Ikuti 4 Cara Khusus Membeli Mobil Secara Cash

Ini 4 cara khusus membeli mobil secara cash yang bisa kita terapkan. Pasalnya, saat ingin membeli mobil, biasanya terdapat dua pilihan yakni secara cash atau kredit. Ada tipe orang yang lebih suka membeli secara tunai karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kredit. Ada pula tipe yang memilih kredit lantaran kondisi finansial yang memungkinkan di DP mobil saja. Kalau kamu tipe yang mana nih?

Jika kamu adalah tipe pembeli mobil secara tunai, sebenarnya banyak kemudahan yang didapat. Selain karena harga yang lebih terjangkau, membeli secara cash juga tidak akan dibayang-bayangi oleh utang tiap bulan. Namun jujur saja, membeli mobil secara tunai memang jauh lebih berat, karena dana yang digelontorkan cukup besar. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang, agar bisa membeli mobil impian. Bagaimana agar bisa terkumpul semua?

Jadinya makin penasaran nih bagaimana agar bisa membeli mobil secara cash. Soalnya memang membutuhkan trik tersendiri supaya tidak terlalu berat. Berikut tips khusus membeli mobil secara cash, yaitu:

Pilih mobil yang sesuai kebutuhan

Mobil-mobil sporty seperti Lamborghini atau Bugatti memang keren untuk kita miliki. Namun saat melihat harganya yang puluhan milyar, coba deh bertanya ke diri sendiri, apakah butuh atau hanya sekadar impian saja?

Maka, yang perlu digarisbawahi, pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Bila mau membeli mobil untuk keluarga, pastikan kapasitas mobilnya cukup besar untuk menampung seluruh anggota keluarga. Atau jika kebutuhan kamu adalah mobil kecil yang gesit untuk jalanan ibukota, pilihlah city car yang ramah lingkungan.

Pastikan masuk ke dalam anggaran

Nah ini hal penting juga nih dalam cara khusus membeli mobil secara cash, biar selalu ingat berapa jumlah dana yang dianggarkan. Perhatikan juga bahwa dengan membeli mobil berarti juga harus mengurus pajak, servis, asuransi, aksesoris mobil, dan lainnya. Jadi hitung biaya dengan detail dan teliti, agar tidak mengalami kesulitan di kemudian hari, ya gaess.

[Baca Juga: Stabilkan Keuangan, Jangan Lengah di Masa Pandemi]


Sisihkan dana sekitar 1-3 juta per bulan

Buat kamu yang memiliki gaji cukup besar, pisahkan sekitar 3 juta per bulan untuk ditabung membeli mobil. Jika kamu konsisten menerapkannya, maka bukan tidak mungkin dalam kurun waktu 3 tahun kamu dapat membeli mobil baru dengan harga cash. Sedangkan bila gaji kamu tidak terlalu besar, bisa dengan menabung 1 juta per bulan. Kuncinya yang penting kamu konsisten dan jangan pernah menyerah di tengah jalan.

Sisihkan 50% gaji tiap bulan

Khusus buat kamu yang memiliki gaji dua digit, ini nih saatnya menyisihkan 50% penghasilan tiap bulannya. Misalnya gaji kamu itu Rp 30 juta, maka buat menabung mobil sekitar Rp 15 juta per bulan, pasti bisa, kan? Cara ini juga biasa dilakukan bagi mereka yang memiliki passive income karena uang tabungan mobil tidak akan mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Apabila kamu tertarik untuk beralih ke leasing, SEVA bisa jadi solusinya. SEVA menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan untuk di masa depan. Selain itu, SEVA juga memiliki Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi finansial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

Tak hanya kemudahan pembelian saja, SEVA juga menawarkan berbagai keuntungan yang menarik, misalnya DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback senilai Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan dapat juga gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta.

Bukan itu saja, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon spesial lainnya. Sudah siap beli mobil? Segera kunjungi website SEVA aja sekarang! 

Komentar

Bayu Fitri mengatakan…
Ternyata ada caranya ya supaya bisa beli mobil secara cash dan engga susah dan ribet juga ..bisa dipraktekkan nih nanti kalau saya mau beli mobil secara tunai
Maria G Soemitro mengatakan…
keren banget Astra
dengan adanya aplikasi SEVA kita bisa pilih mobil dan mengajukan kredit via SEVA

sangat menyenangkan karena gak perlu cari mobil dari satu tempat ke tempat berikutnya. kemudian baru mengajukan kredit
Wahid Priyono mengatakan…
Setuju banget, beli apapun itu sebaiknya sesuai kebutuhan bukan keinginan. Penting perhatikn budget yg dipunya saat hendak beli mobil. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Mksh tipsnya y kak
Annie Nugraha mengatakan…
Kalo memang mau beli cash, dananya harus direncanakan jauh-jauh hari ya. Harus konsisten dan disiplin. Itu juga dengan catatan bahwa tidak banyak bahkan tidak ada pengeluaran mendadak atau diluar dugaan. Tapi kalau memang sudah niat, inshaAllah bisa sih.
Blog berita mengatakan…
Aplikasi seva membantu menemukan mobil pas pilihan keluarga karena ragam pilihan disesuaikan budget.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya setuju sekali ini, Mbak. Mobil itu harganya lumayan mahal, jadi bisa dibeli sesuai kemampuan saja. Bisa chas atau mencicil. Tapi memang, bbelilah mobil sesuai kebutuhan, jadi mobil maksimal digunakan dan menunjang aktivitas.
Rhoshandhayani KT mengatakan…
haduuuuuh ngeliat tips ini, kayaknya belom mampu deh untuk beli mobil
mampunya bekerja dulu, karena masih merintis karir juga
Inshaa Allah suatu hari nanti bisa terbeli mobil
aamiin
Sumiyati Sapriasih mengatakan…
aplikasi SEVA pencarian pembelian mobil dengan model terbaru dan cara mudah untuk pembelian secara cah atau tunai
HendraDigital mengatakan…
Butuh komitmen yang kuat untuk menabung beli mobil. Atau bisa ke platform SEVA untuk membantu memudahkan menghitung kondisi finansial sebelum membeli mobil bekas...
YSalma mengatakan…
Info yang tipsnya harus diikuti agar bisa membeli mobil secara cash.
Secara kalau beli kredit bikin deg-degan setiap bulan mikirin cicilannya ya. Siip banget mba tips kerennya ini.
Sandra Hamidah mengatakan…
Aku dan suami nikah cash, lahiran, aqiqah, sunatan semuanya cash jadi pengennya beli mobil baru juga cash hihi
Sandra Hamidah mengatakan…
Aku dan suami nikah cash, lahiran cash, aqiqah cash, sunatan anak cash jadi pengennya beli mobil baru juga cash heheh
Nurul bukanbocahbiasa mengatakan…
Pastinya impian banyak orang niihh
Bisa beli mobil secara cash

akupun mauukk
sylvianayy mengatakan…
mobil memang kendaraan yang sangat dibutuhkan apalagi jika sudah memiliki keluarga dengan anak-anak. biasanya paling nyaman kalau keluar kota naik mobil sendiri sekeluarga.
Geng Ambil Remot mengatakan…
Bisa punya mobil tanpa harus melalui proses kredit dan pinjam dana ke bank memang lebih menyenangkan. Walau balik lagi ke si calon pembeli, kuat apa nggak nabung untuk menyisihkan dananya. Sepakat sih untuk menyediakan anggaran dan mencari kendaraan yang harganya sesuai kemampuan.
Emma Malika mengatakan…
Setuju dik klo mau beli mobil wajib di anggarkan dulu karena jangan sampai keteteran untuk belanja harian karena harian juga penting
lendyagasshi mengatakan…
Wah iya nih, perencanaan keuangan untuk membeli mobil secara cash.
Tapi pertimbangannya suka berubah gak sih... karena nabungnya 3 tahun, kadang mobil yang kita inginkan sudah mengeluarkan seri terbaru lagi.

Tapi iya banget, kalau gak ingin punya hutang cicilan, bisa dengan menabung secara mandiri seperti tips di atas.
Nuhun, kak Fen..
Nia K. Haryanto mengatakan…
Aduh mau banget ih beli mobil dengan cara cash, tanpa kredit. Bikin hati tenang ya. Untuk saat inj aku belom bisa menyisihkan uang segitu per bulan. Huhu biaya kuliah dan sekolah anak-anak lumayan berat. ☺
Ida Wahyuni mengatakan…
Menyisihkan gaji dan hidup hemat adalah cara mutlak ya sis untuk beli apa saja secara kontan. Tapi nggak masalah sih buat aku karena memang harus bersusah-sudah dahulu daripada terjerat hutang kemudian,
April Hamsa mengatakan…
Cita2ku banget bisa beli mobil cash. Kyknya emang mau beli yg mungil krn paling cuma dipakai antar jemput anak sekolah ma piknik tipis2. Wah baru dengar aku SEVA ini, jd bisa bantu ngitungin yaa. Mana ada asuransinya juga. Nanti aku kepoin TFS infonya
Sri Al Hidayati mengatakan…
Bener banget membeli mobil secara tunai bisa membuat kita tidak dihantui buat bayar utang tiap bulannya, tapi ya berarti budget yang kita keluarin untuk beli mobil pun harus menyesuaikan kebutuhan, dan sebenarnya nggak terlalu penting misal merknya, tapi fungsinya. Tapi biasanya para bapak-bapak pengen yang bagus sekalian biar biaya perawatannya pun ngga terlalu mahal hehe..
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku juga ingin sih beli mobil secara cash. Alasannya memang benar. Biar nggak kebayang-bayang utang tiap bulannya.
Ays tala mengatakan…
Punya mobil sudah jadi impian, apalagi karena anak-anak makin besar. Memang lebih enak ya mbak kalo beli cash. Jadi tidak punya tanggungan
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
wah bener mbak, aku pun beli mobil cash, tapi aku pilih mobil tua sih wkwkwk yang pas dikantong dan pajaknya murah hihi
iidyanie mengatakan…
Memang sebaiknya beli mobil cash saja ya biar tidak banyak beban cicilan yang menumpuk, karena beli mobil itu termasuk kebutuhan bukan keinginan sesaat, jadi pengen mulai nabung nih biar suatu saat bisa beli mobil impian
Damar Aisyah mengatakan…
Konsisten memang nggak mudah, tapi kalau bisa menjalankan memang lebih nyaman karena gak punya hutang. Tapi kalau udah butuh banget bisa tengok-tengok SEVA nih, kali aja cocok dengan anggaran keluarga.
Han mengatakan…
Seva nih emang daridulu udah kece yaa mba traclrecordnya kalau urusan mobil ginii. Kerenn
Hallowulandari mengatakan…
kalau udh berkeluarga dan mobilitas tinggi emang jadi penting nih punya kendaraan, juga penting kasih asuransi yaa biar bisa melindungi dari kerusakan dan kejadian tidak terduga
Santi Suhermina mengatakan…
Wah aku juga mau beli mobil cash. Semoga, dimampukan ya Allah. Males klo harus nyicil2 ampe lama gitu. Hehe nunggu ampe uang pas dulu ya
Dee_Arif mengatakan…
Wah mantul tipsnya mbak Feni
Kalau tahu caranya, bisa kok ya kita beli mobil secara cash
Apura mengatakan…
Aku tahun ini mau beli mobil second, tapi cash. Menurutku jauh lebih hemat karena harganya lebih murah. Tapi harus pandai mencari mobil yang kualitasnya masih oke. Kira-kira di SEVA ini ada gak ya jasanya kalau mau beli mobil bekas?
Mei Daema mengatakan…
save dulu tipsnya niy mba, tar kalau saya mau beli cash bisa terapin tipsnya. ternyata di seva ada kalkulator pembiayaan yang pastinya sangat bermanfaat buat calon pembeli
lendyagasshi mengatakan…
Asiknya menggunakan leasing SEVA tentu karena kemudahannya dan kepastian mendapatkan kendaraan impian. Sisihkan uang per-bulan asalkan bisa menjadi aset produktif, in syaa Allah.
Ria Rochma mengatakan…
Oke, menyisihkan uang ini yang harus benar-benar dilakukan kalau niatnya udah tumbuh ya. Biar segera terbeli mobil impiannya
khairiah mengatakan…
Lagi ikhtiar supaya bisa beli mobil cash mudah-mudahan tercapai mulai menabung sedikit demi sedikit
Gajiku tidak besar Mba Fen, cuma aku tetap konsisten nabung tiap bulan. Semoga segera bisa beli 1 unit mobil secara cash yaa
Yanti Ani mengatakan…
Thank you sharingnya mbakk, nanti kalau mau beli mobil lagi baca lagi ahh artikel ini supaya nggak salah beli!
Malihadafi mengatakan…
Iya kebayang kalo cari mobil baru impian kita butuh proses panjang apalagi sesuai dengan budjet kita,hadirnya Seva menjawab kebutuhan konsumen ya membantu kita semua prosesnya untuk dapat mobil impian kita sesuai skema keuangan yang kita punya