3 Kegiatan Favorit Bersama Keluarga Saat Ramadhan

kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, apa kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, terangkan kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, jelasnkan kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan,


Tiga kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan mungkin kamu melakukannya juga di rumah. Sebab bisa dikatakan hanya pada satu bulan penuh berkah, bulan Ramadhan saja, kita dapat melakukan hal tersebut. Sedangkan pada 11 bulan lainnya, tidak bisa, entah karena kesibukan yang melanda, serta karena memang bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial. 


Dikatakan spesial, karena terdapat peristiwa luar biasa yang terjadi, beberapa diantaranya adalah: 


Peritiwa Nuzulul Quran

Turunnya Al-Quran secara berangsur-angsur melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW selama 22 tahun 2 bulan 22 hari (periode mekkah selama 12 tahun, dan periode madinah selama 10 tahun).  

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang batil," QS Al Baqarah ayat 185.


"Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran pada malam Qadr (lailatul qadr)" QS: Al-Qadar ayat 1

kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, apa kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, terangkan kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, jelasnkan kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan,


Malam yang Lebih Mulia dari 1000 Bulan 

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Kita menunggu datangnya malam yang juga terdapatnya peristiwa Nuzulul Quran, sehingga dapat dikatakan ini memang malam yang spesial. Maka dari itu kita dapat menghidupkan malam tersebut, salah satunya adalah dengan melaksanakan solat, sebagaimana HR Bukhari (4/217) dan Muslim (759),

Barang siapa berdiri (solat) pada malam Lailatul Qadr dengan penuh keimanan dan mengharap pahala maka diampuni dosanya yang telah lalu.



Keistimewaan bulan Ramadhan tersebutlah yang membuat kita semangat untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, serta menciptakan kebersamaan yang dapat kamu lakukan dengan tiga kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan seperti:


Santap Sahur dan Menyiapkan Hidangan Berbuka Bersama  

Ini memang momen yang bisa dikatakan datangnya hanya 30 hari dalam setahun. Bisa jadi juga tidak genap 30 hari ya, mungkin saja sedang berhalangan karena harus ikut acara buka atau sahur bersama di luar, atau lainnya. Oleh karenanya dapat menjadi kegiatan favorit kamu bersama keluarga saat Ramadhan dengan menyiapkan hidangan berbuka dan sahur, sembari bisa diselingi makanan favorit yang disukai. 


kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, apa kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, terangkan kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan, jelasnkan kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan,


Saling Ingat Mengingatkan dan Beri Pemahaman

Untuk yang memiliki anak kecil baik itu anak sendiri maupun keponakan, di sini menjadi momen yang spesial nih untuk mengedukasi dalam saling ingat mengingatkan tentang kebaikan, misalnya ketika melihat si kecil tak sabaran menunggu waktu berbuka, dapat diingatkan dan beri pemahaman, kenapa kamu tidak dapat bersabar, kakek yang lebih tua dari kamu kuat untuk bersabar menunggu waktu berbuka. Kita yang lebih muda harus lebih kuat, kan?



Kejar-mengejar Khatam Al Quran 

Mungkin di luar bulan Ramadhan, kegiatan khatam Al-Quran susah untuk dilakukan.  Nah dengan bersama-sama anggota keluarga, kamu bisa saling kejar mengejar untuk mengkhatamkan Al Quran. Misalnya saja dengan bertanya antar anggota keluarga, sudah sampai juz berapa. 


[Baca Juga]: 


Eh iya, sudah pada juz berapa nih manteman? Atau mungkin sudah ada yang khatam lebih dari sekali, yuk bisa cerita di kolom komentar. Semoga tiga kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadhan ini dapat menjadi rekomendasi bermanfaat buat kamu.

Artikel Terkait

Komentar

  1. Kejar-kejaran khatam quran memang bikin semangat untuk segera khatam mba..

    BalasHapus
  2. Udah tinggal menunggu hari aja ya Ramadhan segera berakhir. Jadi sedih deh. Semoga bisa memaksimalkan di sepuluh hari terakhir ini..

    BalasHapus
  3. Memang kegiatan favorit keluarga saat Ramadan nih semua di list ini
    Apalagi kondisi pandemi, beneran full buka, sahur dan beribadah bareng. Alhamdulillah

    BalasHapus
  4. Seru banget memang kegiatan bersama di bulan Ramadhan. Kegiatan favoritnya adalah buka bersama keluarga besar. Biasanya sekali or dua kali aja sih selama pandemi ini.

    BalasHapus
  5. Aku kurang berasa mba puasanya. Soalnya lagi menyusui udah gitu aku haid juga dan aku kalau haid lama. Jadi aja ngajinya belum khatam nih

    BalasHapus
  6. wah keren sekali kegiatan bersama keluarga saat Ramadannya mbak, inspiratif banget yang kejar mengejar khataman quran
    sungguh kegiatan yg sangat pas untuk mendapatkan berkah Ramadhan

    BalasHapus
  7. Buka puasa bareng di bulan Ramadan tuh sangat hangat ya?
    karena di hari hari biasa susah banget

    setiap anggota keluarga punya kesibukan berbeda

    sedangkan bulan Ramadan, mau nggak mau waktu beduk Magrib langsung nyerbu meja makan deh :D

    BalasHapus
  8. Berlomba dalam keluarga dengan saling menanyakan udah sampai juz berapa ini yang aku lakukan juga. Di samping sebagai penyemangat untuk anak-anak juga untuk kita sebagai orang tua. Anak juga senang tentunya dengan perhatian orang tua, dan juga pengingat agar tidak sibuk dengan urusan duniawi

    BalasHapus
  9. kejar-kejaran bacaan alquran ini menjadi kegiatan rutin saya bersama adik-adik nih. Rasanya gak terima banget kalo adikku bacaannya sudah lebih jauh dari saya, hehehe

    BalasHapus
  10. Bulan ramadhan banyak sekali ya kak kegiatan yang bisa kita lakukan. Baca dan tadarus Al-Qur'an, lomba2 khatam Al-Quran dll juga penting apalagi ini sudah mau mendekati hari Raya. Mudah2 kakak dan keluarga tetap sehat ya ! aamiin.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah sekarang memasuki 10 hari terakhir yah mba..semoga kita mendapatkan malam yang kita tunggu-tunggu yaitu malam lailatul Qadar, aamiin

    Mengisi di bulan Ramadhan kalo saya tadarus di mesjid itu kegiatan rutin selama setiap bulan ramadhan mba, kadang juga ada yang ngasih makanan ke mesjid untuk orang yang pada tadarus Al-qur'an di mesjid

    BalasHapus
  12. Masya Allah aku lagi kena males nih. Harusnya pekan akhir ramadan semakin khusyuk ibadahnya. Mau ngejar biar khatam bulan ini.

    BalasHapus
  13. Kami juga sebisa mungkin sahur dan berbuka bersama. Inilah nikmatnya ramadhan. Soalnya klw hari biasa paksu seringnya pulang sudah habis magrib, tapi di Ramadhan ini beliau selalu usahakan pulang sebelum magrib biar bisa berbuka dan shalat magrib bersama.

    BalasHapus
  14. Sisi lain dan hikmah dari pandemi. Semua anggota keluarga selalu berkumpul di rumah dan melakukan kegiatan bersama. Biasanya kalo gak lagi pandemi, anak sulung saya masih harus kuliah di Bandung, yang bungsu sibuk dengan kegiatan sekolah, dan suami sering traveling ke daerah. Kadang juga saya ngelencer entah kemana.

    Selama Ramadan ini sholat jadi bisa jamaah dan anak bungsu jadi semangat belajar memasak untuk buka dan sahur. MashaAllah. Yang masih keteteran itu baca Qur'an. Pengennya khatam tapi kayaknya masih tertinggal jauh.

    BalasHapus
  15. Favorit kami tiap sore cari bukaan.. trus sering lapar mata, belinya kebanyakan
    Haduh

    BalasHapus
  16. Moment sahur dan buka bersama keluarga memang moment yang paling menyenangkan ya Mba selama ramadan. Saya selalu menjadikan moment tersebut favorit bersama keluarga.

    BalasHapus
  17. Huhuhu....aku belum khatam nih, Mbak. Selama Ramadhan ini justru sibuk kerja. Semoga kerja keras ini juga bernilai ibadah dan dapat keridhaan Allah.

    BalasHapus
  18. Kegiatan favoritnya bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga ya kak. Saya paling favorit bisa makan bersama orang tua, biasanya masing-masing hehehe

    BalasHapus
  19. Hiks ramadhan tahun ini saya beneran keteter kak...
    Biasanya setiap hari bisa 2 Juz minimal baca Qur'an. Sekarang ini masih berjuang menamatkan khatam sekali doank.

    insyaAllah tahun depan kita dipertemukan kembali Dengan ramadhan ya kak. Aamiin

    BalasHapus
  20. Kegiatan favorit bersama keluarga paling senang ya saat buka puasa. Walaupun hanya gorengan, kurma dan teh itu nikmat dan indah banget

    BalasHapus
  21. Konon, bulan puasa memang hadiah untuk ummat Muhammad agar bisa mengejar amal umat2 terdahulu yang umurnya ratusan tahun.

    Makanya pada malam lailatul qadar semua amal kita dicatat sebanyak kebaikan 1000 bulan. Semoga kita termasuk yang beruntung mendapatkan malam istimewa itu ya. Aamiin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser