Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya

kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, mengapa harus berolahraga saat puasa, Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya,


Adakalanya muncul rasa malas untuk berolahraga saat berpuasa. Maka dengan 5 Tips Olahraga Saat Puasa ini semoga membangkitkan rasa SemangatCiee kita untuk tetap jaga kebugaran tubuh. Sebab berpuasa jangan dijadikan sebagai halangan untuk berolahraga. Kita tetap dapat melakukannya dengan trik yang mudah untuk diterapkan, yaitu: 


Persiapan Tiga Atau Dua Bulan Sebelumnya 

Mengapa harus disiapkan tiga atau dua bulan sebelumnya sih? Kan ada pemanasan pas hari H-nya! 

Persiapan tiga atau dua bulan sebelumnya ini dilakukan agar tubuh kita terbiasa berolahraga. Adaptasi ringan. Jadi tidak tiba-tiba melakukannya, karena tubuh saat berpuasa dan yang tidak tentu kondisinya berbeda. 


Ketika sedang tidak berpuasa saja, bila kitanya tiba-tiba berolahraga padahal sebelumnya tidak, biasanya badan akan sakit-sakit, pegal di sana  di sini (ehehe). Dengan melakukan persiapan tiga atau dua bulan sebelumnya bisa membantu tubuh juga agar tidak kaget. Jadi bisa menyesuaikan diri lebih dulu.




kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, mengapa harus berolahraga saat puasa, Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya,


Rutinkan 10-20 menit setiap hari 

Nah kalau bagian pemanasan dilakukan saat hari H-nya ya. Ini memang sebisa mungkin jangan sampai dilewatkan, agar bagian tubuh tidak cedera. Saat pemanasan juga jangan terlalu bersemangat, nanti ketika masuk ke bagian inti olahraga yang ada malah sudah letih duluan, hehe. Selain itu rutinkan minimal 10 hingga 20 menit setiap hari. Waktu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah sebelum sahur, setelah berbuka atau setelah solat Isya. Di waktu ini kondisi tubuh sedang berenergi karena mendapat asupan makanan dan minuman. 



Pilih Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh setiap orang memang berbeda, oleh karenanya perlu memilih jenis olahraga dan mengatur jadwal olahraga yang ingin kamu terapkan. Jenis olahraga yang aman untuk dilakukan saat berpuasa misalnya adalah jalan santai, bersepeda, bowling, jogging, naik-turun tangga, sit up/push up, Tai chi, dan yoga. Bila kamu ingin treadmill, maka pilihlah yang intensitasnya rendah. 



kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, mengapa harus berolahraga saat puasa, Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya,


Cukupi Asupan Air Putih dan Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi dan asupan air putih yang cukup dapat memberikan kesegaran bagi tubuh serta menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan. Dengan begitu, kamu dapat tenang berpuasa sambil melakukan olahraga ringan, tanpa khawatir dehidrasi. 



Kuatkan Tekad dalam diri 

Tekad dalam diri juga perlu dikuatkan ya, sehingga tidak bolong-bolong jadwal olahraganya. Artinya, jangan selama tiga hari beruntun SemangatCiee banget olahraganya, tapi pada hari keempat mulai deh malasnya keluar. Cukup kaus kaki saja yang bolong jangan cintamu eh, (hehe). Dengan tekad yang kuat juga, kamu bisa berolahraga tanpa mengganggu rutinitas, maupun jadwal kamu beribadah. Selamat mencoba mantemans. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. iyahh nih mbaa rasa malas yang saya rasakan di bulan puasa ini pengennya tuhh rebahan dan rebahan terus..hehhe

    bagus nih artikelnya nanti di coba deh semoga pada sehat semuanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser