai sayur asem.
Antung apriana mengatakan…
aku sampai hari ini masih belum sukses euy bikin sayur asam mau itu yang jawa atau banjar. padahal itu termasuk menu favoritku
Kesih Latief mengatakan…
Wuidih .. Sayur asem pake ikan asin sm sambel plus lalapan, bisa nambah makan nya kl saya. Kl aku biasa d rajang aja bumbu nya jarang d halusin, lebih praktis atau karna malas ya .. Hehehe ..
Elva Susanti mengatakan…
Pas banget nih mbak Fenni saya baru beli sayur asem nih, mau dibuat ntar sore. Kl saya alhamdulillah gak pernah pahit sih mbak, apa mungkin tergantung nangkanya ya