Cek Tempat Makan Favoritmu, Ada di Aplikasi GermasPAS Belum?

Ayo, siapa yang suka makan di luar? Ambigu yah, haha.  Atau sudah unduh aplikasi GermasPAS belum? Ada kaitannya nih maksud makan di luar adalah tidak makan di rumah, melainkan makan di restoran atau warung makan. Sebab penting nih untuk diketahui bahwa pangan yang kamu konsumsi itu adalah pangan yang sehat dan aman baik dari tempatnya, bahan-bahannya, pengolahannya, dan orang yang mengolah bahan pangan tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya kejadian keracunan makanan.


aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


Data yang saya dapatkan dari Kementerian Kesehatan, bahwa kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan di tahun 2018 terdapat 122 kejadian. Meski tidak tinggi seperti di tahun 2017, tetapi kasus keracunan makanan ini tidak dapat dianggap remeh. Sebagai informasi KLB ini terjadi usai mengonsumsi pangan yang berdasarkan analisis epidemiologi pangan tersebut terbukti sebagai sumber keracunan makanan terhadap dua orang korban atau lebih yang menderita.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan membuat inovasi dengan meluncurkan aplikasi bernama Gerakan Masyarakat Sehat Pangan Aman Sehat atau GermasPAS. Peluncurannya telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan, Ibu Nila Djuwita F Moeloek saat Rakernas Kementerian Kesehatan bulan Februari 2019 lalu. Saat ini aplikasi GermasPAS baru dapat diunduh pada smartphone berbasis android (Play Store).


aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


Aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan, caranya:
  • Ketik "GermasPAS" di kolom pencarian di Play Store.
  • Pilih "GermasPAS" yang ada tulisan Kesling - Ditjen Kesmas. Klik.
  • Lalu pilih "instal"
  • Setelah aplikasi terpasang di ponsel, pastikan GPS pada ponselmu diaktifkan. Tujuannya untuk mengetahui lokasi mana saja (Tempat Pengolahan Pangan) yang sudah mendapatkan sertifikat Laik Higienis dari Kemenkes.
  • Kalau penasaran ingin mengetahui bahwa TPM tersebut benar-benar laik sehat, klik saja, nama TPM yang dituju, lalu lihat di bagian deskripsi nya.
aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,

aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


  • Jangan lupa untuk membuat akun di aplikasi GermasPAS karena kita pun dapat membagikan informasi bahwa TPM tersebut laik sehat dengan klik tombol berbagi melalui medsos (facebook atau twitter).
  • Kita pun dapat mencari TPM melalui kolom pencarian TPM  hingga radius 50 km.



Selain dapat berakibat pada keracunan makanan, pangan yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab terserang diare atau sakit perut, maka perubahan pada diri kita juga perlu dilakukan, yaitu:

Sebagai Konsumen yang Membeli Makanan Siap Makan

Sebagai konsumen yang membeli makanan siap makan kita dapat menggunakan aplikasi GermasPAS sebagai bahan acuan. Perlu juga untuk mempertimbangkan kebersihan lokasi tempat membeli makanan, dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan bersih sebelum makan.


aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


[Baca Juga] 




aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


Pelaku Usaha di Bidang Kuliner Maupun Minuman

Tempat Pengolahan Pangan atau TPP yang terdiri dari rumah makan/restoran, jasaboga, depot air minum isi ulang (DAMIU), sentra makanan jajanan, dan makanan jajanan setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan mengenai Pengolahan Pangan Sehat yaitu:
  1. Lokasi jauh dari sumber pencemaran, serta memiliki saluran pembuangan air limbah, tempat penampungan sampah, dan pastinya air bersih.
  2. Pengolah bahan pangan dalam kondisi sehat dan memeriksakan kesehatannya secara rutin, tidak merokok saat mengolah makanan, kuku tangan tidak panjang dan tidak menggunakan kutek, menggunakan pakaian kerja, dan menggunakan alat ketika mencoba makanan.
  3. Peralatan baik untuk mengolah maupun menyajikan makanan jajanan harus hygiene sanitasi. Maka perlu adanya menjaga alat tersebut dengan dicuci bersih dan memakai sabun usai digunakan, lalu dikeringkan dengan lap bersih atau alat pengering, kemudian disimpan di tempat bebas pencemaran. Bila ada peralatan yang hanya dapat digunakan sekali pakai, maka jangan digunakan kembali.
  4. Bahan pangan yang diolah harus dalam keadaan baik mutunya, segar dan tidak busuk. Untuk air yang digunakan haruslah memenuhi standar kesehatan. Serta bila bahan yang diolah dalam bentuk kemasan, maka telitilah bahwa olahan tersebut terdaftar di BPOM/SP-PIRT, tidak kadaluwarsa, dan tidak cacat/rusak.

aplikasi terbaru, aplikasi android terbaru, aplikasi untuk kesehatan, aplikasi terbaru untuk kesehatan, aplikasi dari kementerian kesehatan, aplikasi pemerintahan, aplikasi untuk hape android, kementerian kesehatan meluncurkan aplikasi,


Sertifikat Laik Higienis dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan untuk Tempat Pengolahan Pangan (TPP) yang sudah memenuhi persyaratan. Sertifikat ini ada masa berlakunya sehingga perlu diperbarui. Bila ternyata ada TPP tersebut belum ada sertifikat bisa ada kemungkinan yaitu: 

  • belum Laik Higienis, 
  • habis masa berlakunya dan belum diperbarui, 
  • juga belum mendaftarkan diri ke Kementerian Kesehatan.

Kamu yang hobi makan maupun gemar memasak di rumah juga perlu memerhatikan pengolahan bahan pangan yang baik dan tepat. Kurang lebihnya sama seperti poin-poin pada Pelaku Usaha di Bidang Kuliner Maupun Minuman. Dengan begitu makanan maupun minuman yang kita sajikan untuk orang tercinta dan yang kita konsumsi dalam keadaan higienis dan sehat. Atau bila ternyata kita pun sedang enggan memasak, pastikan bahwa aplikasi GermasPAS ini sudah terpasang di ponselmu, jadi kan mencari pangan yang sehat nggak bingung lagi dong, hehe




Artikel Terkait

Komentar

  1. Jadi inget sama mertuaku kalau urusan makanan strict banget soal kebersihan jadi dia gak mau makan sembarangan, apalagi jajan jajan yang gak jelas. Kadang kalau lagi pengen makan "sembarangan" aku dan suami sampai curi curi supaya gak ketahuan haha aku kasi tau mertuaku deh, dia pasti seneng ada aplikasi ini

    BalasHapus
  2. Bagus juga ada aplikasi seperti ini. Kalau pengawasan dilakukan dengan benar akan menyenangkan bagi konsumen karena merasa aman

    BalasHapus
  3. Memang kalau makan diluar atau beli makanan diluar itu gak tau bersih atau tidak, diolah dengan cara yang tepat atau tidak atau bahan-bahan yang dipakai punya kualitas baik atau tidak. Membantu sekalu ya aplikasi ini. Jadi bisa cek cek dulu sebelum membeli.

    BalasHapus
  4. Wah aplikasi baru lagi nih. Keren ya Kemenkes selalu inovatif dalam memberikan yang terbaik buat masyarakat Indonesia. Penasaran ingin download dan coba di Cianjur Selatan adakah yang sudah terdaftar? Sesekali mau makan di luar yang sehat. Makan tidak hanya di teras rumah saja gitu ya hehehe

    BalasHapus
  5. Aku demen banget makan di luar, bebas masak dan nggak mengotori dapur hahaha. Tapi pilih tempat makan yang halal dan hygiene pastinya

    BalasHapus
  6. Ini semua tempat makan ada didalam aplikasi ini ya mbak? Sampai kaki lima juga adakah? Kalau ada, ini terobosan yang bermanfaat sekali, karena kadang kalau mau makan diluar gitu suka cemas.

    BalasHapus
  7. Asiiik, aplikasinya solutif banget nih mba buat aku yang doyan makan di luar (ehh...). Tapi, serius deh, dengan adanya aplikasi ini kita jadi tahu nih tempat makan yg bukan 'asal' rekomendasi aja. Tapi secara kebersihan dan penyajiannya pun juga mesti diperhatikan ya mba. Suka banget!

    BalasHapus
  8. Aplikasinya informatif banget untuk cari tau tempat makan yang rekomendasi aman dan sehat, apalagi digunakan pas lagi traveling

    BalasHapus
  9. Aplikasi ini bergun klo lagi ke tempat baru ya.
    Klo ke warung makan langganan, pasti kita sdh tahu mana yg recomended mana yg tdk

    BalasHapus
  10. Wah, baru tahu nih dengan aplikasi GermasPAS ini. Bikin kita jadi mudah nyari pangan yang aman dan sehat ya. Nyoba install ah, kepengen tahu lebih jauh.

    BalasHapus
  11. Memilih tempat makanan yang higienis susah banget ya mbak. Tapi penting banget untuk mengetahui hal-hal kesehatan dalam pengolahan makanan di atas.

    BalasHapus
  12. wah ... baru tahu nih ... ada aplikasi GermasPAS dari kementerian kesehatan, kepoin yuk ... aplikasinya

    BalasHapus
  13. Jadi untuk yang punya usaha makanan, harus daftar dulu atau gimana, kak..?
    Penting banget niih...karena di daerahku banyak yang punya usaha kuliner.

    BalasHapus
  14. Bagus nih ada aplikasi kaya gini jadi buat mak2 yang jarang masak bisa cari tempat makan yang sehat dan terjamin mau bkin usaha makanan juga mudah

    BalasHapus
  15. alat makan sekali pakai jangan dipakai lagi. hihi kadang2 sebagai emak irit, suka pakai lagi soalnya saya masih bagus. salah kaprah yak

    BalasHapus
  16. saya suka rewel kalo makan di luar, apalagi pas bawa anak-anak, cari yang amannnn aja. ngebayangin itu masaknya pas nyuci bahannya pake air apa, terus bersih enggak dapurnya, bikin khawatirrr.

    BalasHapus
  17. naaah beruntung ada aplikasi ini, jadi tau tempat makan mana yang higenis ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun, sebagaimana kamu datang berkunjung ke rumah sahabatmušŸ™

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser