Antara PTFI dan PON Ke -20

Fenni Bungsu (Bisnis) --- Pekan Olahraga Nasional (PON) menjadi ajang bergengsi bagi tiap-tiap daerah yang tidak hanya mengasah potensi para atlet putera daerah saja melainkan sebagai bentuk promosi wilayah tersebut untuk semakin dikenal. Oleh karenanya persiapan pun harus dilakukan oleh si tuan rumah, baik dari segi sarana maupun prasarananya. Tak lupa pula dengan persiapan para atletnya, agar mampu menyapu bersih perolehan medali sehingga Papua keluar menjadi juara umum. Ya PON ke-20 tahun ini akan dilangsungkan di Kabupaten Mimika, Papua.

tentang Papua dan PON

Mengenal Papua Lebih Dekat

Pada kanal bisnis kali ini, saya mengajak kamu semua membicarakan mengenai salah satu pulau yang indah dimana terdapatnya Pegunungan Jayawijaya, yaitu Papua. Pulau terbesar di urutan nomor dua ini (penggabungan Indonesia dan Papua Nugini) berdasarkan data dari Wikipedia luasnya melebihi 800ribu km². Berada di garis lintang 9º20´ - 0º10´ LS, dan 134º10´ - 141º10´ BT. Pulau Papua berada di wilayah Indonesia bagian timur (beda waktu dengan WIB sekitar 2 jam) yang terdiri dari provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua.  

Kekayaan alamnya berlimpah. Dapat dikatakan provinsi yang sebelumnya bernama Irian Jaya ini memiliki potensi luar biasa yang dapat memajukan perekonomian masyarakat setempat. Siapa sih yang tidak mengenal Raja Ampat, Last Paradise on Earth sebagai surga menyelam yang telah mendunia. Lalu ada Taman Nasional Lorentz yang merupakan situs Warisan Dunia, terkenal dengan puncak Cartenz yang diselimuti salju.

keanekaragaman di Papua, PON Papua kapan
peta Papua - dok. wikipedia

Provinsi Papua memiliki 29 kabupaten. Khusus yang akan saya ulas di sini adalah Kabupaten Mimika, Papua. Dengan memiliki luas wilayah 19.592 km² yang terdiri dari 12 kecamatan, di sini pun berdiri perusahaan besar yaitu PT Freeport Indonesia. Telah berdiri semenjak tahun 1967, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan ini telah diakuisisi oleh PT Inalum Persero di akhir tahun 2018 lalu.

Antara PTFI dan PON Ke -20

PT Freeport Indonesia (PTFI) terus berbenah diri dan meningkatkan dukungannya agar sumbangsih bagi negeri khususnya untuk masyarakat Papua semakin dirasakan. Berkolaborasi dengan LPMAK (Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro), inilah salah satu bentuk dukungan PTFI dengan membangun Mimika Sport Complex pada tahun 2013 dan selesai di tahun 2016 lalu.

Kompleks olahraga ini memiliki luas 12,5 hektar yang terdiri dari stadion indoor (yang dapat menampung sekitar 5000 lebih penonton) dan outdoor (yang dapat menampung sekitar 3000 lebih penonton), asrama atlet, dan penunjang lainnya. Saat ini Mimika Sport Complex belum dibuka untuk umum, masih dalam tahap perawatan. Namun begitu telah digunakan oleh atlet untuk latihan. Semoga di momen pertama menjadi tuan rumah gelaran olahraga nasional ini, bisa mengantarkan Papua menjadi juara umum untuk pertama kalinya.


PON Papua dan Pertambangan
Mimika Sport Complex - sumber JawaPos

Sumbangsih PTFI pada Ragam Bidang kepada Papua

Selain hal di atas, program-program dari berbagai bidang yang didukung oleh PTFI pun cukup banyak, seperti berikut ini:

A. Kesehatan 

Gaya hidup sehat harus diterapkan, dengan berbagai pencegahan maupun usaha pengobatan. Oleh karenanya pembangunan fasilitas kesehatan di Papua pun dilakukan yaitu di wilayah dataran rendah berdiri Rumah Sakit Mitra Masyarakat, sedangkan di wilayah dataran tinggi berdiri Rumah Sakit Waa Banti. Selain itu ragam program kesehatan masyarakat tengah dijalankan misalnya praktik perilaku gaya hidup sehat, kebersihan sanitasi, edukasi pengendalian infeksi dan penyakit menular.
 
sumber: ptfi

B. Ekonomi

Dalam bidang ekonomi sangat diharapkan agar taraf hidup masyarakat lokal bisa meningkat. Dengan ekonomi berkelanjutan setidaknya ada 4 sektor yang ditingkatkan melalui pembangunan ekonomi berbasis desa sebagai berikut: 
  • Sektor Perikanan, dengan cara edukasi dan dukungan pada transportasi dan sumber daya manusia. 
  • Sektor Peternakan, dengan cara keterampilan masyarakat setempat ditingkatkan. 
  • Sektor Pertanian, dimana dalam upaya ketahanan pangan dan budidaya tanaman edukasi pun disampaikan kepada masyarakat. 
  • Sektor UMKM, melalui pembinaan dan pendampingan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

 
sumber: lipsus.kontan.co.id

C. Pembangunan Infrastruktur 

Infrastruktur memiliki peranan penting karena sebagai jembatan dan penyangga dalam percepatan proses pembangunan. Maka dari itu sarana dan prasarana semakin ditingkatkan seperti di wilayah dataran rendah dan dataran tinggi.
 
dok. ptfi

D. Kebudayaan

Kebudayaan lokal menjadi modal utama unyil memasarkan wisata setempat ke dalam maupun luar negeri. Sebab tiap-tiap kebudayaan lokal memiliki ciri khas masing-masing. Oleh karena itu PTFI pun mendukung kebudayaan masyarakat lokal dengan cara promosi baik ke dalam maupun ke luar.
 
alat musik tifa, dok: wikipedia


Dengan kontribusi Freeport untuk masyarakat memang harus dirasakan oleh masyarakat daerah itu sendiri, agar peningkatan ekonomi dan keberlangsungan hidup dapat terjaga. Terlebih lagi dukungan yang diluncurkan pun dapat menjadi harapan untuk Papua lebih baikMelalui dukungan dari PTFI ini semoga pentas olahraga tanah air yang ke-20 mendatang dapat berlangsung secara sportif dan memberikan hasil yang membanggakan untuk tuan rumah, aamiin.

Komentar

nurul rahma mengatakan…
Huwoo, ternyata BANYAK BANGET sumbangsih dan kontribusi Freeport untuk Indonesia, especially buat Papua ya.
Bravo, Freeport! Semoga PON XX berlangsung dgn membahana!
ginanelwan mengatakan…
Sayangnya cabor boling tidak diikutkan masuk pada pon XX di papua. Adik saya atlit boling soalnya hehe
Utie Adnu mengatakan…
Mudah2an setelah PON ke 20 ini semakin Kita mncintai Papua bnyak sekali dari kekayaan alam hasil Bumi kebudayaan yg membuat Kita bngga memiliki Papua jgn smp jatuh k tangan asing lg ya.. sukses utk PON nantinya
Lasmicika mengatakan…
Kontribusi freeport untuk Papua makin nyata. Semoga makin banyak mendatangkan manfaat bagi masyarakat Papua dan Indonesia.
Leha Barqa mengatakan…

Semoga PON ke 20 di Papua berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Terimakasih Freeport atas sumbangsih dan kontribusi untuk saudara-saudara kami diPapua.
Maria G Soemitro mengatakan…
Hebat banget kemajuan Papua ya
Semoga, ditambah terselenggaranya PON, perekonomian Papua meningkat
Kesejahteraan penduduknya juga
Okti Li mengatakan…
Kalau pekan olahraga akan diselenggarakan pasti pembangunan dalam berbagai bidang akan digenjot semaksimal mungkin. Semoga bukan hanya di Timika saja, tapi merata di semua tanah Papua khususnya, umumnya NKRI ini
Hanila PendarBintang mengatakan…
Papua sebenarnya destinasi wisata yang wajib kunjung lho, cuma terkendala tiketnya mahal. ..
Seneng rasanya Freeport terus berbenah dan mmeberikan kontribusi banyak.
Akarui Cha mengatakan…
Ah iya, baru teringat kalau PON selanjutnya akan digelar di Mimika. Ternyata banyak sumbangsih positif dari Freeport untuk Papua ya.
Hidayah Sulistyowati mengatakan…
Aku baru tahu kalo PON ke 20 akan diadakan di Papua, semoga lancar dan sukses. Keren ya PT Freeport Indonesia juga memberikan sumbangsih untuk negeri ini, semoga jaya selalu
andyhardiyanti mengatakan…
Ternyata PON selanjutnya bakal digelar di Papua toh..wah penasaran nih gimana keseruannya nanti.
Alaika Abdullah mengatakan…
Ku belum sampai ke pulau indah yang satu ini, Mba. Pengen banget padahal. Ingin sekali melihat burung Cendrawasih langsung dari asalnya.

Dan bicara tentang Freeport, dulu pernah masuk dalam list tempat bekerja impianku, tapi ga kesampaian, hihi.

Semoga sumbangsihnya bagi Papua semakin membuat pulau ini bersinar, ya.

Dan dengan terpilihnya Papua sbg tempat pelaksanaan PON nanti, akan semakin membuka peluang bagi Papua untuk kian berkibar. 🙏
E. Aprilia R. mengatakan…
Wah, alhamdulillah ya, sumbangsing PT. Freeport semakin banyak dan nyata untuk Papua. Semoga dengan itu, Papua akan semakin maju dan tidak tertinggal.