Empat Jajanan Saat Lebaran



Fenni Bungsu (TempatNMakanan) – Tanggal merah di awal bulan Juni. Sebagai warga negara Indonesia pasti tahu, bahwa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Dengan adanya 5 dasar negara kita, tentu akan membawa ketenangan dan persatuan bangsa. Sebab Indonesia adalah negara yang terkenal dengan penduduknya yang ramah, rukun dan damai, serta kulinernya yang nikmat. Apalagi sebentar lagi Hari Raya nih, bakalan banyak kuliner alias Jajanan Saat Lebaran yang menggugah selera.

jajanan saat lebaran, kuliner saat lebaran, cara membuat makanan untuk lebaran, menu favorit saat lebaran




Jajanan Saat Lebaran dapat saya katakan adalah kudapan yang muncul di momen lebaran. Terkenal dengan rasanya baik itu nikmat, gurih, manis, asin, pedas, dan sebagainya. Dibuat dengan rasa cinta dan berpengalaman guna menghasilkan hidangan yang tidak akan pernah dilupakan oleh mereka si pecinta makanan atau food lovers, seperti saya, hehe yang demen makan, meski naiknya berat badan belum juga signiifikan, haddeh curcol dah, wkwkwk.


Kuy lah kita balik lagi ke bahasan Jajanan Saat Lebaran. Beragam yang dihidangkan, tapi hanya empat yang menarik perhatan saya, dan kamu juga pasti setuju deh, hehe, yaitu:


jajanan saat lebaran, kuliner saat lebaran, cara membuat makanan untuk lebaran, menu favorit saat lebaran
sumber gambar: fennibungsu

Biskuit Lebaran

Belum benar masuk bulan puasa, biasanya kita akan disuguhkan oleh iklan sirup, sarung, dan biskuit lebaran. Jajanan Saat Lebaran ini menurut saya sangat enak, karena banyak varian rasa dan bentuknya yang gemes tapi tetep ingin dimakan juga, hihi.


jajanan saat lebaran, menu saat lebaran, cara membuat ketan srikaya, cara membuat lamang tapai, cara membuat manisan kolang kaling
sumber gambar : detik.com


Manisan Kolang-kaling

Nah ini salah satu Jajanan Saat Lebaran yang penuh warna. Soalnya biasanya manisan kolang-kaling diberi macam warna seperti merah, hijau, dan putih. Saya pernah dikasih tahu sama pembuat manisan ini, dimana bisa membuat warna itu nggak hanya lewat pewarna makanan saja, bisa juga melalui minuman yang berwarna, sehingga dapat rasa yang makin enak.

jajanan saat lebaran, menu saat lebaran, cara membuat ketan srikaya, cara membuat lamang tapai,
sumber gambar: resep koki


Lamang Tapai

Sebenarnya sih penganan ini nggak hanya saat Hari Raya saja adanya. Buat berbuka puasa pun pernah ada yang menjualnya. Lamang Tapai menjadi salah satu Jajanan Saat Lebaran yang menjadi andalan juga, terutama buat mereka yang menyukai lamang karena terbuat dari ketan.


 
jajanan saat lebaran, menu saat lebaran, cara membuat ketan srikaya, cara membuat lamang tapai,
sumber gambar: akun IG @dhilasina

Ketan Sarikaya

Jajanan Saat Lebaran ini juga terbuat dari ketan. Hanya saja bila lamang dibakar di dalam bambu, sedangkan untuk ketan di ketan sarikaya ini dibuat dengan cara di kukus. Penganan ini nikmat disajikan ketika sarikaya-nya dimasukkan ke dalam kulkas, sehingga menjadi dingin. Sedap disantap bersama keluarga.

Artikel Terkait

Komentar

  1. Lamang tapai rasanya kaya gimana mbak ? sepintas mirip lontong ya... tapi ada tapai nya ya ?

    BalasHapus
  2. Wah kebetulan banget..hari lebaran lalu saya dapat kiriman lamang tapai dari seorang kerabat. Ternyata rasanya enak juga ya..

    BalasHapus
  3. Ini jajanan khas Indonesia banget ya mbak. Hehehe. Aku belum pernah nyobain lamang tapai nih. Pengen ngerasain juga

    BalasHapus
  4. Wah hampir semuanya udah aku cobain nih kak, cuma Ketan Sarikaya aja yang belum hehe. Btw, rasanya gimana tuh kak Ketaan Sarikaya?

    BalasHapus
  5. Kayaknya beda daerah beda jajanan ya, kak. Aku asal Jogja tapi tinggal di Bandung, belum pernah makan lemang tapai dan ketan srikaya :)

    BalasHapus
  6. Kalau saya biasanya cari bakso hehehe. Tetapi, lebaran kali ini kami cari jajanan keripik aja buat suguhan tamu

    BalasHapus
  7. Lamang Tapai? Kok aku baru dengar ya nama itu?
    Kalau aku sih pas lebaran nggak pernah jajan, karena pasti dapat banyak makanan dari tetangga

    BalasHapus
  8. Kesukaanku itu ketan srikaya. Apalagi kombinasinya ketan dan srikayanya pakai daun suji. Jadi hijau dan wangi. Top deh...
    Tapi gula merah pun aku suka kok. Lemang Tapai aku blm pernah merasakan...

    BalasHapus
  9. Ah aku blm pernah mencicip Lemang Tapai dan Ketan Srikaya nih..jadi pengen deh ..

    BalasHapus
  10. Lamang Tapai...... duh aku rindu seketika. Aku pernah makan waktu ke Sumatera Barat.
    Kalau lebaran aku jarang banget jajan, karena selalu nebeng di rumah orang saat hari raya. Tapi kalau ada kesempatan mudik di Bondowoso kaya kemarin, aku paling senang jajan pentol bakar ahahaha. Kemarin sempat liat ada yang jual kolang kaling di alun-alun sampai ngantri. Tapi aku males meski penasaran.

    BalasHapus
  11. Satu ketinggalan mbak. Kaleng kongguan isi rengginang

    BalasHapus
  12. Mbak Fenni, saya belum pernah makan yang nomer 3 dan nomer 4. Mungkin dengernya aja baru sekarang. Soalnya tradisi keluarga saya nggak menghidangkan itu. :)

    BalasHapus
  13. kalo di tempatku selain kue lebaran, ibukku bikin lemper.. ada juga keluarga yang bawa tape ketan.. wah bebas banget deh makan2an berkalori tinggi habis lebaran haha...

    BalasHapus
  14. Ketan srikaya di Aceh di sebut raja meusisek.. raja yang bersisik. Betah kenapa gitu namanya

    BalasHapus
  15. Udah lama ga makan kolang-kaling. Cepat masuk perut, lama bingits proses bikinnya yak wkwkwkwkw. Kalau urang sunda nyebutnya ranginang bukan rangginang. Kadang bosan juga makan begituan karenan sehari2 sering. Paling biskuit aja deh buat ngunyah2 santai hihihi :)

    BalasHapus
  16. Haduh Lamang tapai
    Makanan favorit banget euy. Mauuuu
    Btw itu kolang kaling kelihatan segar banget. Apalagi disantap saat dingin, baru dari kulkas. Duh maknyus euy

    BalasHapus
  17. Daku jadi kangen lemang dan srikaya, lezatnya yaa..ngangeni, suka beli lemang di Benhil dulu terus ngga sabar makannya nunggu buka puasa hehe pas masih ngantor di Jakarta

    BalasHapus
  18. LAMANG TAPAI!!! Pls aku kangen :((
    Tapi kalau lebaran pas keliling ke rumah kieluarga yg aku sering incar itu kue kering kastangelnya >.< hahhahaha

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah udah bisa bikin manisan kolang-kaling hehe. Tahun lalu buat dan berhasil. Banyak teman² yang bertamu ke rumah pada suka. Duh senang rasanya.

    BalasHapus
  20. Manisan kolang Kaling di rumah saya masih ada lho. Hehehe. Warna hijau tapi. Biasanya ibu saya yang buat. Saya selalu simpan di kulkas biar seger. Jadi ya awet Sawal mau habis itu manisan masih banyak hehehe

    BalasHapus
  21. jadi penasaran sama Lamang tapai, aku browsing info makanannya, soalnya belu pernah coba dan baru denger kali ini ,, hhee trnyata makanan khas minangkabau ya

    BalasHapus
  22. Wah, paling suka lamang tapai niih.. Kolang kaling sering nemu juga kalau bertamu, tapi paling sering disentuh si lamang tapai, hihi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmušŸ™

Postingan populer dari blog ini

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Juara The Cuts Indonesia