Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil

Fenni Bungsu (Bisnis) -  Jaman Now atau yang lebih nge-trend disebut dengan era digitalisasi sedang menggaung hebat di nusantara. Ragam bidang mulai berbenah diri untuk menyambut era tersebut agar tidak tertinggal. Begitupun dengan ranah industri yang kini sudah memasuki pangsa pasar industri 4.0, apakah itu?

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, Repcil


Industri 4.0 dari Wikipedia dapat disimpulkan sebagai pabrik cerdas atau mudahnya adalah pabrik yang memanfaatkan IoT (Internet of Things). Industri ini digunakan oleh salah satu perusahaan besar yang terkenal dengan taglinenya "Satu lagi dari Mayora", yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, Repcil
Gedung Kementrian Perindustrian dari kejauhan - Dok. Fenni Bungsu


Instansi pemerintah yang dipimpin oleh Bapak Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian ini, memiliki visi dan misi sesuai dengan Undang-undang No.3 tahun 2014 tentang Perindustrian. Salah satu misinya adalah meningkatkan peran industri nasional sebagai pilar dan penggerak perekonomian nasional. Oleh karena itu, adanya dukungan pemerintah terhadap industri nasional seperti PT Mayora Indah Divisi Wafer bisa mengedepankan produk dalam negeri sebagai tuan di rumahnya sendiri.

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, Repcil
Gedung PT Mayora Indah Tbk. Divisi Wafer - Dok. Fenni Bungsu 


Alhamdulillah, saya yang tergabung dengan Komunitas Emak-emak Bloger (KEB) berkesempatan untuk menghadiri Tour Factory ke PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, KEB, beserta Reporter Cilik, pada hari Kamis 9 Agustus 2018 lalu. KEB sendiri adalah komunitas bloger yang terdiri dari emak-emak maupun para wanita lajang calon emak-emak yang dikomandoi oleh Mira Sahid selaku founder. Sedangkan Repcil merupakan anak-anak berprestasi dari beberapa sekolah dasar yang direkrut oleh Media Indonesia guna mengikuti kegiatan jurnalistik. 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Para reporter cilik - Dok. Mbak Yuli Blogger (KEB)


Tour Factory yang merupakan kesempatan langka buat saya pribadi, ternyata banyak pengajaran yang didapatkan, misalnya seperti : 

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung 
Maksudnya adalah saat kita berkunjung ke suatu tempat, maka hendaklah mengikuti aturan tempat tersebut. Inilah yang harus kami patuhi dengan menggunakan pakaian lab, topi, dan masker. Tidak ada benda logam yang menempel di tubuh termasuk bros jilbab. 

Bersih itu Sehat
Untuk melanjutkan perjalanan tour, kami mencuci tangan dengan sabun lalu mengeringkannya. Dari situ kami jadi diingatkan kembali agar menjaga kebersihan, sehingga steril dari kuman dan bakteri.

Segala Sesuatu itu Ada Aturannya
Alur proses dari pembuatan wafer, pemberian rasa pada wafer, pengeringan, lalu dikemas, kemudian siap untuk didistribusikan, merupakan rangkaian alur yang harus diikuti. Tidak bisa dengan cara acak. Sebab bila tertinggal atau dihilangkan, tentunya tidak memberikan hasil yang maksimal. 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Produk minuman dari Mayora - Dok. Fenni Bungsu


Sudah simak perjalanan saya kan. Ngomong-ngomong apa saja sih yang kamu ketahui tentang Mayora selain tagline-nya? Kalau jawabannya adalah Kopiko, Better, Choki-coki, Energen, atau Torabika, itu nggak salah kok. Tapi sebagai pengetahuan nih, PT Mayora itu ada enam divisi yaitu Biskuit, Kembang gula, Coklat, Kopi, dan Makanan kesehatan. Sedangkan yang saya kunjungi adalah Divisi Wafer yang memproduksi seperti Beng Beng, Astor, dan lain-lain.

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Produk - produk makanan Mayora - Dok. Fenni Bungsu


Secara keseluruhan PT Mayora Indah berdiri sejak tahun 1977, dengan produk yang pertama kali diproduksi adalah Roma, yaitu Roti Marie. Sedangkan untuk Divisi Wafer di tahun 1982. 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Cal Cheese, salah satu produk yang diekspor oleh PT Mayora Indah - capture by laman Youbelidotcom


Saat ini per bulan Agustus 2018, jumlah karyawan di Divisi Wafer berjumlah 2624. Pangsa pasarnya nggak hanya untuk seluruh Indonesia aja loh, tapi sudah merambah ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, dan lain-lain. Contohnya seperti Cal Cheese yang kita nggak pernah engeh lihat, hehe. Kalau di Indonesia namanya Zuperr Keju. 

Zuperrr Keju, produk dari PT Mayora Indah - capture by laman mayoradotcom


Kelebihan Mayora dari yang lain yaitu tetap menjaga kualitas. Tidak ingin mengompromikan mutu produk. Oleh karena itu dengan tidak produksi di luar dari makanan dan minuman, perusahaan yang memiliki 22 pabrik di Indonesia ini wajar menjadi nomor 1 di Indonesia. Sebab berkomitmen untuk spesialisasi makanan dan minuman. 

Bersama para bloger KEB - dok. Mbak Fika



Dari keseruan rangkaian di satu hari itu, menyadarkan kita untuk mencintai produk negeri sendiri. Sebab itu merupakan suatu cara guna membangun perekonomian bangsa menjadi lebih baik. Bila bukan kita sendiri yang mendukung, haruskah menunggu ada klaim dari bangsa lain dulu baru kita menyadarinya? Jadi, yuk dari sekarang kita majukan Industri Makanan Dalam Negeri.

Komentar

  1. Wah divisi wafer tu kyk beng2 ya? Aku suka tu beng2, anak2ku jg sangat suka beng2, tiap emaknya abis event oleh2nya ya beng2 haha, mampir indomaret dulu wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Berarti itu buah tangan rutin yah mbak

      Hapus
    2. Hehehe iyaaaa.... biar anak2 gak ngambek ditinggal emaknya terus :D

      Hapus
  2. Ternyata Tora bika juga produk Mayora. Kirain Mayora hanya memproduksi wafer :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak hanya wafer aja mbak, minuman, permen, dan makanan kesehatan juga diproduksi mayora

      Hapus
  3. wah , asyiknya ya bisa ke sana bisa lihat sendiri prosesnya dan jd yakin dengan produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mama Tira, melihat langsung proses pembuatannya yang higienis dan terjaga mutunya

      Hapus
  4. Senangnya bisa berkunjung kesana,,btw itu Better produk Mayora kesukaan aku banget lho dari kecil.

    BalasHapus
  5. wah saya paling suka kalau acara factori visit gini..menarik..
    bawa banyak slai olay dong mbak?hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. SlaiOlay nya ada, tapi yang paling banyak bawa pulang beng beng mbak, hahaha

      Hapus
  6. asyik banget bisa jalan2 ke Mayora
    aku dari kecil suka banget tuh biskuit better heheh favoriteku
    banyak yg favorite deh pokoknya ya produksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya, baca komentar pengunjung yang ternyata pada suka dengan Industri Makanan Dalam Negeri

      Hapus
  7. Asyik bangat sih Mba Fenni bisa main ke PT Mayora Indah Divisi Wafer jadi punya wawasan baru tentang produk-produk dari Mayora ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Awan, dengan begitu semakin mencintai dan mendukung Industri Makanan Dalam Negeri

      Hapus
  8. Widiih mantab.. ada Repcil reporter cilik. Artinya anak-anak ini nanti membuat berita di blog, atau melaporkan di vlog gitu kali ya?

    BalasHapus
  9. Mayora ini emang banyak banget produknya dan semua produknya ini jadi idola hehe, favorite aku Beng Beng hehehe

    BalasHapus
  10. Semua produk mayora memang kualitasnya bagus apalagi kebersihannya lebih terjamin ya Mba. Belanja banyak dong mba kemaren ya.

    BalasHapus
  11. Aktifitas yang sangat keren Mimin Bungsu. Sangat inspiratif. Ini memotivasi new blogger beginner untuk lebih up to date dalam mengembangkan konsep penulisan. Gaya bahasa. Materi Penulisan dan kegiatan yang membuat Blogger Happy. Thanks for sharing Dear.. keep it up.

    BalasHapus
  12. Waah pasti seru banget mbak bisa jalan2 ke pabriknya langsung. Sayang belum bisa ikutan, hiks.
    Mayora banyak ya mbak produksinya dan beranekaragam

    BalasHapus
  13. Satu lagi dari Mayora... duh jadi inget iklan jaman dulu. Tapi aku masih suka beli cemilan dari Mayora karena enaaaakkkk

    BalasHapus
  14. Produk Mayora tuh jajanan favorit anak-anak bangetlah, tiap ke warung pasti terpajang produk mayora, harganya terjangkau rasanya enak

    BalasHapus
  15. Dapet kesempatan berkunjung ke PT Mayora yang emang produknya sering kita nikmati sehari-hari, bener-bener kesempatan yang baik ya mba, jadi kita bisa tau proses pembuatannya dan ketelitian dalam pembuatannya. Jadi makin kagum dan yakin... Kalo produk dari PT Mayora emang higienis dan kualitasnya baik

    BalasHapus
  16. Lah, jajanan kesukaan sy semua nongol di sini... Wkwkwk... Ini nih salah satu alasan yg bikin sy mau nyobain taruh saham di Mayora.

    BalasHapus
  17. wah seru tuh mbak bisa berkunjung kesana. reporter ciliknya pasti senang semua. Suka sama jajanannya Mayora deh

    BalasHapus
  18. Pati anak anak seneng bisa melihat produksi makanan yang sering ditemui dipasaran. tentu juga jadi lahan pembelajaran yang bagus tentang proses produksi yang super canggih. Mayora berani nunjukin ke anak anak bahwa tak ada yang dirahasiakan dari produknya hehehe

    BalasHapus
  19. Kalo kunjungan ke perusahaan jadi inget waktu bocah dah. Tapi ternyata orang dewasa juga tetep ngelakuin. Hehe. Btw produknya mayora emang gak asing banget di kehidupan sehari2.

    BalasHapus
  20. Saya penyuka wafer mba. Apalagi rasa coklat. Buat me time malem-malem emak2 hahaha. Saya baru tahu ternyata karyawannnya banyak banget ya. Dan keren udah mu smpe k luar negeri pemasarannya

    BalasHapus
  21. Lumayan suka dengan better. Seru banget ya bisa jalan-jalan Ke Mayora.

    BalasHapus
  22. ini niiii yang bikin aku ngiler sama temen2 blogger di daerah jkt evennya keren2 bangett

    BalasHapus
  23. Halo mba Fenni. Senangnya bisa mampir melihat langsung pabrik yang memproduksi snack enak seperti PT Mayora ya mba. Aku soalnya penggemar produk Mayora. Apalagi beng beng

    BalasHapus
  24. Produk Indonesia gak kalah ya sama produk luar, enak pula

    BalasHapus
  25. Seru banget ya, seneng deh sama perusahaan2 yang open public terutama untuk anak2 apalagi ibu2, sehingga mereka tahu proses pembuatan makanan yang biasa dikonsumsi.

    BalasHapus
  26. Mayora ni inovasi produknya banyak dan keren ya. Urusan jajanan bisa tinggal pilih. Dan hampir semuanya kesukaan saya.

    BalasHapus
  27. Cara paling mudah untuk mendukung berkembangnya sektor industri kita adalah dengan membeli produk negeri sendiri ya

    BalasHapus
  28. Seru banget bisa berkeliling di kantor PT. Mayora, bisa liat langsung proses kerjanya. Ajak-ajak dong kakak bungsu kalo ada acara kaya gini :D

    BalasHapus
  29. Kalau aku berkunjung ke divisi biskuit pabrik Mayora. Seneng banget bisa lihat produksi langsung disana. Ternyata beda pabrik sama Beng-Beng.

    BalasHapus
  30. Aku pas gak bisa ikutan ke pabriknya nih karena sikon bumil, padahal pengen..biskuit legendaris lokal mayora itu

    BalasHapus
  31. Wah aku baru tau ternyata banyak banget produk dibawah naungan mayora. Selama ini taunya wafer sama energen saja. Senang banget bisa melihat langsung.

    BalasHapus
  32. Wah ternyata ada 6 divisi ya di Mayora. Tahunya Mayora tuh cuma produksi biskuit2 aja..

    BalasHapus
  33. Mayora salah satu produsen yg snacknya kusuka..sayang kemarin ga kebagian undangannya. Pdhal seru ya bisa meninjau langsung pabriknya.

    BalasHapus
  34. Ak suka banget liat alat2 pabrik bekerja. Apalagi klo makanan. Sering liat di acara laptop si unyil.

    BalasHapus
  35. Ah Nayora! Aku pelanggan setia banget sih ini mah... secara doyan banget ngemeal. Well emang kita sebaiknya pakai produk lokal termasuj mayora ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juara The Mask Singer Indonesia Season 2

Cegah Penyakit, Sehat Dengan Imunisasi

The Mask Singer Indonesia Season 2, 18 April 2018

Belajar Singkat Digital Marketing Plus Demo Kecantikan bareng ISB

Hidup Asik Tanpa Toxic bareng Natsbee Honey Lemon