7 Rahasia Tumpeng yang Wajib Kamu Ketahui



7 Rahasia Tumpeng yang Wajib Kamu Ketahui (Kuliner) – Nasi Tumpeng, merupakan kuliner khas Indonesia yang sudah sangat kita kenal. Saya pun mengenalnya ketika sering disajikan untuk selamatan (syukuran) peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) di lingkungan rumah. Begitupun juga waktu saya kerja di salah satu perbankan konvensional di Jakarta, nasi tumpeng menjadi hidangan istimewa dalam perayaan ulang tahun.


arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini


Kalau untuk proses pembuatannya yang sampai membentuk kerucut (bukan berukuran besar), pernah saya lihat waktu teman sekolah merayakan ulang tahunnya yang ke-17. Mamanya dan teman saya sibuk berdua membuat nasi berbentuk kerucut itu yang ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Berhasil sih, meski kurang rapi, hehe. Alhamdulillah makna dan rasa tumpengnya membuat kami yang memakannya saat itu tetap bahagia, apalagi dikelilingi lauk pauk di sekitarnya. 


arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini
Dok. Blog Fenni Bungsu 



Bukan itu saja, ketika saat ini menjadi blogger saya pun pernah mencicipi tumpeng yang berukuran mini yang dijadikan sebagai syukuran milad komunitas blogger yang saya ikuti untuk dinikmati saat santap siang.


Jadi dapat dikatakan, nasi tumpeng (pernah dengar sih orang-orang menyebutnya tumpengan) acap kali hadir dalam perayaan yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Bentuknya ada yang kecil, sedang (medium), maupun besar dengan di sekitar tumpeng terdapat ragam lauk pauk. Atas dasar itulah langsung saja saya akan membagikan 7 Rahasia Tumpeng yang Wajib Kamu Ketahui yang telah saya rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut:



arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini
sumber: aplikasi Quran Tajweed

Tentang Nama


Tumpeng adalah akronim dari yen metu kudu sing mempeng, yang berarti bila keluar harus dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut mengacu kepada Al Quran surat Al Israa ayat 80.



Filosofi Bentuk Kerucut


Bentuk yang makin mengerucut pada nasi tumpeng dimana semakin ke atas semakin baik sebagai tanda permohonan kepada , sedangkan pada nasi di bagian bawah merupakan lambang banyaknya manusia yang penuh dosa.

Dalam kepercayaan agama Hindu, bentuk tumpeng sebagai Gunung Mahameru yang merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewi. Falsafah ini terkait dengan kondisi geografis Indonesia, khususnya pulau Jawa yang dilingkupi gunung berapi.


arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini
sumber: Pixabay

Wadah Tumpeng


Nasi tumpeng disajikan di atas wadah yang berbentuk bundar terbuat dari anyaman bambu atau kerap disebut dengan tampah. Lalu di atas tampah tersebut dialasi dengan daun pisang, kemudian tumpeng.


Olahan Nasi


Nasi Tumpeng umumnya berwarna kuning atau nasi kuning. Namun dapat pula menggunakan nasi putih biasa maupun nasi uduk atau nasi gurih. Ini merupakan kebudayaan masyarakat Jawa yang tercantum pada Serat Centhini (sekitar abad 19 Masehi), dan disampaikan pula dalam kisah sastra Ramayana, Arjuna Wijaya, dan Kidung Hasra Wijaya sebagai hidangan untuk pesta. 

Nasi tumpeng yang berwarna kuning biasanya ditambakan pewarna makanan berwarna kuning, yang pewarnaannya dapat kita gunakan kunyit. Sebagai rempah alami tidak hanya sebagai pewarna makanan saja, kunyit bubuk sebagai bumbu masakan menjadikan hidangan memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang lezat. Kalau saya seringnya menemukan tumpeng yang berwarna kuning, baik dalam acara ulang tahun di tempat kerja, milad teman, maupun saat perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI di lingkungan rumah. Mungkin karena mudahnya menemukan kunyit sebagai bahan, maupun sekaligus bumbu masakan.





arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini
Tumpeng di acara 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Amerika Serikat


Lauk Pauk pada Tumpeng


Lauk pauk yang disajikan lengkap di dalam tampah. Tidak ada jenis lauk yang baku yang harus disertai di nasi tumpeng. Namun pada umumnya terdapat perkedel, abon, dan telur dadar. Pada intinya dianjurkan agar lauk pauk terdiri dari hewan darat, hewan laut, serta sayuran.


Acara Tumpengan 


Perayaan dengan nasi tumpeng dikhususkan untuk syukuran atau hajatan besar. Maka sering kita lihat dalam acara misalnya kenduri nasional, perayaan ulang tahun perusahaan maupun ulang tahun seseorang, serta perayaan ulang tahun Negara kita yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tujuannya adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa.  

arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini
Bapak Garrett Mc Donald (Atase Pertanian Perdagangan Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia), dan Bapak Kafi Kurnia (Pejuang Kuliner Indonesia)

arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini



Seperti halnya perayaan Peringatan 70 tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia – Amerika Serikat yang berlangsung di Kem Chicks, Pasific Palace, Minggu 14 Juli lalu dengan menggunakan Nasi Tumpeng pada prosesi acara tersebut. Lauk pauk yang berada di sekitar tumpeng cukup beragam seperti sambal goreng ati, udang goreng tepung, perkedel, tempe orek, telur dadar, kismis, dan acar sayur.


Diadakan di lokasi yang merupakan salah satu bisnis almarhum Bob Sadino ini, menghadirkan pula acara demo masak bersama salah satu jebolan Master Chef Indonesia Musim Kelima yaitu Chef Andy Hartono yang memberikan tips cara membuat steak:
  • Frying pan dipanaskan dulu tanpa apapun selama 15 menit. 
  • Gunakanlah minyak yang pembakarannya baik, seperti minyak biji anggur atau bisa pula dengan minyak kelapa.  
  • Pilih daging steak yang diluarnya crispy di dalamnya moist, yang bahannya ini bisa ditemukan di Kem Chicks, merupakan supermarket berkualitas dengan segmen menengah atas. 
  • Berikan garam lebih dulu, bukan lada, agar tidak  cepat gosong. 
  • Bolak balik daging steak selama 45 detik agar matang di segala sisi.


arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini
Demo masak bersama Chef Andy, Master Chef Indonesia Musim Kelima

arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini


Kem Chicks tidak hanya ada di Pasific Place saja, ada pula di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Maka kamu yang ingin membuat olahan dagian steak sebagaimana tips di atas, bisa mendapatkan bahan-bahan berkualitasnya di Kem Chicks.



Prosesi Potong Tumpeng 


Lanjut kembali pada saat pemotongan tumpeng, sering kali kita melihat bagian paling puncaknya dipotong lalu dibagikan kepada orang yang dihormati atau yang lebih tua di lokasi yang sama. Cara tersebut adalah salah, tidak sesuai dengan filosofi tumpeng, sebab terpengaruh oleh budaya barat yang ketika prosesi memotong kue ulang tahun dari bagian atasnya.

Cara yang tepat adalah bukan memotong bagian puncaknya (karena sudah dijelaskan pada poin kedua Filosofi Bentuk Kerucut), melainkan dengan mengeruknya atau mengambilnya dari bagian bawah. Dengan begitu pada bagian puncak lama kelamaan akan turun dan menjadi satu dengan bagian dasar tumpeng. Ini sama diartikan dengan manunggaling kawulo lan Gusti yang artinya adalah Sang Pencipta tempat kembali semua makhluk.


arti tumpeng, tumpeng makanan khas indonesia, cara membuat tumpeng mudah, cara mudah membuat tumpeng, cara mudah membuat tumpeng sederhana, Kem Chicks ada dimana, daftar perusahaan bob sadino, tumpeng mini



Nah, sebagai generasi milenial kita bisa menyemarakkan kembali tradisi Nasi Tumpeng untuk perayaan, hajatan, maupun kenduri tentunya dengan filosofinya yang tepat. Dengan begitu tradisi dan budaya khas nusantara ini akan selalu hidup di negeri ini bahkan semakin terkenal di dunia. Sebab bila bukan kita, siapa lagi kan?


Sumber materi: Femina, Kompas, Wikipedia, dan liputan saya pada tanggal 14 Juli.




Komentar

ibadahmimpi.com mengatakan…
wahh ngomongin nasi tumpeng saya jadi laper ya mbak. wkwkwk
Tapi susah banget nyarinya di Sumatera.
Wah biasanya kalau nasi tumpeng aku tinggal makan aja mba Fen. Aku suka nasinya terutama berteman dengan sambalnya hahaha. Nah, di tulisan ini aku baru tahu ternyata nasi tumpeng itu ada doa dan filosofinya juga 😍
Fauziah mengatakan…
Aku baru tau prosesi potong tumpeng itu sebenarnya di keruk dari bawah. Mengacu pada filosofi bahwa tuhan adalah tempat kembali semua makhluk. Oh iya bikin steak itu pake minyaknya khusus ya, yang paling gampang dicari paling minyak kelapa ya mba. Hehe
Nurul Sufitri mengatakan…
Biasanya tumpengan ini diadakan untuk menyambut acara2 yang resmi, suci, selamatan, dll yang sakral gitu ya. Sekarang ini acara arisan pun sering ada nasi tumpeng. Ada yang paket 10 orang, 15 dll. Oooh jadi semakin mengerucut itu tanda kita bersyukur kepada Allah SWT ya mbak? Agak susah mesti hati2 poting tumpengnya hehehe. Trus diberikan potongan pertama ke seseorang yang spesial biasanya.
Artha Amalia mengatakan…
waaah ternyata banyak makna yak. saya pahamnya bikin tumpeng tuh sebagai bentuk syukur. tiap tanggal lahir anak, saya buat tumpeng sendiri loh. daripada beli kan mehong, hihi
Eva mengatakan…
Ternyata mengambil potongan tumpeng pertama harus daribawah ya, filosofinya mbak...
Ria Andika mengatakan…
Kalo dikeluargaku tumpengan hampir tiap ultah mertua,dibanding makan kue ultah gitu mending makan tumpeng beserta lauk pauknya, nah aku jadi tau nih klo ternyata motong tumpeng yg benar bukan dari atasnya ya, selama ini kurang tepat nih
www.grandysofia.com mengatakan…
semakin kita gatau semakin harus banyak baca ya, kayak lagi baca blog nya mba Fenny nih. kalo ternyata tumpeng dengan banyaknya lauk d bagian bawah mengartikan kalo manusia penuh dosa, woow
adhealbian mengatakan…
Wah terimakasih banyak mba udah share ini, jadi tau makna tumpeng yg sebenarnya, hehe selama ini cuma team hore aja alias team yang nikmatin nasi tumpeng hehe ;)
adhealbian mengatakan…
wah terimakasih banyak mbak udah share ini, jadi tau makna yang sebenarnya tentang Nasi tumpeng. Selama ini jadi team hote aja alias team yang nikmatin nasi tumpeng hehe ;)
Keke Naima mengatakan…
Waktu foto acara ini beredar di FB, saya penasaran menunggu postingannya terutama tentang tumpeng. Akhir-akhir ini juga saya mulai sering membaca kalau tumpeng itu dikeruk bukan dipotong. Berarti di acara ini pun sama, ya. Tumpeng memang seharusnya dikeruk
Di Jogja masih sering dapat nasi berkat berupa tumpeng. Malah kalo tinggal di desa ada acara apa aja seringnya tumpengan
April Hamsa mengatakan…
Kalau filosofi tumpeng mengerucut ke atas gtu aku tau sih, tapi kalau soal potong tumpeng kok kyknya seringnya aku liatnya puncaknya duluan ya yang dikasiin. Jd yang bener sebenarnya dikeruk dulu bagian dasarnya gtu? Hehe bener2 gk pernah merhatiin, jd gtu ya maknanya :D
Irena Faisal mengatakan…
Yen Metu Kudu SIng Mempeng aku tau dari ibuku... dan lauk tumpeng favorite aku adalah: perkedel dengan telur balado plus ayam goreng kuning hehehe
Dee_Arif mengatakan…
Wah aku baru tahu klo ambilnya dari bawah.

Selama ini biasanya langsung di potong dari atasnya
Visya Al Biruni mengatakan…
Sesungguhnya Aku baru tau makna Dari Jaya tumoeng itu kayak gitu, Mba Fen. Maknanya juga filosofis banget. Aku suka tumpeng tapi jangan suruh aku memasaknya hah a
aku malah baru tau tentang tumpeng ini mbak Fen, aku soalnya paling demen bikin atau order tumpeng mini sekarang ini. Dan tumpeng suka jadi menu wajib disetiap acara gitu ya.
Dyah mengatakan…
Jadi kalau ambil nasi tumpeng yang betul dari bawah? Wah, baru tahu nih. Tapi kalau terus nanti bagian atasnya meleyot dan rubuh? Hmm... sejauh ini saya juga belum pernah lihat ada yang ambil nasi tumpeng dari bawah juga, sih.
lendyagasshi mengatakan…
Baru tau makna tumpeng...
MashaAllah~
Orang Jawa itu yaa...kaya akan falsafah.

Tika Samosir mengatakan…
Enak banget nih kelihatan nasi tumpengnya.
Baru tahu deh filosofi nasi tumpeng. Eh iya ini ulang tahun diplomatik Amerika dan Indonesia ya?
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Sebagai orang Jawa yang sudah mengenal tumpeng sejak kecil dulu, tapi jujur Saya tidak pernah mencari tahu makna tentang tumpeng. Membaca artikel ini Saya menjadi semakin paham.
Syaiful BS mengatakan…
Nasi Tumpeng? Uhh sekalian ambil perkedel, telur yang sudah disuir, tempe orek, eh banyak yaak wkwkkw..
Anggraeni Septi mengatakan…
Ya ampun ngomongin nasi tumpeng jadi laper mba Fen, dan aku gak tau ternyata ada filosofisnya mendalam seperti ini. Karena kalo aku biasanya langsung makan hap :)
Leyla Hana mengatakan…
Keren banget filosofi nasi tumpeng ya. Aku juga suka makannya, lauknya banyak dan komplit hehehe... Enak deh pokoknya.
Nunung Yuni Anggraeni mengatakan…
Waah baru tau kalau tumpwng berasal dari nek metu kudu sing mempeng. Ternyata nasi tumpeng banyak filosofinya ya Mbak. Termasuk kenapa bentuknya harus kerucut.Saya juga suka makan nasi tumpeng. Biasanya kalau ada yang ulang tahun sih bisa tumpengan.
admin/ hani mengatakan…
Menurut Mama-ku ada bermacam-macan tumpeng tergantung tujuaannya. Pernak-perniknya juga beda.
Ada juga tumpeng yang di dalam tumpeng ada isinya. Entahlah, aku cuma tahu enak aja sih semua tumpeng. Paling suka sih urapnya...
Karena aku tinggal di Bandung, aku lihat, tumpeng di sini agak beda. Nasinya enggak kuning merata, beda kayak tumpeng Jawa.
Enak juga kok...
Okti Li mengatakan…
Tumpeng sudah jadi tradisi turun temurun dalam negara kita. Tapi tidak banyak yg mwngwtaui filosofi arti dan nilai nilainya. Artikel ini sudah banyak memberikan pencerahan nih pada pembaca
Arni mengatakan…
Tumpeng itu sajian khas Indonesia banget
Dengan ragam lauk pauknya yang lengkap
Citarasanya jadi unik
Kalau ngerti filosofinya gini, rasanya menyantap tumpeng jadi makin sedap deh
Lina W. Sasmita mengatakan…
Jadi keingetan dulu sewaktu SMP saya dan teman sekelas mengikuti lomba tumpeng dan kami berhasil jadi juara 1, tumpengnya rapi dan lauknya juga lumayan sedap dipandang mata, padahal rasanya ancur hehe. Saya yakin jurinya nggak nyicip 😄
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Oalah jadi begitu toh filosofi nasi tumpeng. Make sense sih, karena memang Hindu lebih dulu ada di nusantara. Dalam kosmologi Hindu, Gunung Meru memang pusat kehidupan di mana dewa-dewi bersemayam. Mungkin ya, mungkin, karena memang Hindu lebih dulu ada, nasi tumpeng ini adalah budaya mereka, baru kemudian filosofinya disesuaikan dengan ajaran Islam. Mengingat Wali Songo memang menggunakan budaya yang sudah ada untuk memperkenalkan Islam.

Ternyata nasi tumpeng juga ada versi yang "lain", haha. Aku baru tau dari acara gereja. Lauk pauknya diganti dengan beberapa olahan daging babi :D
Darius Go Reinnamah mengatakan…
Wah, aku baru tahu nih dari artikel ini kepanjangan dari Tumpeng.

Mungkin kalau dipotong dari bawah, takutnya langsung rubuh kali ya gunungan nasinya, maka dipotong dari atas biar gampang. Tapi kalau dilihat dari filosfinya memang bagus sih dipotong dari bawah gitu.

Terima kasih ya sudah berbagi :)
Turis Cantik mengatakan…
Aku kdng bikin tumpeng mini pakai rice cooker biar lebih praktis hehhe. Tumpeng skrng banyak variannya, aku pernah beli tumpeng sushi.
diane mengatakan…
Indonesia emang keren ya...dari Tumpeng aja filosofinya udah banyak banget..Padahal ya cuma mkanan...heheh..Wajar kalo berbagai perayaan pake tumpeng ..
Sulung Siti Hanum mengatakan…
Aku baru tau filosofi tumpeng pas datang ke Hut diplomasi Indonesia-US ini. Ternyata dalem ya maknanya. Pantesan tumpeng biasa buat acara acara formal kayak gitu.
Okti Li mengatakan…
Waktu di Jember kami para blogger diberi kesempatan makan nasi tumpeng ramai ramai. Filosofinya dapat banget kalau tumpeng disajikan sebagai rasa syukur dan berbagi kebaikan
Keke Naima mengatakan…
Mampir lagi ke sini. Pengen nyicipin tumpengnya karena pas jam makan siang hehehe
Mechta mengatakan…
Tumpeng memang kuliner yang enak dan juga sarat perlambang ya mba.. Tumpeng nasi kuning, putih atau nasi gurih (uduk) saya sukaaa semuanya..haha..
Melestarikan budaya sendiri memang lbh baik. Apalagi skrg sudah mulai menjamur ya perayaan dgn tumpeng
www.grandysofia.com mengatakan…
Indonesia memang kaya akan segala hal, bahkan dalam hal tumpeng yg baru aku tau makna-makna mendalamnya nih kak Fen
Siti Nurjanah mengatakan…
70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika, udah lama juga ya..semoga tetap terjalin kerjasama yang baik. Makin berasa ke Nusantara nya dengan adanya nasi tumpeng yang memang banyak mengandung filosofi
April Hamsa mengatakan…
Terus terang aku lebih suka tumpeng nasi putih kak, trus ada sayurnya urap2 yang pedes gtu hehe.
Tapi kalau tumpengnya pakaki nasi kuning ya aku gak nolak sih haha :D
Arni mengatakan…
Filosofi tumpeng itu bagus banget ternyata
Memang orang tua kita dahulu setiap membuat sesuatu pasti ada maknanya ya
Ariefpokto mengatakan…
Ada beberapa hal baru Saya ketahui soal tumpeng ini. Ternyata sejarahnya jauh sampai ke Masa setat centhini yaa
Ariefpokto mengatakan…
Lalu aku jadi kepengen Tumpeng gara2 baca ini. Ulang Tahun masih lama
alia fathiyah mengatakan…
Masha Allah baru tahu filosofis nya, bermanfaat nih
Baru tahu saya mbak, filosofi nasi tumpeng ini. Nice artikel.
Diary Harumpuspita mengatakan…
Wuah, ternyata itu maknanya nasi tumpeng. Jadi pengen buat nasi tumpeng juga deh kalau mau buat acara syukuran nanti. Terima kasih informasinya Mbak.
tantiamelia.com mengatakan…
berarti kita semua salah mindset ya,
ngambil tumpeng dari atas semua, karena takut roboh, padahal itu filosofinya dalem banget
Nefertite mengatakan…
Wah selama ini hanya suka makan tumpeng , karena komplit, hehee.
Seneng sekali di sini bisa baca tentang filosofinya .
Makasih Denni.
Mugniar mengatakan…
Falsafah Jawa pada tumpeng ini kuat banget ya. Sampai di kota saya, banyak lho yang kalau ada acara, makannya nasi tumpeng, dimakan rame-rame. Beberapa kali acara komunitas blogger, kami makannya tumpeng. Seru dan rasanya lebih dekat ya,
Utie Adnu mengatakan…
Tumpengan masih dianggap untuk acara resmi ya mba walaupun sekarang sudah jauh berbeda bisa dipakai Juga bentuk rasa syukur aku baru Tau ini sejarah Nasi kerucut
Elisa mengatakan…
Bener banget, Mbak. Bahkan sekarang di tempat saya, banyak juga syukuran kecil yang bancakannya pakai Tumini alias tumpeng mini ^^
Maria G Soemitro mengatakan…

Jadi pingin steak deh 😋😋
Saya suka banget baca tulisan kuliner. Jadi tahu banyak tentang tumpeng
Terimakasih ya
Nurhilmiyah mengatakan…
Tumpeng, yen metu kudu sing mempeng, dasarnya Q.S Al Isra' ayat 80 ya Mba Fenni... menjadikan masyarakat teteup deket ama agama dan mencintai makanan tradisionalnya
Mia Yunita mengatakan…
Jadi kangen ama nasi tumpeng. Lauknya itu lo beragam. Paling demen dg kering tempe, sate telur puyuh, ayam goreng. Eemm... Yummy.
andyhardiyanti mengatakan…
Oalah..ternyata ada banyak cerita di balik sebuah tumpeng gini yaa. Saya pribadi, kalau acara ultah gitu, lebih suka tumpeng dibanding kue tart. Yaa karena lebih enak aja dimakan..kenyang gitu.
Rika Widiastuti Altair mengatakan…
Aku suka banget nasi tumpeng beserta hidangan pendampingnya. Dan selama ini tahunya tumpeng itu sekadar tradisi saja saat perayaan. Ternyata ada unsur doa dan makna filosofisnya.
Elva Susanti mengatakan…
Saya paling suka makan nasi tumpeng mbak Feni, kl di tempat saya (Bengkulu Selatan) kl spt perayaan.nikah pasti ada nasi tumpengnya.
rhehanluvly mengatakan…
Pernah denger tiap masakan tradisional punya filosofi. Tapi baru tau ternyata filosofi tumpeng bisa selengkap ini. Makasih infonya kak. Aku suka makan tumpeng terutama Yang pakai nasi kuning
kartika mengatakan…
lho, aku baru tahu kalau cara makannya ngambil dari bawah. selama ini di acara2 yang kuhadiri biasanya yang dipotong pertama puncaknya lho... ternyata salah ya, tidak sesuai filosofi
sari mengatakan…
kak, aku baru tahu kepanjangannya tumpeng. gak nyangka ternyata tumpeng ini sarat dengan filosofi ya, makanya memang sering dipakai untuk perayaan penting