Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya

kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, mengapa harus berolahraga saat puasa, Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya,


Adakalanya muncul rasa malas untuk berolahraga saat berpuasa. Maka dengan 5 Tips Olahraga Saat Puasa ini semoga membangkitkan rasa SemangatCiee kita untuk tetap jaga kebugaran tubuh. Sebab berpuasa jangan dijadikan sebagai halangan untuk berolahraga. Kita tetap dapat melakukannya dengan trik yang mudah untuk diterapkan, yaitu: 


Persiapan Tiga Atau Dua Bulan Sebelumnya 

Mengapa harus disiapkan tiga atau dua bulan sebelumnya sih? Kan ada pemanasan pas hari H-nya! 

Persiapan tiga atau dua bulan sebelumnya ini dilakukan agar tubuh kita terbiasa berolahraga. Adaptasi ringan. Jadi tidak tiba-tiba melakukannya, karena tubuh saat berpuasa dan yang tidak tentu kondisinya berbeda. 


Ketika sedang tidak berpuasa saja, bila kitanya tiba-tiba berolahraga padahal sebelumnya tidak, biasanya badan akan sakit-sakit, pegal di sana  di sini (ehehe). Dengan melakukan persiapan tiga atau dua bulan sebelumnya bisa membantu tubuh juga agar tidak kaget. Jadi bisa menyesuaikan diri lebih dulu.




kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, mengapa harus berolahraga saat puasa, Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya,


Rutinkan 10-20 menit setiap hari 

Nah kalau bagian pemanasan dilakukan saat hari H-nya ya. Ini memang sebisa mungkin jangan sampai dilewatkan, agar bagian tubuh tidak cedera. Saat pemanasan juga jangan terlalu bersemangat, nanti ketika masuk ke bagian inti olahraga yang ada malah sudah letih duluan, hehe. Selain itu rutinkan minimal 10 hingga 20 menit setiap hari. Waktu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah sebelum sahur, setelah berbuka atau setelah solat Isya. Di waktu ini kondisi tubuh sedang berenergi karena mendapat asupan makanan dan minuman. 



Pilih Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh setiap orang memang berbeda, oleh karenanya perlu memilih jenis olahraga dan mengatur jadwal olahraga yang ingin kamu terapkan. Jenis olahraga yang aman untuk dilakukan saat berpuasa misalnya adalah jalan santai, bersepeda, bowling, jogging, naik-turun tangga, sit up/push up, Tai chi, dan yoga. Bila kamu ingin treadmill, maka pilihlah yang intensitasnya rendah. 



kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, mengapa harus berolahraga saat puasa, Malas Berolahraga Saat Puasa? Ini 5 Tips-nya,


Cukupi Asupan Air Putih dan Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi dan asupan air putih yang cukup dapat memberikan kesegaran bagi tubuh serta menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan. Dengan begitu, kamu dapat tenang berpuasa sambil melakukan olahraga ringan, tanpa khawatir dehidrasi. 



Kuatkan Tekad dalam diri 

Tekad dalam diri juga perlu dikuatkan ya, sehingga tidak bolong-bolong jadwal olahraganya. Artinya, jangan selama tiga hari beruntun SemangatCiee banget olahraganya, tapi pada hari keempat mulai deh malasnya keluar. Cukup kaus kaki saja yang bolong jangan cintamu eh, (hehe). Dengan tekad yang kuat juga, kamu bisa berolahraga tanpa mengganggu rutinitas, maupun jadwal kamu beribadah. Selamat mencoba mantemans. 

Artikel Terkait

Komentar

  1. iyahh nih mbaa rasa malas yang saya rasakan di bulan puasa ini pengennya tuhh rebahan dan rebahan terus..hehhe

    bagus nih artikelnya nanti di coba deh semoga pada sehat semuanya

    BalasHapus
  2. Jujur ajaaa selama puasa aku stop olga, kebetulan deadline kerjaan banyak, jadi tambah alesyaaaan

    Tapiiii aku imbangin dengan banyak gerak untuk masak, nyuci manual ga pake mesin, sengaja aja biar gerak terus - dan aku hindari tidur banyak banyak karena di badan malah ga karuan rasanya

    BalasHapus
  3. iya mbaaak, aku muales banget
    biasanya kusiasati dengan nonton film
    badan gerak olahraga (di kamar)
    tapi mata fokus nonton film
    pikiran fokus nonton film
    kalau filmya lagi gak ngomong, barulah ganti gerakan

    BalasHapus
  4. ramadan bukan alasan untuk malas berolahraga yaa. Selama ramadan ini, olahraga yang saya lakukan adalah jalan kaki

    BalasHapus
  5. olahraga saat puasa itu penting ys mbak
    asal tahu caranya, ya pasti tetap bisa olahraga meski puasa

    BalasHapus
  6. saya lagi berlatih squat agar perut agak langsing nih

    selama bulan puasa kok perut malah membuncit

    setuju, selama bulan puasa nggak bisa asal asalan olah raga

    bisa bisa malah dehidrasi

    BalasHapus
  7. Nah, iya nih mager bin males kudu dilawan!
    Olga yg ringan2 aja sih, selama puasa.
    biasanya aku yoga yg basic.
    atau jalan2 santai dkt kompleks aja

    BalasHapus
  8. Nah, aku perlu baca nih, puasa jadi alasan mager berolahraga. Seingatnya doang kuatir ga kuat sampai Maghrib hadeh...Suamiku yang rajin. Tiap sore ngabuburitnya jogging, cardiao..dll. Diajakin kubilang aku kan harus masak, dasar akunya alesaaan aja

    BalasHapus
  9. Saya masih berusaha melakukan tips yang kelima mbak, menguatkan tekad untuk berolahraga hehehe....

    BalasHapus
  10. Berolah raga ini memang pe-er besar nih. Banyak malasnya ketimbang semangatnya. Apalagi bulan puasa bawaannya lemes dan males aja hahahaha. Pengennya leyeh-leyeh sambil nonton film atau drama.

    BalasHapus
  11. Saya banget nih mbak Fenni, selama di rumah aja agak jarang gerak, apalagi buat olahraga. Padahal berolahraga penting banget ya, apalagi pandemi gini kudu rutin berolahraga supaya badan sehat sealu

    BalasHapus
  12. Tekad ini yang penting banget. Kadang cuma bertahan beberapa hari aja hihihi semoga istiqomah bisa menerapkan hidup sehat

    BalasHapus
  13. Duh, ini kayaknya saya banget, deh, Mbak. Jangankan lagi puasa, sehari-hari juga susah banget meluangkan waktu untuk olahraga. Padahal penting sekali, ya, untuk menjaga kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  14. Olahraga kala menjalankan ibadah puasa itu memang berat. Apalagi yang emang dasarnya udah malas. Jadi, tekad memang harus sekuat baja sih. Dan persiapan juga memang kudu baik. Biar tubuh nggak kaget tiba-tiba diajak gerak. Hehehehe

    BalasHapus
  15. Wah ternyata penting banget ya untuk mempersiapkan tubuh jauh-jauh hari sebelum berolahraga di bulan puasa. Memang berolahraga saat puasa itu beda banget saat kita olahraga di luar bulan puasa.

    Makasih info kerennya Mba.

    BalasHapus
  16. Setuju deh, kegiatan olah raga apapun melakukan pemanasan memang penting sekali, ya itu biar tubuh tidak kaget dan pegal2 ketika selesai olah raga.

    Saya juga wacana mulu nih mau olah raga, haha belum bisa konsisten kayaknya harus pelan2 dan ditemenin deh ehhee

    BalasHapus
  17. Kalau saya tiap bulan puasa jadi ga pernah olahraga, soalnya mikir pasti haus bgt dan butuh minum hehe

    BalasHapus
  18. Bener banget, harus pakai adaptasi dulu, supaya tidak kaget saat sudah benar-benar berolahraga.

    BalasHapus
  19. Betcuuul.. harus ada pemanasan beberaoa bulan sebelum memulai olahraga di saat puasa.
    Aku tu langsung teringat sama para pemain bola Muslim, salah satunya Salah. Tetap berlatih bahkan ada yang berlomba saat sedang berpuasa.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah selama puasa kemarin lumayan sih berolahraga, tapi setelah Sunuh6. Biar ga ngantuk, dipakai jogging ringan sambil jalan di taman kota. Emang yang berat itu konsisten, tergantung tekad.

    BalasHapus
  21. memang benar setidaknya kalo saya sehari harus 10-30 menit setiap hari aja apalagi saat puasa hehe

    BalasHapus
  22. Wah bener banget mbak. Kudu dipersiapkan 1-2 bulan sebelumnya ya. Bakal aku praktik in nih pas mau Ramadan tahun depan

    BalasHapus
  23. Pas puasa kemarin saya bener-bener nggak olahraga, Mbak. Takut nggak kuat hahaha. Ternyata ada tipsnya ya, oke deh akan saya praktikkan pas puasa lagi.

    BalasHapus
  24. Pas puasa paling semangat olahraga jalan kaki
    Alasannya sederhana, bisa menghabiskan waktu tanpa terasa lama waktu berputar

    BalasHapus
  25. Ya ampun mba fenii selama puasa kemarin aku bener2 ngga olahraga. Kalau jalan kaki mungkin iyaaa tapi niatnya bukan untuk olahraga, emang lg banyak jalan kaki aja kesana kemari. Hikss

    BalasHapus
  26. Aku termasuk yg selama Ramadan engga olahraga nih. Eh...udah Lebaran msh belum mulai olahraganya. Hrs semangat deh...

    BalasHapus
  27. Kadang sy jg malas alahraga saat puasa karena cepat haus heheh, kudu cobain nih tipsny

    BalasHapus
  28. Nah bener mba, kadang aku milih olahraga yang langsung berat jadi belum apa-apa udah tepar. Penting banget ya yang sesuai dengan kemampuan diri

    BalasHapus
  29. Pas puasa paling aman dari rasa haus tuh kayanya tai chi ama yoga ya Mbak... abis tu pastinya merasa segar dan penuh energi menjalani puasa Ramadan, bisa diterapkan di saat sekarang nih

    BalasHapus
  30. tekadnya ini kayaknya kak yang masih harus dibangun niy kak, kayaknya bawaannya kalau pas lagi puasa itu pengen rebahan mulu hehehe

    BalasHapus
  31. Selama berpuasa kemarin, saya olahraganya paling jalan-jalan pas pagi. Selain itu, huaah, gak bisa. Aslinya bukan gak bisa sih, tapi malas dan tekadnya gak kuat. Hahaha

    BalasHapus
  32. Benar nih salah satu cara melawan rasa malas adalah dengan menghujamkan tekad yang kuat apalagi kalau sudah punya komitmen mau rutin olahraga baik itu di bulan Puasa maupun di luar bulan Ramadan.

    BalasHapus
  33. Memilih olahraga yang sesuai kemampuan itu penting supaya gak cidera juga ya & gak memaksakan diri

    BalasHapus
  34. nah, persiapan! Itu yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, akibatnya pas puasa jadi mager buat olahraga dan juga takut kehausan...

    BalasHapus
  35. Mbakkk... aku tuh mau nangis baca artikel ini. HIkkkss.. wkwkw.
    NIat ada banget mau olahraga. Secara ya, 2 tahun belakangan body makin melar dan gak fit. Bahkan puasa kemarin pas nimbang saat udah lebaran, lha kok k=naik 2 kg. Kan makin sedih yes.

    Sadar sih kalau nggak pernah olahraga. Huaaaaa. Tekad, niat kudu seterongggg nih.

    BalasHapus
  36. Aku termasuk yang males olahraga bahkan saat nggak puasa, apalagi pas puasa huhu. Baca artikel ini semacam terlecut deh, kumpulin tekad dulu untuk hidup lebih sehat

    BalasHapus
  37. Aku malah pas puasa kemarin.. semangat banget olahraganya. Eh habis lebaran, nglokro lagi hehe. Pengen mulai lagi kok masih mager. Keknya tips di atas juga masih bisa dipakai meski udah nggak puasa deh. Bismillah semangat olahraga lagi aah.

    BalasHapus
  38. tekad ini yang harus bulat
    dan usahakan usai ramadhan, olahraganya tetap jalan
    supaya ramadhan tahun depan sudah konsisten olahraga

    BalasHapus
  39. Wah tipsnya oke dan mudah dipraktekkan ya kak. Makasih yaa. Siap deh menjalankan olahraga meski lagi di bulan puasa kelak

    BalasHapus
  40. Saya termasuk orang yg malas untuk berolahraga. Padahal dgn rutin berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi dapat menjaga kesehatan tubuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Salam SemangatCiee, bertamulah yang santun dengan tidak menyelipkan link apapun karena pasti saya hapus🙏

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah C-Defense Sleeping Mask

Review Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Review Wardah Lightening Day Niacinamide (Kemasan Baru)

Perbedaan Wardah Lightening Loose Powder dan Everyday Luminous Face Powder

Resensi Buku: The Autobiography of Valentino Rossi

The Mask Singer Indonesia 27 Desember

Review Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser